Peluang Bisnis di Bidang Teknologi 2019

Penggunaan teknologi terutama IT (Information and Technology) untuk bisnis dalam hal memenuhi aspek kebutuhan hidup manusia semakin hari meningkat. Bahkan di era jaman milenial ‘now’ ini, boleh dikatakan tak luput dari penggunaan teknologi di sektor apapun itu.

 

Namun sayang imbas dari penggunaan teknologi informatika ini menggerus jumlah lowongan pekerjaan, bahkan loker pada bidang teknologi tak sebanding dengan jumlah calon pekerja-nya. Oleh karena itulah, tak ayal membuat banyak orang dengan kemampuan khusus dan memadai di bidang ini kita jumpai hingga saat ini masih tidak memiliki pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan kemampuannya.

 

Peluang Usaha Bisnis Teknologi Informasi

 

Sebenarnya, bagi sobat silaenseo.com yang memang memiliki kemampuan tingkat tinggi di bidang teknologi, tak perlu merasa resah dalam mencari pekerjaan kesana kemari. Mengapa? Karena banyak sektor bisnis di bidang ini yang dapat dijalankan secara profesional dan dapat dikerjakan dalam rumah. Terlebih lagi, pandangan kedepan yakni di tahun 2019 bahwa peluang bisnis di bidang teknologi maupun usaha di bidang IT akan semakin cerah mengingat kebutuhan atas adanya penggunaan teknologi dan informasi yang canggih akan semakin terus meningkat tajam hingga ke pelosok negeri.

 

Lalu apa-apa saja yang bisa dilirik sebagai peluang bisnis di bidang teknologi yang sangat berpotensi bisa mendatangkan keuntungan besar bagi para pelaku bisnis untuk masa mendatang? Pada artikel ini, kami akan mencoba melemparkannya ke anda, mana tahu satu diantaranya cocok untuk anda geluti sebagai peluang bisnis 2019, yakni:

 

(1) Service

Salah satu bisnis bidang teknologi tahun 2019 yang tidak ada pasang surutnya dari masa ke masa adalah menyediakan tenaga jasa service. Jasa yang ditawarkan juga tak tanggung-tanggung dimana tak hanya pada bagian hardware nya saja yang dijajal, namun pada bagian software justru jauh lebih menguntungkan bila digeluti.

 

Mengapa ya? Ada sobat silaenseo yang tahu jawabannya. Alasannya disebabkan bahwa untuk menjalankan bisnis service pada software anda tak perlu susah-susah untuk memiliki modal besar. Cukup dengan hanya bermodalkan keahlian tingkat dewa, anda sudah bisa menjalankan bisnis ini dengan sukses.

 

Sebagai langkah awal, sangat disarankan agar sering-seringlah mempromosikan jasa anda melalui berbagai media, terutama media digital online dan jejaring sosial. Mengapa? Karena saat ini media sosial seperti facebook, instagram, whatsapp, telegram dan twitter sedang sangat populer digandrungi warga Indonesia (usia muda hingga orang tua). Jadi, kelihatannya akan sangat bagus jika anda melakukan promosi bisnis maupun pemasaran usaha menggunakan media ini. Tentu saja promo ini harus diikuti dengan adanya pemberian bukti tentang keahlian anda, misalnya dengan memberikan testimoni lengkap ‘tanpa hoaks’ mengenai kepuasan pelanggan sebelumnya terhadap hasil service yang anda berikan.

 

(2) Blogging

Nah, bisnis yang satu ini sangat cocok bagi anda yang memiliki kemampuan dan hobi menulis. Prospek bisnis di bidang teknologi dunia blogger ini adalah bisnis paling cocok untuk anda jalankan di tahun 2019. Anda bisa membuat blog niche populer yang nantinya akan secara berkala diisikan dengan berbagai tulisan karya anda. Tapi tulisan dimaksud haruslah berkualitas dan bukan hasil contekan atau copy paste milik orang lain.

 

Selain kemampuan menulis seperti dijelaskan diatas, untuk bisa menjadi seorang blogger sukses Indonesia, anda juga harus memiliki kemampuan yang baik dalam mengelolanya, seperti memiliki pemahaman atas manajemen domain dan hosting, bahasa html dan programing, SEO (search engine optimization) berkualitas onpage dan offpage, dan yang terpenting memiliki ide brilian dalam hal mengetahui langkah yang harus di lakukan untuk memonetisasi blog anda agar bisa menghasilkan uang online. Seperti menjadi publisher iklan PPC dan CPM ala adsense (ads), program affiliasi, pasang iklan blog mandiri, Paid to Review, menjual slot iklan dan masih banyak lagi program lain yang banyak ditawarkan dalam dunia internet. Jenis pekerjaan ini merupakan salah satu bisnis yang berkategori bisnis teknologi online yang cukup menggiurkan memberikan keuntungan sepanjang tahun 2019 ini.

 

(3) Desain Grafis

Bedan dengan seorang blogger yang mengharuskan anda memiliki kemampuan menulis dan mengelola blog dengan baik, untuk bisnis bidang teknologi pada poin 3 ini justru mengharuskan para pelakunya memiliki kemampuan yang baik tentang desain grafis. Ya, saat ini bisnis jasa desain grafis ini sangat banyak ditemui. Bahkan, tak jarang juga dijumpai berbagai ajang lomba desain grafis yang pengikutnya adalah mereka-mereka para penyedia jasa desain grafis di Indonesia.

 

Satu hal yang sangat dibutuhkan ketika seseorang menjalankan bisnis desain grafis ini adalah jiwa kreatif, pengetahun di dunia seni, dan kemampuan yang tinggi pada bidangnya. Mengapa? Karena pada dunia desain grafis anda akan dinilai bagus dan dihargai lebih ketika dapat menampilkan keindahan melalui keunikannya.

 

(4) Internet Marketing

Peluang bisnis yang satu ini dianggap banyak orang sebagai bisnis di bidang teknologi yang paling menggiurkan. Mengapa? Karena bisnis internet marketing sebagaimana diketahui bahwa hingga di penghujung tahun 2018 ini hampir setiap barang kebutuhan sehari-hari bisa didapatkan secara online, mulai dari produk digital seperti Ebook dan software, barang terkecil seperti emas dan perhiasan jenis lain, busana atau pakaian, sepatu, pinjam uang daring (gadai online) hingga barang berukuran besar seperti mobil, atau bahkan rumah pun sudah bisa dibeli secara online. nah, untuk itulah, bagi orang-orang yang memiliki jiwa bisnis tinggi dan tingkat dewa, fenomena seperti ini akan sangat sayang jika disia-siakan begitu saja pada tahun 2019. Bila perlu menambah cabang bisnis yang masih beririsan dengan internet marketing global.

 

Lalu bagaimana caranya? Sobat blogger silaenseo.com bisa menjadi seorang internet marketing yang dimulai dari hal paling sederhana terlebih dahulu, seperti dropshiper atau menjual produk milik orang lain (reseller), hingga bisa berlanjut dengan memasarkan produk milik sendiri nantinya dan bahkan membuka toko online sendiri kedepannya.

 

Tentu saja pekerjaan di bidang internet marketing tak luput dari penggunaan strategi pemasaran di medium online, seperti medsos (facebook, whatsapp, line, linkedin, google plus, twitter, telegram, instagram dan juga aktif bermarketing ke marketplace (jualo, olx, shopee, tokopedia, zilingo, bukalapak, dlsb). Tujuannya tentu saja untuk promosi produk, mendapatkan konsumen potensial dan membentuk brand.

 

Untuk menunjang dan menambah wawasan maupun keahlian anda hingga bisa menjadi master di bidang internet marketing terutama di media sosial, maka tak ada salahnya agar belajar pengetahuan tentang SEO, social media marketing (SMM) dan juga search engine marketing (SEM) agar dapat menjaring calon konsumen potensial yang lebih besar lagi kedepannya. Mengapa karena untuk tahun 2019 ini, kami melihat bahwasanya SEO ujung tombak marketing untuk toko online masih belum bisa tergeser oleh yang lain.

 

(5) Website Programing

Bisnis kelima menggunakan teknologi dan memiliki prospek cerah nan menguntungkan di tahun 2019 adalah menjadi seorang website programing. Nah, bagi anda yang memiliki kemampuan dan keahlian bidang ini, cara kerjanya juga cukup sederhana dimana anda hanya perlu membuatkan sebuah website ataupun blog personal sesuai dengan permintaan calon klien.

 

Untuk jasa tambahannya, maka anda bisa memberikan service tambahan dalam hal mendatangkan visitor untuk website klien yang anda buat berikut dengan maintenance website untuk jangka panjang, mempromosikan website ke berbagai media online, dan berbagai hal lainnya yang berhubungan dengan kelancaran jalan website dimasa depan.

 

Tambahan layanan lain juga dapat anda berikan, yakni di bidang SEO. Tujuannya adalah agar website milik klien anda bisa mendapatkan pengunjung yang tinggi dan memiliki daya saing tingkat tinggi di search engine pada penggunaan keyword yang ditargetkan oleh klien sebelumnya.

 

Dengan semakin banyaknya pengunjung, maka layanan jasa website programing yang anda berikan akan memuaskan pelanggan, sehingga kemungkinan besar akan mempromosikannya kepada yang lain.

 

(6) Konsultan Teknologi

Seandainya anda sudah memiliki kemahiran tingkat master dalam dunia teknologi (IT) atau komputer, maka bisnis ke-6 ini mungkin saja adalah pilihan yang tepat bagi Anda untuk segera ditekuni tahun 2019. Ingat bahwa perubahan besar di bidang teknologi saat ini terjadi di Indonesia telah membuat perusahaan besar dan kecil (baik lokal maupun mancanegara) lazim mengutamakan teknologi baru untuk diintegrasikan dengan bisnis mereka.

 

Disamping itu, para pebisnis cenderung disibukkan dengan urusan untuk meningkatkan penjualan dan mengumpulkan keuntungan perusahaan, sehingga tak sangat wajar tidak memiliki waktu untuk mengurus penggunaan teknologi basis online yang bermanfaat mendukung laju bisnis. Oleh karenanya, profesi atau layanan jasa konsultan teknologi merupakan salah satu bisnis yang saat ini banyak dicari oleh para pelaku usaha yang sudah go internet.

 

(7) Menjadi Konsultan Media Sosial (Medsos)

Walaupun di sepanjang tahun 2018 ini, telah banyak memulai bisnis yang berorientasi pada jasa konsultasi media sosial, maka tak ada salahnya bila Anda memiliki kemampuan di bidang teknologi medsos bisa ikut andil untuk mencobanya. Tentu saja mengingat tingginya permintaan pasar atas pekerjaan ini.

 

Lalu bagaimana caranya? Bisa dengan menawarkan secara langsung kepada calon konsumen tentang keberadaan jasa konsultasi penggunaan media sosial untuk platform seperti Instagram, Telegram, Pinterest, Tumblr dan Snapchat.

 

Anda bisa fokus kepada platform tersebut karena Facebook dan Twitter sudah terlalu banyak digunakan para pebisnis, terutama oleh bisnis-bisnis raksasa dunia. Sehingga dikuatirkan sangat sulit bersaing karena bisnis-bisnis raksana ini banyak memiliki keunggulan, baik dalam sumber daya manusia (SDM), penggunaan teknologi dan juga uang.

 

Nah, platform-platform media sosial yang kami sebutkan diatas, masih kurang mendapat perhatian dan sentuhan dari perusahaan besar karena belum menyadari secara penuh atas adanya manfaat dan tingkat keefektivitasannya dalam hal meningkatkan performa bisnis.

