Mengembangkan Bisnis Kecil Dengan Online Advertising

Sobat ngeblog yang doyan bahas info bisnis, di tahun 2017 lalu startup bisnis usaha kecil di Indonesia mulai menunjukkan tajinya di khasanah persaing dunia bisnis global, baik offline maupun online. Terkhususnya dalam konteks bisnis online yang terlihat di halaman google, maka layar komputer atau laptop anda akan terisi bisnis online yang didominasi oleh bisnis kecil (ukm, umkm dan koperasi).

 

Iklan Online Advertising Untuk Bisnis Kecil Lebih Sukses

 

Tentu adanya hasil diatas, dapat diperoleh karena adanya keseriusan dan kerja keras dari pelaku bisnis kecil dalam mengembangkan ragam usahanya. Dan wajar, apabila kita memberikan aplaus bagi para pebisnis tersebut, serta tidak salah juga dijadikan sebagai salah satu motivator untuk mengembangkan setiap usaha kecil yang akan dan sedang dijalankan.

 

Dari beberapa hal yang bisa kami lihat dari kiprah kesuksesan para pengusaha startup bisnis kecil di sepanjang tahun 2018, pada kesempatan yang baik ini akan kami bagikan hasil analisis terutama menyorotinya dari segi cara mempromosikan ragam bisnisnya melalui periklanan bersistem online.

 

Mengapa dunia online advertising ini sangat menarik untuk dibahas, apalagi bila dikaitkan dengan pengembangan usaha kecil agar semakin sukses? Jawabannya disebakan dunia periklanan online telah dimaknai oleh para pengusaha sebagai salah satu cara yang paling ekonomis dan efisien untuk menjangkau khalayak yang besar, tanpa dibatasi oleh waktu dan juga kewilayahan.

 

Tidak hanya itu saja online advertising bagi bisnis kecil juga telah dianggap sebagai salah satu kebutuhan terpenting agar tetap bisa bertahan dalam persaingan bisnis di internet yang semakin berat.

 

Nah, adanya kelebihan dari adanya periklanan online dapat dengan jelas kita lihat dari adanya perbandingan harga, dimana online advertising mampu menawarkan kesepakatan yang menarik kepada setiap pengusaha kecil untuk mempromosikan produk barang atau jasa bisnisnya.

 

Perbandingan Online Advertising Dengan Iklan Offline

Sobat blogger pengunjung setia blog silaenseo.com, berikut akan kami bahas bagaimana tips ataupun cara membandingkan dan melihat prospek lebih dekat lagi tentang iklan bisnis online dengan menggunakan bentuk advertising lainnya, meskipun sama-sama kita ketahui bahwa masing-masing iklan dimaksud memiliki kelebihan ataupun kekurangannya.

 

Kami melihat bahwa benar masih ada kelebihan iklan offline, seperti yang terdapat pada periklanan surat kabar dan telepon direktori. Dimana secara umum merupakan bentuk advertising yang paling efektif di luar dunia internet.

 

Seandainya, anda melihat ke dalam iklan surat kabar atau telepon direktori, maka anda segera tahu bahwa harganya sangat mahal untuk ragam usaha yang berkategori bisnis kecil. Harga juga sangat tergantung pada area tempat anda berada dan iklan bisa akan menjadi lebih mahal untuk wilayah metropolitan (misalnya DKI Jakarta bila dibandingkan dengan Kota Medan). Tentu, adanya perbandingan harga ini menjadi salah satu faktor kunci yang bisa mengarah memilih alternatif ke dunia periklanan online.

 

Sekarang, coba kita lihat berapa lama sih iklan tersebut dapat mencapai audiensnya, serta bagaimana perbandingannya? Pada penggunaan iklan surat kabar biasanya hanya untuk jangka waktu beberapa hari dalam seminggu, dan jumlah juga sangat terbatas. Tentu saja, semakin banyak iklan anda yang muncul di koran, maka semakin banyak pula biaya yang harus anda keluarkan untuk membayar tarif pasang iklan. Dan sakitnya lagi, bahwa biaya besar untuk iklan tersebut, hanya mampu menjangkau pembaca secara terbatas di area lokal atau daerah tertentu saja.

 

Hal yang sama juga berlaku untuk iklan telepon direktori. Meskipun orang menyimpan buku telepon di dekat mereka dalam waktu yang lebih lama dan mampu akan merujuk mereka, tetapi biayanya tetap masih mahal dan terbatas pada area yang kecil pula. Ya, walaupun bagi para pebisnis, hal ini dapat diterima logika untuk bisnis yang hanya berfungsi di area kecil tersebut.

