Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Memulai Bisnis Iklan di 2018

Tahun baru bisnis baru, istilah ini sengaja kami jadi awal artikel ini, sebab mungkin ada sebahagian sobat blogger yang masih bingung dengan bisnis apa yang mantap hendak di jalankan pada tahun 2018 ini.

 

Bisnis Iklan Online dan Usaha Advertising Offline di Indonesia

 

Untuk kesempatan kali ini, kami dari admin blog silaenseo.com hendak membagikan artikel yang membahas tentang cara dan tips bisnis periklanan dan bagaimana pula cara memulainya. Perlu kami tegaskan, bahwa bisnis iklan ini tidak hanya terbatas pada iklan offline saja melainkan juga iklan online.

 

Artikel ini kami beri judul “Memulai Bisnis Iklan di 2018” dalam rangka untuk memberikan semangat bagi sobat blogger yang sudah memiliki rencana untuk membangun perusahaan periklanan dalam mempromosikan berbagai produk barang dan jasa yang hendak dipasarkan ke tengah-tengah masyarakat.

 

Disamping memberikan semangat, artikel ini juga didasari pada eksistensi bisnis advertising atau periklanan yang selalu dibutuhkan pebisnis atau pengusaha, sehingga bisnis ini dikenal sebagai bisnis yang kekal dan abadi, serta bisnis yang tidak ada matinya.

 

Wajar bukan, karena siapa sih pengusaha yang tidak memerlukan adanya peran jasa periklanan saat memasarkan produk barang atau jasanya? Tentu tidak ada, bukan? Eksistensi perusahaan yang saat ini ada dan masih bisa bertahan adalah disebabkan adanya peran dari iklan yang mereka buat. Dengan adanya iklan ini, maka masyarakat jadi mengetahui dan mengenal lebih dekat tentang produk apa yang sedang di jual. Nah, dengan adanya cara memperkenalkan ini, maka konsumen akan tertarik untuk mencoba dan atau membeli produk dari para pengusaha.

 

Tapi, satu hal yang perlu diingat bahwa dengan semakin sering iklan sebuah produk barang dan jasa ditayangkan, maka otomatis akan semakin akrab dalam ingatan masyarakat tentang iklan tersebut, sehingga dengan begitu akan terbuka peluang besar untuk mengembangkan usaha yang dimaksud kedepannya.

 

Untuk memulai bisnis iklan (advertising) ini, hal yang utama yang harus diperhatikan adalah tentang ada atau tidaknya ide dan bagaimana mewujudkan ide tersebut secara lebih nyata. Mengapa? Karena dengan adanya ide yang dimiliki tersebut, maka seorang pebisnis periklanan akan bisa memanfaatkannya sebagai modal untuk sukses menjalankan usaha jenis advertising. Disamping itu, semakin cemerlang ide yang ditemukan, maka akan semakin unik pula iklan yang akan dibuat, sehingga iklan hasil kreasi anda akan terlihat lebih bernilai di mata masyarakat.

 

Selain menemukan ide, tentu anda juga harus mempertimbangkan dan mengetahui tentang pangsa pasar yang hendak dituju. Untuk mengetahui hal ini, maka langsung terbaiknya adalah dengan melakukan riset dan atau survey dengan turun langsung ke lapangan. Ya, walaupun sama-sama kita ketahui bahwa pangsa pasar bisnis advertising ini memang sangat luas, namun tidak ada salahnya untuk lebih memperhatikan dan fokus pada kondisi pasar. Ingat, bahwa dengan semakin beragamnya produk iklan yang akan dibuat, maka akan semakin memberikan pilihan yang beragam pula kepada para marketing untuk bisa masuk ke dalam pasar yang lebih luas lagi.

 

Bagaimana sih cara memulai bisnis advertising?

Pertanyaan ini sengaja kami naikkan, mengingat seiring dengan perkembangan dunia bisnis dan juga pembangunan infrastruktur fisik dan non fisik yang semakin canggih, maka konsekuensi logisnya akan ada banyak ragam dari bisnis advertising ini, disamping tergantung dari adanya minat dan modal yang dimiliki sang calon pebisnis.

 

Advertising Bermodal Kecil

Jika modal yang ada berkategori sedikit atau minim, maka bisa memulai bisnis advertising ini hanya dengan menjual produk sederhana terlebih dahulu seperti mug, banner, spanduk, baliho, poster, selebaran, dan stiker.

 

Malahan kami melihat disepanjang tahun 2017, bahwa bisnis periklanan kecil seperti tersebut diatas kadangkala bisa dilakukan tanpa menggunakan modal. Caranya adalah dengan melakukannya menggunakan “sistem pre-order” kepada setiap pelanggan. Dengan kata lain, bahwa anda hanya menawarkan ide desain terlebih dahulu kepada setiap konsumen, biarkan mereka memilih segmen iklannya. Setelah itu, barulah  membuat produk sesuai dengan keinginan dan kesepakatan bersama.

 

Nah, sehubungan karena tidak memiliki modal atau modal kecil, maka langkah terbaik bisa meminta pelanggan untuk membayar konsep iklan tersebut di muka (down payment). Setelah itu, barulah membuat dan mengerjakan apa yang mereka pesan. Jika sudah mulai betah dan mantap dengan cara bisnis ini, maka mulailah fokus untuk mengembangkannya dengan harapan dan tujuan agar bisnis ini bisa maju kedepannya, dan memiliki kesempatan untuk bergerak pada bidang advertising yang lainnya, bahkan bersaing dengan perusahaan periklanan lainnya.

 

Advertising Memanfaatkan Internet

Memang kami melihat, bahwa dunia bisnis periklanan yang saat ini berkembang telah memanfaatkan kecanggihan internet dalam rangka untuk memasarkan produk apapun itu. Dengan kata lain, bila iklan yang anda buat bisa diketahui dan dilihat masyarakat, maka haruslah pula menggunakan bantuan internet. Malahan dengan adanya internet ini, sepanjang tahun 2017 bahwa dunia bisnis advertising online ternyata lebih mudah dijalankan oleh para pemula yang ingin terjun langsung pada bisnis advertising ini. Salah satu cara yang banyak ditempuh dan dianggap terbaik adalah dengan membuat website khusus advertising, blog pribadi, atau situs lain yang berhubungan dengan dunia periklanan.

 

Nah, dengan adanya website, situs, atau blog ini, maka selain bisa memasang iklan sendiri, juga bisa menerima tawaran jasa pasang iklan blog dari orang lain pada blog pribadi milik anda. Jasa periklanan ini sering disebut dengan iklan mandiri online. Apalagi seandainya banyak orang yang mengunjungi (visitor) blog Anda, maka bukanlah hal yang mustahil akan banyak dilirik oleh jasa periklanan yang akan meminta untuk memasangkan iklannya di blog anda.

 

Selain daripada itu, anda bisa menjalin kerja sama dengan pengelola iklan Google Adsense atau Adsense Camp maupuna perusahaan Ads lainnya. Dengan bekerja sama pada perusahaan bisnis periklanan, maka otomatis bisa mendapatkan iklan yang bisa langsung tayang di blog. Dengan begitu akan bisa mendapatkan uang sedikit demi sedikit. Sangat menarik, bukan?

 

Advertising Bisa Menggunakan Media Lain

Selain pemanfaatan internet sebagaimana penjelasan diatas, ada beberapa media lain yang patut untuk anda coba, seperti media elektronik (radio, televisi), media cetak (majalah, koran, tabloid), hingga sosial media (medsos) menggunakan facebook, twitter, instagram, path, line, bbm, linkedin, dll.

 

Ingat bila anda ingin sukses dan kepingin menjadi seorang pakar advertising, maka harus bisa menguasai semua media tersebut diatas. Mulai dari bidang teknis dalam melakukan advertising, hingga link-link untuk merambah ke media-media tersebut. Nah, oleh karena itu pula, sebelum berniat untuk menghasilkan uang dalam jumlah yang cukup besar pada bisnis advertising ini, maka sebaiknya mulai dulu dengan menjadi pakar atau ahli advertising untuk mempermudah dan memenuhi syarat tersebut.

 

Setelah terpenuhi, barulah anda bisa melakukan advertising pada jenis usaha yang akan diseriusi. Jangan takut, sebab sangat banyak pangsa pasar yang membutuhkan jasa periklanan, baik perusahaan besar maupun perusahaan kecil maupun koperasi berkategori umkm dan ukm. Khusus untuk perusahaan besar, maka anda bisa mengajukan diri untuk menjadi pihak ketiga karena biasanya mereka sudah memiliki bidang marketing (biro atau departemen) masing-masing untuk kebutuhan internal perusahaan mereka.

 

Memulai Bisnis Advertising Dengan Membuat Media Sendiri

Memang untuk peluang bisnis 2018, bisnis iklan memang sangat menggiurkan dan diprediksikan akan memberikan keuntungan yang besar pula. Untuk cara memulainya, alangkah baiknya jika Anda mengelola bisnis ini secara pribadi, alias memiliki media sendiri untuk bisa mereduksi akan adanya pengeluaran biaya sebanyak mungkin dalam membangun usaha perikalanan.

 

Namun, untuk membuat media sendiri pastilah pula membutuhkan modal uang yang berbeda-beda pula jumlahnya. Intinya, harus bisa memanfaatkan media canggih, media terbaik dan media populer, seperti website atau blog untuk bisa membuat bisnis advertising itu berkembang dengan cepat dan pesat, serta menguntungkan secara finansial.

 

Advertising Haruslah Menawarkan Tarif Kompetitif

Persoalan harga memakai jasa bisnis iklan dalam konteks bisnis profesional adalah wajib mempertimbangkan tarif yang akan anda tetapkan ke para pemasang iklan. Memang banyak metode yang digunakan oleh para pebisnis dunia periklanan, mulai dari menerapkan sistem per paket, harga tetap atau dengan memakai sistem per visitor (khusus untuk jasa iklan online di website/blog).

 

Tapi, satu hal yang perlu untuk diketahui bersama, agar bisa bertahan dan memenangkan persaingan di bisnis iklan ini, maka kami sarankan agar anda mengacu pada tarif yang kompetitif. Artinya tarif iklan yang anda tetapkan tidak terlalu murah dan juga bukanlah tarif iklan yang tersebut terlalu mahal.

 

Khusus bagi advertising pemula, maka kami sarankan pula agar terlebih dahulu mengutamakan terbentuknya “branding usaha advertising”, dengan begitu penjaringan terhadap para calon konsumen akan lebih efektif untuk jangka panjang. Artinya, jangan serta merta langsung memikirkan berapa tarif iklan yang pantas untuk anda kenakan ke para pelanggan.

 

Demikian artikel yang membahas tentang bagaimana cara “Memulai Bisnis Iklan di 2018” ini kami bagikan, semoga ada manfaat dan gunanya bagi anda yang akan menekuni usaha periklanan di Indonesia. Atas perhatian dan kunjungannya ke blog silaenseo.com ini, diucapkan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!