 

Ilustrasinya, seandainya aplikasi live streaming medsos twitter memiliki lebih dari 10 juta akun aktif. Selain itu, Snapchat memiliki lebih dari 100 juta pengguna, sementara Tumblr dan Instagram memiliki lebih dari 400 juta pengguna. Kemudian disusul dengan Pinterest yang memiliki 100 juta pengguna lebih. Jadi, seandainya anda memiliki latar belakang pendidikan yang berkaitan dengan media sosial, maka jangan ragu untuk mencoba memulai bisnis di bidang konsultasi media sosial yang bertujuan mendapatkan keuntungan dari pengguna.

 

(8) Membuka Toko Komputer and Software

Peluang ide bisnis yang kedelapan ini, dapat anda pertimbangkan untuk dikerjakan pada tahun 2019. Ya, tentu saja pekerjaan ini dikhususkan bagi Anda yang memiliki pengetahuan mumpuni mengenai teknologi software dan hardware secara expert.

 

Peluang usaha teknologi ini juga hampir mirip dengan jasa service gadget, di mana anda bisa membuka toko secara fisik yang memungkinkan para pembeli untuk mengunduh file, membeli perangkat komputer atau gadget, memperbaiki perangkat mereka dan lain sebagainya sebagai layanan purna jual.

 

Nah, toko yang seperti ini banyak dicari oleh para warga masyarakat yang sudah keranjingan dengan dunia online yang menggunakan komputer dan berbagai software pendukungnya. Terutama bagi orang-orang yang sudah memiliki website yang bisa secara langsung melayani pelanggan. Pasalnya kini semua orang memiliki smartphone, gadget, hp android, hingga kamera profesional yang memerlukan perbaikan atau perawatan secara berkala.

 

(9) Server Building

Peluang usaha bidang server telah memainkan peran penting dan strategis dalam dunia telepon dan koneksi internet fiber optic, baik untuk penggunaan di rumah, kampus, sekolah, restoran, perkantoran, warkop (warung kopi), cafe, bandara, tempat hiburan, pelabuhan, hotel dan penginapan, apartemen, supermarket, pergudangan, rumah sakit, dan lain sebagainya.

 

Namun, di lapangan kita melihat bahwa masih jarang terdapat perusahaan yang menyediakan jasa server room, padahal bila digunakan dapat melancarkan kegiatan bisnis. Server room adalah ruangan untuk menyimpan server, perangkat jaringan dan perangkat lainnya yang masih berhubungan satu dengan lainnya (misalnya beda departemen).

 

Jadi, jika Anda telah memenuhi syarat dan punya kemampuan handal maka sangat cocok untuk memulai bisnis berbasis teknologi. Salah satu pilihan terbaik adalah dengan membangun bisnis server building/server room di tahun 2019 mendatang.

 

(10) Perusahaan Telekomunikasi

Setiap perusahaan yang menjalankan bisnis telekomunikasi adalah para pemain aktif dalam industri teknologi. Pada bagian ini, Anda akan dikenal sebagai penyedia layanan provider.

 

Seandainya Anda memiliki modal yang besar dan ingin memulai bisnis teknologi informasi, maka Anda patut mencoba jenis bisnis ini. Ingat bahwa bisnis telekomunikasi adalah bisnis yang bersifat padat modal, namun sangat menjanjikan dari segi keuntungan dan tak ada matinya.

 

(11) Perpustakaan Online Atau E-Library

Memang saat ini belum semua warga netizen yang mengenal bisnis elibrary ini. E-library adalah sebuah platform dimana orang-orang bisa mempelajari banyak mata pelajaran dengan biaya yang sangat terjangkau. E-library merupakan pusat informasi di mana Anda dapat dengan mudah dan nyaman melakukan penelitian dan studi dimanapun Anda berada sepanjang memiliki jaringan internet.

 

Bila ingin bergabung dalam perpustakaan online ini, maka orang akan bersedia untuk membayar biaya pendaftaran dan biaya keanggotaan untuk mendapatkan akses ke e-library.

 

(12) Layanan Instalasi

Di penghujung tahun 2018 ini, sangat banyak orang yang memiliki perangkat canggih (misalnya software dan hardware) namun tak mengerti cara penggunaan maupun manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Mereka lebih memilih untuk bertanya langsung kepada orang lain daripada harus mempelajarinya dari buku manual ataupun internet. Mengapa? Pasalnya pertanyaan yang diajukan belum tentu dapat terjawab dari kedua sumber informasi tersebut.

 

Nah, oleh karenanya bisnis layanan instalasi ini merupakan salah satu jenis usaha yang cukup digandrungi oleh anak muda milenial dan tentu saja bisa Anda pertimbangkan untuk ditekuni tahun 2019. Ingat, syarat utamanya Anda harus memiliki keterampilan teknis terlebih dahulu sebelum sukses menjalankan bisnis layanan instalasi ini kedepannya.

 

(13) Layanan Pembuatan Antivirus untuk Smartphone dan Komputer

Seandainya anda memiliki kemampuan dan kriteria khusus tentang programming software, maka bisnis yang bisa Anda coba adalah membuat dan mengembangkan antivirus untuk perangkat smartphone dan komputer.

 

Jika kedepannya bisnis ini berjalan dengan efektif dan lancar, maka tentu Anda akan mendapat banyak pemasukan uang mengingat banyaknya orang yang membutuhkan jasa dan diproyeksikan merupakan salah satu bisnis tersukses di tahun 2019.

 

(14) Pengembang Perangkat Smartphone

Mengingat jumlah penggunaan smartphone di Indonesia semakin meningkat setiap waktunya, maka tak ada salahnya jika Anda mencoba ide bisnis yang khusus menyediakan layanan jasa pengembangan perangkat ini.

 

Perihal untuk memulainya, Anda bisa merancang dan mencoba produksi handphone untuk Anda sendiri. Ada banyak perusahaan hp di negara China yang bisa membantu Anda dalam hal ini, tentu dengan biaya yang cukup hemat pula.

 

(15) Jasa Layanan Website untuk Freelancer

Bisnis yang ke-15 ini menghubungkan para pekerja freelance dengan perekrut kerja. Dimana Anda bisa merekrut freelancer melalui website dengan berbagai bidang dan keahlian, misalnya perekrut membutuhkan seorang web developer, jasa ahli SEO and marketing, jasa penulisan dan pembuatan artikel, jasa pembuat video marketing, jasa pembuat iklan and banner, dan lain sebagainya.

 

Caranya anda bisa menyediakannya dan membayar upah mereka sesuai dengan perjanjian yang telah ditetapkan sebelumnya. Tentu pekerjaan ini dapat dilakukan dibelakang meja dan didepan komputer tanpa harus terjun langsung ke lapangan.

 

Gimana nih sobat silaenseo.com, memiliki kriteria dan juga punya kemampuan di atas rata-rata, maka silahkan pilih salah satu bisnis dan usaha di bidang teknologi (IT) di atas, dibarengi adanya kesabaran, telaten, tak mudah menyerah dan selanjutnya raih hasilnya.

 

Terakhir perlu sedikit kami ingatkan bahwa untuk mencapai kesuksesan dalam menjalankan bisnis di bidang apapun itu tak bisa diraih secara instan, terutamanya menyangkut reputasi anda di mata klien. Jadi tetaplah untuk semakin menjaga kualitas agar kepercayaan dan kepopuleran pun akan bisa didapatkan. Sekali lagi jangan ‘cengeng’ dan mudah sekali menyerah di tengah perjalanan. Semoga bisa terinspirasi dan salam sukses berbisnis. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *