Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Tips Dan Cara Mudah Belajar Jadi Publisher Google Adsense

Kali ini kami akan membahas tentang “Tips Dan Cara Mudah Belajar Jadi Publisher Google Adsense” yang semakin populer dikalangan para blogger yang bercita-cita jadi seorang publisher adsense terbaik. Memang, fakta yang kami temukan di Indonesia, saat ini sangat banyak publisher-publisher handal yang sudah sukses menghasilkan uang dari periklanan online malalaui google adsense (ads).

 

Tips Mudah Belajar Menjadi Publisher Google Adsense Terbaik di Indonesia

 

 

Terkait dengan hal itu, kami selaku blogger aktif akan membagikan pengalaman kami yang memiliki blog berumur 3 bulan sudah dipercaya oleh google untuk memasang iklan-iklan adsense nya. Ya, mungkin karena google memandang bahwasanya blog kami, yakni: blog silaenseo.com ini merupakan salah satu blog terbaik dan berpotensi menjadi blog yang terbesar di Indonesia.

 

Tapi, jujur saja untuk bisa disetujui oleh google adsense adalah penuh tantangan dan juga bagi pemula sangat sulit untuk digapai. Oleh karenanya, tidak ada salahnya kita kupas mengenai bagaimana sih belajar google adsense untuk seorang pemula. Dan apa-apa saja tips maupun caranya agar google menyetujui permohonan kita pada google adsense?

 

Sebelum kami membahasnya lebih jauh, tidak ada salahnya dipahami dulu apa sih sebenarnya google adsense dimaksud? Google adsense termasuk dalam bisnis periklanan yang berkategori bisnis PPC (Pay per Click) atau kita akan di bayar jika ada para pengunjung yang melakukan klik atas iklan adsense tersebut. Pembayarannya juga bermacam-macam, yakni: mulai dari di hargai $ 0.1 hingga berjumlah beberapa dollar, tergantung pada kata kunci potensial yang menurut google untuk dibayarkan.

 

Nah, bagi anda yang ingin tahu pembayarannya, maka anda bisa mengecek langsung di google keyword planner untuk mengetahui yang mana saja kata kunci potensial tinggi pembayaran yang dilakukan oleh google.

 

Tanpa membuang waktu lagi, mari langsung saja kita belajar tentang google adsense, terutama bagi anda para blogger pemula.

 

Belajar Google Adsense Bagi Blogger Pemula

Pada prinsipnya, ada beberapa hal penting dan utama yang sangat perlu untuk diketahui, yakni:

 

*) Memahami Pengertian Google Adsense

Sebagaimana diketahui bersama, bahwa AdSense (Ads) adalah program kerjasama yang saling menguntungkan dalam dunia periklanan melalui media internet yang diselenggarakan oleh google. Nah, melalui program periklanan AdSense ini, nantinya para pemilik situs website atau blog yang telah resmi mendaftar dan disetujui keanggotaannya akan diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan sendiri oleh Google. Dimana pemasangan iklan ini akan terlihat di halaman web mereka.

 

Dari pemasangan iklan adsense tersebut, pemilik situs web atau blog nantinya akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, sistem periklanan ini terkenal dengan nama pay per click (ppc) atau bayar per klik.

 

Berbeda dengan jenis iklan mandiri yang terpasang di blog-blog sobat blogger, dimana tarif iklan telah ditentukan sebelumnya (kesepakatan pemilik web blog dan advertiser) dan lama waktu pemasangan iklan ataupun banner-nya adalah untuk 1 bulanan dan dapat diperpanjang kembali.

 

*) Memahami Istilah Google Adsense yang di Pakai

Memang, ada beberapa istilah yang wajib anda ketahui dalam pahami dalam belajar google adsense untuk mempermudah pembelajaran ke tahap selanjutnya, seperti: publisher, ad units, maupun cpc.

 

1) Publisher

Publisher atau lebih dikenal dengan nama penayang iklan, yaitu: orang-orang atau yang memiliki website/situs yang telah tercatat atau telah di setujui oleh pihak pengelola aplikasi periklanan untuk menempatkan iklan AdSense di website mereka.

 

Publisher yang menayangkan iklan google dimaksud adalah publisher google adsense. Pada awal, seorang publisher google adsense haruslah mendaftar terlebih dahulu ke Google Adsense, dan baru dapat menayangkan iklan google di website/blog mereka sesudah aplikasi di setujui oleh google. Tiap-tiap publisher google adsense cuma diijinkan mempunyai satu account google adsense, tetapi mereka diijinkan menempatkan iklan google di seluruh website mereka yang memenuhi kriteria program google adsense itu sendiri.

 

2) Ad Units

Ad Units merupakan iklan AdSense itu sendiri. Ad Units terbagi dalam beberapa type serta sebagian memiliki ukuran sendiri. Yang paling umum adalah type iklan teks ataupun iklan gambar. Ketika pengunjung mengklik unit iklan ini, dan dinyatakan sah oleh google adsense, maka kita selaku pemasang iklan bakal memperoleh pemasukan sesuai sama nilai CPC-nya.

 

3) CPC (Cost Per Click)

CPC, yakni jumlah uang yang bakal diperoleh oleh publisher, jika seandainya Ad Units secara spesifik dan sah diklik oleh para pengunjung. Nilai CPC pada semua Ad Units yang ada, hargnya adalah tidak sama, serta ketentuannya ditetapkan oleh banyak aspek, termasuk juga performa serta kwalitas website yang dimiliki oleh para publisher dimaksud.

 

Akan tetapi, secara umum, nilai optimal yang mungkin saja bisa dipahami, yaitu sebesar 20% dari nilai tawaran dinamis yang di tawarkan oleh pemasang iklan.

 

Sebenarnya masih banyak istilah-istilah google adsense, tapi berhubung 3 hal diataslah yang paling mendasari rumus penghitungan google adsense.

 

*) Wajib Mematuhi Peraturan Google Adsense

Anda jangan hanya berpikir sebagai penayang iklan/publisher saja, tetapi juga harus pula dipikirkan jika seandainya kita berada pada posisi menjadi pengiklan atau advertiser, pasti senantiasa berharap setiap yang mengklik iklan adalah orang-orang yang benar-benar potensial atau memiliki ketertarikan terhadap iklan yang di tayangkan tersebut.

 

Lagi pula jika melanggar peraturan yang ditentukan oleh google adsense, maka akun anda akan di banned, walaupun nantinya lulus dari banned sadarlah bahwasanya uang yang anda terima adalah haram hukumnya. Jadi, berbisnislah cara-cara jujur dan lebih bermartabat.

 

Cara Menjadi Publisher Terbaik dan Terpercaya di Google Ads

Nah, pada sub pokok bahasan ini, kami akan membicarakan tentang cara menjadi publisher google adsense, berikut dengan segala hal yang terkait dengan persiapan bagi yang ingin memasang iklan adsense pada situs/blog nya masing-masing.

 

Nah, yang kami bahas ini juga bukan hanya sebagai publisher untuk dunia periklanan adsense saja, melainkan juga bisa menjadi seorang publisher bagi blog-blog yang membutuhkan tenaga publisher untuk mengisi konten di blognya. Ya, tentu saja menjadi seorang publisher di internet adalah sebagai salah satu cara terbaik memulai bisnis online di internet.

 

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah membuat sebuah blog. Tapi, kami sarankan agar permohonan kita cepat disetujui dan diterima oleh google adsense, maka anda harus membuat blog yang memakai domain TLD (top level Domain). Mengapa? Karena, bila kita menggunakan subdomain blogspot ataupun wordpres dan yang lainnya, hambatannya adalah sangat sulit sekali untuk cepat di terima.

 

Ya, bila uang anda tidak mencukupi, ada kabar baik dimana anda juga bisa mendaftarkan domain gratis ke google adsense, seperti contoh domain[dot]tk atau yang lainnya. Dan untuk hostingnya diperbolehkan juga memakai hosting yang gratis, seperti yang disediakan oleh idhostinger. Seandainya, punya modal yang sedikit berlebih, maka tidak ada salahnya untuk membeli atau menyewa hosting dan domain, yang mana hal ini akan sangat bagus untuk pengembangan website/situs kedepannya.

 

Nah, setelah kita mempunyai blog, maka tugas pertama kita adalah mengisi blog anda dengan berbagai konten (apakah itu artikel hasil dari tulisan anda sendiri, video buatan sendiri, gambar hasil karya sendiri), dan pastikan bahwa konten yang dibuat tersebut tidak membahas tentang p*rno ataupun tentang n#rk#ba. Ya, pada pokonya akan lebih baik menulis dan mempublikasikan tentang pengalaman sehari-hari saja terlebih dahulu, atau bisa juga menulis artikel yang sesuai topik yang sudah anda tentukan sebelum membuat blog dimaksud.

 

Saran dari kami, agar dipandang oleh google, maka upayakan agar menulis 3 artikel per 1 hari nya. Tapi, anda harus sabar dalam melewati tahap ini, karena untuk mendaftar menjadi seorang publisher yang diterima oleh google adsense (ads) adalah tidak segampang mendaftar menjadi publisher lainnya. Oleh karenanya, fokus saja terlebih dahulu untuk mengisi konten yang dipublikasikan di blog anda.

 

Sambil memperbanyak konten yang termuat di dalam blog, anda juga dipersilahkan untuk melakukan langkah setting blog anda sebagus dan semenarik mungkin. Tapi, bicara bagus bukan berarti harus banyak memasang widget semata. Widget yang terpenting anda pasang adalah related post, populer post, dan juga widget untuk share ke media sosial.

 

Jangan hanya fokus dan sibuk hanya mengisi blog dengan artikel semata, melainkan juga buatlah halaman untuk blog anda. Dimana, halaman ini bertujuan untuk mendatangkan trafik pengunjung. Bicara tentang mendatangkan pengunjung dalam jumlah yang tidak terbatas, maka anda juga harus belajar tentang SEO (search engine optimization). Mengapa? Karena, meskipun halaman yang ada buat sangat banyak, namun target kata kuncinya tidak tepat dan tidak dioptimasi dengan teknik SEO onpage dan offpage, maka ikhwal mendapatkan trafik pengunjung yang tinggi adalah isapan jempol semata.

 

Jadi manfaatkanlah SEO agar ketika pengguna internet menggunakan kata kunci tertentu untuk mencari informasi melalui fasilitas search engine, maka website ataupun tulisan kita bisa dipercaya oleh google dengan menempatkannya pada halaman utamanya dan juga dapat dibaca oleh banyak pengunjung dari internet.

 

Ketika, blog akan didaftarkan ke google adsense, agar dapat diterima dengan cepat dan mudah, maka buatlah halaman about us, contact us, privacy, policy dan terms of service karena hal ini turut juga memengaruhi sistem yang digunakan oleh google adsense untuk menerima anda sebagai salah seorang publisher iklannya.

 

Tapi satu hal yang perlu diingat, bahwa google adsense punya pertimbangan sendiri untuk menerima atau menolak permohonan para publisher google adsense mereka, dimana hanya mereka pula yang tahu algoritma atau rumus pembacaan karakteristik setiap pemohon publisher apakah layak atau tidaknya menjadi publisher google adsense-nya, khususnya di google domisili Indonesia.

 

Demikian artikel yang membahas tentang tips dan cara mudah belajar jadi publisher google adsense, semoga ada manfaatnya bagi sobat sekalian. Atas perhatian dan kunjungannya sobat blogger ke situs silaenseo.com ini, diucapkan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!