Bisnis Online dan Jasa SEO

Bisnis Online Medan dan Jasa Ahli SEO Blogger Terbaik

Strategi Tebar Pesona Caleg di Facebook

Tebar pesona melalui kampanye caleg di facebook, bukan sesuatu hal yang aneh saat ini. Mengapa? Karena, fb sebagai salah satu media sosial populer di Indonesia, mulai ramai digunakan sebagai tempat terfavorit untuk melakukan tebar pesona dalam agenda “kampanye online” atau “sosialisasi daring” oleh para caleg yang menjadi peserta pemilu legislatif (pileg) 2019. Hal ini disebabkan facebook ada menyediakan berbagai cara agar bisa terhubung langsung kepada pendukung, simpatisan dan calon pemilih, bahkan untuk menjaring suara pemilih yang belum menentukan sikap politiknya (pemilih pemula maupun swing voters).

 

Kampanye Online Caleg Pemilu di Medsos Facebook Indonesia

 

Memang, bila dicermati dari setiap medsos yang lazim digunakan oleh warganet di Indonesia, aktivitas kampanye politik digital yang diupload ke media sosial belakang ini telah menjadi agenda utama untuk menyampaikan ide, gagasan, visi dan misi bagi setiap calon peserta pemilu/pilkada (baik legislatif, bupati, walikota dan gubernur, serta capres-cawapres). Hal ini telah menjadikan media sosial di pusaran kampanye pemilu dan pilkada yang berlangsung di Indoneisa. Jika Anda masih “sumir” pada tren interaksi massal yang populer di jaman millineal ini, sebaiknya mempertimbangkan untuk mempelajari atau menghubungi pakar internet marketing Anda yang ahli dalam kampanye online di medsos.

 

Membangun Kampanye Caleg di Facebook

Selain Instagram, Whatsapp, Line dan Youtube, Facebook adalah situs jejaring sosial yang paling banyak di akses oleh masyarakat Indonesia. Hal ini telah menempatkan posisinya sebagai situs yang sangat potensial untuk terhubung dengan banyak orang dari berbagai belahan dunia. Sehingga tidak heran, seandainya fb sering dimanfaatkan oleh para konsultan politik sebagai alat dan prasarana kampanye online yang strategis dan berbiaya murah.

 

Di negara tempat asalnya, yakni Amerika Serikat bahwa facebook sudah lama digunakan untuk kepentingan kampanye politik. Lihat saja saat Barrack Obama pertama sekali mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2008, kampanye yang dilakukan lewat fb mampu menjaring suara pemilih dan hasilnya Barrack Obama menjadi presiden USA ke-44.

 

Bagaimana cara membangun kampanye di facebook agar efektif dan efisien? Tentu untuk menjawab pertanyaan ini agak sulit, mengingat tidak semua pengguna fb memahami lebih jauh tentang kegunaan fb untuk kepentingan kampanye partai politik (parpol). Karena sebagaimana diketahui bahwa urusan menjangkau para calon pemilih membutuhkan keahlian khusus, apalagi regulasi tentang pemilu dan pilkada tidak sama. Langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

 

Membuat Halaman Fanspage

Bila ditanya pengalaman Anda menggunakan akun fb pribadi akan terbatas jumlahnya untuk selalu terhubung dengan banyak orang. Lihat saja akun fb pribadi dibatasi maksimal 5000 pertemanan saja. Oleh karena itu, Anda selaku caleg atau kandidat legislator membutuhkan halaman penggemar (fanpage) besar untuk menjangkau dan terhubung dengan orang banyak tanpa batas jumlah pertemanan.

 

Melalui pemanfaatan halaman fb untuk kepentingan politik (kampanye pemilu atau sosialisasi pilkada), maka setiap aktivitas yang berkaitan dengan kampanye Anda dapat ditunjukkan sebebas-bebasnya didalamnya. Termasuk dengan cara berinteraksi terhadap para pendukung, tim sukses, simpatisan, tim pemenangan, serta calon pemilih. Nah, agar halaman Anda menjadi lebih populer, dibutuhkan jumlah (like) yang banyak, dan ini tentunya membutuhkan stategi promosi yang tepat dan jitu.

 

Meskipun diberi kemudahan oleh fb, Anda juga perlu berhati-hati dalam membangun strategi promosi di fb, sebab tidak sedikit dari mereka yang melakukan kesalahan tebar pesona dan kampanye politik di facebook tanpa mereka sadari. Tampilan laman sebaiknya diedit sedemikian rupa hingga menghasilkan fanpage yang sangat profesional dan tidak membosankan.

 

Agar fanpage kelihat super desain-nya, maka Anda perlu melakukan hal berikut:

*) Tambahkan sampul kampanye;

*) Masukkan foto profil menarik dan profesional;

*) Edit url menjadi www(.)facebook(.)com/namaanda;

*) Tambahkan tombol tab, seperti telpon, pesan, nomor WA, alamat url situs milik anda, dlsb;

*) Atur peta lokasi yang jelas;

*) Mengisi berbagai informasi pendukung lainnya, seperti gambaran singkat tentang sosok diri Anda selaku caleg mengapa layak untuk dipilih, dll;

*) Menciptakan berbagai konten menarik, baik teks, gambar ataupun video;

 

Nah, konten yang kami maksudkan disini adalah update status yang berisi pandangan politik, opini, ide-ide, orasi, pesan kampanye, dan catatan lain yang ada korelasinya serta memiliki tujuan untuk merangkul suara audiens Anda pada saat pencoblosan. Konten dibuat bukan dalam waktu yang sekaligus, tetapi Anda harus memperhatikan perkembangan terkini tentang permasalahan yang ditemukan di tengah-tengah masyarakat.

 

Kemudian, agar konten kampanye facebook Anda terlihat sangat menarik, sebaiknya pertimbangkan juga untuk menciptakan beberapa kriterio konten sebagai berikut:

 

*) Buatlah video durasi singkat, bisa 3-5 menit yang berisi tentang keberpihakan Anda terhadap rakyat, terutama masalah kesejahteraan;

*) Buatlah video profesional yang didalamnya berisi pesan kampanye, janji-janji caleg, visi dan misi bila terpiliha jadi legislator dan pesan penting lainnya;

*) Buatlah gambar dan video terkait aktivitas sosial yang Anda lakukan;

*) Jadwalkan live streaming untuk menyapa penggemar Anda, dalam rangka menjalin komunikasi dua arah;

*) Pastikan setiap selesai posting, Anda terlibat secara interaktif ketika Ada yang mengomentari postingan di kolom komentar yang sudah dipublikasikan sebelumnya;

*) Bagikan ke group yang dapat dijangkau oleh masyarakat asal dapil Anda;

*) Jangan lupa untuk melibatkan audiens yang menurut Anda bisa memberikan pengaruh kedalam video, gambar, atau status Anda;

 

Menggunakan Facebook Adsense

Bila anda memiliki uang yang bisa digunakan untuk anggaran iklan, maka tidak ada salahnya menggunakan facebook adsense (fb ads) sebagai media iklan kampanye. Ingat untuk memaksimalkan daya jangkau kepada pemilih, facebook telah menyediakan fitur jasa promosi untuk menggaet lebih banyak audiens, termasuk menciptakan audiens itu sendiri.

 

Nah, untuk semakin memantapkan keberadaan fb ads ini, maka tugas Anda harus tetap membuat konten video kampanye semenarik mungkin yang didalamnya berisi pesan ini kampanye Anda untuk disaksikan oleh para pengguna facebook. Bila, kurang lihai maka tidak ada salahnya anda menggunakan jasa layanan editor video agar hasil video Anda lebih baik dan semakin kelihatan profesional.

 

Satu hal yang sangat penting dalam strategi tebar pesona caleg di facebook dalam konteks kampanye online sang caleg adalah mengentai target audiens. Sebagaimana diketahui bahwa target audiens, seperti umur, jenis kelamin, ketertarikan atau minat, lokasi, tingkat pendidikan, dan info lainnya dari setiap calon pemilih dapat Anda tentukan sendiri dengan menggunakan facebook ads ini. Anda juga bisa mengatur maksud dan tujuan memakai jasa tersebut, apakah menarik lebih banyak penonton, atau menciptakan lebih banyak lagi penggemar (like) di post tersebut.

 

Tapi sekali lagi, bahwa menggunakan fb ads membutuhkan biaya yang lumayan gede, maka dari itu aturlah anggaran kampanye harian Anda dan seberapa lama menggunakan jasa fb ads dari bisnis facebook ini. Mengapa? Tujuannya agar efisiensi dana bisa dimaksimalkan ke post yang lain.

 

Saat masih eksis menggunakan facebook ads untuk kepentingan kampanye caleg online di medsos, ada baiknya memperhatikan langkah-langkah-langkah dibawah ini:

 

*) Jangan lupa untuk melakukan evaluasi laporan wawasan harian Anda;

*) Senantiasa menggunakan video singkat, yang baik adalah berdurasi 3 menit atau kurang;

*) Ingat agar menambahkan keterangan yang bisa menarik audiens untuk melihat video Anda;

*) Mengajak para audiens fanatik Anda agar mereka membagikan video Anda;

*) Menghubungkan situs personal dengan fanpage. Mengapa? Karena, fanspage dapat dibuat oleh siapa saja tanpa memandang status sosial, dan latar belakang, maka dibutuhkan platform tambahan agar fanpage Anda menjadi jauh lebih terpercaya. Olehnya itu, dibutuhkan sebuah situs website yang terhubung dengan fb Anda.

 

Nah, dengan terhubung ke web, maka secara otomatis Anda akan menciptakan banyak artikel politik, opini, orasi, jajak pendapat, profil lengkap Anda, visi-misi, pesan kampanye, suara pembaharuan, serta topik lainnya yang bertujuan untuk menyentuh hati dan simpatik dari calon pemilih.

 

Memang memiliki sebuah website atau blog membutuhkan biaya tambahan. Namun bila hal itu membuat proses kampanye politik online Anda menjadi lebih efektif, serta Anda terlihat sebagai orang profesional dan bonafide yang layak untuk jadi wakil rakyat yang diduduk di gedung DPR.

 

Namun, jika Anda tidak ada mengalokasikan dana untuk pembuatan dan pengoperasian website, maka strategi kampanye caleg dan tebar pesona visi-misi di facebook sudah sangat potensial untuk diterapkan dalam rangka menciptakan kampanye caleg di medsos yang tepat sasaran ke calon pemilih anda. Sembari melihat peluang dan ide kreatif lain yang tidak diterapkan oleh kompetitor pada daerah pemilihan (dapil) yang Anda target untuk disasar. Disinilah pertarungan besar atas strategi kampanye anda, namun Anda layak untuk menduduki kursi di gedung parlemen dan memenangkan persaingan dengan caleg lain di pemilu 2019 dengan kata kunci bahwa anda senantiasa dapat dengan mudah dijangkau oleh seluruh elemen masyarakat, terutama para pemilih yang telah memenuhi syarat untuk nyoblos.

 

Satu hal agar menghindari tebar pesona yang berlebihan di facebook, apagi sampai menyebarkan kampanye negatif, kampanye hitam ataupun kampanye hoax yang bisa berujung ke aparat penegak hukum dan mendiskualifikasi keikutsertaan anda sebagai caleg di pileg 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kontes SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!