Kontes SEO Dan Jasa Ahli Bisnis Online

Jasa Ahli Agen Optimasi

Syarat Jadi Bakal Calon Kepala Desa di Pilkades

Beberapa Kabupaten di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) pada tahun 2017 akan melaksanakan pemilihan kepala desa (pilkades) yang diperkirakan terselenggara pada bulan September ini. Tentu saja, pemerintah daerah (pemda) kabupaten melalui Kepala Dinas Pemerintahan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PPMD) akan segera bergegas untuk menyiapkan sarana dan prasarana penduduk demi suksesnya pilkades.

 

Syarat Pencalonan Untuk Menjadi Bakal Calon Kepala Desa di Pilkades Sumut 2017

 

Tidak hanya even pemilihan kepala desa saja yang mulai hangat dibicarakan oleh masyarakat se Sumut, tapi ada lagi ajang pemilihan gubernur sumatera utara atau pilgubsu 2018 yang mana nama-nama bakal calon gubsu 2018 mulai terangkat kepermukaan agar nama balon gubsu tersebut langsung mendapat respon dari masyarakat Sumut di pilkada 2018 yang akan datang.

 

Atmosfir pilgubsu 2018 ini juga semakin memanas, baik di media offline maupun media online pasca Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut menetapkan syarat dukungan jumlah ktp yang harus dipenuhi oleh calon perseorangan (independen) adalah minimal berjumlah 764.578. Untuk jelasnya silahkan baca artikel yang berjudul: “calon independen di pilgubsu 2018 harus ada 764.578 dukungan ktp”.

 

Nah, terkait hal ini tentu PPMD selaku pihak penyelenggara tentu mengharapkan agar seluruh bakal calon (balon) kepala desa yang ingin mengikuti bursa pencalonan kades segera mempersiapkan segala persyaratannya.

 

Bicara tentang syarat menjadi calon kepala desa, ada 14 syarat yang harus dipenuhi untuk bisa ikut dalam ajang pemilihan kepala desa (pilkades) serentak, dimana persyaratan yang harus dipenuhi  bakal calon (balon) kepala desa, adalah sebagai berikut:

 

*) Warga Negara Republik Indonesia;

*) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa (TYME);

*) Memegang teguh dan mengamalkan Pancasila, melaksanakan Dasar Negara 1945, serta mempertahankan dan memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika;

*) Berpendidikan paling rendah tamat sekolah tingkat pertama atau sederajat;

*) Usia calon paling randah 25 (dua puluh lima) tahun pada saat pendaftaran;

*) Bersedia dicalonkan menjadi kepala desa (kades);

*) Terdaftar sebagai penduduk dan berempat tinggal di desa atau putra atau putri desa;

*) Tidak sedang menjalani hukuman pidana penjara;

*) Tidak pernah di jatuhi hukuman pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap, karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara yang paling singkat 5 (lima) tahun atau lebih, kecuali 5 (lima) tahun setelah selesai menjalani pidana penjara dan mengumumkan secara jujur dan terbuka kepada publik bahwa yang bersangkutan pernah dipidana, serta bukan sebagai pelaku kejahatan yang berulang ulang;

*) Tidak sedang dicabut hak pilihnya sesuai dengan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap;

*) Berbadan sehat dan test psikologis;

*) Tidak pernah menjadi kepala desa selama 3 (tiga) kali masa jabatan;

*) Berkelakuan baik; dan

*) Bebas narkoba atau sejenisnya;

 

Catatan: khusus untuk syarat yang ke-7 diatas, yakni: tentang syarat domisili kependudukan seorang bakal calon (balon) kepala desa, berikut dengan perangkat desa (perdes) sudah tidak berlaku lagi berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 128/PUU-XIII/2015/. Jadi, siapa saja boleh menjadi kepala desa (kades) asalkan mereka adalah putra atau putri asli dan ber KTP Indonesia, keturunan desa setempat tidak mesti berdomisili didesa tersebut.

 

Tapi satu hal yang perlu diingat, bahwa seluruh rangkaian syarat pencalonan untuk bisa ikut seleksi sebagai calon kepala desa di pemilihan kepada desa (pilkades) haruslah memenuhi seluruh aturan yang termaktub dalam peraturan bupati di masing-masing kabupaten yang pada intinya adalah mengatur tentang tata cara pemilihan kepala desa setempat.

 

Demikian artikel yang mengulas tentang persyaratan menjadi calon kepala desa (kades) dalam ajang pemilihan kepala desa yang sebentar lagi akan dilakukan serentak di Sumut. Mudahan-mudahan tulisan ini bermanfaat bagi sobat blogger yang berniat ikutan mencalonkan diri menjadi kepada desa. Atas perhatian dan kesediaannya membaca artikel ini diucapkan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kontes SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!