Kontes SEO Dan Jasa Ahli Bisnis Online

Jasa Ahli Agen Optimasi

Strategi Dan Prospek Cerah Sebuah Bisnis Masa Depan

Sobat blogger, mungkin pernah membaca berita tentang daftar nama pelaku bisnis yang menjadi orang terkaya di dunia. Namun, pernahkah Anda mencari tahu fakta yang sebenarnya bahwasanya tidak ada dari pebisnis yang masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia tersebut berstatus sebagai karyawan atau pekerja pada sebuah perusahaan tertentu?

 

Strategi dan Peluang Masa Depan Bisnis di Indonesia

 

Ya, fakta diatas memanglah benar adanya, sebab hampir bisa dipastikan bahwa orang-orang yang berhasil membangun bisnisnya hingga memiliki kekayaan berlimpah hingga ke tingkat luar biasa adalah seorang wirausaha atau entrepreneur. Bahwa, tidak sedikit dari orang sukses tersebut yang merintis usaha nya mulai dari nol, jatuh bangun, hingga akhirnya menjadi pengusaha sukses dengan kekayaan luar biasa.

 

Fakta diatas bisa menjadi salah satu motivator dan juga sebagai pesan penting bagi siapa saja sobat blogger yang ingin jadi orang kaya dan sukses, yakni: “bangunlah bisnis sendiri dan jadilah wirausahawan yang hebat”.

 

Tapi satu hal yang penting diingat, bahwa membangun bisnis sendiri memang tidak semudah membalik telapak tangan atau segampang mengucapkannya. Nah, bila saat ini sobat blogger tengah berupaya merintis bisnis sendiri, maka yakinlah bahwa usaha tersebut memiliki prospek bagus dan menjanjikan dilakoni dalam kurun waktu lama. Selain itu, agar peluang kesuksesan usaha semakin besar, pastikan juga bahwa sobat blogger tidak melakukan hal-hal sebagaimana yang akan kami uraikan dibawah ini:

 

1) Rasa ingin kaya dengan cepat (instant)

Perihal membangun bisnis sendiri agar benar-benar terwujud menjadi orang kaya, adalah satu cita-cita yang menurut kami sah-sah saja bagi semua orang. Namun, satu hal yang penting diingat, bahwa tidak ada kesuksesan yang terjadi dalam semalam. Kalau ditelaah dari setiap kisah sukses para pengusaha yang hebat, baik di Indonesia maupun luar negeri adalah hasil dari proses panjang yang tidak mudah, mulai belasan sampai puluhan tahun. Jadi langkah utama yang harus disiapkan adalah memiliki tingkat kesabaran dan ketekunan yang tinggi untuk membangun, serta membesarkan bisnis yang sedang digeluti. Sekali lagi, tidak ada kekayaan yang diperoleh secara instan hanya 1 malam saja.

 

2) Tidak memiliki naluri awas dengan persaingan

Dalam segala aspek kehidupan bahwa persaingan itu selalu ada. Sekalipun sobat blogger menilai bahwa bisnis yang sedang dibangun memberikan diferensiasi dan keunikan yang tiada tanding dan bandingannya, jangan lengah pada potensi pesaing. Mengapa? Karena, para pesaing potensial bisnis Anda sangat penting untuk dilihat dan dipelajari, khusunya yang menyangkut tentang kelebihan serta kekurangannya. Jadi, tetaplah berpegang teguh pada keunikan bisnis sendiri, tapi hal itu tidak harus membuat Anda acuh dengan para pesaing yang setiap harinya muncul di luaran sana.

 

3) Jangan memasang target yang tidak realistis

Dalam dunia bisnis, memiliki target sangatlah penting agar bisnis Anda bisa lebih cepat berkembang dan memiliki arah tujuan yang spesifik. Namun, hindari membuat target yang tidak realistis dan atau diluar batas kewajaran. Sebuah target haruslah terukur, akuntabel, realistis dan memiliki target waktu yang spesifik untuk pencapaiannya.

 

Misalnya, Anda menargetkan target penjualan baju online setiap bulan tumbuh sebesar 15 persen dengan evaluasi tiap triwulan. Ingat bahwa jualan baju online, target bisnis penjualan pada angka 15 persen masih masuk akal, terutama untuk sebuah usaha yang baru berkembang.

