Peluang Usaha Spa dan Facial Secara Online

Peluang usaha dalam urusan memanjakan diri yang diperuntukan bagi masyarakat perkotaan terkadang harus disiasati dengan inovatif dan lebih kreatif untuk mendapatkan pelanggan. Mengapa? Karena ada sebagian masyarakat yang tak peduli dengan berapa biaya ongkos yang akan dikeluarkan untuk mendapatkan layanan tersebut.

 

Salah satu peluang usaha yang dimaksud adalah spa dan facial treatment yang dikelola secara modern, profesional dan online. Meskipun sama-sama diketahui bahwa saat ini ada banyak pilihan dengan harga yang relatif terjangkau dalam hal merelaksasi badan, pikiran ataupun merawat kesehatan wajah. Artinya dengan mengeluarkan ‘kocek’ yang kecil Anda memiliki kesempatan terbaik dalam memanjakan diri dengan perawatan badan secara komplit menggunakan teknik pijatan tradisional maupun pijatan refleksi.

 

Bisnis Online Spa dan Facial Treatment Indonesia

 

Sebenarnya ada banyak usaha perawatan tubuh dan wajah di Indonesia, bahkan yang sangat akrab adalah salon kecantikan sebagaimana tipsnya telah dijelaskan dalam artikel berjudul tips membuka bisnis salon online modal kecil, maka kehadiran tempat-tempat spa ini di sekitar kita telah turut membantu siapa saja untuk mendapatkan layanan penyegaran badan yang dikelola secara canggih.

 

Memang secara prinsip, usaha spa adalah tidak sama dengan usaha salon yang service terbatas pada perawatan rambut atau sisi badan lain saja. Di tempat spa dan facial perawatan wajah, seorang pelanggan dapat menikmati ragam sensasi yang ditawarkan untuk memanjakan badan, seperti pijat (body massage), scrub, facial, masker semua badan, sauna, manicure pedicure, hingga layanan refleksi serta totok aura. Sehingga ketika seseorang telah pernah datang ke tempat spa, maka sangat diyakini dapat membikin ketagihan. Mengapa? Karena layanan-layanan yang diberikan untuk urusan memanjakan badan adalah sangat komplit dan bersifat sangat privat.

 

Semakin Marak Pasar Untuk Usaha Spa dan Facial

Tingginya permintaan atas layanan spa dan facial treatment pada kota-kota besar di Indonesia, telah membuat usaha spa ini semakin tumbuh subur bak jamur tumbuh di musim hujan. Hadirnya spa di dalam keperluan orang banyak perkotaan yang hadapi banyak desakan membuat jadi spa usaha yang subur. Meskipun sama-sama kita ketahui, bahwa beberapa tahun yang lalu, kehadiran usaha spa dan perawatan wajah ini jumlahnya bisa kita hitung dengan jari. Tapi fakta yang ditemukan di tahun 2019 ini, makin banyak orang yang tertarik menekuni usaha memanjakan badan dan wajah ini.

 

Hal yang membuat banyak pengusaha tertarik untuk terjun dan menekuni bisnis spa dan facial wajah adalah melihat potensi keuntungan yang ditawarkan usaha ini, berikut dengan segala prospek pangsa pasar yang meluas. Nah, berdasarkan riset yang penulis kumpulkan dari media online ditemukan fakta dan data bahwa tingkat keuntungan yang bisa dicapai dari usaha layanan spa dan facial ini adalah 30% bahkan bisa lebih.

 

Misalnya sebuah tempat layanan spa mendapatkan omset per hari sebesar Rp 2, 5 juta atau Rp 75 juta untuk satu bulan dengan tingkat margin keuntungan 30%, maka keuntungan setiap bulannya mencapai Rp 22, 5 juta. Nah, dengan tingkat margin laba setinggi itu, siapa pengusaha yang tak tergiur? Apalagi trend terciptanya pola hidup memanjakan diri yang saat ini semakin masif bagi customer baru membuat prospek usaha spa dan facial makin mentereng dan kinclong.

 

Kecenderungan yang sangat menarik terjadi, dimana dahulu spa dan facial treatment identik menempel untuk keperluan kaum wanita, maka mulai tahun 2017 lalu, stempel tersebut sudah pudar. Mengapa? Karena faktanya bahwa tempat-tempat spa dan facial, kini telah banyak disukai oleh kaum pria. Ya, maklum saja bahwa tingkat stres dan kepenatan pastinya tak hanya terjadi pada jenis kelamin tertentu saja. Artinya, perawatan yang ditawarkan untuk golongan lelaki juga tak jauh beda dengan yang dinikmati beberapa wanita, yakni menyuguhkan bermacam treatment untuk merelaksasi badan, wajah dan juga pikiran.

 

Dengan potensi pasar yang terbilang terbuka sangat luas, tidak terlalu berlebih seandainya bisnis spa masuk dalam daftar usaha yang memiliki prospek bisnis yang cerah ke depan. Trend pola hidup seiring dengan terjadinya penambahan populasi masyarakat ekonomi menengah yang baru, membikin usaha spa dan facial layak di lirik, termasuk pengusaha pemula. Apalagi, konsep layanan spa dan facial treatment saat ini semakin mendekatkan diri ke dunia kesehatan untuk sisi pencegahan ataupun pemulihan penyakit dengan menjalankan konsep medical spa yang diwujudkan dengan jalinan kerja sama dengan pihak rumah sakit tertentu.

 

Memang perihal menjalankan bisnis spa dan facial treatment ini membutuhkan modal tak kecil yang nantinya dialokasikan untuk meniti usaha ini, seperti: tempat usaha, layanan terapis, belanja bermacam-macam peralatan untuk mensupport service spa. Di bawah ini, ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan secara matang dalam hal:

 

1) Menyusun Rencana Lengkap

Sama dengan tipe usaha layanan lain, bisnis facial treatment ataupun bisnis spa juga wajib mensyaratkan adanya susunan rencana nan matang dan logis sebelum diluncurkan ke tengah-tengah masyarakat, terutama pemasaran online. Layanan spa dan perawatan wajah seperti apa yang akan di jual? Hal ini terkait dengan tingkat persaingan yang harus dilalui oleh pemain baru di usaha relaksasi badan cukup ketat dan sangat bejibun. Sehingga bila tidak memiliki susunan rencana yang terstruktur, lengkap dan logis, maka Anda akan kesusahan mencapai target berupa perhatian pasar. Artinya pemain usaha baru secara tidak langsung akan diferensiasi untuk bersaing secara ‘all out’ dengan layanan usaha spa lainnya.

 

Selaku orang yang berjiwa wirausahawan startup harus mengerti bahwasanya kelahiran usaha spa di Indonesia bahkan di dunia telah lama dan sangat identik dengan kaum hawa. Nah, saat akan meniti bisnis spa dengan pasar lebih umum atau berencana menjalankan usaha spa yang akan menyasar semua anggota keluarga. Bila anda memilih poin kedua, maka akan mengerjakan susunan pasar yang sangat luas mulai dari bayi sampai kakek-nenek. Atau bisa juga melakukan riset tentang pangsa pasar spa dan facial syariah yang dilatarbelakangi adanya trend wanita muslim yang ramai menggunakan jilbab atau hijab di kota-kota besar Indonesia.

 

Jadi untuk mendapatkan kajian lengkap dalam rangka menyusun rencana ‘blueprint’ nan logis jadi pondasi utama pembangunan bisnis spa, baik dalam kaitannya dengan rencana yang akan dijalankan untuk memastikan tujuan pasar, tipe service, sampai dekorasi tempat spa maupun strategi pemasaran online kedepannya.

 

2) Menentukan Jalur Kemitraan Bisnis Spa

Khusus bagi Anda yang kurang percaya diri seandainya meniti sendiri dengan mempertaruhkan uang, silahkan menimbang untuk menjalin tawaran kemitraan atau waralaba spa yang telah ada waktu ini. Memang meniti usaha spa melalui pola kemitraan mempunyai sisi keuntungan. Dimana pelaku usaha telah memperoleh sokongan penuh dari franchishor, seperti dari sisi rencana, tips pemasaran, teknis penggunaan alat, pasokan bahan baku, kursus karyawan, dlsb. Untuk franchisee, Anda akan diuntungkan dari sisi promosi (offline maupun online), terlebih bila Anda mengambil bisnis spa dan facial treatment sistem waralaba dari usaha spa yang telah cukup terkenal.

