Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Tak Ada Calon Independen Di Pilgub Sumut 2018

Hingga batas akhir pendaftaran calon gubernur Sumut 2018 dari jalur independen, yakni pada hari Minggu (26/11/2017) pukul 24.00 Wib, “Tak Ada Calon Independen Di Pilgub Sumut 2018”. Hal memberikan kepastian hukum bahwasanya pada pelaksanaan pilgub Sumut 2018 dipastikan tidak akan diikuti oleh pasangan calon (paslon) dari jalur independen atau perseorangan yang datang untuk melakukan pendaftaran dan menyerahkan dokumen syarat dukungan ke KPU Sumut, sampai pada tenggat waktu pendaftaran berakhir pada pukul 24.00 WIB.

 

Calon Perseorangan dan Jalur Independen di Pilkada Gubernur Sumut Tahun 2018

 

Sebelumnya, sempat beberapa nama digadang-gadang sebagai calon gubernur Sumut yang akan maju, dan kabar terakhir juga telah ada 2 (dua) bakal calon perseorangan yang telah mengambil username dan password pada “Aplikasi Pencalonan” (SILON) ke KPU Sumut, yakni: 1) Abdon Nababan; dan 2) Rahmat Ilham Manurung yang berpasangan dengan Parlin. Namun, hingga tenggat waktu yang diamatkan oleh Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), kedua bakal calon perseorangan tersebut tidak juga menyerahkan berkas syarat dukungan.

 

Sebagaimana yang telah kami bahas sebelumnya dalam artikel berjudul “calon independen di pilgubsu 2018 harus ada 764.048 dukungan”, bahwa KPU Sumut telah menetapkan calon perseorangan pada Pilgub Sumut harus memiliki minimal 765.048 dukungan yang tersebar setidaknya di 17 kabupaten/kota di Provinsi Sumut. Dukungan mana harus pula disertai fotokopi KTP elektronik atau surat keterangan yang diterbitkan oleh Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

 

Nah, dengan tidak adanya calon perseorangan (independen) dimaksud, maka Pilgub Sumut 2018 hanya akan diikuti calon dari partai politik (parpol) dan gabungan beberapa partai politik. Kalau dicermati dari jalur ini, kami melihat ada 3 nama yang berpotensi besar dan sangat menonjol, serta secara terus terang mengklaim sudah mendapat dukungan penuh dari partai politik, yaitu gubernur incumbent T Erry Nuradi, JR Saragih, dan Ketum PSSI / Pangkostrad Letjen Edy Rahmayadi.

 

Meskipun kami yakin bisa saja akan terjadi dinamika peta perpolitikan di pencalonan gubernur Sumut pada pilkada ini, mengingat pendaftaran pasangan calon gubernur dalam partai politik dan gabungan partai politik akan dilakukan pada bulan Januari 2018 yang akan datang. Kita sebagai warga masyarakat di Provinsi Sumatera Utara masih sama-sama menantikannya.

 

Demikian artikel yang membahas tentang tak adanya calon perseorangan (independen) di pilgub Sumut 2018, mudah-mudahan bermanfaat bagi warga Sumut yang akan melaksanakan pesta demokrasi melalui penyelenggaraan pilkada sumut 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!