Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan

Pada pandangan lensa bisnis untuk pemasaran produk via website, cara jitu dan strategi yang berisi berbagai ide dalam rangka meningkatkan penjualan. Produk yang dimaksud agar cepat dibeli oleh pelanggan, dan tentu saja hal ini sangat urgent dilakukan demi menjaga keberlangsungan masa depan sebuah bisnis. Mengapa? Karena bila berbicara strategi penjualan dan ide kreatif pemasaran, maka tak lepas dari target keuntungan yang hendak dicapai dan mengkondisikan pemasukan agar tetap stabil.

 

Nah, bila arus keuangan yang masuk telah benar-benar stabil, maka ide tentang menggunakan berbagai taktik ataupun strategi lainnya dalam rangka mengembangkan sayap bisnis agar penjualan semakin meningkat dan omset terus bertambah secara otomatis dimunculkan.

 

Strategi Meningkatkan Penjualan dan Promosi Pemasaran Produk

 

Secara teori dan praktek, ada 2 jenis taktik jitu yang lazim digunakan untuk meningkatkan penjualan pada tipe bisnis apapun itu, yakni: strategi pemasaran secara online dan offline.

 

1) Ide Kreatif Meningkatkan Penjualan Via Online

Saat ini, ketergantungan pada dunia online sudah tak dapat dibendung lagi. Hal ini diakibatkan dunia internet, tanpa batas dapat menjangkau konsumen potensial dimanapun mereka berada. Pokoknya di seluruh penjuru dunia yang terlayani jaringan internet.

 

Dalam konteks memaksimalkan berbagai strategi yang menjurus pada sisi internet marketing, maka diyakini bahwa produk yang dipasarkan tersebut akan semakin terkenal dan akan terjadi peningkatan konversi penjualan. Oleh karena itu, medium online bila secara maksimal digunakan akan mampu mendongkrak omset bisnis pada level yang tak dapat dibayangkan.

 

Pada perkembangan penggunaan internet marketing di jaman now ini, penulis melihat ada beberapa taktik maupun ide-ide kreatif yang bisa digunakan sebagai strategi jitu dalam meningkatkan penjualan, yakni:

 

*) Search Engine Optimization

Bisnis yang sudah “go online” tentu saja harus didesain agar website terlihat profesional dan bonafide. Nah, terkait hampir rata bisnis di jaman now ini telah didukung pengoperasian website, maka wajar timbul persaingan yang cukup sengit terutama memperebutkan posisi di halaman pertama search engine.

 

Untuk memenangkan persaingan tersebut, maka langkah terbaik adalah dengan menggunakan strategi Search Engine Optimization atau SEO, terutama google. Mengapa memilih google? Alasannya disebabkan google merupakan mesin pencari terbesar digunakan dunia, termasuk di Indonesia.

 

Google juga sudah menjadi salah satu solusi untuk memecahkan atau menjawab berbagai informasi yang dibutuhkan oleh para pengguna internet melalui aktivitas googling. Misalnya kita ingin mencari jawaban tentang bagaimana cara meningkatkan penjualan menggunakan teknik promosi?

 

Tentu kita sebagai user yang sedang mengalami kebuntuan atas disebabkan bisnis yang penjualannya tidak pernah meningkat, maka akan mencari solusinya di google dengan mengetikkan kata kunci “cara meningkatkan penjualan”, atau “cara promosi produk”, dan seterusnya.

 

Ketika google telah menampilkan hasil pencarian-nya, maka persentase user untuk mengklik sebuah situs/web adalah yang terdapat di halaman pertama google, terutama yang berada di posisi ranking 1-5. Sedangkan bila berada di halaman dua, maka persentasenya sangat kecil bagi user untuk berkunjung.

 

Nah, disinilah peran yang diusung SEO dalam memaksimalkan kinerja sebuah website di mesin pencari, dimana tujuannya adalah agar bisa nangkring di halaman pertama google dan bahkan menjadi ranking pertama. Ya SEO sebagai salah satu cara membuat bisnis online menjadi nomor 1.

 

Untuk contoh kasusnya, Anda menemukan halaman ini kebanyakan adalah dari aktivitas googling dengan mengetik kata kunci “strategi meningkatkan penjualan”, “strategi pemasaran” ataupun dengan mengetik “cara promosi produk”, benar bukan? Kok bisa ditebak ya. Alasannya dikarenakan penulis mengincar kata kunci “keyword” tersebut untuk masuk ranking pertama di google. Itulah kehebatan SEO.

 

Bicara tentang tingkat konversi yang dihasilkan dari kegiatan optimasi ini, mohon jangan ditanya ya sobat blogger. Mengapa? Karena bisnis online shop yang sudah jor-joran menggunakan SEO, rata-rata omset penjualannya gila-gilaan. Meskipun hal ini tentu saja didukung dengan adanya produk berkualitas dan harga yang kompetitif, karena user google sangat rajin membandingkan harga dan kualitas dari sesama online shop. Untuk itulah sangat penting untuk mempertajam pengetahuan yang berisi cara meningkatkan traffic penjualan online shop sepanjang hari.

 

Akan tetapi, tahukah anda bahwa SEO yang Anda gunakan membutuhkan waktu (tidak bersifat instant) dalam hal mengoptimasi sebuah website/situs agar bisa tampil pada halaman pertama google. Tentu membuat garing ya. Hahahaha…..

 

Bila anda adalah tipe pebisnis yang tidak sabaran dan ingin instan, maka tak ada salahnya untuk mengeluarkan uang sejumlah Rp 1 juta dalam rangka mendapatkan 10 juta. Strategi apa lagi ini bro…. ya, caranya adalah dengan menggunakan google adword atau beriklan di google adsense (ads) adalah pilihan tepatnya. Sebab, dalam hitungan menit, website Anda sudah dapat bertengger di urutan pertama google. Hebat bukan?

 

*) Memakai Media Sosial

Ada strategi lain yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan atas produk-produk usaha Anda, yakni dengan menggunakan sosial media (medsos). Tapi, pilih yang memiliki reputasi terbaik, seperti: facebook, twitter, dan instagram. Mengapa? Karena penulis melihat bahwa hanya 3 sosial media (sosmed) diatas yang sangat eksis dan populer di mata pengguna internet. Hal ini dibuktikan telah banyak para pelaku bisnis yang berhasil meningkatkan penjualan melalui 3 sosial media tersebut. Meskipun begitu, bukan berarti tidak penting medsos lain, seperti google plus, linkedin, path, dan lain sebagainya untuk anda gunakan.

 

Berikut akan kami paparkan tentang beberapa point yang menjadi pembeda antara SEO dengan Medsos dalam hal digunakan sebagai strategi meningkatkan penjualan maupun sebagai ide kreatif untuk cara promosi, yakni:

 

a) User medsos biasanya ketika sudah ketemu dengan produk yang diinginkannya, maka jarang untuk membanding, terutama tentang harga. Lain halnya dengan user SEO yang lensa-nya berkategori sangat rajin untuk membandingkan harga dengan website-website lainnya.

 

b) Produk yang paling banyak laku di medsos/sosmed adalah produk yang harganya berada di kisaran dari Rp 0,- sampai dengan Rp 500.000,-. Ini produk yang laris manis, meskipun tak menutup kemungkinan untuk produk yang harga lebih dari itu. Mengapa? Karena pada kasus tertentu, ada juga yang pernah laris manis menjual mobil melalui facebook.

 

Nah, untuk menjual produk atau jasa dengan harga puluhan atau bahkan ratusan juta rupiah, maka SEO atau google adword (adsense) menjadi pilihan tepat dan jitu, tetapi tidak ada salahnya seandainya Anda menggunakan medsos sebagai saluran promosi selanjutnya.

 

c) Pengguna 3 sosmed di atas, tentu saja memiliki strategi yang berbeda satu dengan lainnya, terutama di dalam pengelolaannya. Misalnya facebook, Anda dapat menggunakan strategi Fb ads dan atau facebook marketing lainnya. Sementara twitter, Anda dapat menggunakan jasa buzzer atau menggunakan fasilitas twitter ads. Sedangkan instagram, anda bisa juga beriklan di instagram, sfs, atau paid promote.

 

*) Menggunakan Media Chatting

Strategi dalam meningkatkan penjualan secara online yang berikutnya adalah melalui penggunaan media chat, berupa: BBM dimana anda dapat menggunakan fasilitas BBM marketing, tanpa sebuah web dan iklan lainnya dalam rangka untuk menaikkan omset.

 

Memang ada strategi dan cara lain untuk berpromosi secara online, yakni dengan menggunakan jasa pasang banner iklan di website milik sobat blogger atau penyedia jasa iklan ppc dan cpm, seperti promosi di zoteromedia.com. Anda bisa juga berjualan di marketplace (seperti di situs olx, bukalapak, tokopedia). Tapi, penulis melihat bahwa penggunaan metode seperti ini, konversi yang dihasilkan kurang maksimal meskipun tetas saja ada beberapa pebisnis online yang berhasil dengan baik.

 

Satu hal penting yang perlu diingat bahwa bila ingin sukses berbisnis, maka coba fokus pada satu lensa strategi bisnis saja terlebih dahulu, jangan langsung semua strategi pemasaran tersebut digunakan secara “membabi buta”. Misalnya saat ini Anda fokus pada strategi promosi produk menggunakan SEO. Nah, setelah berhasil dengan baik kemudian cek bagaimana konversinya, jika bagus hasilnya maka silahkan untuk dilanjutkan menggunakan metode pemasaran lainnya.

 

Tapi, bila hasilnya kurang convert lebih baik untuk memberhentikan penggunaan strategi lensa SEO sementara waktu. Kemudian lanjutkan dengan memakai sosial media, dan fokus ke 1 sosial media terlebih dahulu, misalnya facebook. Lalu, lihat bagaimana perkembangannya. Begitu seterusnya pola yang harus anda jalankan.

 

2) Ide Kreatif Meningkatkan Penjualan Via Offline

Strategi meningkatkan penjualan melalui media offline, masih sangat efektif untuk terus dilakukan. Hal ini disebabkan saat ini masih banyak orang yang ragu untuk melakukan “transaksi online”, atau telah lebih enjoy melakukan transaksi langsung secara “face to face” ataupun “cash and carry”.

 

Nah, untuk solusi pemecahan hal diatas, maka strategi pemasaran via offline tersebut masih sangat penting untuk dilakukan. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan secara offline untuk meningkatkan penjualan, yakni dengan cara:

 

a) Mengunjungi Calon Konsumen

Caranya bisa dengan menyelenggarakan seminar gratis, dimana Anda bisa sebagai pembicara atau hanya sebagai pihak penyelenggara (Event Organizer). Dengan cara ini, Anda dapat memperkenalkan produk atau jasa yang hendak ditawarkan.

 

Strategi mengunjungi calon konsumen ini didasarkan pada prinsip = “Sharing dulu, baru Selling kemudian”. Jika Anda belum bisa melakukannya (misalnya menjadi pembicara atau Event Organizer/EO), maka setidak-tidaknya anda ikut menjadi peserta pada beberapa seminar dan di acara tersebut coba untuk membagikan kartu nama dalam rangka mengenalkan produk atau jasa Anda.

 

b) Menyebarkan Banyak Brosur

Brosur adalah senjata yang kuno, akan tetapi masih terbukti mampu meningkatkan penjualan. Tapi, satu hal yang perlu diingat, bahwa membuat brosur banyak hal yang harus dipenuhi, misalnya:

– Brosur yang dibuat haruslah di desain dengan baik sehingga menimbulkan kesan sangat profesional. Jadi, jangan sampai sembarangan dan terkesan desain-nya terlihat apa adanya. Ketika desain brosur Anda menarik, maka akan ada nilai plus dimata calon konsumen.

– Membuat sales letter yang power full. Secara umum, para konsumen potensial terlebih dahulu akan melihat penawaran yang ada. Dimana mereka lebih memilih untuk “defense” atau bertahan (maksudnya tidak kepingin membeli produk). Konsep adanya defense itu dapat diruntuhkan melalui strategi penawaran sales letter yang berisi tentang manfaat maupun keuntungan yang diperoleh seandainya membeli produk dari anda.

 

Jangan lupa untuk senantiasa memastikan adanya testimoni, dan terakhir jangan lupakan untuk melakukan “call to action”. Pentingnya ada call to action adalah sebagai salah satu cara untuk bisa menghubungi anda. Bila tidak, jangan harapan bakal ada peningkatan dalam penjualan, soalnya tak ada nomor kontak yang bisa dihubungi.

 

c) Menciptakan Rasa Ketergantungan

strategi marketing terdahsyat bila anda berhasil membuat banyak orang menjadi ketagihan untuk menggunakan produk bisnis anda. Caranya diawal bisa dengan memberikannya secara gratis atau bisa dengan harga sangat murah. Lama kelamaan orang akan membelinya dengan harga mahal.

 

Bila strategi ini diterapkan dengan baik, maka akan banyak para calon konsumen yang berlomba-lomba untuk membelinya, tetapi tanpa sadar mereka telah bergantung kepada produk usaha anda. Bila telah menjadi konsumen setia, maka secara perlahan bisa menaikkan harganya.

 

d) Membuat Testimoni Menggunakan Foto Para Tokoh

kehadiran foto para tokoh publik yang terkenal pada testimoni produk anda, sangat besar pengaruhnya dalam strategi untuk meningkatkan penjualan produk bisnis Anda. Tanpa disadari konsumen akan seperti terhipnotis “Wah artis papan atas saja memakai produk ini, berarti kualitasnya bagus ni”. Ini akan menjadi nilai lebih atas produk Anda, maka upayakan agar bisa mengumpulkan para tokoh di dalam testimoni pada bisnis anda.

 

e) Sekarang atau Tidak Dapat Sama Sekali

Cara ini sangat efektif digunakan sebagai salah satu strategi peningkatan penjualan. Kalau bisa pilihlah kata-kata yang menarik dan unik agar calon konsumen menjadi tertarik untuk segera membeli produk anda. Misalnya: Diskon berlangsung hingga ke jam 7 malam, lewat jam 7 maka harga barang akan naik; beli hari ini, akan mendapatkan diskon 25%, dan sebagainya.

 

Tetapi satu hal yang perlu di ingat, bila menjalankan strategi ini agar senantiasa memiliki komitmen tinggi terutama dalam membuat keputusan. Misalnya, jika hanya memberi diskon hingga hari ini, maka besok langsung anda tetapkan harga naik agar tidak dianggap bahwa diskon yang diberikan terkesan sebagai “modus” penipuan.

 

Jadi harus benar-benar dijalankan agar ada efek menyesal jika konsumen tidak membeli, terutama ketika Anda menawarkan produk lain, maka konsumen akan berpikir cepat karena diskon ini benar-benar terbatas.

 

Demikian artikel yang membahas tentang ‘Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan’, mudah-mudahan ada manfaat yang bisa dipetik oleh sobat blogger setelah membacanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!