 

4) Tujuan, visi dan misi bisnis terlalu dangkal

Bila ingin sukses dalam hal bisnis, maka milikilah tujuan yang lebih dalam dari hanya sekadar mendapatkan uang dari bisnis dimaksud. Banyak hal yang lebih besar dapat dilakukan bila sekedar hanya dibandingkan dengan uang. Banyak usaha yang sukses besar karena dimulai dengan visi dan misi yang luhur, misalnya untuk membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas bagi orang-orang yang membutuhkan, dapat menjadi salah satu motivator bagi siapa saja yang ingin mengembangkan bisnis yang sedang anda geluti, dan lain sebagainya.

 

5) Jangan menjual terlalu murah

Harga barang atau jasa yang lebih murah, bahkan sampai mengobral harga termurah, memang akan mendatangkan penjualan lebih banyak? Benarkah? Kalau menurut kami, tidak selalu benar, lho. Para pembeli di era media sosial (medsos) seperti saat ini semakin selektif menilai kualitas barang atau jasa yang akan mereka beli. Mereka tidak keberatan membayar biaya sedikit lebih mahal asalkan kualitas barang juga kualitas layanan yang didapatkannya benar-benar sepadan. Jadi, strategi harga murah bahwa harga termurah tidak selalu tepat, bergantung pada target pasar, jenis barang atau jasa yang dijual juga membutuhkan berbagai strategi marketing bisnis Anda, baik offline maupun online.

 

6) Menghindari rasa mudah frustrasi

Memiliki bisnis sendiri berarti Anda harus siap menghadapi kondisi ketidakpastian dan resiko akan merugi. Berbeda dengan saat menjadi karyawan atau pekerja yang bekerja di dalam sebuah sistem yang sudah jadi. Menjadi pebisnis berarti Anda sendirilah yang harus menciptakan sistem itu, merawat dan mengembangkannya agar roda bisnis terus berjalan dan tetap bisa berkembang.

 

Adalah hal yang wajar bila nantinya di tengah jalan pasti banyak tantangan yang akan dihadapi. Namun, seorang calon pebisnis sukses haruslah pantang frustrasi ketika menghadapi tantangan dan atau hambatan di depannya. Kualitas umum yang dimiliki seorang entrepreneur sukses adalah mereka selalu mampu melihat tantangan dan menjadikannya sebagai sebuah peluang untuk melahirkan nilai tambah untuk menunjang kesuksesan bisnis kedepannya.

 

Peluang Masa Depan Bisnis Selalu Cerah

Ingat, bahwa semua bisnis yang dilakoni memiliki masa depan yang cerah. Meskipun kita ketahui bersama bahwa tidak sedikit para pelaku bisnis yang hanya sekedar mencoba-coba peruntungannya dengan menjalankan bisnis dengan berpatokan pada banyaknya permintaan dan terbukanya peluang bisnis yang dipilih tersebut.

 

Tapi, tentu saja ada yang berhasil dan banyak juga yang mengalami kegagalan. Nah, adanya 2 faktor, yakni keberhasilan dan kegagalan ini, tentu saja dipengaruhi oleh berbagai macam kemungkinan. Misalnya, bisa saja salah satunya adalah mengenai bagaimana seorang entrepreneur dapat menangkap dan memahami apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh pasar, baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang, serta bagimana tips dan strategi untuk mengimplementasikanya dengan baik dan benar kedalam sebuah strategi bisnis yang sudah terencana dan terukur sebelumnya.

 

Lalu, kemudian sejauh mana peluang masa depan dari usaha yang dijalankan, misalnya apakah kira-kira bisnis tersebut tidak bersifat temporer atau tidak akan lekang tergerus perkembangan jaman, atau sebaliknya malahan akan semakin berkembang serta penuh inovasi digitalisasi?

 

Nah, dalam kerangka itulah, kami selaku pemerhati bisnis di Indonesia, terutama bisnis online akan memperkirakan beberapa bidang usaha yang kemungkinan besar dan memiliki prospek bakalan terus mengalami perkembangan seiring perubahan zaman, yakni:

 

1) Bisnis Kuliner

Memang, bisnis kuliner tidak ada matinya. Dari hari ke bulan, tahun ke tahun, selalu muncul inovasi terbarukan. Kok bisa? Hal ini disebabkan manusia selalu memerlukan makan dan tentunya makanan dimaksud juga tidak hanya satu macam saja. Bisnis yang berbasis kuliner yang bisa dijalankan adalah membuat makanan ringan, jualan jus buah, membuka cafe, catering dan warung tenda sederhana, bahkan restoran.

Kunci utama dalam menjalani bisnis ini adalah memiliki konsistensi dan pantang menyerah. Mengapa? Karena godaan yang akan datang dalam bisnis ini tidak sedikit jumlahnya, jadi bisa saja hal ini akan mengganggu konsistensimu, sehingga konsisten dan pantang menyerah menjadi salah satu tolak ukur terpenting dalam hal menentukan sukses tidaknya anda dalam menjalankan bisnis kuliner ini.

 

2) Peluang Bisnis Ecommerce

Perkembangan teknologi dan informasi kini telah dimaknai memiliki peran besar dan sangat strategis bagi kemajuan bisnis dewasa ini. Bisnis ecommerce ini memanglah amat menjanjikan, baik itu dari sisi biaya yang akan dikeluarkan maupun dari income yang akan didapat kemudian. Hal ini disebabkan pengguna internet terus mengalami peningkatan yang signifikan. Baik itu yang memakai internet lewat komputer ataupun smartphone maupun handphone.

 

Lihat saja, saat ini banyak situs-situs belanja online yang menjajakan barang dagangannya makin merebak diantaranya adalah OLX, Lazada, Shopee maupun tokopedia. Situs-situs belanja online ini juga mulai semakin menunjukkan kekuatannya dalam dunia bisnis berbasis online. Kondisi ini juga adalah berbanding lurus dengan semakin cerdasnya customer internet yang melahirkan inovasi terbarukan melalui penggunaan “agency digital” yang menawarkan jasa digital marketing yang diberi sebagai salah satu bentuk dukungan perkembangan dan meramaikan hiruk pikuk dunia usaha e-commerce saat ini.

3) Bisnis Sektor Jasa Transportasi

Dari hari ke-hari permintaan akan jasa transportasi ini terus mengalami peningkatan yang dinamis. Cepat dan dapat diandalkan adalah dua elemen terpenting yang tak dapat dipisahkan dalam faktor suksesnya bisnis ini. Mungkin saja rata-rata orang sudah saatnya mencoba untuk terjun dalam bisnis jasa transportasi yang tak mengeluarkan anggaran berlebih, serta-merta juga bahwa bisnis ini dapat diandalkan dan yang paling utama dapat diakses serentak dari smartphone atau hp anda.

Terutama di kota-kota yang tidak sedikit penduduknya, seperti Kota Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Semarang, Bali dan lain sebagainya, keunggulan atas adanya faktor cepat dan dapat diandalkan dapat terasa sekali manfaatnya. Disamping itu, bisnis ini juga sanggup memberikan kontribusi untuk menghemat uang dan sekaligus mampu meminimalisir kemacetan yang bakal berlangsung dalam setiap perjalanan.

 

Memang, saat ini bentuk usaha bidang jasa transportasi ini sudah menjamur dimana-mana dan serta-merta dapat diperlukan untuk membuka transportasi yang diharapkan. Contohnya saja tidak sedikit penduduk yang mengunduh dan memanfaatkan penerapan ini, seperti gojek, ladyjak, grab taxi, grab bike, dan sejenisnya.

 

4) Bisnis Pada Sektor Pariwisata

Semakin hari semakin banyak pula orang-orang yang menyadari pentingnya atau merasa berwisata adalah suatu hal yang sudah jadi keperluan untuk dipilih. Hal ini juga berbanding lurus dengan menjamurkan bisnis menjadi agen travel.

 

Memang menjadi agen travel bisa menjadi kesempatan usaha yang dapat anda lirik dan menjadi salah satu opsi dari sekian banyak usaha yang berkembang. Dari sejumlah visitor yang datang ke berbagai daerah di Indonesia, tentu merupakan bahagian yang tidak terpisahkan dari adanya beragam negeri yang diperkenalkan pada setiap pameran wisata yang diselenggarakan oleh bermacam-macam pihak, baik itu dari pemerintah ataupun dari perusahaan swasta. Hal ini mencerminkan bahwa usaha dibagian ini mempunyai potensi besar kalau ditekuni secara serius.

Walaupun kondisi ekonomi yang kian menurun, namun data dari kementrian pariwisata menunjukan bahwa terjadi kenaikan jumlah wisatawan yang cukup signifikan hingga bulan Oktober 2017 ini. Kondisi ini diprediksikan akan tetap konsisten mengalami peningkatan besar untuk tahun-tahun yang akan datang. Trik inipun mampu menangani masalah perekonomian dan jumlah pengangguran di Indonesia. Lantaran makin banyak jumlahnya wisatawan asing yang datang, sehingga pemodal asing akan tertarik untuk menanamkan investasi nya disebabkan peluang bisnis pariwisata masih terbuka lebar. Sebaliknya juga akan sangup mengatasi masalah ekonomi negara kita.

Bisnis ini pun tidak sedikit cakupannya diantaranya yang merupakan planner, penyedia tiket transportasi, penyedia tempat buat berwisata dan yang lainnya yang pas untuk anda pilih sesuai dengan passion dan keahlian yang dimiliki.

5) Bisnis Bagian Advertising Dan Publishing

Kesempatan usaha yang satu ini bisa saja menguntungkan, karena kue yang dihasilkan dari bisnis periklanan sedang marak didunia global maupun bisnis profesional. Bisnis ini adalah salah satu cara bagi para pengusaha untuk mengembangkan usahanya, karena hampir seluruh usaha tentu membutuhkan yang namanya langkah promosi.

 

Yang lebih menariknya lagi umumnya promosi dari satu bisnis mampu memakan budget yang dapat dibilang tak sedikit. Dengan ini anda bisa membayangkan berapa keuntungan yang bisa diperoleh dibisnis ini. Apalagi kalau didukung dengan kreatifitas dan inovasi yang mumpuni, baik menggunakan media offline maupun online.

6) Bisnis Budidaya Tanaman Buah

Akhir-akhir ini, hal yang terkait dengan budidaya telah dijadikan sebagai salah satu bisnis yang dikatakan awet dan memiliki masa depan yang cerah di Indonesia. Alasannyapun sangat sederhana, yakni karena banyak yang membutuhkan tapi sedikit yang melakukan. Anda bisa melihat dan membayangkan dalam lingkup kehidupan nyata, dimana peminat tanaman buah sangat banyak. Sebaliknya pembudidaya tanaman buah sangat sedikit karena memang bisnis ini memerlukan ketelatenan dan kesabaran yang ekstra tinggi.

 

Namun jangan salah lah, bahwa bisnis ini sangat menjanjikan lho. Lihat saja, beberapa pembudidaya tanaman buah telah terbukti sukses dan menjadi pusat budidaya terbesar dengan memiliki lahan pertanian dengan aneka tanaman yang luasnya puluhan hektar.

7) Bisnis Properti

Penduduk yang semakin terus bertambah dari hari kehari tentu akan meningkatkan kebutuhan akan tempat tinggalpun otomatis semakin meningkat pula. Disinilah perannya para pengembang bisnis property maupun agen freelance properti harus ada. Bisnis ini juga tidak akan pernah mati tersapu era globalisasi dan justru sabaliknya semakin banyak dibutuhkan pebisnis property yang dapat membantu program pemerintah untuk pengadaan rumah tinggal, rumah susun, apartemen, kondominium, dan lain sebagainya.

 

Demikian artikel yang membahas tentang strategi dan prospek cerah sebuah bisnis masa depan, semoga bermanfaat bagi sobat blogger setia website silaenseo.com – blog info bisnis terdepan di Indonesia. Jangan lupa untuk membaca artikel kami sebelumnya berjudul peluang bisnis online 2018. Atas perhatian dan kesempatannya sudah berkunjung ke website ini, diucapkan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kontes SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!