Bisnis Online dan Jasa SEO

Bisnis Online Medan dan Jasa Ahli SEO Blogger Terbaik

Peluang Bisnis Online Yang Menjanjikan di 2018

3 (tiga) bulan lagi tahun 2018 akan kita jelang, dinamika bisnis online 2017 sudah kita ketahui bersama, dimana beberapa usaha online sudah mulai kelihatan mampu merajai pasar baik pasar lokal, nasional maupun internasional.

 

Ya, bisnis online yang kami maksudkan dalam artikel ini adalah e-commerce. Sebagaimana diketahui bersama, bahwa sektor e-commerce ini pertumbuhannya adalah sangat cepat menyaingi pertumbuhan pasar ritail di Indonesia.

 

Peluang Sukses Bisnis Online dan Berhasil Usaha Internet di Indonesia Tahun 2018

 

Dalam pertumbuhannya, pangsa pasar e-commerce sejak diperkenalkan pertama sekali pada tahun 1994 dimana saat itu banner-elektronik telah dimanfaatkan sebagai salah satu tujuan untuk melakukan promosi dan periklanan pada satu halaman website usaha online. Kemudian dalam kurun waktu 9 tahun pangsa pasar perdagangan elektronik ini mampu membukukan penjualannya seharga $ 12.2 miliar pada tahun 2003.

 

Hingga bulan September 2017, bisnis e-commerce sebagaimana kita lihat bersama bahwasanya perkembangannya makin meningkat tajam. Kondisi ini adalah sangat wajar terjadi mengingat dalam bisnis bidang e-commerce ini, setiap harinya makin banyak pebisnis yang menggiatinya. Tidak hanya pebisnis yang sudah terjun dan eksis bermain di pasar retail yang telah lebih dahulu berkecimpung di bidang usaha berjualan, telah diikuti oleh pemain baru yang lebih condong ke anak muda dan ibu-ibu.

 

Disamping itu, banyak juga para pebisnis online yang langsung menyerah padahal hanya baru sekitar 5 bulan-an menjalankan usahanya. Alasannya sangat beragam mulai dari tidak tahu ingin usaha online apa, kurangnya wawasan memahami bisnis online, dan juga bisnis yang sepi dan tidak mencapai target. Kemudian ada juga yang memberikan alasan bahwa terlalu besarnya tanggungan yang tidak akan bisa dipenuhi bila hanya mengandalkan usaha berjualan online saja.

 

Nah, dalam kerangka itulah, dalam artikel ini, kami dari situs silaenseo.com – Agen Kontes SEO Bisnis Online dan juga Ahli Optimasi Review Produk, akan menshare beberapa peluang usaha online yang memiliki peluang besar akan sukses di tahun 2018 dan sekaligus akan membagi tips agar berhasil menjalankan usaha onlinenya di tahun mendatang.

 

Peluang usaha online yang sukses meraup keuntungan hingga akhir tahun 2017 dan diprediksikan akan tetap berjaya adalah sebagai berikut:

 

1) Jasa SEO untuk Website

Usaha yang satu ini dikenal dan populer dengan bentuk pekerjaan mengoptimasi website. Nah, mengoptimasi website ini adalah salah satu wujud pemasaran yang hingga saat ini sering dilakukan oleh dan dipilih oleh para pengusaha. Tentu, dalam hal diperlukannya jasa SEO (Search Engine Optimization) ini adalah dalam rangka untuk mendapatkan traffic dan meningkatkan popularitas website jadi lebih baik dan tinggi lagi yang dapat dihasilkan dari mesin pencari.

 

Tidak mengherankan kalau akhir tahun 2017 ini banyak sekali orang dan para website enginering yang mulai belajar secara serius mengenai SEO. Bahkan, banyak juga yang mengadakan pelatihan dan atau membuka kursus pelatihan bagi siapa saja yang ingin belajar SEO dan mengoptimasi website/blog.

 

Lalu apa-apa saja sih yang seharusnya dipersiapkan untuk menyediakan jasa bidang SEO untuk kepentingan bisnis online ini ? Ya, tentu saja yang pertama sekali dimiliki adalah harus memahami dan mengerti tentang SEO itu sendiri. Misalnya dengan cara meriset kata kunci dan siapa-siapa saja yang menjadi kompetitor. Kemudian para pemberi jasa SEO juga memahami content marketing mulai dari pembuatan hingga pendistribusiannya, dapat mengoptimasi struktur website sesuai dengan apa yang disyaratkan oleh mesin pencari, melakukan monitor backlink secara berkala dan berkelanjutan, berusaha mencabut sanksi penalti yang diberikan oleh Google (de index, sandbox dan banned), dapat menganalisa data melalui pemanfaatan Google Analytics.

 

2) Menawarkan Jasa Manajemen dan Pemasaran Media Sosial

Pertumbuhan jejaring media sosial (medsos) yang kian besar, telah dimaknai oleh para pelaku bisnis untuk membuka peluang usaha yang sangat menjanjikan. Nah, salah satu yang bisa digeluti sebagai wujud dari bisnis online adalah membuka jasa manajemen dan pemasaran media sosial.

 

Lalu, apa saja yang menjadi beban kerja dan tugas anda sebagai penyedia jasa ini? Secara prinsip, cara kerja nya hampir sama dengan SEO, dimana media sosial juga wujud dari aplikasi pemasaran online yang juga memerlukan bantuan seseorang untuk meningkatkan traffic, menambah pengunjung fanatik dan likers media sosial yang dimilikinya.

 

Nah, tugas seorang spesialis sosial media ini adalah untuk membangun kesadaran brand, membuat dan membagikan konten-konten yang menarik ke pembaca maupun konsumen, berinteraksi dengan fans ataupun followers, serta dalam rangka untuk meingkatkan traffic website melalui pembagian link di media sosial.

 

Jadi, pada pokoknya tugas dan tanggung jawab yang dilakukan di sosial media tidak hanya sebagai admin yang hanya memposting artikel-artikel dari website, melainkan juga harus secara konsisten membuat konten sender berupa foto atau video yang menarik bagi pengguna media sosial lainnya.

 

Dalam urusan membuat konten-konten apa saja yang diperlukan dan atau diperhatikan bagi orang-orang yang ingin konsern melakukan bisnis online dalam wujud media sosial specialist? Yang paling utama adalah membuat konten yang berkualitas, berbobot dan menarik sesuai dengan konsep atau usaha yang dijalani, serta konten yang dibuat tersebut haruslah original.

 

3) Menjual Berbagai Produk di Website Dalam Wujud Toko Online

Saat ini telah banyak orang yang melakukan hal ini, disebabkan prosesnya cukup mudah dan penghasilannya pun lumayan. Tidak percaya? Coba anda lihat bhinneka .com yang didirikan oleh yang didirikan oleh seorang pengusaha bisnis online yang bernama Hendrik Tio. Pada awalnya situs yang berdiri dan telah online sejak tahun 1999, hingga saat ini dapat mengantongi omzet lebih dari 60 milyar rupiah setiap tahunnya.

 

Meskipun kesuksesan diatas telah nyata, tapi kebanyakan pengusaha cenderung takut memilih jenis usaha ini, padahal sebenarnya tidak perlu ditakutkan karena langkah-langkahnya sangat mudah dan jelas. Misalnya, untuk platformnya sudah sangat banyak tersedia dan dapat dipilih oleh para calon pengusaha bisnis online ini, seperti BBM, WordPress, Instagram, Blogger, Joomla dan berbagai startup lainnya yang khusus menyediakan content management systen untuk website. Mengenai biaya yang harus dikeluarkan pun tidak sampai harus menguras kantong dan atau membutuhkan modal besar. Intinya bahwa usaha ini selain mudah dijalani juga tidak memerlukan modal yang gede.

 

4) Jualan di Pasar Online Pada Platform Marketplace

Metode jualan online di marketplace hampir sama seperti jualan di website sendiri, namun unsur utama yang membedakan adalah jika jualan di marketplace, maka anda menggunakan platform orang lain. Jadi, setiap pengusaha harus mengikuti ketentuan yang sudah di tentukan pada marketplace dimaksud. Keuntungan menggunakan platform marketplace yang sudah banyak tersedia di Indonesia ini adalah Anda bisa langsung berjualan tanpa dipusingkan harus membuat website, mencari trafik pengunjung, dan hal-hal lainnya. Serta langkah pembuatannya juga dapat dilakukan hanya kurang dari 5 (lima) menit saja. Misalnya anda akan jualan baju online, maka anda cukup memfoto produk baju yang akan dipasarkan, kemudian menguplaoadnya, dan memberikan sedikit deskripsi barang agar mudah dipahami oleh para calon pembeli dan setelah itu mempostingnya. Cukup mudah dilakukan bukan.

 

Keuntungan lain yang bisa diperoleh adalah anda bisa langsung mendapatkan pembeli, karena pangsa pasar dan trafik pengunjungnya sudah ramai. Kemudian juga, satu hal yang sangat menggiurkan bahwa berjualan di marketplace adalah 100% gratis (cuma-cuma). Dimana, anda tidak akan dipungut biaya admin atau fee menggunakan platform tersebut. Nah, untuk tips tentang bagaimana menghasilkan keuntungan dengan cara berjualan online di marketplace, saat ini sudah banyak tutorial maupun e-book yang bisa anda download maupun cari tahu dengan melakukan googling.

 

5) Menjadi Virtual Assistant

Pada tahun 2017 hingga per bulan September ini, usaha online dalam bentuk virtual assistant telah menyumbangkan peran penting dalam meramaikan eksistensi bisnis online di Indonesia. Arti dan pengertian dari virtual assistant adalah seseorang yang tugasnya membantu pekerjaan orang lain secara remote (jarak jauh). Nah, jenis pekerjaan ini lazim diperuntukkan untuk membantu seseorang di bidang pekerjaan administrasi, sekretariat dan atau sekretaris maupun berbagai pekerjaan-pekerjaan sejenisnya.

 

Wujud dari pekerjaan ini adalah seperti penulisan review, desain, internet research, editing, copywriting, penerjemah, programing, input data dan masih banyak lainnya. Sesuai dengan namanya, virtual assistant bisa berada saja berada pada satu lokasi daerah dengan kliennya, atau pun pada wilayah negara Republik Indonesia, bahkan bisa juga sampai pada beberapa belahan dunia. Hal ini dapat terjadi berkat bantuan teknologi komputer dan jaringan internet.

 

Lalu, apa-apa saja yang harus dimiliki oleh seseorang yang menggeluti pekerjaan online sebagai virtual assistant? Tentu saja, harus memiliki keahlian di bidangnya, kemudian juga harus memiliki kemauan, komitmen dan alat-alat pendukung lainnya seperti komputer, koneksi internet cepat, serta smartphone atau handphone (hp) canggih, dan memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Sangat sederhana dan bukan dilakukan bukan?

 

Nah, ada beberapa platform yang bisa anda gunakan untuk menawarkan jasa virtual assistant anda, karena saat ini telah ada Upwork dan Zirtual. Untuk urutan bayarannya atas pekerjaan virtual (VR) assistant yang berstatus sebagai freelancer dapat menghasilkan uang mulai dari US$ 10 hingga US$50 pe jam kerja. Wouw cukup besar bukan?

 

6) Membuat Kursus dan Kelas Pelatihan

Bila anda telah memiliki blog yang sudah populer dan trafik tinggi yang datang dari mesin pencari, maka anda bisa menawarkan jasa dalam bentuk pelatihan ataupun membuka biro konsultasi secara personal maupun kelembagaan. Tapi itu tentu saja haruslah disesuaikan dengan tema blog yang anda miliki, misalnya blog yang anda adalah tentang kontes seo, digital marketing, ataupun bisnis online, maka anda bisa menawarkan jasa pelatihan dan atau membuka kelas khusus untuk kursus keterampilan tentang bagaimana cara mengoptimalkan website ataupun media sosial untuk keperluan usaha atau cara menaikan traffic media sosial agar semakin banyak.

 

7) Menjadi Seorang Publisher Iklan dan Banner

Sama halnya seperti media sebagai tempat promosi lainnya, di website juga dapat dimaksimalkan agar bisa memberikan penghasilan sebagaimana yang sudah lazim didapatkan dari pemasangan iklan maupun banner.

 

Nah, kenapa saat ini banyak pemilik website yang mau menulis konten yang menarik dan berkualitas? Alasannya adalah dikarenakan untuk mendapatkan traffic pengunjung yang tinggi ke website mereka. Dengan semakin besar trafik dimaksud, maka penghasilan yang didapatkan dari iklan dan banner tersebut akan semakin jelas didepan mata. Ini lah peluang usaha yang bisa dilakukan untuk para pemilik blog atau website, sehingga berlomba-lomba memaksimalkan kinerja websitenya ada mendapatkan banyak pengunjung setiap harinya.

 

Cara yang dilakukan juga cukup mudah, dimana anda cukup membuat website, meningkatkan trafik, kemudian menampilkan kode iklan dan banner yang ada. Setelah itu iklan dan atau banner akan muncul secara otomatis di website/blog. Setelah muncul, setiap kali iklan atau banner di klik oleh pengunjung website maka Anda akan mendapatkan komisi dari perusahaan penyedia iklan pay per click (ppc). Namun sebelum itu, caranya adalah anda harus mendaftarkan website tersebut ke Google Adwords. Google akan mensurvei konten yang anda miliki dan juga traffic website anda. Jika berminat menggeluti bisnis online jenis ini, maka mulailah buat website dengan konten yang berkualitas, unik dan menarik agar trafik meningkat dari search engine.

 

Demikian artikel yang membahas tentang adanya “Peluang Bisnis Online Yang Menjanjikan di 2018”, semoga para sobat blogger yang mulai serius mengembangkan usaha online dapat mengambil kesimpulan yang berharga dari apa yang telah kami jelaskan diatas. Bila ada hal yang belum dimengerti, silahkan bertanya melalui kolom komentar yang ada di bawah ini.

 

Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kontes SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!