Peluang Bisnis MLM Online di Indonesia

Bisnis MLM atau Multi Level Marketing sudah tak asing didengar dan peluang bisnis ini dalam hal memberikan keuntungan juga telah diyakini oleh masyarakat Indonesia sangat menggiurkan, sehingga banyak masyarakat terutama kaum perempuan yang terjun ke dunia bisnis 2019 ini.

 

Bisnis MLM juga sudah sangat ‘melek’ dengan dunia digital dan internet marketing dan turut berkolaborasi dan meleburkan diri ke dalam bisnis bidang teknologi yang dikembangkan pada tahun 2019. Keadaan ini telah melahirkan persaingan tingkat tinggi, sehingga terlihat jelas di halaman google dan di media internet lain, bermunculan bisnis MLM online yang mengklaim terlaris, terbaik, terpercaya, terbaru, syariah, paling menguntungkan, amanah, menggunakan teknologi canggih dan super cepat, dan lain sebagainya.

 

Bisnis Multi Level Marketing - Usaha MLM Online

 

Pada kesempatan yang baik ini, penulis ingin mengajak sobat blogger Indonesia dan pelaku bisnis MLM online agar senantiasa waspada dan tentu saja tidak mempercayai sepenuhnya informasi yang beredar tentang bisnis MLM online tanpa modal, bisnis MLM online terpercaya, bisnis MLM online terbaik, bisnis MLM online syar’i dan bisnis MLM online terbaru, dimana secara faktual bahwa masih ada bisnis MLM yang dijadikan sebagai ‘modus’ penipuan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

 

Ya….., meskipun fakta lain, masih banyak bisnis MLM online yang berkualitas dan terbukti, serta amanah yang bisa menghasilkan dan memberikan keuntungan kepada pelaku jenis usaha ini.

 

Pengertian Bisnis Multi Level Marketing

Sebelum para sobat blogger Indonesia menekuni bisnis ini, tak ada salahnya mengetahui dan memahami tentang apa itu MLM dan pengertian MLM. Tujuannya tentu saja agar lebih mempertajam cara kerja dan strategi pemasaran dari bisnis ini.

 

Multi Level Marketing atau disingkat MLM adalah sebuah metode penjualan dengan sistem jaringan. Jika dalam sistem penjualan produk pada umumnya, penjual akan menjual produknya kepada anda, maka tentunya si penjual akan mendapatkan keuntungan.

 

Akan tetapi, dalam bisnis MLM ini, saya selaku penjual (I) tidak hanya berupaya untuk menjual buku tersebut kepada anda selaku pembeli, melainkan juga saya akan menyarankan kepada anda untuk menjual kembali produk tersebut kepada konsumen selanjutnya. Oleh karena itu, selain saya sebagai penjual I mendapatkan keuntungan dari penjualan produk tersebut, saya juga sebagai pemberi referensi akan mendapat keuntungan kembali jika anda (penjual II) berhasil menjual kembali buku tersebut kepada konsumen lainnya.

 

Kira-kira seperti itulah gambaran dasar mengenai bisnis MLM ini, sehingga banyak perusahaan penyedia produk yang sudah secara detail memperhitungkan keuntungan bagi penjual dan juga yang memberikan referensi. Bahkan menurut hemat penulis, keuntungan tersebut bisa berlanjut dengan skema penjualan yang lebih panjang (downline), sehingga tidak heran untuk produk yang dijual dengan sistim MLM akan sedikit berharga lebih tinggi, karena pada prinsipnya seluruh profitnya di bagi-bagi.

 

Namun bagi perusahaan, mereka tidak merasa rugi meskipun keuntungan dari penjualan produknya di bagi-bagi. Mengapa? Karena perusahaan akan mendapatkan keuntungan dari penghematan biaya distribusi dan juga promosi (biaya pemasangan iklan). Ingat, bahwa biaya untuk sebuah promosi masih sangat tinggi dalam dunia bisnis apapun itu di Indonesia.

 

Bisnis MLM Mendatangkan Penghasilan

Sudah banyak masyarakat ini yang merasakan hasil dari bisnis mlm ini, dimana dapat mendatangkan penghasilan bagi siapa saja, bahkan bukan sekedar hanya mendapatkan ‘duit’ sebagai income bulanan tetapi income mingguan atau penghasilan harian. Bisa anda bayangkan bila selama ini hanya mendapatkan penghasilan bulanan dari gaji saja, kini dengan serius menekuni bisnis mlm Anda juga bisa mendapatkan income harian ratusan ribu rupiah bahkan jutaan rupiah setiap harinya.

