Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Panwaslih Medan Gelar Rakernis Pengawasan Pungut Hitung Suara

Rapat Kerja Teknis Pengawasan (Rakernis) Persiapan Pengawasan, Tahap Pemungutan, Penghitungan, dan Rekapitulasi Suara pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018 bersama pimpinan Panwaslih Kecamatan (Panwascam) se-Kota Medan, diselenggarakan di Garuda Plaza Hotel, mulai tanggal 11 s/d 13 Juni 2018.

 

Rapat Kerja Teknis Panwaslih Kota Medan di Pilgubsu 2018

 

Rapat Kerja Teknis Pengawasan bersama pimpinan Panwaslih Kecamatan ini dalam rangka kesiapan hari pemungutan suara dan penghitungan suara pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut Tahun 2018 yang akan dilaksanakan hanya dalam hitungan hari. Ketua Panwaslih Kota Medan mengatakan bahwa Rakernis tersebut bertujuan meningkatkan pemahaman lebih tentang tugas pokok dan fungsi Panwascam dalam pengawasan khususnya pada hari pemungutan dan penghitungan suara.

 

Selanjutnya dalam arahannya, Ketua Panwaslih Kota Medan mengarahkan para pimpinan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan agar seluruh jajaran di Panwascam melakukan pembinaan dan koordinasi yang intensif pada seluruh Panitia Pengawas Lapangan (PPL) dan Pengawas TPS (PTPS) yang ada di Panwaslih Kecamatan.

 

Panwascam punya puluhan sumberdaya manusia yang diharuskan memiliki kemampuan untuk mengelola tugas pengawasan dan kesekretariatan dalam melakukan pembinaan dan peningkatan koordinasi pada pengawas TPS, ujar Henry Simon Sitinjak, SH. Selanjutnya juga dalam acara rakernis Ketua Panwaslih Kota Medan memberikan materi tentang pemahaman atas mekanisme pemungutan dan penghitungan suara. Henry Simon Sitinjak, SH yang ditemani oleh pimpinan Panwaslih Medan lainnya, yakni: Raden Deni Atmiral, S.Sos dan M. Fadly, mengungkapkan bahwa Panwaslih Kota Medan memastikan sebanyak 3024 pengawas TPS yang ada di 21 Kecamatan dan 151 Kelurahan se-Kota Medan yang sudah dilantik dan diberikan ilmu pengetahuan yang memadai tentang apa yang akan terjadi selama pemungutan dan penghitungan suara.

 

Rakernis Pengawasan Pungut Hitung se Panwaslih Kota Medan

 

Tanggal 27 Juni 2018 harus bisa dipastikan semua panwas sudah posisi ready dan semua pengawas tps (ptps) sudah tahu tugasnya dan mampu menghadapi persoalan yang terjadi di TPS pada saat pemungutan suara dan penghitungan suara. Jelasnya.

 

Sesuai rundown acara, dalam rapat kerja teknis ini juga menghadirkan pemateri dari pimpinan Bawaslu Sumut, yakni Ketua Bawaslu Sumut Syafrida R Rasahan, SH dan koordinasi divisi PHL Bawaslu Sumut Aulia Andri, S.Sos dan seluruh pimpinan Panwaslih Kota Medan dan Kepala Sekretariat memberikan materi dalam rakernis. Muh. Fadly, S.Sos yang juga Koordinator Divisi (Koordiv) Pencegahan dan Hubungan antar Lembaga memberikan materi tentang pelaporan online, mekanisme dan prosedur penanganan pelanggaran pemungutan dan penghitungan suara maupun pemetaan TPS rawan.

 

Simulasi Rakernis Pungut Hitung Suara Pemilihan Gubernur 2018

 

Kemudian, Divisi Penindakan Pelanggaran juga menyampaikan materi tentang mekanisme dan prosedur penanganan pelanggaran pada tahapan pungut hitung suara sesuai dengan PKPU (peraturan komisi pemilihan umum) nomor 8 tahun 2018 dan Perbawaslu (peraturan badan pengawas pemilu) nomor 14 tahun 2018. Rakernis Pemungutan dan Penghitungan Suara akan dilaksanakan berjenjang, dijadwalkan setelah Rakernis di Kota Medan, nantinya Panwascam segera melaksanakan Rakernis dengan seluruh Petugas Pengawas Lapangan (PPL) di kelurahannya masing-masing untuk kemudian pemahamannya bisa didistribusikan kepada setiap ptps (pengawas tps).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!