Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Menapak Kesuksesan di Bisnis Kuliner Kaki Lima

Usaha kuliner kaki lima (K-5), secara nyata mampu memberikan kontribusi keuntungan yang tidak kecil bagi penjual dan juga pembeli. Tentu hal ini disebabkan, bisnis kuliner K lima ini sudah sangat terkenal dengan jargon “harga terjangkau” ataupun “harga pas di kantong”, baik dalam arti harga makanan murah atau tarif minuman pas di kantong maupun media sewa “lapak” sebagai tempat untuk menjual kuliner kaki lima tersebut.

 

Bisnis Usaha Kaki Lima

 

Memang secara prinsip, jenis usaha kaki lima akan sangat mudah untuk berkembang pesat dan terfavorit di sepanjang tahun 2018 ini, bila dibandingkan dengan jenis bisnis kuliner rumahan ataupun resto. Mudah-mudahan untuk tahun 2019 mendatang, bisnis k-v ini masih terus menjadi pilihan terbaik para pebisnis kelas menengah maupung pengusaha kelas bawah.

 

Mengapa ya tetap menjadi terfavorit? Hal ini disebabkan persoalan tempat untuk menjajakan barang dagangan makanan di kaki lima biasanya selalu memiliki pelanggan yang setia dan ramai. Ya, mungkin disebabkan karena tempatnya yang gampang di ingat serta harganya yang relatif ‘super’ murah, serta cita rasa yang tak kalah dengan jenis kuliner restoran.

 

Memang kalau dicermati perkembangan bisnis kuliner di jaman now ini, ditemukan fakta bahwasanya tak sedikit dari para pengusaha kuliner yang mampu meraih tingkat kesuksesan tertinggi karena dulunya para pengusaha ini menekuni usaha kuliner kaki lima. Kondisi inilah yang menyebabkan, mengapa usaha pada bisnis kuliner kaki lima menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan dan primadona untuk ditekuni.

 

Namun, urusan mengembangkan bisnis kuliner kaki lima menjadi lebih sukses juga membutuhkan banyak tips agar perkembangannya bisa menapak jenjang kesuksesan sesuai dengan target yang ada ke depannya. Tentu tips dimaksud tidak terbatas hanya tips berjualan kaki lima secara offline saja, melainkan dan bila sangat memungkinkan untuk mencoba memadukannya dengan kiat-kita berjualan kaki lima menggunakan medium online. mengapa? Karena persoalan mendasar dan yang sering menjadi “bumerang” adalah terbatasnya lahan untuk berjualan ditambah dengan konsep pemasaran yang kurang baik.

 

Nah, terkait dengan strategi pemasaran online, tak ada salahnya para pengusaha yang sudah eksis menekuni bisnis kuliner kaki-5 mulai memikirkan cara-cara berjualan modern dalam konteks personalisasi bisnis kaki lima modern dengan memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi maupun internet marketing menggunakan digital marketing.

 

Persoalan tentang terbatas ini jelas harus mendapat perhatian serius dan utama bagi para pedagang k-v, terutama yang mengembangkan usaha k-limanya di kota-kota besar, seperti: Jakarta, Depok, Bogor, Surabaya, Bali, Bandung, Medan, Batam, Riau, Palembang, Aceh, Makassar, dan berbagai kota-kota besar lainnya. Seringkali pedagang kaki lima pada kota-kota besar yang penulis kemukakan diatas harus menghadapi adanya razia keamanan dari pihak yang bersangkutan (trantib), sehingga terkadang membuat para pengusaha bisnis ini merasa resah dan kurang tenang di dalam menjalankan bisnis kuliner kaki limanya.

 

Lalu, bagaimana cara para pengusaha untuk bisa menapak kesuksesam di dalam menggeluti usaha berjualan kuliner di kaki lima tersebut? Berikut kami akan mencoba membagikan beberapa pemikiran bagi anda calon pengusaha bisnis makanan dan minuman di kaki lima, dengan tajuk tips menapak kesuksesan di bisnis kuliner kami lima (k-v), yakni:

 

1) Pemilihan Lokasi Strategis

Dalam hal menentukan lokasi tempat berjualan merupakan salah satu langkah pertama dan terpenting untuk anda yang ingin menggeluti usaha kuliner kaki lima ini. Artinya, para pengusaha harus memastikan bahwa lokasi usaha tempat untuk menjajakan bisnis kaki lima milik anda sudah terlebih dahulu mendapatkan izin usaha dari pemerintah setempat.

 

Disamping itu, para pengusaha juga harus memastikan bahwa lokasi yang telah ditentukan tersebut letaknya sangat strategis, seperti berada di sekitar daerah perumahan, dekat dengan rumah kos-kosan, dekat dengan pusat perbelanjaan, dekat dengan area perkantoran, dekat dengan areal pabrik, atau bisa juga terletak di taman kota, sehingga para pelanggan atau konsumen akan lebih mudah untuk membeli di tempat anda berjualan.

 

2) Menentukan Target Pasar Kuliner

Yang penulis maksud dengan target disini adalah setia pengusaha bisnis kuliner k-lima harus mengetahui secara pasti tentang siapa-siapa saja orang yang akan dan/atau yang bakalan menjadi konsumen atau pelanggan dari dagangan yang anda jajakan. Apakah mereka adalah anak kuliahan, pekerja swasta, sopir, Pegawai Negeri Sipil (PNS), Pegawai Badan Usaha Milik Negara/Daerah (BUMN/BUMD), pekerja kantoran dan lain sebagainya.

 

Mengapa penting untuk mengetahui secara jelas tentang target pasar kuliner ini? Alasannya adalah begitu anda selaku pengusaha bisnis kuliner yang menjajakan makanan dan minuman akan dapat mematok tarif dagangan anda sesuai dengan kemampuan ekonomi konsumen anda. Tapi, sebagai langkah awal akan lebih baik lagi apabila tarif harga yang anda patok untuk dagangan tersebut dapat di jangkau oleh semua kalangan, sehingga dagangan anda kedepannya sangat mudah laris manis dan laba yang dihasilkan juga akan anda dapatkan lebih maksimal.

 

3) Penentuan Waktu Berjualan

Perlu diketahui dan dipahami bahwa usaha kaki lima adalah salah satu jenis usaha yang tidak mungkin dapat dilakukan seharian penuh. Artinya, anda selaku pedagang yang akan menjajakan dagangan berupa makanan dan minuman kepada para konsumen tidak mungkin 24 jam non-stop. Jadi dalam hal ini, haruslah dipertimbangkan secara bijak tentang waktu yang tepat dan konsisten di dalam menjajakan dagangan kaki lima anda, misalnya memilih untuk berjualan pada jam istirahat kantor / sekolah / kuliah, ataupun pada waktu sore hingga sampai malam hari.

 

4) Tetap Tekun dan Konsisten

Apapun jenis bisnis dan/atau pekerjaan yang dilakukan, tidak lepas dari adanya ketekunan dan konsisten. Demikian pula halnya untuk dapat menekuni usaha kaki lima agar bisa menapak kesuksesan juga membutuhkan keuletan yang kuat dan pantang menyerah, agar usaha kulier k-5 dapat sukses lebih cepat nantinya. Langkah terbaiknya adalah tetap fokus pada usaha yang anda jalani, meskipun pada kondisi saat ini bahwa usaha kaki lima ini hanyalah merupakan usaha sampingan bagi anda. Meskipun begitu, apabila anda selalu tekun dan konsisten menjalankannya maka dapat dipastikan bahwa usaha anda ini dapat berkembang pesat dan omset penjualan yang di dapat juga akan berlipat.

 

5) Memilih Jenis Kuliner Secara Tepat

Sebagai seorang pedagang yang akan konsisten berjualan di area kaki lima, maka hal untuk menentukan jenis kuliner yang akan di jual adalah hal paling utama yang harus diperhatikan dan diputuskan dengan bijak. Jadi, pastikan bahwa makanan maupun minuman yang anda jual tersebut nantinya akan laku keras dan di sukai oleh berbagai macam kalangan masyarakat yang berada dekat dengan tempat berjualan tersebut.

 

Disamping itu, satu hal yang tak kalah penting adalah agar senantiasa mengutamakan kejujuran dalam berdagang dan atau berbisnis. Ingat, bahwa kepuasan konsumen atau para pelanggan serta rasa dan kebersihan makanan di dalam mengolah setiap makanan dan minuman yang anda jual. Nah, dengan begitu maka kedepannya sudah dapat dipastikan bahwa para konsumen tersebut akan menjadi pelanggan tetap dan setia penikmat makanan dan minuman yang anda jual ke depannya.

 

Demikian artikel tentang menapak kesuksesan di bisnis kuliner kaki lima (k-5) yang merupakan penjabaran dari tips sukses bisnis jualan kaki lima (k-5), mudah-mudahan apa yang penulis bagikan ini dapat menambah khasanah berbagai kiat dan tips usaha jenis bisnis kuliner makanan dan minuman dalam rangka untuk membangun dan menjalankan usaha bisnis kaki-5 yang lebih sukses lagi kedepannya. Terima kasih dan salam bisnis sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!