 

Dari beberapa ide bisnis mlm online yang ada di Indonesia, penulis memberi saran agar memilih yang dapat dijalankan meskipun anda masih aktif bekerja sebagai pegawai negeri ataupun karyawan perusahaan swasta. Tak hanya itu, menjalankan peluang bisnis MLM online dapat juga ditekuni oleh para pelajar SMA dan mahasiswa, sebagaimana yang nyata terlihat di sepanjang tahun 2019 ini yang mampu berbuat lebih untuk mengatasi masalah keuangan dan masa depan keluarga.

 

Nah, bisnis mlm online ini juga sudah sangat berkembang pesat pada kota-kota besar di Indonesia, sebut saja salah satunya Kota Medan. Dimana di Medan, bisnis MLM online telah menjadi salah satu trend bisnis 2019 yang banyak ditekuni oleh ibu-ibu rumah tangga.

 

Baca juga: Trend Bisnis di Medan Untuk Tahun 2019

 

Artinya, peluang bisnis mlm online bisa secara serius ditekuni oleh sobat blogger yang masih bekerja sebagai karyawan, guru, pns maupun anda yang masih mahasiswa termasuk ibu rumah tangga (irt). Mengapa? Karena trend bisnis online 2019 ini sangat mudah dikerjakan oleh siapapun dari mana saja, cukup hanya menggunakan smartphone atau handphone android yang anda miliki dan tersambung dengan jaringan internet 4G dan 5G.

 

Sebagai salah satu cabang bisnis online, bisnis mlm online telah dimaknai oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu cara untuk mendapatkan uang tanpa batas melalui internet, meskipun ada pelaku bisnis mlm yang ‘buta’ tidak tahu menahu sama sekali mengenai internet namun faktanya bisa sukses mendapatkan penghasilan besar setiap bulannya.

 

Alasan Menjalankan Bisnis MLM Secara Online

*) Kebebasan Memilih Waktu

Inilah salah satu keuntungan terbesar dan terbaik bila menjalankan bisnis online, dimana Anda bisa menentukan sendiri kapan waktu anda bekerja, kapan waktu anda beristirahat, kapan anda beribadah atau anda bisa memilih sendiri kapan anda bercengkrama dengan anak dan istri atau suami anda. Salah satu kelebihan usaha yang bisa dikerjakan dari rumah adalah keleluasan waktu yang tidak akan didapatkan bila menjadi seorang karyawan pada perusahaan tertentu.

 

*) Lebih Dekat Dengan Seluruh Anggota Keluarga

Banyak sekali karyawan yang harus berangkat pada pukul 07.00 lalu pulang bekerja pukul 16.00, bahkan terkadang harus bekerja lembur hingga malam hari. Tentu rutinitas ini akan membuat letih dan mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh, sehingga banyak waktu yang terlewatkan untuk keluarga.

 

Terlebih jika anda adalah seorang ibu rumah tangga, anda mungkin akan melewatkan waktu kapan bayi mungil anda mengatakan ‘bunda’ untuk pertama kalinya. Anda juga akan melewatkan waktu untuk melihat perkembangan anak, kelucuan anak setiap harinya. Nah, dengan membuka usaha mlm online di rumah, maka anda bisa sangat dekat dengan seluruh anggota keluarga anda.

 

*) MLM Online Menggunakan Modal Kecil

Apakah semua usaha mlm rumahan selalu menggunakan modal yang kecil? Jawabannya tidak. Terkait besar kecilnya modal yang harus dikeluarkan untuk bisnis mlm online, sebenarnya ditentukan oleh jenis usaha dan skala usaha yang ingin dijalankan. Namun penting diingat dan dipertimbangkan bahwa anda tidak perlu lagi memikirkan biaya untuk beli tanah maupun sewa gedung atau menyediakan property lainnya. Tentu saja hal ini menjadi salah satu langkah penting bagi anda sebagai langkah untuk menekan modal seminimal mungkin dan terkesan nyaris merupakan bisnis online tanpa modal.

 

Baca juga artikel: Peluang Bisnis Online Tanpa Modal 2019

 

Nah, modal sangat jelas turut mempengaruhi pemilihan atas ide usaha apa yang harus dipilih dan dijalankan kedepannya. Tapi saran penulis agar memilih bisnis mlm online yang sesuai dengan kepribadian, kemampuan dan minat anda, serta yang mengeluarkan modal kecil tapi bisa memberikan keuntungan besar.

 

Nah, karena bisnis mlm online merupakan kegiatan usaha yang dilakukan secara online dengan menggunakan fasilitas internet, tentu saja ada memiliki laptop/komputer atau smartphone ataupun hp android serta koneksi internet cepat berbasis jaringan internet 4G atau 5G. Jadi bila saat ini Anda memiliki smartphone canggih tapi tidak dimanfaatkan untuk menjalankan sebuah bisnis online, maka sangat rugi. Mengapa? Karena eksistensi smartphone hanya dijalankan sebagai alat komunikasi untuk gengsi-gengsian semata bukan untuk berjualan produk mlm di internet.

 

Untuk mensiasati kiprah bisnis mlm online, jalan terbaiknya adalah dengan membuat website (toko online) sekali di awal, promosikan ke berbagai media online dan sosial media (facebook, twitter, line, instagram, telegram, whatsapp, bbm, linkedin, email bisnis, dlsb), dimana dengan sekali promosi dapat menjangkau ribuan dan bahkan jutaan calon pelanggan lalu menunggu pesanan datang.

 

Perihal bila pesanan datang, maka bisa di kirim pada saat pulang kerja atau minta istri atau suami di rumah yang melakukan pengiriman melalui jasa kurir pengiriman barang (melalui JNE, TIKI, POS). Satu masalah selesai dan keuntungan pun datang. Intinya produk mlm online tersebut merupakan produk yang bisa dipasarkan secara massal melalui internet dan berupa barang yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia dengan harga yang terjangkau, mudah dalam pengiriman dan memiliki margin (rabat) penjualan yang sepadan dengan jerih payah ‘energi’ yang sudah dikeluarkan.

 

Tips Memilih Produk Bisnis MLM Online

Setidaknya ada beberapa hal yang harus cermat diperhatikan dalam mengikuti program atau menjalankan bisnis usaha mlm online, yakni:

 

*) Memiliki Izin Perusahaan Secara Sah

Paling awal yang harus sobat blogger perhatikan ketika akan menjatuhkan pilihan untuk memilih produk mlm online adalah mengenai perizinan dari penyedia program MLM tersebut. Penting untuk diketahui bahwa sebuah perusahaan MLM wajib memiliki ijin SIUPL atau Surat Ijin Usaha Penjualan Langsung. Surat izin ini diterbitkan oleh APLI yang merupakan singkatan dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia. Mengapa harus ada izin? Hal ini adalah agar bisnis MLM tersebut legal, baik perusahaan. Dan perlu diketahui juga bahwa adanya ijin tersebut berlaku juga untuk setiap produk turunannya. Jadi jika perusahaan memiliki beberapa produk, pastikan telah memiliki ijin atas produk tersebut dengan lengkap dan legal.

 

*) Pilih Perusahaan MLM Yang Memiliki Produk

Penulis melihat di tahun 2019 ini, meski ada beberapa perusahaan yang menawarkan bisnis MLM tanpa harus menjual produk apapun. Namun menurut analisis bisnis, alangkah lebih baik jika sobat blogger lebih memilih bisnis MLM yang benar-benar memiliki ‘real’ produk untuk dijual ke masyarakat.

 

Disamping itu, anda juga mempunyai pekerjaan tambahan, yakni untuk mencari tahu kebenaran dari produk mlm tersebut, apakah benar-benar merupakan produk berkualitas. Bila benar, maka pilihlah satu produk bisnis MLM adalah agar lebih fokus, namun produk mlm tersebut memiliki banyak variasi, misalnya fokus pada produk kecantikan ‘beauty’ dan produknya memiliki ragam pilihan yang banyak.

 

*) Cermat Melakukan Analisa Keuntungan Berkala

Agar sobat blogger dijauhkan dari jeratan bisnis MLM penipuan atau modus scam, ada baiknya sebelumnya anda aktif dan kreatif untuk melakukan analisa mengenai keuntungan yang bisa didapatkan. Jangan sampai terjadi saat pelaku bisnis mlm online mengumbar janji kepada anda akan bisa mendapatkan keuntungan yang besar, sedangkan jika dilakukan analisa perhitungannya sangat tidak masuk akal, maka hindari mengikuti program mlm online seperti ini.

 

Demikian sedikit penjelasan dari team penulis silaenseo.com mengenai peluang bisnis MLM online di Indonesia yang bisa dipilih oleh para sobat blogger sebagai salah satu bisnis online ‘daring’ yang menjanjikan di tahun 2019. Semoga bisa menjadi referensi bisnis online terbaik dan penulis mengharapkan adanya masukan dari para pembaca dan silahkan untuk memberikan masukan melalui kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *