Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Niche Blog Yang Tepat Bagi Blogger Wanita

Kita sudah melihat perkembangan teknologi digital online yang dimanfaatkan blogger wanita di Indonesia sangat pesat. Bahkan banyak dari mereka yang sangat mudah berinteraksi untuk memajukan bisnis online yang diperoleh dengan jalan aktif ngeblog.

 

Memang pertumbuhan jumlah website/blog maupun berbagai unit usaha yang memanfaatkan teknologi internet, terjadi mengikuti jumlah pengguna internet yang semakin banyak. Berdasarkan catatan penulis, bahwa per bulan November 2018 pengguna internet di Indonesia telah mencapai 140 juta user dari total populasi lebih dari 265 juta penduduk menjadi pasar terbaik untuk dunia blogger maupun langsung terjun menjadi pebisnis online. Apalagi 2/3 dari populasi penduduk Indonesia adalah berjenis kelamin wanita.

 

Blogger Wanita - Perempuan - Emak Emak Sukses Indonesia

 

Kondisi diatas, menjadi salah satu jalan strategis bagi kaum wanita Indonesia untuk bisa memanfaatkan saluran digital maupun teknis online marketing yang sudah ada, ditambah adanya jejaring media sosial (medsos) seperti facebook personal, fanpage, line, instagram, youtube, google+page, google bisnisku, membuat website/blog dengan niche tertentu dan atau bergabung dalam situs marketplace terkenal di Indonesia, seperti tokopedia, yubimall, lazada, blibli, bukalapak, shopee, dlsb.

 

Intinya di jaman milenial ini, bagi kaum hawa memiliki potensi besar untuk aktif dan sukses di dunia blogging maupun menciptakan peluang bisnis daring untuk dirinya sendiri maupun orang lain.

 

Niche Blog yang Terbaik Untuk Dipilih Blogger Wanita

Di awal lahirnya blog, banyak orang yang menggunakan blog sebagai salah satu media hobi untuk menulis berbagai hal. Tentu saja saat ini, blog telah menjadi media favorit bagi setiap orang untuk mencurahkan segala macam tulisan dengan berbagai gaya bahasa, corak ragam ide, maupun pengalaman hidup yang terjadi sehari-hari.

 

Kalau kita telusuri dari beberapa blog yang berkategori “super aktif”, maka akan kita temukan berbagai tulisan mulai dari tulisan yang sedih sampai yang berisi suka cita, bahkan ada yang rada-rada “setengah gila”. Hebatnya lagi pada jaman now ini, dengan tulisan mereka sendiri yang dipublikasikan ke satu website/blog, telah bisa mendapatkan penghasilan hingga puluhan juta rupiah per bulan.

 

Maka dari itu, tak heran bila blogger wanita di negara Indonesia mulai dari status gadis sampai ibu rumah tangga atau emak-emak, saat ini sudah aktif di dunia blogging dan lebih dimanfaatkan untuk memuat ide-ide yang lahir dari dalam diri sendiri karena hal tersebut menjadi niche yang bisa dikelola dalam kurun waktu yang panjang.

 

Memang fakta membuktikan bahwa tidak sedikit wanita yang mulai “ikut-ikutan” dan “ketagihan” melakukan kegiatan blogging untuk mengisi waktu luang mereka sehabis melakukan aktivitas sehari-hari. Uniknya, blogger wanita akan memilih ‘niche blog’ atau ‘tema web’ yang berbeda dengan lelaki atau kaum adam.

 

Nah, kira-kira niche blog atau tema website yang bakalan dipilih dan/atau dipakai oleh wanita? Dalam catatan penulis, niche blog yang cenderung ‘digandrungi’ blogger perempuan dan ibu rumah tangga ataupun blogger emak emak adalah sebagai berikut:

 

*) Web/Blog Diary

Kebanyakan para blogger wanita lebih suka membuat blog atau menulis konten yang berhubungan dengan kehidupan sehari-harinya (bersifat seperti buku harian). Sebagaimana pernah booming di jaman old bahwa buku diary telah dijadikan sebagai hal yang wajib dimiliki oleh setiap wanita.

 

Tapi, seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang canggih, sekarang ini karena sudah era-nya ada blog (baik yang berdomain gratis maupun berbayar), para wanita pun mulai aktif menulis tentang apa yang mereka rasakan sehari-hari dan kemudian dituangkan ke dalam sebuah tulisan ‘konten’ untuk selanjutnya dipublikasikan di blog mereka masing-masing.

