Potensi Bisnis Jasa SEO Untuk Blogger

Mungkin diantara kita, ada yang mencari info tentang “Potensi Bisnis Jasa SEO Untuk Blogger”, pasca memiliki keahlian SEO. Atau setelah menjadi ahli SEO atau pakar optimasi blog/website, apa-apa saja yang harus dilakukan oleh para blogger agar bisa berpenghasilan?

 

Potensi Penghasilaan Uang Dari Bisnis Jasa SEO dan Optimasi Blog di Indonesia

 

Memang dengan semakin banyaknya start up dan juga bisnis online, sedikit banyaknya telah memberikan harapan bagi para blogger untuk bekerja atau setidak-tidaknya menjual keahlian untuk mengelola website bisnis online atau blog perusahaan milik pemerintah maupun swasta.

 

Di era digital dan menjamurnya usaha online maupun bisnis e-commerce (bermodal kecil, menengah dan ukm, serta modal besar), banyak para blogger yang sudah menekuni profesi menjadi seorang pebisnis jasa SEO. Sebab, jasa SEO telah dimaknai sebagai salah satu bisnis yang memiliki potensi penghasilan yang bisa dikatakan besar dan cerah masa depannya. Bagaimana tidak, cara untuk memperkenalkan suatu produk ataupun personal branding adalah dengan promosi, sehingga keberadaan promosi ini merupakan kebutuhan yang sangat fundamental, terutama dalam konteks aktivitas di bisnis internet.

 

Sebagaimana dipahami bersama, bahwa bisnis internet dan usaha online lainnya, tidak terlepas dari adanya aktivitas pemasaran online (internet marketing) yang di explore dengan menggunakan SEO. Sehingga saat ini, SEO itu sendiri telah merupakan salah satu alat kerja untuk melakukan promosi yang sudah tidak diragukan lagi keampuhannya.

 

Target Promosi Dengan SEO

Gencarnya aktivitas para blogger yang menggunakan SEO untuk promosi adalah semata-mata untuk membuat agar kata kunci (keyword) yang di miliki oleh website/blog yang bersangkutan bisa masuk ke halaman pertama google (atau berada di posisi top 10 google). Nah, dengan website bisa berada di jajaran posisi top 10 google di keyword tertentu, maka potensi untuk menggenjot terjadinya penjualan pada bisnis online akan semakin besar pula.

 

Kondisi diataslah yang acapkali membuat pebisnis online maupun para blogger berbondong-bondong mengupayakan sebaik mungkin websitenya agar bisa berada di top 10 besar. Tapi, kita harus sadar betul, bahwa mempraktekkan SEO tidaklah semudah membalik telapak tangan, sebab sangat banyak rintangan yang harus dilalui dan dilakukan, mulai dari riset untuk menemukan niche yang ideal, optimasi on page, hingga perburuan backlink yang melelahkan (pemanfaatan teknik seo off page), butuh konsistensi dan kesabaran.

 

Ya, beruntung jika seandainya kerja keras yang terurai di atas bisa membuahkan hasil, jika tidak tentu sangat disayangkan dan merupakan jadi sebuah pekerjaa yang sia-sia, dimana telah banyak menguras pikiran, waktu, tenaga, dan uang. Tapi, kenyataannya masih demikian yang diperoleh. Jadi, sangat wajar, tidak sedikit para blogger yang dibuat “kecewa berat”, “setengah stres” oleh SEO itu sendiri, disebabkan promosi online yang dilakukan dengan menggunakan SEO tidak memenuhi target dan bahkan ada yang tak kunjung membuahkan hasil dan atau target untuk mendapatkan penghasilan (profit) tak kunjung datang. Ya, entah weblognya sulit masuk jajaran top 10 besar, atau sudah berada di posisi top 10 google namun hasilnya tak sesuai dengan apa yang sudah diprediksikan atau sama sekali tidak punya waktu untuk melakukan serangkaian pekerjaan yang terkait dengan mengoptimalkan SEOnya.

 

Beranjak dari fakta diatas, sobat blogger ataupun rekan “website enginering”, bisa melihat adanya celah dimaksud dan menjadikannya sebuah peluang bisnis emas, jika memang benar adanya memiliki keahlian dan jago dalam bidang SEO untuk menawarkan jasa dalam hal memecahkan masalah yang sedang dihadapi para pebisnis online. Nah, jasa tersebut dapat sobat lakukan dengan membuka bisnis jasa SEO dengan tarif yang bisa ditentukan sendiri.

 

Unsur Membuka Jasa SEO

Sebelum sobat blogger membuka jasa bisnis SEO, tentu ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan perhatikan. Apa-apa saja itu?

 

Karena hal ini adalah terkait dengan mengoptimasi website atau blog dengan menggunakan SEO, maka unsur pertama yang harus ada yakni: memastikan bahwa benar adanya bahwa sobat blogger memang ahli dalam bidang SEO atau telah jadi pakar optimasi website, sebab ketika jasa sobat sudah dipercaya untuk mengoptimalkan website seseorang tapi kita tidak siap dan/atau tidak bisa mengerjakan tugas yang dibebankan, maka hal ini bisa merusak kredibelitas atas kepercayaan yang telah diberikan kepada jasa SEO milik Anda menjadi sia-siakan.

 

Bahkan, parahnya lagi, jika klien yang bersangkutan sharing dan atau bercerita di Facebook, Twitter ataupun forum-forum mengenai jasa Anda, tentu akan menambah daftar panjang tentang “image” kebobrokan yang telah sobat blogger lakukan dalam bisnis jasa SEO. Dengan kata lain, branding negatif muncul.

 

Dapat dibayangkan, bakal seperti apa usaha jasa SEO yang sobat tekuni. Oleh karena itu, pertanggungjawaban kerja dan kemampuan memanajemen waktu juga patut dipertimbangkan, sebab tidak hanya satu dua website atau situs nantinya yang di optimasi, tapi bisa saja akan banyak web sekaligus yang perlu dioptimasi. Apalagi, sebagaimana diketahui bersama bahwa SEO membutuhkan waktu yang tidak instan dan hasilnya juga tidak bisa diprediksikan secara matematis dalam kerangka aktivitas promosi (periklanan) internet pada setiap bisnis yang sedang dikembangkan .

 

Memang sih, menekuni profesi pada bisnis jasa SEO ini sangat menggiurkan, disebabkan potensinya yang bisa menghasilkan uang dalam jumlah puluhan bahkan ratusan juta per bulan nya. Ya, kita lihat saja data dan fakta yang berlaku di Indonesia, bahwa para pegiat dan pelaku jasa SEO Indonesia, mengenakan tarif di atas Rp. 2.000.000 hingga 10 juta rupiah per optimasi.  Jadi sudah bisa dibayangkan, ketika para sobat blogger mempunyai banyak klien, tinggal hitung saja dengan kelipatan angka di atas.

 

Bisa saja, karena begitu ketatnya persaingan sesama pemberi jasa SEO di Indonesia, ada sebahagian perusahaan atau biro jasa SEO yang menetapkan tarif 500 ribu rupiah hingga 1 juta. Dan tentu saja, tarif yang diberlakukan mereka boleh dikatakan kecil seandainya dibanding dengan hasil yang akan diperoleh nantinya. Padahal pada umumnya para pebisnis jasa SEO profesional, rata-rata mengenakan tarif mulai 5-10 juta per keywordnya.

 

Nah, untuk mensiasatinya, tentu saja sobat blogger bisa mengenakan harga untuk tarif optimasi keyword yang berbeda-beda (harga variatif) untuk setiap kata kunci yang ditargetkan, karena memang secara prinsip dan praktek bahwa beda keyword adalah beda pula jumlah para pesaingnya di search engine. Tentu keyword dengan persaingan banyak bisa Anda kenai tarif lebih tinggi ketimbang yang biasa.

 

Ada banyak pendapat yang kami temui, terutama dari para pemberi jasa SEO Medan yang berada di Kota Medan – Sumut dan sekitarnya tentang beberapa hal yang memberikan asumi atau taksasi penghasilan yang bisa diraup oleh para bisnis jasa SEO, dan menurut kami pendapat dimaksud juga sangat sesuai dengan hitungan kami selaku pegiat SEO Medan. Dimana berdasarkan hitungan kami, potensi penghasilan yang mungkin bisa dihasilkan para blogger yang berkecimpung di bisnis jasa SEO adalah sebagai berikut:

 

Kita misalkan tarif yang dipatok per keyword adalah rata-rata 2.000.000 rupiah, maka jika sobat mempunyai 1 klien per harinya, atau 30 klien sebulan, maka hasil yang bisa Anda peroleh adalah 2 juta x 30 = 60.000.000/bulan. Wouw….., hasil nya setara dengan pejabat bukan? Hahaha…..

 

Nah, tentu saja nilai di atas tidak bisa dijadikan dasar patokan, karena memang itu hanyalah sebuah prediksi keuntungan yang bisa diperoleh, dan bisa kurang bisa juga lebih. Namun, satu hal penting yang perlu diketahui adalah jika kita ingin mendapat hasil yang besar, maka kita perlu menjual sesuatu yang untungnya besar pula. Nah, pada contoh di bisnis SEO ini adalah salah satu contoh unsurnya saja untuk memberikan gambaran dan memotivasi para ahli SEO dan pakar optimasi website untuk menghasilkan uang dari pekerjaan SEO itu sendiri.

 

Dan 1 lagi yang salah satu unsur penting dari SEO ini, ketika sobat blogger sudah menguasai ilmu SEO (tentu saja SEO yang bukan sekedar SEO saja), tapi dengan segala seluk beluknya secara expert, maka hal itu akan memudahkan sobat blogger untuk menjual keahlian dimaksud di internet. Entah itu menjual jasa SEO ataupun untuk hal-hal yang terkait dengan pemasaran bisnis internet dengan menciptakan niche market, baik untuk kepentingan pribadi maupun bagi para pelaku bisnis online lainnya.

 

Gimana ni sobat blogger? Enak bukan menjadi seorang ahli SEO, pakar mengoptimasi website atau jadi jagoan di search engine google. Paling tidak, sambil sobat blogger membuka jasa SEO bisa juga dengan mengikuti kontes SEO yang setiap bulannya selalu ada saja yang menyelenggarakannya. Intinya, bahwa bisnis jasa SEO berpotensi besar menghasilkan uang dalam jumlah yang besar pula, seandainya para sobat blogger telah mahir dan mau terus belajar untuk mengasah kemampuan sesuai dengan perkembangan yang diberlakukan oleh mesin pencari itu sendiri, seperti pemberlakukan algoritma terbaru, teknik internet marketing agar bisa meraih posisi di jajaran top 10 google dalam konteks untuk dunia periklanan produk apa saja.

 

Demikian artikel yang membahas tentang “Potensi Bisnis Jasa SEO Untuk Blogger”, semoga ada manfaatnya dan memampukan para sobat blogger, terutama para blogger medan yang berhasrat untuk menggiati profesi pada bisnis jasa SEO kedepannya. Atas perhatian dan kunjungannya ke blog silaenseo.com ini, diucapkan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kontes SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!