Kontes SEO Dan Jasa Ahli Bisnis Online

Jasa Ahli Agen Optimasi

Pemilihan Kepala Desa di Tobasa Dilaksanakan Oktober 2017

Hari ini blog silaenseo.com akan menurun artikel berjudul: “Pemilihan Kepala Desa di Tobasa Dilaksanakan Oktober 2017”, dengan maksud dan tujuan agar masyarakat yang ada di Kabupaten Toba Samosir (Kab Tobasa), Provinsi Sumatera Utara dapat mengetahuinya melalui medium internet ini, dan sekaligus bersiap-siap untuk menyambut pesta demokrasi berupa pemilihan kepala desa serentak dan langsung ini yang direncanakan akan terselenggara pada bulan Oktober 2017.

 

Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa - Pilkades di Kab Tobasa - Sumut Oktober 2017

 

Berdasarkan agenda “Pilkades di Tobasa” ada 85 desa yang tersebar di 16 Kecamatan se-Tobasa yang akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak. Massa pada beberapa desa yang masuk daftar melaksanakan pilkades sudah mulai ramai memperbincangkan, nama orang-orang yang akan dijagokan sebagai kepala desa di desa mereka masing-masing. Terutama, desa-desa yang masa jabatan kades akan berakhir tahun 2017 ini.

 

Data yang ada pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Perempuan dan Perlindungan Anak (PMD PPA) Kabupaten Tobasa – Sumut, kecamatan yang akan menyelenggarakan pilkades adalah:

*) Kecamatan Balige sebanyak 5 desa yang akan melaksanakan pilkades, yakni Desa Hutanamora, Tambunan Sunge, Lumban Pea Timur, Bonan Dolok I dan Desa Hutagaol Peatalun;

*) Kecamatan Bona Tua Lunasi sebanyak 7 desa yang akan menyelenggarakan pemilihan kepala desa;

*) Kecamatan Laguboti sebanyak 7 desa;

*) Kecamatan Uluan sebanyak 1 desa;

*) Kecamatan Porsea sebanyak 5 desa;

*) Kecamatan Ajibata sebanyak 2 desa;

*) Kecamatan Parmaksian sebanyak 5 desa yang akan menggelar pilkades;

*) Kecamatan Lumban Julu sebanyak 5 desa;

*) Kecamatan Habinsaran sebanyak 13 desa;

*) Kecamatan Pintupohan sebanyak 1 desa;

*) Kecamatan Tampahan 1 desa;

*) Pilkades di Kecamatan Silaen sebanyak 9 desa yang menggelar pilkades;

*) Kecamatan Siantar Narumonda sebanyak 3 desa;

*) Kecamatan Nassau sebanyak 6 desa yang menyelenggarakan pilkades;

*) Kecamatan Sigumpar sebanyak 5 desa; dan

*) Kecamatan Borbor sebanyak 10 desa yang melaksanakan pilkades;

 

Bila kita lihat desa-desa yang ikut melaksanakan pemilihan kepala desa di Kab Tobasa tahun 2017 ini, sebelumnya telah dijadwalkan hanya akan dilaksanakan pada 81 desa saja. Akan tetapi, ada berbagai kendala dan juga perkembangan terbaru, dimana seperti pada Desa Narumonda IV yang sama sekali tidak terekam dalam daftar menyelenggarakan pilkades 2017. Kemudian Kepala Desa (Kades) Hutagaol Peatalun saat ini sedang dalam proses hukum, Kades Lumban Lobu mengundurkan diri, dan Kades Motung meninggal dunia. Nah, berdasarkan adanya hal ini, maka jumlah desa yang menyelenggarakan pilkades di Kabupaten Toba Samosir menjadi 85 desa.

 

Bicara tentang pelaksanaan yang akan menggelar pilkades serentak dimaksud, tentu ada memuat tentang syarat pencalonan kepala desa, dan tata cara pemilihan kepala desa yang nantinya dimuat dalam peraturan daerah (perda) Kab Tobasa. Mudah-mudahan perda dimaksud telah dilakukan sosialisasi ke tengah-tengah masyarakat, agar masyarakat dapat segera mengetahui dan memahami tentang apa-apa saja syarat dan tahap yang harus dilakukan dalam pemilihan kepala desa pada bulan Oktober 2017 di Kabupaten Tobasa – Sumut.

 

Satu hal yang perlu diketahui dan diingat, bahwasanya sebelum pelaksanaan pilkades serentak Oktober 2017 nanti, seluruh jabatan para kades sudah berakhir, meskipun beberapa di antaranya ada jabatan kades yang sudah habis pada akhir tahun 2016 lalu. Para kades yang masa jabatannya berakhir, untuk menggantikan posisi jabatan kades sementara waktu sebelum terpilih, maka akan diangkat “penjabat kades” melalui penerbitan Surat Keputusan (SK) Bupati Tobasa. Namun sebelum SK diterbitkan, sekretaris desa secara langsung adalah sebagai pelaksana harian.

 

Nah, perihal untuk berhak diangkat sebagai penjabat kades haruslah berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). Misalnya: Sekretaris Desa (Sekdes) yang sudah PNS bisa menjadi penjabat. Seandainya Sekretaris Desa di daerah dimaksud belum PNS, maka untuk penjabat kades nya bisa diangkat dari guru yang berstatus PNS, dengan syarat tidak boleh menganganggu proses belajar mengajar di sekolah tempat mengajar. Kalau tidak ada, bisa ditunjuk PNS dari kecamatan atau dari kabupaten.

 

Selanjutnya yang punyak hak dan wewenang yang akan mengusulkan penjabat kades adalah masing-masing camat di wilayahnya kepada bupati. Dengan kata lain, sebenarnya sebelum masa jabatan kepala desa berakhir, semestinya sudah harus ada pengusulan dari camat di wilayah masing-masing desa.

 

Nah, terkait proses pelaksanaan pilkades, sebenarnya akan digelar secara mandiri oleh masing-masing desa. Oleh karenanya, setiap desa yang akan menyelenggarakan pemilihan kepala desa harus terlebih dahulu membentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD). Kemudian P2KD mengajukan proposal pelaksanaan pilkades ke bupati. Tapi, yang perlu diingat bahwa yang melaksanakan tetap P2KD.

 

Nah, sepertinya sosialisasi pilkades ini sudah berjalan dengan baik, melihat masa waktu pilkades ini sudah sangat marak diperbincangkan masyarakat se tempat se-Kab Tobasa, khususnya di masing-masing desa yang masa jabatan Kades akan berakhir tahun ini. Masyarakat juga sudah mulai melirik calon kades yang akan diangkat dan mereka pilih. Kemudian juga, pada beberapa desa yang ikut dalam pelaksanaan “Pilkada Kepala Desa” (kami menyebutnya demikian), beberapa nama yang terpantau sebagai bakal calon kades sudah mulai menyampaikan niatnya mencalonkan diri sekaligus berdiskusi tentang visi dan misi nya sebagai kepala desa terpilih nantinya.

 

Demikian artikel yang membahas tentang ‘Pemilihan Kepala Desa di Tobasa Pada Oktober 2017’, mudah-mudahan bermanfaat bagi sobat yang rajin ngeweb di silaenseo.com – media blog kontes seo dan bisnis online ini. Atas perhatian dan kesediaannya membaca tulisan ini sampai selesai, diucapkan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kontes SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!