 

Tapi, bila punya rencana yang lebih besar lagi dalam rangka untuk mengembangkan bisnis anda dengan kepingin menarik pelanggan dari area yang lebih luas lagi, maka beroperasi secara online adalah metode yang efektif dan efisien. Serta bila punya rencana untuk mengirimkan produk barang atau jasa anda ke seluruh dunia, maka online advertising adalah jawabannya.

 

Manfaat Online Advertising

Dalam konteks bicara tentang manfaat nyata dari adanya iklan online untuk pengembangan bisnis kecil agar dapat lebih sukses, maka penggunaan advertising online tidak dapat ditunda lagi. Mengapa? Karena, sebagian besar usaha kecil tentu memiliki ruang usaha yang kecil pula.

 

Tidak hanya itu saja, bicara anggaran atau modal, maka sangat wajar memiliki anggaran operasional yang sangat terbatas. Hal ini berarti bahwa para pengusaha harus sangat berhati-hati dalam memanajemen pengeluaran uang, terutama dalam hal menghitung jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk sub anggaran periklanan setiap bulannya.

 

Tentu keterbatasan modal ini, tidak bisa dijadikan alasan untuk menghalangi adanya promosi. Mengapa? Karena saat ini masyarakat Indonesia, telah lebih banyak menghabiskan waktu untuk berselancar di web, sehingga kelihatan periklanan online akan lebih ekonomis, efisien dan terarah menawarkan berbagai manfaat sebagai ujung tombak pemasaran dan promosi produk.

 

Pada pokoknya online advertising memiliki:

 

*) Segi biaya sangat efektif, dimana periklanan online secara umum memiliki harga yang lebih rendah bila dibandingkan dengan bentuk iklan offline yang ada saat ini;

*) Jangkauan pasar lebih besar dan terarah, dimana dengan menggunakan strategi pemasaran dengan periklanan online maka akan lebih banyak orang yang dapat dijangkau dalam waktu yang lebih singkat daripada memakai bentuk iklan lainnya;

*) Kemampuan untuk mengedit dan menambah ide iklan dapat dilakukan berkali-kali. Coba seandainya anda menggunakan iklan tercetak, maka konsekuensinya tidak dapat diubah begitu telah dipublikasikan. Ya pada intinya, form online dapat diedit dengan cepat, mudah, berkali-kali dan dengan biaya sedikit atau tanpa biaya se rupiah pun;

*) Iklan bersifat lama dan abadi, periklanan online umumnya berjalan dalam jangka waktu yang lama dan dapat dengan mudah teknis pembuatannya.

 

Disamping itu, iklan jenis ini juga sangat terkenal ekonomis dan dapat diperbaharui untuk jangka waktu yang lebih lama lagi dari sebelumnya. Memang sih, ada beberapa bentuk iklan online yang berkembang saat ini, seperti iklan baris online. Tapi, kita harus sadar bahwa iklan baris online tersebut memiliki jangka waktu kadaluarsa yang berkategori pendek, sehingga terasa kurang efektif untuk pengembangan promosi usaha dalam kurun waktu yang lama.

 

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa dengan menggunakan metode ataupun cara promosi dengan online advertising, ada pelanggan yang tidak dapat dijangkau secara online, yakni disebabkan tidak adanya fasilitas jaringan internet atau disebabkan akses wilayah yang sulit dijangkau saat pengiriman pesanan.

 

Tapi, meskipun begitu fakta yang dapat kita lihat dan analisis di sepanjang tahun 2017 lalu adalah tingkat pengguna internet sangat meningkat dan di awal tahun 2018 ini indikasi kebanyakan orang yang akan menghabiskan lebih banyak waktunya untuk mencari berbagai informasi yang dibutuhkannya dengan aktivitas googling. Kemudian, indikasi masyarakat Indonesia yang suka membaca secara online pada tahun 2018 akan terus meningkat bila dibandingkan dengan membaca dalam bentuk cetak (seperti surat kabar, majalah, tabloid, selebaran dan lain sebagainya) merupakan prospek terunik dari bisnis iklan yang satu ini sepanjang tahun 2018.

 

Itulah beberapa catatan kami tentang tips atau teknik “mengembangkan bisnis kecil dengan online advertising”, agar usaha yang anda jalankan saat ini bisa menjadi lebih besar, atau bila tidak bisa setidak-tidaknya dapat bertahan, dan solusi terbaik dan cerdas adalah menggunakan periklanan online dengan blog, websie ataupun situs perusahaan bisnis anda. Atas kunjungannya ke blog silaenseo.com ini, diucapkan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kontes SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!