Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Peran Blogger Dalam Digital Marketing Advertising

Digital marketing agency yang dioptimasi dari lensa sobat blogger telah dirasakan sangat besar perannya dalam membangun sebuah brand activation dalam jangka panjang. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terlihat sepanjang tahun 2018, digital marketing telah menjadi salah satu pilar penting dalam aktivitas pemasaran produk, terutama dalam membangun brand activation, baik di medium offline maupun online.

 

Brand sendiri merupakan merek, nama, istilah, simbol, desain, atau kombinasi dari ke-lima nya, yang mengidentifikasi atas penjual produk dan jasa, serta membedakannya dari produk pesaing. Setiap brand memiliki tujuan sendiri-sendiri untuk mencapai kesadaran brand, di mana brand dapat diketahui oleh masyarakat luas.

 

Blogger Digital Marketing Advertising Bisnis Online

 

Dalam aktivitas untuk mewujudkan kesadaran merek, ada banyak cara yang dilakukan oleh para pebisnis online, seperti pemilik merek senantiasa beriklan baik di media berbasis online maupun offline. Selain itu, cara lain dalam membangun brand awereness adalah melalui pemanfaatan brand activation.

 

Sementara brand activation didefinisikan sebagai suatu bentuk kegiatan atau aktifitas promosi atas merek yang lebih dekat ke merek itu sendiri dengan penggunanya melalui berbagai kegiatan yang diyakini dapat menarik perhatian konsumen. Aktivitas inilah yang dikenal dengan branding, dan branding itu adalah berbagai kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan tujuan untuk membangun dan membesarkan sebuah brand atau merek.

 

Ya, simple-nya bahwa, aktivasi merek adalah interaksi antara merek dengan konsumen atau calon konsumen melalui berbagai kegiatan, baik di jaringan online dan offline. Salah satu saluran yang tepat dalam membangun brand activation adalah melalui digital marketing dan publikasi di medium online.

 

Selanjutnya, digital marketing advertising adalah kegiatan pemasaran termasuk merek yang menggunakan berbagai media berbasis web, seperti: blog, situs web, e-mail, jejaring sosial media atau adwords (iklan ads, ppc dan cpm). Jadi terlihat sangat jelas bahwa digital marketing memainkan peran penting dalam membangun brand activation. Mengapa? Karena, saat ini negara Indonesia telah memasuki era digital dan zaman milenial, dimana hampir semua orang sudah akrab dengan keberadaan internet dan aktif menggunakan akun media sosialnya, dimana aktifitas berinternet ria ini telah menjadi perilaku sosial terbaru di masyarakat. Dengan internet juga, orang tidak lagi harus pergi ke toko untuk membeli produk atau pergi ke restoran untuk memesan makanan dan dapat memberikan keuntungan sebagai pekerjaan sampingan.

 

Terkait dengan aktivitas mempromosikan brand atas produk yang diproduksi oleh perusahaan, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan pada produk yang hendak dipasarkan sebelum masuk ke dunia digital, agar ide dan berbagai gagasan brilian dapat terakomodir di dalam blog web bisnis terbaik. Ingat, bahwa fenomena yang terjadi saat ini dan sangat digemari dari kacamata dan lensa warga masyarakat adalah belanja online nan ekonomis dan praktis. Nah, dari aktivitas belanja online ini, kemudian melahirkan beberapa momentum terbaik dan terpercaya bagi para konsumen yang secara cermat akan melakukan penelitian sebelum dianya memutuskan untuk membeli sebuah produk. Intinya bahwa konsumen sekarang ini sangat logis dan selektif memfilter setiap produk-produk yang dijual melalui internet dan e-bisnis.

 

Dengan kata lain, bahwa konsumen akan semakin belajar dengan melihat pengalaman orang lain dan berbagai testimonial melalui review di media sosial (medsos) atau forum komunitas web untuk memastikan kebenaran kualitas produk sebelum mereka beli. Untuk itulah sangat penting bagi produk tersebut untuk mempersiapkan jawaban segala kemungkinan yang mungkin jadi bahan pertanyaan.

 

Sebagai percepatan persaingan yang semakin sengit antar merek, jika brand tidak masuk ke dunia digital dan menganggap dunia maya adalah haram, maka sudah dapat dipastikan brand tersebut pasti akan tertinggal dan tidak laku terjual dipasaran. Hal ini didasarkan pada perkembangan pesat teknologi dan internet, dimana per bulan Oktober 2018 setiap aktivitas masyarakat telah dimasuki oleh dunia online.

 

Ya, enaknya, masyarakat tidak lagi pergi untuk membeli suatu barang atau bertransaksi pasca berbelanja online. Sekarang orang tidak lagi bisa lepas dari smartphone dan handphone. Jadi seandainya brand tidak mampu membangun reputasi online yang baik dan populer, maka tidak akan memiliki dampak yang besar bagi suksesnya brand tersebut.

 

Memang saat ini, banyak warga masyarakat yang membeli brand adalah dari lensa harga yang terjangkau dan nyaman untuk digunakan, maka jangan lengah untuk meninjau brand tersebut di media sosial (facebook, instagram, twitter, tumblr, line, dlsb), apakah benar sudut pandang lensa warga di medsos memberikan keputusan bahwa mereka membeli produk tersebut karena harganya murah atau ada hal lain. Nah, dengan kata lain bahwa brand tergantung pada apa yang kita tulis untuk menggiring para calon pembeli untuk membeli produk barang dan jasa yang kita jual via internet.

 

Apapun aktivitas bisnis yang dijalankan, adanya 1 dan beberapa pertimbangan untuk membangun brand activation, tidak dapat ditawar-tawar lagi. Ingat bahwa pertimbangan setiap pertimbangan harus terus dilakukan ketika mencari untuk membangun brand activation melalui digital marketing advertising maupun melalui promotion via iklan di blog, salah satunya adalah dengan adanya aktivitas analisis penelitian yang komprehensif dan rutin.

 

Mengapa analisis penelitian sangat penting dilakukan? Jawabannya adalah demi untuk mengenal karakter khalayak yang menjadi target sasaran pemasaran produk. Jadi, brand harus mengidentifikasi pelanggan secara baik, jika melakukan aktivitas promo tanpa terlebih dahulu melakukan penelitian, maka hasil yang didapatkan pasti tidak akan melebihi dari anggaran. Seperti: misalnya kita membuat hal-hal yang baik, tapi tidak sesuai dengan konsumen yang dituju, maka hasilnya tidak akan berguna alias tak tepat sasaran.

 

Penggunaan saluran digital marketing advertising dalam membangun brand activation juga memiliki berbagai keunggulan atau kelebihan. Salah satunya, dimana dunia digital mampu menargetkan khalayak yang tepat. Misalnya, brand produk perumahaan dan property dapat memilih untuk melakukan brand activation online via channel youtube, maka Anda akan melihat aktivitas pembangunan rumah maupun model rumah yang sudah dibangun dan siap untuk dijual.

 

Kasus yang berbeda ketika brand melakukan pemasaran melalui media konvensional, seperti: pemasangan spanduk, billboard, stiker, yang ditempatkan pada wilayah-wilayah strategis disepanjang ibukota, benar dapat dilihat oleh siapa saja, tapi terbatas pada penduduk yang tinggal di daerah tersebut saja. Selain itu, jangkauan yang lebih luas sudah barang tentu terlihat dari pemasaran yang menggunakan media digital, dimana jangkauannya tidak hanya di seluruh Indonesia, tapi sampai ke seluruh dunia.

 

Selain itu, peran yang dimainkan oleh para blogger dalam mengakomodir keberadaan digital marketing advetising untuk tujuan membangun brand activation juga berdampak positif, dampaknya yang pasti kesadaran merek yang positif di mata masyarakat, serta brand positioning tentu akan bisa secara cepat meraih predikat “top of mind” dan yang terakhir akuisisi brand yang lazim dilakukan oleh orang akan mencari produk Anda, dan men-download website Anda secara pribadi, ataupun menjadi pelanggan news paper dari blog anda.

 

Apalagi bila digital marketing advertising yang dibangun dengan menggunakan website/blog tersebut menggunakan SEO atau search engine optimization berkualitas tinggi, tentu pencapaian target dan sasaran para calon konsumen melalui internet via aktivitas google akan berdampak positif bagi perusahaan.

 

Mengapa kami sarankan agar menggunakan dan memaksimalkan kinerja SEO? Alasannya agar brand tersebut ketika ada pengguna internet mencari berbagai informasi yang terkait dengan produk yang telah dipromoin, maka google merekomendasikan brand anda terlihat di halaman satu, dengan begitu visitor ke website dan atau blog semakin meningkat setiap harinya.

 

Dapat disimpulkan, digital marketing advetising dan dunia aktivitas para blogger produktif sangat penting dalam membangun brand activation. Hal ini dikarenakan dengan digital marketing advertising dan website ataupun blog, brand akan lebih banyak dikenal masyarakat luas, sehingga akan terjadi kesadaran terhadap suatu brand dan lalu lintas transaksi meningkat tajam.

 

Bila tidak memiliki kemampuan, tak ada salahnya untuk menjalin kerjasama dengan para ahli ataupun konsultan maupun master yang sangat mahir memainkan peran-nya di dunia digital marketing advertising, semisalnya ahli internet marketing untuk mendongkrak laju brand anda semakin terkenal di dunia online maupun dunia nyata.

 

Blogger Pembentuk Opini Untuk Brand

Sebagian para sobat blogger telah merasakan adanya kekuatan opini orang lain (misalnya dari artikel konten yang dipublikasikan oleh para blogger) dalam memperkuat opini atau image tentang eksistensi brand ataupun nama besar perusahaan tertentu. Adanya opini via konten dari warga pecinta dunia bloging akan lebih mudah untuk mempengaruhi persepsi seseorang tentang suatu produk dibandingkan dengan pemasangan iklan. Ya, setidak-tidaknya peran blogger merupakan strategi orang ketiga (Third Party Endorser Strategy).

 

Jumlah pengguna internet di Indonesia dan adanya berbagai kemudahan yang ditawarkan di era milenial ini, menyebabkan media online secara perlahan namun pasti telah menjadi pilihan utama bagi masyarakat untuk menggali berbagai informasi tentang perusahaan berikut dengan produk turunan yang ditawarkannya.

 

Jika di masa gencarnya era media konvensional, berbagai informasi langsung diturunkan oleh perusahaan menggunakan media dan kemudian dicerna begitu saja. Sebaliknya di era internet global, masyarakat mempunyai kebebasan tanpa batas untuk memilih informasi mana yang ingin dicernanya. Dengan begitu, sangat wajar bila perusahaan yang sudah menggunakan microsite office resminya ataupun media online yang berlomba-lomba menjadi sumber utama dalam menyajikan informasi berkaitan dengan topik-topik tertentu, mauun agenda promosi produk.

 

Disamping itu, masih ada pihak lain yang kemudian mampu untuk mengambil peran penting dalam menjadi sumber berita tentang suatu brand di pasar global adalah para sobat blogger. Sebagaimana dipahami, bahwa blogger adalah istilah terkenal yang disematkan untuk seorang penulis blog ataupun pembuat konten yang dipublikasikan pada sebuah website. Kenapa mereka begitu penting bagi promosi brand? Semuanya tidak terlepas dari besarnya pengaruh opini yang dibuat orang lain (para blogger) dalam memperkuat citra perusahaan dimata masyarakat, terutama para pengguna internet dari seluruh dunia.

 

Peran dan kehadiran para bloggers penting karena dianggap merupakan kekuatan pihak ketiga yang bukan merupakan perwakilan dari 1 perusahaan ataupun brand tertentu. Para bloggers mempunyai kebebasan untuk menulis opini mereka tentang produk atau brand tertentu ataupun nama besar perusahaan tertentu, dan tidak terikat untuk harus memuji atau mengagung-agungkan brand yang satu dibandingkan brand yang lain.

 

Adanya karakteristik unik yang membedakan para bloggers dengan situs perusahaan atau media online sebagai salah satu perwujudan untuk menjadi sumber informasi utama telah melahirkan adanya kelebihan dan alasan utama kenapa bloggers dipercaya sebagai salah satu sumber informasi bagi masyarakat.

 

Ikhwal yang biasa terjadi bahwa sebelum membeli 1 produk, masyarakat akan mencoba langsung mencari tahu informasinya bukan dari iklan yang ada menyebutkan: “produk nomor 1 dan terbaik, kami perusahaan terpercaya, harga termurah, kualitas dijamin oke, dan begini begitu”, tetapi adanya review produk yang ditulis sobat blogger di blog mereka masing-masing menjadi salah satu daya pemikat kuat atas brand yang hendak dibeli oleh para calon konsumen.

 

Para calon pembeli atau konsumen, bahkan ada yang rela menyediakan waktu khusus untuk membaca satu demi satu review tentang brand yang telah dimuat dalam blog yang berbeda. Para konsumen butuh referensi banyak yang membuat mereka mengenal seluk-beluk brand, baik itu terkait dengan hal positif maupun negatif berdasarkan pengalaman yang langsung terjadi dari sang penulis atas brand tersebut. Referensi ini sangat berpengaruh dan lazim digunakan, sehingga mereka dapat membandingkannya dengan brand-brand lain dari kompetitor sejenis.

 

Di Indonesia terutama di Kota Medan, tren perkembangan para blogger dinilai positif. Beberapa penulis bahkan mempunyai fokus untuk menulis tentang topik-topik tertentu, seperti: pariwisata, SEO, kuliner, kesehatan, teknologi, smartphone, travelling, info lowongan kerja (loker), hukum, politik, pemilu, parenting, prakarya buatan tangan, fashion, busana muslim, jilbab, usaha online, dan lain-lain. Bahkan kami melihat web yang dikelola oleh para sobat bloggers tersebut mempunyai pengunjung situs yang rutin mengunjungi blog mereka untuk mengetahui informasi-informasi terbaru yang ditulis sang bloggers.

 

Nah, karena peran blogger yang sangat hebat untuk menompang laju promosi brand melalui pemanfaatan strategi digital marketing advertising modern, menyebabkan di tahun 2019 telah banyak perusahaan multi nasional yang rela membayar sejumlah uang yang begitu besar untuk mengiklankan perusahaan mereka demi tujuan brand. Apalagi dalam hal membenam di saat yang sama ada beberapa tulisan blogger dengan nada negatif tentang brand dari perusahaan tersebut?

 

Adanya tumpukan uang tersebut diatas, belum tentu mampu untuk melawan tulisan tentang adanya pengalaman pengguna yang buruk atas brand tertentu, yang kemudian bebas untuk dibaca oleh semua orang, terlebih jika yang menulis adalah blogger kenamaan dan tulisan tersebut bisa berada di posisi halaman pertama google karena di optimasi SEO nya secara maksimal.

 

Ingat, bahwa hampir rata para blogger adalah juga para pegiat di dunia search engine yang memiliki keahlian khusus untuk mengantarkan tulisannya menuju ke posisi halaman utama bahkan menempati posisi di ranking 1 google. Ya, pada intinya para sobat blogger telah memahami secara baik tentang cara membuat blog bisnis ranking 1 di berbagai situs mesin pencari.

 

Tak bisa dibayangkan bila ada tulisan para sobat blogger yang berisi “image negative” atas brand tertentu berada di posisi halaman 1 google, tentu akan banyak para pengguna internet yang membacanya. Dan tentu saja jangan sampai hal ini terjadi karena sangat buruk bagi nama baik perusahaan maupun brand produk. Jadi, sudah tahu kan seberapa dasyat peran bloggers bagi dunia marketing perusahaan, terutama yang memilih channel online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!