 

Akan tetapi, untuk bisa sampai kesana dan dapat menikmati itu sudah pasti ada harga nominal yang harus disetor dalam bentuk beban pembayaran royalty fee pada franchishor. Di samping itu, untuk memperoleh kemitraan, modal yang harus Anda keluarkan juga jumlahnya tak kecil. Mengapa? Karena sebagian kemitraan usaha spa and facial yang telah ada akan mematok franchise fee mulai beberapa puluh juta sampai miliaran rupiah.

 

Sebaliknya, bila Anda orang yang memiliki kemauan tingkat tinggi, ulet untuk meniti usaha spa dan facial sendiri, tantangannya pasti semakin besar. Mengapa? Karena Anda harus meniti seluruhnya fakta dan data terutama yang ada dilapangan secara pasti mulai dari dari titik 0, terlebih untuk kesibukan promosi, rekrutmen terapis, juga pasokan bahan baku.

 

3) Modal Yang Harus Disiapkan

Modal usaha yang dibutuhkan dalam membangun bisnis facial and spa, boleh dikatakan cukup besar. Dimana modal yang diperlukan ini harus dipersiapkan untuk menutupi biaya pengeluaran terhadap: a) modal franchise fee bila Anda menentukan jalur kemitraan; b) modal tempat usaha dan desain interior; c) biaya untuk pembelian bahan baku; d) biaya pembelian peralatan pendukung service spa dan facial; e) ongkos kursus karyawan; f) biaya untuk ongkos promosi (baik melalui media online maupun offline); g) dlsb.

 

Untuk mengatasi adanya kekurangan modal usaha, maka tak ada salahnya untuk menggunakan saluran kredit modal kerja yang ada ditawarkan oleh perbankan. Namun, penulis menyarankan agar tetap cermat dan jeli untuk menghitung kekuatan arus kas Anda nantinya dalam rangka kemampuan untuk mencicil tagihan kredit. Nah, supaya tidak salah melakukan kalkulasi modal usaha, langkah utama yang harus dijalankan untuk membuka bisnis ini adalah meyakinkan diri sendiri atas adanya tujuan pasar yang sangat besar untuk dikerjakan kedepannya.

 

Maklum saja, spa dan facial treatment terhitung merupakan keperluan tersier yang umumnya hanya bisa dipenuhi oleh kelompok yang berpendapatan menengah ke atas. Meski banderol yang ditawarkan relatif terjangkau, namun bila sampai salah menyasar pasar dapat menyebabkan layanan spa dan perawatan wajah Anda sepi dari peminat.

 

4) Selektif Dalam Merekrut Karyawan

Bisnis facial and spa sejatinya merupakan salah satu usaha yang memberikan prioritas utama pada layanan kenyamanan. Maka dari itu, kehadiran sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni dan berpengalaman untuk terapis menjadi skala yang utama dan tidak boleh sampai salah. Untuk sebagian pebisnis spa and facial yang telah memiliki nama besar, tentu masalah keperluan karyawan terapis ini terbilang tidak sulit.

 

Jadi, tetap saja persoalan SDM terapis merupakan tantangan paling besar dalam usaha ini. Karena merekrut tenaga terapis nan trampil lumayan sulit. Apalagi bila mencari lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk selanjutnya dididik sebagai tenaga terampil untuk terapis tidak senantiasa mulus. Oleh karenanya tak ada salahnya untuk menggunakan strategi dalam rekrut karyawan terapis ini jangan terlampau lihat tingkat pendidikan. Yang terutama orangnya memang benar-benar pernah mendapat pelatihan dan memiliki skill yang lumayan bagus.

 

Mengapa urusan merekrut karyawan spa dan facial treatment ini sangat penting? Hal ini berkaitan bahwasanya tenaga terapis yang dipekerjaan haruslah memiliki mutu, dimana hal ini dapat secara signifikan mempengaruhi tingkat kepuasan customer yang datang, terkadang sangat sulit di cari. Jalan keluar terbaik yakni dengan melatih SDM sendiri sampai jadi terapis yang sesuai dengan standard yang Anda kehendaki.

 

Tidak hanya sampai disitu saja, agar bisnis facial treatment and spa tidak kehilangan calon karyawan terapis, maka strategi untuk menjalin hubungan kerja dengan SMK yang mempunyai jurusan tata rias serta kecantikan yang ada di kota-kota besar Indonesia haruslah dilakukan secara komprehensif, seperti yang ada di Kota Medan sekitarnya. Misalnya dengan cara memberikan bea siswa bagi 10 siswa ranking paling baik untuk dididik pada lembaga Spa Academy. Atau bisa juga dengan memberikan kesempatan bagi siswa SMK untuk mengikuti kerja praktek di spa and facial treatment yang anda miliki dan selanjutnya nanti akan memberikan prioritas untuk menjadi karyawan terapis di tempat anda.

 

Strategi diatas nantinya bakal menjadi sumber terbaru untuk menjadi tersedianya calon terapis di spa dan facial anda, mengingat semakin banyaknya pembukaan gerai Spa and Facial baru. Disamping itu, strategi ini juga bisa mengantisipasi terjadinya tindakan bajak membajak terapis yang akhir-akhir ini marak berlangsung. Oleh karena itu, anda harus sejak dini mencari tips dan kiat yang khusus untuk mengelola SDM terapis ini supaya tak kelabakan dalam menghadapi fenomena bajak membajak terapis.

 

5) Bahan Baku Yang Dipakai Harus Aman

Bisnis spa dan perawatan wajah milik anda tak hanya mempercayakan mutu servis yang diberikan oleh beberapa terapis semata, layanan spa anda juga harus berkompetisi dari segi bahan baku pendukung yang digunakan dalam perawatan spa, seperti: masker, scrub, sampai pilihan aroma terapi. Nah, bila menggunakan sistem kemitraan waralaba, Anda barangkali dapat sedikit lebih mudah lantaran mempercayakan pasokan bahan baku langsung dari pewaralaba.

 

Namun sebaliknya, bila usaha Anda merupakan rintisan pribadi, maka yakinkan bahwasanya seluruh pasokan bahan baku yang digunakan senantiasa aman, nyaman dan berkualitas. Ingat bahwa seluruh bisnis spa dan facial adalah bisnis kenyamanan dan juga kesehatan tubuh, terutama wajah. Oleh karenanya product perawatan harus merupakan barang yang senantiasa fresh dan baru, serta memiliki tingkat aman yang tak diragukan lagi.

 

Satu hal lain yang harus tetap menjadi prioritas, dimana setiap pelanggan yang mendatangi tempat spa dan facial perawatan mempunyai tujuan untuk menikmati sensasi rileks lewat bermacam tipe treatment badan serta muka. Sehingga tak ayal kemampuan usaha ini tergantung pada mutu service yang seimbang dengan tarif. Jadi strategi menganggap customer is king tak bisa ditawar-tawar lagi. Hal ini mengingat banyak pelanggan yang tak tergoda dengan tawarkan tarif service murah meriah, tapi setelah dijalani ternyata mengorbankan mutu service. Namun jangan pula pelit untuk memberikan potongan harga service pada waktu-waktu tertentu agar kesetiaan pelanggan spa dan facial Anda terjaga dengan baik.

 

Pemasaran Online Untuk Bisnis Spa dan Facial Treatment

Terkait dengan ilmu pemasaran online (internet marketing) dan kebutuhan atas digital marketing yang terus meningkat, mengakibatkan para pebisnis spa dan facial berlomba-lomba untuk menggunakan strategi ini untuk memasarkan usaha yang dijalankannya. Salah satu dapat dilakukan dengan menjalin kerja sama pakar internet marketing untuk mempromosikan keberadaan bisnis spa dan facial treatment agar semakin terkenal dan memenangi persaingan di dunia maya (online).

 

Bicara tentang strategi pemasaran online untuk bisnis yang satu ini, tentu tidak semudah seperti mempromosikan bisnis lainnya. Mengapa? Karena dalam usaha industri perawatan wajah dan tubuh ini, kita lazim menemukan adanya transaksi yang beragam dan adanya kejadian yang sangat kompleks. Hal ini disebabkan esensi bisnis spa and facial merupakan bisnis kepercayaan (trusty business) yang didalamnya terdapat 3 (tiga) hal, yakni: 1) kepentingan produk; 2) kepentingan service; dan 3) kepentingan mindset (value, attitude).

 

Pada proses layanan yang diberikan, hal yang sangat menonjol adalah perihal mindset, sebab sebaik apapun seorang terapis memberikan pelayanan namun jika attitude kurang mendukung, maka akan sulit bagi sebuah gerai spa and facial menegakkan konsep dan strategi “Spa and Facial Treatment Branding“. Padahal branding sangat penting dan akan menentukan untuk dapat diminati atau tidaknya sebuah gerai spa dan facial oleh masyarakat luas.

 

Kemudian juga konsep adanya spa dan facial branding tidak hanya sekedar membesarkan “nama bisnis spa and facial” atau “nama terapis”, melainkan juga harus mampu membuat terjadinya ikatan emosional pelanggan terhadap produk layanan kesehatan yang diberikan oleh gerai spa dan facial treatment tersebut. Pelanggan juga sebagai penikmat layanan yang akan langsung dapat merasakan nilai dan kepercayaan pada sebuah brand pada bisnis spa dan facial, sehingga bisa menciptakan loyalitas pelanggan terhadap produk kesehatan yang ditawarkan pada gerai spa dan perawatan wajah tersebut.

 

Strategi pemasaran online yang akan akan dipilih merupakan bentuk iklan jitu yang juga sebagai alat komunikasi nan canggih dan terbarukan untuk menaikkan citra, menciptakan ‘positive images branding’ dan juga mendatangkan calon konsumen baru. Ingat bahwa kebutuhan masyarakat atas internet, seperti mendapatkan informasi, bekerja, pendidikan, hiburan dan perawatan wajah maupun tubuh sangatlah besar.

 

Beranjak dari adanya kebutuhan atas internet diatas, otomatis telah membuka peluang bagi bisnis spa dan facial treatment dapat dipasarkan secara global melalui media online dalam wujud strategi pemasaran online spesialis untuk bisnis ini. Strategi pemasaran online untuk spa dan facial treatment dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

 

1) Menentukan sasaran

Jika gerai spa dan facial treatment ingin memulai memasarkan layanan secara online, maka lihatlah sasaran dari layanan yang akan diberikan kepada siapa. Bisnis ini cenderung memiliki pasar konsumen untuk golongan menengah ke atas, maka strategi memasarkan adalah melalui media-media online yang biasa diikuti oleh kalangan tersebut. Namun, seandainya layanan yang diberikan menyasar semua kalangan, maka strategi pemasaran online spa dan facial treatment Anda cukup dengan merambah semua media online yang sekiranya bisa terlihat oleh semua kalangan.

 

2) Membuat website/blog rumah sakit

Cobalah membuat website atau blog khusus untuk bisnis spa dan facial treatment yang Anda dirikan. Jika Anda sudah memiliki ‘brand gerai spa dan facial treatment’ tersendiri jangan ragu untuk melakukan itu. Mengapa ? Karena di seluruh medium online, sebuah brand yang memiliki web sendiri atau blog khusus cenderung dimaknai pengguna internet sebagai brand yang berkualitas dan bonafit. Jadi jangan ragu untuk membuat website atau blog bisnis untuk kesehatan ini sebagai salah satu strategi pemasaran online yang jitu, efektif, terbaik dan tepat sasaran.

 

3) Mempromosikan di Media Sosial (medsos – sosmed)

Salah satu aktivitas yang cukup digandrungi masyarakat jaman now ini adalah sosialita dengan menggunakan media sosial. Semua orang yang menggunakan internet, hampir bisa dipastikan memiliki akun media sosial, baik twitter, facebook, instagram, telegram, whatsapp, line, dan lain sebagainya.

 

Jika masih kurang, Anda bisa beriklan dengan konten produk yang ditawarkan oleh gerai spa dan facial treatment Anda di media-media sosial tersebut dengan rajin dan antusias. Mengapa? Karena medsos – sosmed selain gratis, iklan dari bisnis spa dan facial treatment Anda akan lebih cenderung dilihat oleh banyak orang dalam rentang waktu yang singkat.

 

Bila masih kurang juga, strategi pemasaran online lain menggunakan media sosial bisa dilakukan dengan iklan berbayar. Nah, adanya iklan berbayar ini tentu saja akan lebih melejitkan jumlah pelanggan dan meningkatkan omzet keuntungan dari operasional gerai spa dan facial treatment. Jadi cobalah untuk terus belajar tentu bagaimana tips dan cara menggunakan iklan berbayar di sosial media.

 

4) Promosi di marketplace spa dan facial treatment

Jika situs spa dan facial treatment Anda tidak memiliki banyak trafik pengunjung, maka strategi pemasaran online yang bisa Anda lakukan adalah dengan memasarkan produk spa dan facial treatment Anda ke berbagai marketplace terkenal khusus untuk layanan spa dan facial treatment maupun layanan kesehatan khusus untuk tubuh dan wajah.

 

Tentu dengan listing di marketplace ini, akan mendapatkan nilai lebih untuk promosi jangka panjang, meskipun marketplace tersebut hanya menyediakan secara gratis halaman untuk mengiklankan produk-produk untuk para pebisnis spa dan facial treatment. Berbagai fasilitas pun bisa didapatkan, seperti pencantuman alamat gerai spa dan facial treatment, nomor telepon, nama terapis yang bekerja, dan lain sebagainya.

 

5) Menyewa jasa digital marketing

Jika Anda memiliki cukup modal dan ingin bisnis spa dan facial treatment anda beserta dengan produk layanan kesehatan terkait wajah dan tubuh lainnya cepat dikenal dan menjadi nomor satu di halaman google, maka Anda harus menggunakan jasa ahli digital marketing.

 

Tentu saja untuk menggunakan jasa ahli marketing spesialis bisnis spa dan facial treatment ini, membutuhkan biaya tertentu. Tapi, dengan begitu, Anda bisa mengiklankan produk bisnis Anda melalui layanan jasa yang mereka berikan. Namun jangan salah, bahwa produk Anda akan lebih efektif dan bermakna ketika pengunjung online datang melalui pencari kata kunci (keyword) di mesin pencari. Traffic pengunjung juga akan lebih cepat tinggi datang ke web/situs/blog daripada bila menggunakan media periklanan online yang lain.

 

Disamping anda menyewa jasa ahli internet marketing, untuk memaksimalkan kinerja website/blog bisnis spa dan facial treatment agar unggul di persaingan kata kunci pada mesin pencari google, maka tidak ada salahnya juga bagi anda untuk menyewa atau menggunakan jasa ahli seo (search engine optimization) ataupun jasa ahli smm (social media marketing).

 

6) Memanfaatkan momentum

Strategi pemasaran online spa dan facial treatment tanpa memanfaatkan momentum rasanya kuranglah lengkap. Momentum maupun trend yang terjadi masih menjadi cara yang termudah agar bisa mendapatkan dan mencuri perhatian masyarakat (calon pelanggan) untuk berkunjung ke spa dan facial treatment anda.

 

Oleh karena itu, jangan lupa untuk memanfaatkan dengan sebaik-baiknya kesempatan yang ada agar bisa menjaring pasien baru. Salah satu momen yang terbaik. Misalnya pada saat perayaan hari raya imlek 2019, dimana bisnis spa dan facial treatment anda bisa berperan aktif memberikan layanan gratis atau diskon tertentu. Atau bisa saja pada momentum sebelum bulan puasa (ramadhan) dan idul fitri mengadakan event buka puasa bersama dengan memberikan makanan yang bergizi, membagi multivitamin secara gratis dibarengi dengan adanya ceramah tentang menjaga wajah maupun tubuh selama bulan puasa.

 

Nah, dengan cara memanfaatkan momentum tertentu, produk-produk layanan spa dan facial treatment anda dapat termemory dengan baik di masyarakat.

 

Itulah cara strategi pemasaran online buat bisnis gerai spa dan facial treatment yang sedang anda jalankan. Apapun cara dan bagaimanapun strategi yang akan dijalankan, Anda yang putuskan. Namun, tidak ada salahnya bila terlebih dahulu melakukan test dan mengukur setiap promosi yang dilakukan (baik promosi menggunakan medium offline maupun online). Jika perlu tidak ada salahnya membuat laporan berkala untuk setiap jenis promosi yang telah dilakukan untuk melihat strategi mana yang cocok untuk membesarkan gerai bisnis spa dan facial treatment anda.

 

Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *