Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Tahapan Sukses Dalam Bisnis Parcel

Hai sobat bisnis, pokok bahasan kita berikutnya tentang “Bisnis Parcel”. Nah, mengapa topik ini kami pilih? Alasannya disebabkan, sebentar lagi kita akan memasuki hari besar keagamaan bagi umat Kristiani, yaitu: Perayaan Hari Natal. Disamping itu juga sebentar lagi kita akan meninggalkan tahun 2017, akan memasuki tahun baru 2018.

 

Langkah dan Tips Sukses Berbisnis Parcel di Medan - Indonesia

 

Memang bila menjelang perayaan hari besar keagamaan yang ada di Indonesia, seperti hari Natal, perayaan Idul Fitri atau Lebaran, Tahun Baru Imlek, maka banyak para pebisnis menanamkan tenaganya dan modalnya dalam bisnis parcel.

 

Sebagaimana diketahui bersama, bahwa parcel merupakan salah satu bentuk “bisnis musiman” yang cukup menjanjikan dan setiap tahun selalu saja bermunculan para pegiat usaha ini. Bagaimana tidak, pada momen-momen tertentu (seperti Natal), yang namanya parcel selalu banyak dicari (baik perusahaan, komunitas maupun personal). Kegunaannya telah dimaknai sebagai salah satu “Kado Natal” ataupun “Hadiah Lebaran”, yang kerap kali diberikan oleh pimpinan perusahaan (bos) kepada para karyawan atau pekerja, termaksud dalam hal ini dari pengusaha ke loyal costumer, dari teman ke teman, ataupun antar kerabat dan famili.

 

Bicara hiruk pikuk bisnis parcel menjelang Natal ataupun Lebaran, bagi anda yang berminat untuk menjalankan usaha secara baik dan memberikan keuntungan, di sini admin blog silaenseo.com akan menjelaskan tahapan mengenai cara dan juga strategi yang harus dilakukan untuk memulai bisnis parcel, serta dalam artikel ini juga akan dibahas beberapa tips sukses menjalankan bisnis tersebut.

 

*) Bagaimanakah caranya, berikut penjelasannya:

 

1) Mencari perusahaan supplier yang tepat

Bicara tentang parcel, maka tidak akan lepas dari kebutuhan atas tersedianya produk-produk (baik itu makanan dan minuman kemasan) yang nantinya akan dibungkus dan dihias sedemikian menarik dalam “satu kesatuan”. Maka oleh karenanya, sudah pasti para pebisnis ini akan memerlukan supplier yang tepat untuk mendapatkan produk-produk tersebut.

 

Nah, saran kami agar senantiasa mencari supplier produk yang murah (namun tidak murahan), agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Seandainya bisnis parcel anda dimulai dengan hanya menggunakan modal yang relatif kecil, maka usahakan mencari supplier yang bisa dibayar secara bertahap (cicilan), namun dengan batas waktu tertentu.

 

Kemudian juga, ketika akan membeli produk-produk dimaksud agar memperhatikan masa kadaluarsanya (jangan beli produk yang masa kadaluarsanya kurang dari 6 bulanan).

 

2) Tersedianya skill dalam membuat parsel

Ingat bahwa tampilan parcel merupakan pertimbangan utama untuk suksesnya bisnis ini. Maka dari itu, anda harus memiliki keahlian khusus dan juga kreatifitas yang bagus dalam merangkai parcel yang akan anda jual. Seandainya tidak memiliki keahlian, maka carilah dan sewalah orang-orang yang memiliki kemampuan untuk mendesain parcel tersebut.

 

Penting juga dilakukan variasi dalam berbagai bentuk dan hiasan parcel yang akan anda buat, agar lebih unik, menarik dan indah dipandang mata para calon pembeli. Caranya, anda bisa belajar melalui internet, buku, atau bisa juga secara khusus mengikuti kursus-kursus membuat parcel yang biasanya diadakan di kota-kota besar di Indonesia (seperti Jakarta, Surabaya, Medan dan daerah-daerah sentral usaha parcel). Selanjutnya, kombinasikan ilmu yang anda dapatkan tersebut dengan kreatifitas yang anda temukan sendiri, agar menghasilkan parcel yang unik dan menarik di mata calon pembeli bila dibandingkan dengan parcel milik pengusaha lainnya.

 

3) Adanya strategi dan teknik pemasaran yang tepat

Banyak pendapat orang sukses yang mengatakan: “Apalah artinya memiliki produk yang bagus, namun orang-orang tidak banyak mengetahuinya”. Oleh karena itu, anda harus memiliki teknik pemasaran maupun metode penjualan yang tepat, karena pemasaran jauh lebih penting dari pada terus memproduksi. Ingat, bahwasanya pemasaran (marketing) merupakan ujung tombak utama yang memberikan kontribusi besar suksesnya bisnis apapun itu, termasuk bisnis parcel.

 

Bagaimana caranya? Anda bisa memasarkan parcel anda dengan menitipkan ke toko-toko besar, supermarket, plaza, ataupun minimarket. Selain itu, anda juga bisa membuat proposal untuk dikirimkan ke instansi (pemerintah ataupun swasta) atau perusahaan yang biasanya membutuhkan parsel Natal. Kemudian agar hasilnya lebih maksimal, anda juga perlu memasarkan produk anda via media sosial (medsos facebook, instagram, twitter, whatsapp, dll), media chatting, situs marketplace, blog bisnis ataupun usaha online yang ramai trafik pengunjungnya.

 

4) Permodalan yang dibutuhkan

Permodalan menjadi hal yang sangat krusial dalam memulai bisnis apapun itu, termasuk bisnis parcel Natal ataupun Lebaran. Anda juga harus menghitung kebutuhan modal dengan cermat, detil, efisien, dan menghindari adanya hutang. Ingat, agar senantiasa bisnis yang anda lakukan harus menyesuaikan dengan kondisi permodalan yang anda miliki, bukan sebaliknya.

 

5) Langsung melakukan action

Ketika perencanaan bisnis dan aspek-aspek lainnya sudah matang dan lengkap, maka tiba saatnya bagi anda untuk segera bertindak atau langsung melakukan “action” menjalankan bisnis anda tersebut.

 

Artinya, anda harus segera jalankan bisnis parcel Natal anda sesuai dengan apa yang sudah anda susun dan rencanakan. Sebuah bisnis tidak akan pernah terwujud dan sukses jika para pelakunya tidak pernah mengambil langkah pertama untuk langsung memulainya. Maka dengan adanya action ini, akan langsung menjawab segala keraguan anda dalam menjalankan bisnis ini.

 

*) Tips sukses bisnis parcel Natal

Setelah diatas kita mengulas tentang cara memulai bisnis parcel hari besar keagamaan, kali ini admin akan melanjutkan tentang tips sukses menjalankan bisnis parcel.

 

Apa-apa saja sih langkah dan tipsnya? Berikut penjelasannya:

 

1) Target utama pemasaran produk di lingkungan terdekat anda

Langkah pertama untuk memasarkan parcel Natal, bisa diawali dengan lingkungan disekitar tempat tinggal anda “radius terdekat” terlebih dahulu. Anda bisa memasarkan parcel tersebut kepada kerabat, tetangga, teman, ataupun kenalan anda. Apabila, produk parcel yang anda tawarkan menarik perhatian mereka, maka tidak tertutup kemungkinan mereka akan langsung membelinya. Keuntungan lainnya, tentu akan sangat berpotensi besar akan mereka rekomendasikan kepada kolega-kolega terdekat mereka. Selanjutnya, produk anda pun akan dikenal dari mulut ke mulut dan berpotensi besar menjadi “produk parcel viral”.

 

2) Memaksimalkan metode promosi online dan offline

Untuk menggapai hasil yang maksimal, maka andapun harus berani untuk memaksimalkan berbagai metode promosi (baik online dan offline). Caranya bisa dengan membuat brosur, kartu nama, atau akun sosial media, khusus untuk bisnis anda, atau bisa juga dengan memasang iklan di google adsense ataupun pasang iklan mandiri di blog personal.

 

Tapi saran kami, bila anda bersikukuh memilih untuk memasang iklan online, maka tidak ada salahnya memilih perusahaan periklanan yang mematok tarif iklan tidak terlalu mahal. Dengan demikian, budget yang akan anda keluarkan tidak terlalu besar untuk menggrogoti modal usaha.

 

Selain itu, anda juga bisa membuat proposal penawaran ke berbagai instansi dan perusahaan. Biasanya menjelang akhir tahun dan atau pada saat hari perayaan keagamaan, instansi dan perusahaan secara rutin akan mengirim parcel untuk rekanan, kolega, dan customer mereka, terutama saat hari natal dan tahun baru.

 

3) Pesanan harus bisa diantarkan tepat waktu

Dalam aktifitas bisnis parcel, secara prinsip memiliki sensitifitas dalam hal “waktu pengantaran”. Hal itu dikarenakan produk parcel Natal atau Lebaran sangat berkaitan pada momen tertentu, jadi apabila momen tersebut terlewatkan, maka maknanya akan hilang. Apalagi kalau parcel tersebut di isi dengan produk makanan atau minuman yang memiliki masa kadaluwarsa, tentu harus diantar tepat waktu.

 

4) Berani berinovasi

Jangan berfikir seperti kebanyakan pebisnis parcel, tapi buatlah pola “something different”. Beranjak dari adanya langkah inilah, maka anda akan meletakan dasar (fondasi) kreatifitas dalam melakukan inovasi, terutama dalam teknik pengemasan parcel.

 

Ketahuilah, bahwasanya teknik pengemasan parcel setiap tahunnya terus berkembang dan trend nya juga cepat berganti. Jadi jangan pernah berhenti untuk belajar berbagai macam teknik mengemas parcel. Saat ini, telah banyak sumber yang bisa dijadikan tempat untuk belajar pengemasan parcel, jadi tak ada lagi alasan untuk berhenti mempelajari teknik-teknik yang terbarukan.

 

Itulah sedikit pemaparan tentang tahapan yang harus dilakukan dalam memulai bisnis parcel Natal atau Lebaran, beserta pembahasan tentang tips sukses agar bisa sukses di bisnis ini. Pesan kami, jangan pernah menyia-nyiakan peluang bisnis parcel ini, karena meskipun sifatnya musiman, tapi peluang bisnis ini sangatlah menjanjikan dan siap memberika keuntangan bagi anda.

 

Terima kasih atas kesediaannya singgah ke blog silaenseo.com ini. Semoga artikel ini ada manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!