Step by Step Memulai Bisnis Butik Pakaian

Hai sobat ngebisnis, ayo kita bahas “Step by Step Memulai Bisnis Butik Pakaian” agar keinginan anda meraih kesuksesan dalam berbisnis jual pakaian atau baju melalui pembukaan toko butik pakaian bisa dengan cepat diraih.

 

Step by Step dan Cara Memulai Bisnis Usaha Butik Pakaian di Indonesia

 

Memang ikhwal bisnis butik jualan baju dapat menjadi salah satu pengimplementasian jenis usaha yang dapat menguntungkan dari segi menambah finansial anda. Dan jumlah bisa saja tidak terbatas.

 

Tapi, tentu saja setiap kita melakukan aktivitas pada bidang bisnis tentu ada tata cara dan kunci dalam hal berusaha, yakni bagaimana cara dan tips maupun strategi dalam membangun niche tertentu untuk butik pakaian yang sedang anda kelola.

 

Ya, contoh sederhananya, toko butik anda bisa secara khusus dan spesifik dalam menjual pakaian dan ataupun aksesoris resmi yang sering dipakai oleh wanita, termasuk perhiasan, tas, tali pinggang, parfum, dlsb. Namun, jangan lupa untuk mempertimbang usaha butik yang anda lakukan tersebut dengan membeli waralaba yang sudah ada jika Anda memiliki cukup modal untuk berinvestasi di bisnis tersebut.

 

Lalu, bagaimana sih caranya memulai bisnis butik secara step by step dalam hal menjual pakaian? Caranya anda bisa mulai dengan mencoba mengunjungi pameran-pameran waralaba dan francise jual baju untuk mencari potensi waralaba butik pakaian ini. Jika ingin yang lebih gampang dan mudah,  Anda juga bisa memulai membuka toko butik pakaian dengan menggunakan pemasok grosir pakaian yang terdekat dengan kota tempat tinggal anda.

 

Selain itu, masih ada beberapa yang stepnya perlu dilakukan dengan cermat jika ingin memulai bisnis butik pakaian seperti yang saat ini sudah sukses beroperasi. Step yang kami maksudkan dapat dijelaskan sebagai berikut:

 

Step 1

Segeralah hubungi bank kesayangan anda dan jangan lupa untuk mendapatkan aplikasi account khusus untuk pedagang, seperti rekening bisnis atau kartu kredit yang dapat digunakan untuk meningkatkan potensi penjualan butik Anda kedepannya.

 

Step 2

Setelah step diatas anda laksanakan dan telah pula mendapatkan bisnis lisensi anddoing vendor sebagai aplikasi melalui kantor lokal administrasi yang berada di tempat anda tinggal. Gunakan nama bisnis Anda sebagai DBA Anda, ketika akan menerapkannya. Kemudian jangan lupa untuk mengisi aplikasi dan mengirimkannya kembali dengan biaya aplikasi yang telah anda isi dan setujui tersebut.

 

Step 3

Kemudian buatlah daftar semua jenis pakaian yang ingin Anda jual pada buktik milik anda. Jangan lupa juga sesekali kunjungi butik pakaian yang menjadi kompetitif anda dalam hal menjual produk barang dagangan yang sama. Perhatikan bagaimana cara dan strategi para pengecer menjualnya dan berapa harga yang mereka tetapkan per satuan.

 

Step 4

Lalu, coba mencari pemasok yang berperan sebagai grosir untuk stok barang butik pakaian Anda seandainya Anda memulai usaha ini dari nol. Jangan lupa untuk meminta kontak beberapa orang yang bisa dihubungi dalam hal untuk menyediakan daftar grosir pakaian.

 

Step 5

Carilah toko grosir yang mampu untuk menawarkan semua produk yang ingin anda jual kepasaran. Pilih grosir yang menawarkan unit biaya terendah dari setiap produk pakaian, maksudnya agar Anda dapat menetapkan harga yang tepat nantinya.

 

Step 6

Lalu, carilah lokasi atau tempat yang strategis untuk alamat toko butik pakaian Anda. Pilihlah daerah-daerah yang mana lalu lintasnya cukup ramai dan banyak pejalan kaki, misalnya di pinggir mall atau persimpangan jalan. Kemudian secara bertahap pelajari juga setiap klien yang datang berkunjung ke toko-toko tetangga. Jika Anda kesulitan mencari tempat, maka tidak ada salahnya untuk sementara menggunakan rumah Anda sebagai butik sembari mencari tempat yang sesuai untuk toko butik anda.

 

Step 7

Ingat ya sobat, jangan lupa untuk memperkirakan berapa banyak investasi atau modal usaha yang Anda butuhkan dalam tenggat waktu 6 (enam) bulan dalam melaksanakan bisnis ini, termasuk biaya produk dan maupun biaya untuk tarif pasang iklan dalam rangka mempromosikan produk baju yang sedang anda pasarkan.

 

Step 8

Seandainya sudah pas anda mendapatkan toko butik yang sesuai dan tempat yang berkategori sangat strategis, maka saatnya bagi anda untuk segera mengatur tempat untuk counter, unit rak, dan mendekorasi butik secara baik, indah dan nyaman.  Selain itu, jangan lupa untuk memastikan semua cash register dan komputer Anda bekerja dengan baik.

 

Step 9

Perihak anda mempekerjakan beberapa orang karyawan, maka untuk sementara waktu Anda dapat mengambil dari anggota keluarga yang lain untuk membantu sembari mencari orang yang memiliki pengalaman di bidang sales dan marketing.

 

Step 10

Jangan lupa untuk secara intensif melakukan promosi, misalnya dengan membagikan selebaran ke pengecer non kompetitif, termasuk toko muffler, salon kecantikan maupun even organizer. Caranya dengan menempatkan selebaran dalam jumlah tertentu tepat berada di papan iklan atau bulettin untuk membantu strategi mempromosikan toko butik dan membentuk branding atas produk butik Anda.

 

Nah, seandainya anda memiliki jumlah tabungan yang sedikit berlebih, maka tak ada salahnya mempertimbangkan untuk menghubungi beberapa orang reporter atau wartawan surat kabar lokal untuk menulis tentang eksistensi butik Anda. Jika ingin lebih mudah dan murah lagi, maka gunakanlah media sosial (medsos) dan internet untuk mempromosikan butik Anda. Media internet yang kami maksudkan adalah dengan membuat website butik agar semakin dikenal oleh masyarakaat luas, terutama para pengguna internet yang datang dari mesin pencari.

 

Nah, khusus untuk website butik ini, maka jangan lupa untuk menggunakan teknik optimasi website, yakni mengoptimasi SEO web agar semakin dipercayai oleh mesin pencari, terutamanya google.

 

 

Itulah pokok bahasan kami tentang “Step by Step Memulai Bisnis Butik Pakaian”, semoga ada manfaaatnya bagi anda sobat dunia bisnis jual baju. Atas perhatian dan kunjungannya ke blog silaenseo.com diucapkan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kontes SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!