Kontes SEO Dan Jasa Ahli Bisnis Online

Jasa Ahli Agen Optimasi

Panwaslih Kota Medan Buka Perekrutan Panwaslu Kecamatan

Hai sobat blogger medan dimanapun berada, admin akan turunkan artikel tema: “Panwaslih Kota Medan Buka Pendaftaran Panwascam 2017” yang bertugas untuk mengawasi pelaksanaan pemilihan kepala daerah gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara (Sumut) 2018 dan juga untuk sebagai pengawas pemilihan umum legislatif (pileg) 2019 dan pemilihan umum presiden (pilpres) 2019.

 

Panwaslih Kota Medan Buka Pendaftaran Calon Pengawas Pemilu - Panwaslu Kecamatan

 

Panita Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) yang saat ini dikenal dengan sebutan Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Medan mulai tanggal 20 sampai dengan 26 September 2017 akan merekrut 63 anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) untuk Kota Medan jelang pelaksanaan pilkada serentak 2018 dan/atau juga pemilu 2019.

 

Sebagaimana diketahui bahwasan Kota Medan terdiri dari 21 Kecamatan dan 151 Kelurahan, dimana ke-63 anggota Panwascam masing-masing terdiri dari 3 komisioner per-kecamatan yang berasal dari 21 kecamatan se-Kota Medan sebagaimana dengan tegas tersebut dalam Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu).

 

Nah, ke-21 Kecamatan yang ada di Kota Medan adalah: 1) Kecamatan Medan Tembung; 2) Kecamatan Medan Perjuangan; 3) Kecamatan Medan Area; 4) Kecamatan Medan Denai; 5) Kecamatan Medan Kota; 6) Kecamatan Medan Amplas; 7) Kecamatan Medan Maimun; 8) Kecamatan Medan Sunggal; 9) Kecamatan Medan Johor; 10) Kecamatan Medan Selayang; 11) Kecamatan Medan Helvetia; 12) Kecamatan Maimun; 13) Kecamatan Medan Petisah; 14) Kecamatan Medan Baru; 15) Kecamatan Timur; 16) Kecamatan Medan Barat; 17) Kecamatan Medan Deli; 18) Kecamatan Medan Marelan; 19) Kecamatan Medan Labuhan; 20) Kecamatan Medan Belawan; dan 21) Kecamatan Medan Polonia.

 

Adapun ketentuan pendaftaran dan perekrutan panwascam yang direkrut oleh panwaslih Kota Medan tahun 2017, adalah sebagai berikut:

 

1) Mengajukan surat permohonan dan atau pendaftaran yang ditujukan kepada Panitia Pengawas Pemilu/Pilkada (Panwaslu) Kota Medan, dimana melampirkan syarat sebagai berikut:

 

  1. Fotocopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan Kependudukan dan Kartu Keluarga (KK) yang masih berlaku;
  2. Usia pendaftar minimal 25 (dua puluh lima) tahun;
  3. Melampirkan foto copy ijazah minimal SMA/Sederajat yang sudah disahkan/dilegalisir oleh instansi yang berwenang;
  4. Pas foto warna terbaru ukuran 4×6 sebanyak 5 (lima) lembar;
  5. Daftar Riwayat Hidup (DRH);
  6. Surat Keterangan Sehat dari Puskesmas (diberikan saat pendataran) dan Surat Bebas Narkoba dari instansi yang berwenang (diberikan saat pelantikan);
  7. Surat pernyataan yang memuat:

*) Setia kepada Pancasila sebagai Dasar Negara, Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945;

*) Surat pernyataan tidak pernah menjadi anggota partai politik;

*) Bagi yang sudah pernah terlibat partai politik (parpol) harus sudah keluar dari keanggotan minimal 5 (lima) tahun dan dibuktikan dengan surat resmi;

*) Surat Pernyataan tidak sedang atau tidak pernah menjadi tim kampanye atau tim sukses (timses) dalam jangka waktu sekurang-kuranya 5 (lima) tahun;

*) Bersedia mengundurkan diri dari kepengurusan organisasi masyarakat (ormas) yang berbadan hukum maupun tidak berbadan hukum;

*) Surat pernyataan tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum;

*) Surat Pernyataan bersedia bekerja penuh waktu;

*) Surat pernyataan kesediaan untuk tidak menduduki jabatan politik, jabatan di pemerintahan dan Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah (BUMN/BUMD) selama masa keanggotaan apabila terpilih;

*) Surat pernyataan tidak berada dalam satu ikatan perkawinan dengan sesama Penyelenggara Pemilu;

 

Disamping persyaratan pendaftaran calon panwascam diatas, para calon pendaftar juga dapat melampirkan: surat keterangan atau bukti lain yang mendukung kompetensi calon.

 

Nah, seandainya anggota Panwascam yang lulus tapi dikemudian hari diketahui terlibat dalam pengurus partai, tim sukses kandidat, atau pengurus Organisasi Masyarakat (Ormas), maka secara otomatis akan dinyatakan gugur dan diganti dengan calon lain, disebabkan salah satu syarat terpenting menjadi Panwascam adalah tidak pernah menjadi anggota partai politik (parpol) atau menjadi tim sukses kandidat (paslon) dalam 5 tahun terakhir. Bagi mereka yang merupakan pengurus Ormas, bersedia lebih dulu mengundurkan diri. Hal ini bertujuan untuk pendapatkan calon-calon komisioner panwaslu kecamatan yang benar-benar independen dan berintegritas tinggi.

 

Selain itu, syarat penting lainnya untuk bisa direkrut menjadi panwaslih kecamatan adalah tidak pernah dipidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih berdasarkan keputusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap dan juga anggota panwascam juga tidak berada dalam 1 (satu) ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara Pemilu.

 

Seperti biasa dalam perekrutan anggota panwascam se-Kota Medan, maka Panwaslih Kota Medan membaginya dalam beberapa tahap mulai dari seleksi berkas, tes tertulis, hingga tes wawancara yang juga tertuang dalam surat edaran Badan Pengawas Pemilihan Umum Sumatera Utara (Bawaslu Sumut) Nomor: B-1804/7K.Bawaslu-Prov. SU/KP.01.00/09/2017, dengan tegas mengatakan bahwasanya seluruh tahapan perekrutan anggota Panwascam ini, mulai pendaftaran hingga seleksi akhir tidak dipungut biaya alias 100% gratis.

 

Nah, bagi orang-orang yang memiliki kualitas maupun integritas tinggi selaku calon-calon panwaslu kecamatan yang berada di 21 kecamatan se-Kota Medan, sudah bisa mengambil dan atau mengembalikan formulir pendaftaran perekrutan panwaslihcam di kantor sekretariat Panwaslih Kota Medan yang beralamat di Jalan Sei Bengawan, Kelurahan Baru, Kecamatan Medan Sunggal mulai dari tanggal 20 sampai 26 September 2017 mulai jam 09.00 WIB sampai dengan jam 17.00 WIB.

 

Nah, bagi anda yang berada di Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), sudah bisa juga mendaftar untuk menjadi calon-calon pengawas pemilu (panwaslu) kecamatan. Bila ingin mengetahui informasinya pendaftarannya, silahkan baca artikel yang telah kami publikasikan sebelumnya dengan judul “penerimaan panwascam se – provinsi sumut” (langsung di klik agar langsung menuju ke halaman tersebut).

 

Demikian artikel yang membahas tentang perekrutan anggota panwaslu kecamatan yang diselenggarakan oleh Panwaslih Kota Medan, mudah-mudahan ada manfaatnya bagi sobat blogger yang sering berkunjung ke website silaenseo.com – media informasi kontes seo dan bisnis online ini. Atas perhatian dan kunjungannya diucapkan terima kasih.

2 Comments

Add a Comment
  1. Semakin sukses PANWASLU

    1. Yups, semoga tugas sebagai panitia pengawasan pilkada dan pemilu dapat dilaksanakan sesuai dengan sumpah dan janji yang sudah diucapkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kontes SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!