 

Coba perhatian kondisi dunia blogger perempuan yang sekarang ini dapat kita lihat kebanyakan ‘niche blog wanita’ berisi tentang curhatan yang ada dialami sehari-hari. Bisanya blog yang seperti ini dikategorikan sebagai ‘personal blog’.

 

*) Blog/Web Kecantikan

Bagi kaum hawa yang menyukai bidang kecantikan, tentu saja mereka akan lebih memilih untuk membuat 1 blog yang membahas tentang berbagai produk kecantikan. Biasanya, blog-blog kecantikan ini isinya kebanyakan akan melakukan review atas produk-produk kecantikan seperti skincare, bedak, kosmetik, lipstik, tempat-tempat terfavorit untuk merawat kecantikan, dan lain sebagainya.

 

*) Blog Memasak atau Tata Boga

Sudah menjadi rahasia umum bahwa wanita jagonya dalam hal masak memasak makanan maupun kue. Nah, dengan adanya keahlian atau keterampilan yang tinggi, maka mereka akan memberikan menulis atau membagikan resep-resep makanan dan kue yang bisa diikuti oleh pengunjung blog. Atau bisa juga mereka akan melakukan review atas makanan orang lain, kuliner, membuat minuman bervitamin ataupun resep dan cara memasak kue, dan lain sebagainya.

 

*) Fashion Blog

Dunia yang berhubungan dengan fashion adalah salah satu hal yang sangat disukai oleh wanita, di dalam blognya tentu saja mereka akan melakukan update seputar style fashion, tas, sepatu atau aksesoris yang biasa digunakan oleh orang lain. Dan blog yang memiliki niche satu ini tetap banyak diminati oleh pengunjung, khususnya pengunjung wanita.

 

*) Web/Blog Pemilu dan Pilkada

Setiap tahun selalu ada saja di wilayah RI yang menyelenggarakan pemilihan kepala daerah, baik pilkada gubernur/wakil gubernur maupun pemilihan bupati/walikota.

 

Bahkan di tahun depan, yakni tahun 2019 kita akan melaksanakan pemilihan umum (pemilu) legislatif untuk memilih calon anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota dan juga pemilihan presiden/wakil presiden.

 

Artinya, bagi wanita yang pernah belajar pendidikan politik ataupun memiliki latar belakang jurusan sosial politik (sospol), maka ikhwal memilih niche blog pemilu atau tema web pilkada sangat pas dan potensi pengunjungnya juga sangat besar.

 

Disamping itu, blogger wanita juga dapat berperan tidak langsung maupun aktif dalam konteks mewujudkan peran blogger pemilu untuk mensukseskan perhelatan pemilihan umum maupun di pemilihan kepala daerah di Indonesia.

 

Usaha Online yang Ramai Dipilih Blogger Wanita

Sebenarnya blog yang sudah di monetasi dan telah menghasilkan uang, seperti telah terpasang iklan adsense (ads) jenis pay per click (ppc) maupun jenis cost per millions (cpm) secara umum merupakan bagian dari usaha-usaha online.

 

Terlepas dari pendapat kami tersebut, maka melakukan dan atau memilih bisnis online yang cocok untuk seorang wanita ataupun blogger perempuan di era milenial sangat banyak. Serta menurut kami juga caranya sangatlah mudah. Kok bisa? Caranya mulai saja dengan langkah awal, yakni menghubungi para supplier ataupun distributor produk yang hendak dijual secara online.

 

Setelah ketemu dengan supplier yang cocok, tentukan deal yang Anda mau dengan supplier produk yang ingin Anda jual tersebut. Kemudian sediakan dan pergunakanlah alat online yang ada untuk memulai dan mengelola bisnis online, seperti handphone (hp) smartphone, laptop dan atau PC komputer, serta adanya koneksi internet. Nah, langkah ini haruslah dilakukan dengan segera, jangan malah larut dengan pikirkan atas kesempurnaan bisnis Anda, yang terpenting di jalankan dulu.

 

Jangan lupa untuk membaca juga: 5 peluang bisnis bagi blogger perempuan

 

Dalam penelusuran penulis, ada beberapa bisnis online yang cocok dan bisa dijalankan oleh wanita maupun blogger emak-emak, diantaranya adalah:

 

*) Usaha Menjual Busana

Sandang adalah kebutuhan pokok manusia, apalagi wanita yang tidak bisa lepas dari gaya berbusana setiap harinya. Khusus untuk bisnis menjual busana ini, segmentasi pria/laki-laki pun bisa dibidik. Produk busana, seperti: kemeja, kaos, celana, rok, gamis, kebaya, blus, hijab, kerudung, jilbab, dan lain sebagainya bisa dijual online ke seluruh dunia.

 

Dewasa ini bisnis jual busana secara online ini, telah dikelola secara profesional oleh wanita, bahwa penulis melihat telah ada situs atau blog butik yang khusus dibuat untuk menjual busana online.

 

*) Bisnis Jual Aksesoris Wanita

Penggunaan accessories telah diyakini akan menambah nilai plus pada penampilan. Nah khusus pada wanita, aksesoris adalah pelengkap yang sudah dianggap bagian penting dalam berbusana indah dan cantik. Contoh accessories yang banyak digunakan dan dijual baik di toko online maupun offline adalah anting, peniti, kalung, gelang, cincin, bros, bando, boneka, tali pinggang, dan lain sebagainya.

 

*) Usaha Berjualan Kuliner

Sebagaimana saat ini telah sangat banyak blogger emak emak yang bertemakan ‘niche’ kuliner, maka perihal memasak ataupun membuat kue sudah sangat mudah dipelajari. Para wanita bisa memanfaatkan saluran digital marketing yang ada saat ini untuk upload tawarkan produk kuliner yang dijualnya.

 

Untuk memudahkan agar produk tersebut cepat dikenal, maka ikuti dulu grup kuliner yang ada di medsos facebook dan mulailah untuk melakukan open pre order (Open PO) untuk memulai bisnis kuliner dengan resiko kecil. Nah, dengan terlebih dahulu melakukan open PO maka pebisnis akan dapatkan modal di muka dan bisa jadi modal awal untuk penyediaan bahan baku produksi atas kuliner yang dipesan.

 

*) Usaha Kecantikan

Adagium mengatakan bahwasanya “menjadi cantik hukumnya adalah wajib”. Oleh karena itu, tak heran produk yang menawarkan kecantikan setiap harinya akan banyak diburu oleh kaum wanita. Baik itu yang bersistem penjualan Multy Level Marketing (MLM) ataupun bisnis retail pribadi. Tinggal potret produk nya, upload dan dipublikasikan di internet (daring).

 

*) Bisnis Menjual Kebutuhan Bayi dan Anak

Selama ada pernikahan atau perkawinan maka akan lahir generasi baru yaitu bayi dan anak. Tentu hal ini akan membuat adanya kebutuhan yang tidak akan pernah sepi dan selalu diburu sepanjang masa. Mulai dari makanan dan minuman, aksesoris bayi ataupun pakaian punya potensi besar untuk di jual online.

 

*) Bisnis Kreatif

Kreatif yang penulis maksudkan ini adalah berkaitan dengan kemampuan olah pikir dan imajinasi seseorang untuk menghasilkan jasa tertentu. Semisalnya menulis ataupun jadi penulis konten web, membuat blog/situs, menjadi penerjemah, jual jasa SEO (jasa search engine optimization), desain grafis, jual jasa arsitek, konsultan psikologi, biro bantuan hukum online, maupun bisnis lainnya.

 

Di era penggunaan pemasaran online, media sosial (medsos) dan blog bisa dimaksimalkan untuk membuat personal branding Anda sehingga cepat berkembang dan bisa menghasilkan uang.

 

Disamping bisnis yang penulis jelaskan diatas, bisnis lain yang berkategori sebagai bisnis yang tidak punya produk, maka para wanita bisa memanfaatkan konsep bisnis reseller ataupun dropshipper. Konsep bisnis ini adalah menjualkan produk milik orang lain dan anda hanya memfokuskan diri sebagai sales marketing saja, melalui tenaga promosi offline maupun di media online. Khusus untuk bisnis sistem reseller maupun dropshipper ini, maka silahkan bergabung pada situs marketplace seperti tdamart, yukbisnis, tokopedia, bukalapak, amazon adalah sumber produknya. Cari produk yang bisa dijual kembali atau jadi dropshipper dan anda pun sudah menjadi seorang pebisnis online.

 

Semoga sukses menjadi pengusaha wanita ataupun menjadi seorang blogger perempuan. Terima kasih atas partisipasinya membaca artikel yang berjudul “Niche Blog Yang Tepat Bagi Blogger Wanita”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!