Pemasaran Bisnis Agen Travel Menggunakan SEO

Beberapa tahun belakangan ini, peran travel agent dan bisnis jasa tour yang dijalankan oleh perusahaan maupun personal sudah mulai berkurang. Hal ini merupakan imbas dari penggunaan dunia digital dan internet oleh para pelaku bisnis travel, yakni dengan menggunakan strategi pemasaran online untuk mendapatkan konsumen. Tak heran bila bisnis travel online sudah menjadi market leader terbaru di Indonesia, sebut saja Traveloka, Trivago[.]com, Travelagent[.]co[.]id, Tiket[.]com, dll.

 

Lalu, bagaimana cara agar bisnis untuk para agen travel ini bisa bertahan dari dahsyatnya gempuran penggunaan digital marketing dari perusahaan besar yang sudah memakai platform online? Apa-apa saja yang yang dilakukan dalam kerangka melakukan tinjauan memilih bisnis travel online yang memiliki kualitas di Indonesia?

 

SEO Pemasaran Bisnis Travel Agent

 

Ya…., mau tidak mau para agen travel dan pelaku jasa tour agar bisa memenangkan persaingan tersebut harus menggunakan SEO (search engine optimization) dan konsep pemasaran online lainnya.

 

Sebagaimana diketahui bahwa SEO merupakan serangkaian proses sistematis yang dilakukan oleh para webmaster dengan tujuan untuk meningkatkan kunjungan trafik melalui mesin pencarian dan menempatkan sebuah website atau konten berada di posisi pertama (ranking 1) di dalam mesin pencarian sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan sebelumnya.

 

Berdasarkan pemahaman diatas, maka search engine optimization (SEO) sangat nyata berhubungan erat untuk menentukan keberhasilan internet marketing yang sudah dijalankan oleh para pengemban bisnis travel agent di Indonesia.

 

Tapi satu hal yang penting dilakukan sebelum menggunakan SEO ini adalah kewajiban memiliki website atau situs yang digunakan sebagai media untuk mempromosikan produk travel Anda di mesin pencarian, sehingga calon pelanggan akan mudah menemukan website Anda dan produk turunan yang sedang dilakukan promosi.

 

Strategi SEO Dalam Pemasaran Produk Bisnis Travel

Untuk keberhasilan pemasaran produk bisnis travel ke dunia maya, membutuhkan adanya strategi pemasaran SEO untuk website yang dikelola oleh para agen travel atau situs bisnis jasa tour. Strategi ini merupakan satu proses yang dijalankan sangat kompleks, karena tak lepas melibatkan perencanaan teknik SEO jangka panjang dengan berbagai inovasi yang dapat dijadikan solusi optimasi terbaik di mesin pencari.

 

Berdasarkan pengalaman dan hasil penelitian penulis, bahwa pengembangan teknik pemasaran online yang menggunakan SEO, setidak-tidaknya harus dilakukan dengan cara: a) adanya penelitian konten; b) penataan konten dalam situs; c) adanya pemanfaatan SEO copywriting terbaik; d) mengoptimalkan konten website; e) membangun inbound link secara terstruktur; f) mengembangkan popularitas kampanye dengan tebar link; g) mendaftar ke mesin pencari dan berbagai direktori yang ada; h) penelitian atas laporan periodik peringkat situs web; i) melakukan evaluasi dan pelacakan atas kekurangan yang ada; j) dan rutin melakukan pemeliharaan;

 

Tentu saja pekerjaan diatas membutuhkan konsentrasi dan tingkat kesabaran yang cukup tinggi, mengingat pekerjaan diatas hasilnya ‘tidak instan’ dan bila tidak dilakukan dengan baik tentu saja dapat menghancurkan website anda di mata mesin pencari google, bing, yahoo, yandex, baidu, msn, dlsb. Tapi sebaliknya, bila berhasil tentu saja SEO akan sangat membantu bisnis travel online Anda, seperti: a) menghasilkan lalu lintas berkualitas tinggi; b) pemasaran ethical; c) mampu menarik inbound link yang sebanyak-banyaknya; d) meningkatkan penjualan dan hasil keuntungan; e) menggenggam berbagai peluang bisnis travel yang terbarukan; f) membangun pengenalan merek dan penguatan brand ke konsumen; g) memperluas pengakuan merek ke seluruh penjuru dunia; h) membangun website yang sukses dan memaksimalkan fungsi maupun kegunaan web yang lebih baik.

