Peluang Bisnis Kopi Arabika Taput Secara Online

Kopi merupakan salah satu jenis minuman rakyat yang ramai disenangi banyak kalangan, baik kawula muda, dewasa hingga orang tua. Aroma kopi arabika yang enak nan lezat sangat pas diminum saat kapanpun, apalagi saat melaksanakan upacara adat Batak.

 

Memang perihal menikmati kopi sudah menjadi tradisi bagi warga Indonesia mulai dahulu kala hingga sekarang, terutama yang berdomisili di Tapanuli Utara (Taput). Ngopi bagi masyarakat Taput dapat dinikmati pada pagi hari, siang hari atau pada malam hari, dimana merupakan kondisi yang selalu cocok untuk meminum kopi arabika atau yang lebih dikenal dengan ‘kopi sigarar utang’.

 

Bisnis Kopi Sumut - Indonesia

 

Sudah tak heran lagi, tradisi minum kopi ini sudah mendarah daging di masyarakat mulai dari golongan ekonomi menengah bawah hingga ekonomi menengah atas. Semua kalangan masyarakat di Tapanuli memang ramai yang gemar meminum kopi, jadi seperti ada yang aneh seandainya lupa untuk meminum kopi sigarar utang ini.

 

Kopi sigarar utang ini adalah jenis minuman yang diciptakan dari pengolahan butir kopi arabika. Bulir kopi yang dihasilkan dari tanaman kopi yang sudah ranum dan setelah dikupas lalu dijemur terlebih dahulu untuk mendapatkan kopi yang sudah kering. Setelah tahapan pengeringan berlanjut dengan fase pegongsengan kopi yang bertujuan untuk menciptakan rasa serta aroma kopi yang lebih lezat.

 

Nah, metode menggoreng kopi ini dilakukan tanpa membutuhkan minyak goreng, kemudian proses menggoreng selesai barulah butir kopi dapat digiling agar menghasilkan bubuk kopi yang baik dan benar-benar lembut. Bubuk kopi inilah yang nantinya untuk dibuat menjadi minuman yang enak nan harum yang selanjutnya dapat dijadikan sebagai peluang bisnis terbaru.

 

Indonesia merupakan negara penghasil kopi paling besar di dunia. Oleh karena itu, tak heran bila kopi dari Indonesia sudah sangat terkenal dan telah pula mendunia (go internasional). Satu-satunya jenis kopi yang cukup terkenal adalah kopi sigarar utang atau jenis arabika yang banyak ditanam oleh para petani di Tapanuli Utara, Sumut.

 

Disamping kopi yang berasal dari Taput diatas, ada lagi kopi Indonesia yang menduduki rangking nomor satu dengan mutu terbaik dan unggul, yakni yang kita kenal dengan jenis kopi luwak. Kopi tersebut diperoleh dari sisa pencernaan hewan luwak yang dijual dengan nominal harga sangat tinggi.

 

Banyaknya pecinta kopi di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), telah memberikan sebuah peluang bisnis kopi Taput yang menggiurkan serta menjanjikan. Bahkan di jaman modern yang serba kekinian, produk asal Taput ini telah menjadi incaran. Terlebih-lebih bagi masyarakat yang kepingin menjadi pengusaha, tentu dengan konsern menjadi pebisnis kopi Taput pasti akan memberikan keuntungan bisnis yang bagus sang pebisnis usaha kopi.

 

Memang di masyarakat Sumut, saat ini telah banyak muncul para pebisnis kopi Taput, mulai dari warung kopi (warkop) sederhana sampai kedai kopi modern (cafe coffee). Usaha kopi ini ramai didatangi para pembeli yang ingin membuat penat (bersantai) dan bercengkerama dengan sahabat, keluarga, pacar, kolega bisnis dan lain sebagainya menu utama ditemani secangkir kopi arabika sigarar utang.

 

Kami melihat bahwa warung kopi (warkop) menjadi tempat tongkrongan dan kongkow-kongkow yang strategis nan nyaman dengan pelanggan penikmat kopi dari waktu ke waktu tanpa terkendala hawa panas maupun hujan. Hal inilah yang mengakibatkan banyak penjual dan bisnis kopi petani Taput yang sudah berhasil, terutama meraih keuntungan besar dari penjualan kopi yang tinggi.

 

Gimana sobat silaenseo, tertarik untuk menekuni bisnis kopi Taput yang sangat menjanjikan ini? Peluang berbisnis kopi Taput masih terbuka lebar untuk siapa saja yang ingin terjun langsung di usaha tersebut. Disamping itu, bisnis ini sangat simpel dilakukan tanpa wajib mempunyai keahlian khusus dalam mengerjakannya. Meracik kopi memang tidak rumit dan sulit seperti mengolah olahan bumbu makanan kuliner biasa. Dengan kemudahan tahap pembuatan kopi yang simpel menjadi magnet yang sangat kuat bagi calon pengusaha untuk menjalankan usaha kopi.

 

Memang hal meracik kopi memiliki trik yang mudah dan umum untuk dilakukan siapa saja, yakni dengan cara menaruh pemanis (gula atau madu) dan kopi kemudian ditambah dengan air panas, kopi-pun sudah jadi dan bisa dinikmati. Pertanyaan yang timbul, bagaimana cara memulai atau menjalankan usaha kopi di jaman online ini ? Nah, untuk berbisnis kopi Taput secara online, silahkan untuk menyimak beberapa hal sebagai berikut:

 

(1) Memiliki Sasaran Konsumen yang Tepat

Untuk mewujudkan hal ini, Anda wajib memikirkan secara matang siapa yang menjadi target customer Anda kedepannya. Kemudian berapa pendapatannya. Seperti apa mereka menganggap bahwa cita rasa suatu kopi sangat penting bagi mereka. Dari kalangan mahasiswa, kuli, kaum kapitalis, pekerja kantoran, atau para pecinta kopi Anda?

 

Perihal untuk terlebih dahulu memahami tingkah laku konsumen, sangat penting dipahami dalam rangka untuk membantu memetakan teknik meracik usaha kopi selanjutnya. Misalnya tempat yang sesuai, bentuk warung yang cocok, dan tarif yang bakal ditetapkan untuk segelas kopi Anda.

 

Bila dana atau modal Anda kecil dan hanya bisa menarget customer kelas menengah ke atas, maka bekerjasamalah dengan teman atau partner bisnis yang mau membiayai bisnis Anda. Nah, langkah termudah untuk mendapatkan investor adalah “pinjam dana”, misalnya dengan mengagunkan surat tanah atau BPKB kendaraan bermotor ke Bank. Atau bisa juga menempuh jalur meminjam uang ke pegadaian ataupun kepada orang-orang yang membuka bisnis gadai di medan.

 

Namun Anda tak perlu kuatir, karena masih ada langkah lain yang lebih aman dan hemat, yakni dengan ikut serta dalam program kewirausahaan yang dilaksanakan oleh berbagai instansi, terutama oleh kementerian perdagangan dan industri. Bahkan bila perlu sesekali mengikuti ‘enterpreneurship competition’ dan seandainya berhasil maka Anda akan memperoleh modal gratis atau cuma-cuma.

 

(2) Pemilihan Lokasi Usaha Kopi

Lokasi usaha haruslah Anda pilih yang benar-benar strategis, agar kedepannya ramai dikunjungi oleh konsumen. Ingat, bahwa tempat menjadi mata tombak dalam perjalanan bisnis kopi Taput Anda. Contohnya, seandainya Anda mau menerapkan rencana membuka warung kopi yang sangat sederhana, maka Anda harus mendapatkan tempat yang sering bersinggungan dengan orang ramai yang sangat mudah dijumpai.

 

Begitu juga seandainya Anda ingin merancang bisnis kopi Taput dengan membuka kedai, maka sangat pantas bila lokasi yang Anda pilih adalah tempat yang berdekatan dengan kampus, mall, pabrik, sekolah, kantor, dan lain sebagainya. Sedangkan bila Anda lebih berniat untuk menyuguhkan lidah penggemar kopi di suatu lokasi yang santai, Anda bisa memilih tempat di lokasi hiburan.

 

(3) Selektif Menentukan Vendor

Mengenai hal ini sebenar sangat krusial, namun terkadang dianggap sepele oleh para calon pengusaha. Bila Anda membuka bisnis kopi untuk sasaran customer kalangan menengah ke bawah, maka tak perlu bingung untuk mendapatkan vendor, di pasar ramai pebisnis kopi sangat mudah mendapatkan produk baik kopi instan ataupun tidak.

 

Berbeda halnya kalau sasaran bisnis kopi Anda adalah untuk golongan menengah ke atas, maka jika Anda mau mendapatkan ‘income’ hingga jutaan rupiah perhari, maka Anda wajib untuk menyasar pembeli ini. Mengapa? Karena mereka sudi untuk membayar mahal, oleh karena itu sangat berhak untuk mendapatkan kopi yang ternikmat seantero jagad raya.

 

(4) Service yang Memuaskan dan Reaktif Cepat

Dalam bisnis modern, maka untuk selalu membuat pelayanan yang segar dan menyenangkan akan sangat membantu dalam hal untuk merancang usaha menjadi sangat dinamis. Tentu hal ini akan menjadi suatu keunggulan yang bisa saja sulit didapatkan oleh pelanggan dari usaha kopi lainnya dimanapun. Oleh sebab itu, jadikan bisnis kopi Taput Anda menjadi usaha yang mempunyai etika dan berkelas, karena ini akan memberikan timbal balik yang luar biasa dari pelanggan. Dengan memberikan pelayanan yang berkualitas dan sopan, Anda pun juga menjadi nilai-nilai kebersihan dari tempat yang Anda pakai untuk bisnis kopi Taput tersebut.

 

(5) Metode Marketing Harus Inovatif

Untuk hal ini, Anda dapat mengoperasikan cara media maya (misalnya dengan memanfaatkan media sosial, forum bisnis online, youtube, website/blog, dlsb) maupun memaksimalkan promosi di media offline. Apabila Anda telah menjalankan konsep bisnis offline yang mengetengahkan marketing offline, sangat bermanfaat kiranya bila dikolaborasikan pemasarannya hingga ke media online untuk memarketingkan usaha kopi sigarar utang secara online.

 

Jangan lupa untuk membaca: cara membuka bisnis usaha kedai kopi sukses

 

Dengan konsep memadukan marketing offline dan online, maka akan semakin banyak yang mengenal bisnis kopi Taput yang sedang Anda jalankan. Artinya, potensi peluang bisnis kopi untuk bisa dengan cepat sukses dapat dicapai dengan dengan nyata, lebih ringan dan dengan memiliki semangat usaha modern.

 

Bisnis kopi asal Taput ini memang tak adanya mati atau pasang surutnya, dan pembeli juga setiap harinya akan meningkat meskipun diketahui bersama bahwa persaingan bisnis ini semakin ketat. Pemanfaatan strategi meng-online-kan bisnis kopi adalah jalan terbaiknya.

 

Kecenderungan yang berkembang hingga ke penghujung tahun 2018, para pebisnis mulai berbondong-bondong mengoperasikan website atau blog untuk menjaring konsumen lebih luas dan tanpa batas. Tapi web atau blog ini haruslah terlebih dahulu dimaksimalkan kinerja SEO (search engine optimization)-nya agar mudah ditemukan oleh calon penikmat kopi dari halaman google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *