Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Tinjauan Memilih Bisnis Travel Online

Modifikasi bisnis travel di Indonesia menjadi sebuah bisnis dalam jaringan (online) yang telah menarik hati bagi banyak pengusaha untuk terjun menggeluti bisnis berkategori “jalan-jalan” ini. Tinjauan dari adanya fakta menarik yang menjadi alasan dan pendorong para pengusaha beralih ke usaha-usaha berkategori travel ini disebabkan adanya peningkatan jumlah penumpang pesawat terbang dari tahun ke tahun.

 

Dari data yang penulis himpun dari Direktorat Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Udara bahwa jumlah total penumpang angkutan udara yang dilayani oleh maskapai penerbangan nasional pada tahun 2017 mencapai 109.385.106 penumpang. Jumlah ini meningkat sekitar 9,6 persen dibandingkan tahun 2016 lalu, di mana jumlah penumpang pesawat terbang berada di angka 99.762.611 penumpang.

 

Bisnis Usaha Travel and Tour Online

 

Rincian untuk jumlah penumpang domestik, pada tahun 2017 lalu berjumlah 96.890.664 penumpang, meningkat 8,4 persen dibanding tahun 2016 yang berjumlah 89.385.365 penumpang. Sedangkan untuk penumpang internasional tahun 2017 berjumlah 12.494.442 penumpang, meningkat 20,4 persen dibanding tahun 2016 yang berjumlah 10.377.246 penumpang.

 

Nah, dari sajian data statistik yang cukup fantastis diatas, bisnis yang mengetengahkan usaha wisata berbasis online ini langsung menjadi pilihan utama bagi para pelaku bisnis travel, khususnya yang dibuka pada kota-kota besar di Indonesia (Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Jogjakarta, Bali, Makassar, dan kota lainnya). Bukan hanya pelaku bisnis yang sudah memiliki pengalaman (senior) saja yang bermain, tapi para pebisnis pemula (junior) juga sudah banyak yang membuktikan akan adanya kemudahan dan keuntungan “gede” dari bisnis travel ini.

 

Bagi anda yang berkategori pebisnis pemula atau yang masih belum mengenal geliat dan eksistensi bisnis “kunjungan” ini, berikut akan penulis sajikan beberapa hal yang menjadi alasan terpenting mengapa anda harus memilih dan menekuni bisnis travel online.

 

1) Menggunakan Modal Usaha yang Kecil

Apapun bisnis yang dilakoni, pasti membutuhkan modal. Meskipun sama-sama diketahui bahwa besaran angka modal bisnis tersebut berbeda untuk setiap bidang bisnis yang dipilih. Keuntungan lain dari geliat bisnis travel online di jaman now ini adalah kemudahan akses teknologi canggih menggunakan komputer/pc atau laptop maupun smartphone via aplikasi.

 

Pertanyaan, berapa sih modal yang dikeluarkan ketika akan memulai bisnis travel online ini? Seandainya anda sudah memiliki komputer/pc atau laptop maka yang dibutuhkan hanyalah koneksi internet yang cepat dan stabil. Karena sistem yang akan dipakai untuk memesan maupun bertransaksi sudah terhubung langsung dengan agen travel online yang sudah menjadi partner resmi setiap maskapai penerbangan. Hanya untuk biaya bergabung dengan agen travel sangat bervariasi, ada yang tidak memungut biaya (gratis) ada juga yang berbayar (mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah).

 

Sementara untuk masalah penggunaan sistem keagenan, kamu bisa memilih sesuai selera, yang jelas modal awal memulai bisnis travel online sangat rendah atau kecil karena sudah ada sistem yang menyediakan layanan mitra keagenan dengan gratis.

 

Seandainya anda masih terhalang kendala tempat yang digunakan untuk menggerakkan usaha online ini, maka anda tidak perlu khawatir. Mengapa? Karena memulai bisnis ini tidak seribet yang biasa dipikirkan para pelaku bisnis pemula (junior). Hanya dengan menggunakan smartphone dan jaringan internet, kamu sudah bisa memulainya. Aplikasi yang disediakan juga bisa langsung download secara gratis di google play store ataupun app store. Keuntungannya tentu saja, anda bisa memulai bisnis ini dimanapun dan kapanpun.

 

2) Komisi Bisnis Sangat Menguntungkan

Pasca permasalahan modal sudah teratasi dengan kemudahan bergabung yang diberikan oleh “travel agent” dengan pendaftaran gratis. Perihal mendapatkan komisi atau penghasilan usaha sangat berpengaruh dalam bisnis ini, lalu bagaimana komisi dan bagaimana skema keuntungan dari bisnis travel online ini?

 

Komisi yang bakalan anda terima dari bisnis ini tergantung dari syarat dan ketentuan yang diterapkan oleh travel agent yang menjadi partner anda dalam berbisnis. Di Indonesia ada bermacam travel agent yang memberikan tawaran keagenan dengan komisi yang berbeda-beda. Dalam hitungan komisi yang akan diperoleh, setiap perusahaan travel agent yang menjadi partner mempunyai peran penting dalam menentukan skema besaran angka komisi yang bakalan anda terima. Karena tidak semua travel agent bersedia memberikan harga agent kepada mitranya. Jadi, dalam hal ini memilih travel agent harus lebih selektif.

 

3) Market yang Tanpa Batas

Dengan populasi jumlah penduduk terbanyak keempat di dunia tentu akan berpengaruh langsung atas adanya permintaan masyarakat “demand” dalam segi moda transportasi, apalagi letak dan susunan wilayah Indonesia yang sebagian besar dipisahkan oleh perairan. Semua moda transportasi yang disediakan oleh sistem travel online sangat berpotensi menjangkau market tanpa batas untuk mendapatkan keuntungan baik dari penjualan tiket pesawat, tiket kapal laut ataupun tiket bus maupun kereta api.

 

4) Produk dan Ragam Layanan

Dari ragam layanan dan jenis produk travel yang ditawarkan menyebabkan bisnis travel online juga memiliki potensi besar untuk mendapatkan keuntungan dari setiap transaksi yang terjadi. Jika anda sudah berpengalaman di bidang ini, pasti akan mengetahui produk apa saja yang biasanya tersedia di agen travel online dan cocok untuk masyarakat pada wilayah-wilayah tertentu. Tentu berbeda dengan orang yang masih awam, mereka mungkin hanya mengetahui jika agen travel online hanya berjualan tiket pesawat terbang saja.

 

Meskipun anda adalah pebisnis yang tergolong awam, maka setelah membaca artikel ini agar segera membuang jauh-jauh pemikiran tersebut. Mengapa? Karena agen travel online sudah semakin mengembangkan jangkauan area bisnisnya hingga berbagai pelosok kecamatan. Bukan hanya tiket pesawat, pelaku bisnis ini juga sudah mengembangkan produk layanan lainnya seperti tiket bus, tiket kapal laut, tiket kereta, voucher hotel, paket tour, paket umroh, sewa mobil, sewa sepeda motor, pembayaran PPOB hingga pembelian pulsa. Nah, tentu dari setiap transaksi yang ada, sudah dapat dibayangkan berapa kira-kira keuntungan yang bisa diperoleh dari usaha ini.

 

5) Banyak Tempat Wisata

Indonesia mempunyai banyak tempat yang menawan, indah nan eksotis mulai dari Sabang hingga Merauke. Ditambah dengan semakin gencar promosi wisata yang dilakukan oleh pemerintah pusat maupun daerah juga menjadi nilai tambahan untuk kemajuan pariwisata Indonesia. Dengan kekayaan budaya, bahasa, flora, fauna dan adat, menjadi magnet tersendiri untuk secara langsung menarik turis atau wisatawan lokal dan mancanegara untuk datang mengunjunginya.

 

Keterkaitannya dengan bisnis travel, tentu saja dengan semakin banyaknya permintaan akan kunjungan wisata akan semakin membuka peluang untuk menjual produk-produk yang terkait dengan paket tour and travel. Tidak hanya itu saja, jika seandainya para wisatawan membutuhkan transportasi untuk mengunjungi suatu tempat tertentu, produk tiket pesawat, tiket bus dan kereta bisa menjadi kelebihan dari bisnis ini kedepannya.

 

Satu hal yang tak kalah penting adalah tentang ketersediaan produk voucher hotel tak mau kalah bersaing. Mengapa? Karena untuk mengunjungi tempat wisata juga diperlukan tempat untuk bermalam atau menginap. Yang jelas bisnis travel online tidak jauh dari segala kebutuhan wisata, kuliner, oleh-oleh, transportasi (termasuk yang bersifat personal seperti rental mobil). Sehingga tinjauan bisnis ini sudah sangat dekat dengan permintaan masyarakat di Indonesia. Sekarang pertanyaannya, sudah siapkah kamu menjadi bagian dari bisnis yang sangat menguntungkan ini? Bila ya…., let’s go….

 

Demikian artikel yang membahas tentang tinjauan memilih bisnis travel online, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!