 

Tahap diatas dilakukan untuk mendapatkan tingkat visibilitas dari sebuah website yang semakin tinggi setiap harinya, yakni dengan target untuk selalu berada di urutan atas mesin pencarian, pastinya akan sangat membantu dalam promosi produk perusahaan travel Anda.

 

Peran adanya link yang masuk ke website juga menjadi urusan yang sedikit berat, mengingat dengan semakin banyak backlink relevan yang masuk ke website, maka secara signifikan akan meningkatkan kepopuleran web dimata mesin pencari yang turut juga mempengaruhi peringkat SEO secara berjenjang.

 

Saran kami untuk urusan link ini, jangan sembarangan menggunakan jasa backlink, karena saat ini terindikasi banyak yang menawarkan jasa backlink berkualitas abal-abal, yakni layanan jasa backlink dengan mengirimkan link spam yang sangat berbahaya bagi SEO. Demikian juga dengan jasa SEO, agar senantiasa memilih jasa SEO yang memiliki reputasi dan kredibilitas tinggi agar dapat membantu mensukseskan internet marketing yang Anda lakukan.

 

Tips Memasarkan Produk Bisnis Travel dan Tour

Bila dicermati perkembangan bisnis travel dan juga jasa tour yang ada di Indonesia, maka ada beberapa langkah dan tips yang harus dijalankan agar usaha tersebut dapat sukses dengan cepat, diantaranya bisa dengan menawarkan jasa foto dan video pada paket tour, bisa juga dengan memberikan t-shirt keagenan secara gratis, antar jemput gratis dari bandara, dan lain sebagainya.

 

Pelayanan travel dan tour yang lengkap dan memiliki nilai tambah adalah kunci keberhasilan dari bisnis travel agent atas gempuran perusahaan online yang menggunakan platform besar. Coba cermati secara jeli bahwa para agensi travel online terkadang lupa untuk memberikan pelayanan paket tambahan dan hanya fokus pada paket yang sangat umum (terutama dari sisi akomodasi).

 

Padahal, dalam dunia bisnis traveling tidak hanya akomodasi yang dibutuhkan (tempat tinggal, transportasi dan lainnya) oleh para turis, namun juga fasilitas hiburan yang mendukung seperti fotografi, dokumentasi dalam bentuk video dan lain-lain.

 

Nah, hal ini yang sebenarnya menjadi salah satu tips yang dapat dijadikan sebagai menjadi peluang bisnis baru bagi agen tour dan jasa travel untuk memberikan pelayanan lebih kepada setiap pelanggannya. Caranya dengan menawarkan kepada pelanggan atas adanya pelayanan yang lengkap pada calon pelanggan, dengan begitu mereka menjadi lebih tertarik untuk mengikuti paket liburan yang ditawarkan.

 

Tips untuk mempromosikan atas adanya layanan tambahan ini, kembali lagi memanfaatkan metode pemasaran online dengan digital marketing dan SEO (Search Engine Optimization), seperti: a) memiliki website dengan desain yang sesuai pada tema traveling; b) menampilkan hasil karya foto dan video dari tour yang sudah pernah dijalani; c) mengupload testimoni yang ditulis pelanggan pada web perusahaan; d) membuat artikel mengenai tips traveling pada banyak wilayah yang menjadi destinasi obyek wisata; e) dan mengisi website perusahaan travel maupun agen tour Anda dengan berbagai hal yang menarik tentang dunia traveling;

 

Satu hal yang harus selalu diingat dalam penggunaan SEO untuk pemasaran online pada bisnis travel agent dan jasa tour adalah pemuatan konten-konten digital seperti video, foto, testimoni pelanggan, serta isi website harus dibuat menarik dan unik serta original untuk dapat menarik pelanggan Anda lebih banyak lagi, terutama dari Google dengan melakukan upaya optimasi SEO yang sudah dilakukan sebelumnya tahap demi tahap.

 

Mengapa? Karena, ada kemungkinan Google akan senantiasa selalu merekomendasikan laman website Anda kepada setiap orang yang sedang mencari informasi terkait wisata yang telah di posting sebelumnya. Bagaimana, kembali pada kesiapan anda untuk mengoptimasi laman website bisnis agent travel dan jasa tour Anda untuk bersaing di era digital? Bila butuh jasa seo pro yang berkualitas dan telah berpengalaman selama bertahun-tahun, silahkan membaca artikel yang sudah penulis publikasikan dengan tema jasa seo aceh. Semoga dapat membantu menyokong pemasaran online dan berguna pula untuk membuat website travel and tour anda menjadi nomor 1 di search engine terbaik Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *