Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Tips Membuka Bisnis Salon Online Bila Modal Kecil

Sobat blogger, kali ini kami akan ngebahas tentang “Tips Membuka Bisnis Salon Online Bila Modal Kecil” yang kami anggap sebagai salah satu tulisan terhits untuk mengawali hari di perayaan tahun baru 2018 ini.

 

Tips dan Strategi Membuka Usaha Salon Online Dengan Modal Kecil di Medan - Indonesia

 

Mengapa? Karena pada dasarnya sama-sama diketahui bahwa urusan membuka bisnis salon membutuhkan modal uang yang jumlahnya tak sedikit. Nah, salah satu anggaran terbesar adalah untuk biaya sewa tempat dan juga biaya investasi peralatan maupun pelengkap pendukungnya. Bila anda mempunyai rencana dan tertarik berbisnis salon, namun belum mempunyai modal uang yang cukup? Jangan langsung patah semangat ya sobat blogger. Sebab, sebenarnya membuka usaha salon, strateginya dapat disiasati dengan membuka layanan salon panggilan untuk datang ke rumah pelanggan.

 

Bila kita cermati perkembangan teknologi internet, kami melihat ada banyak orang yang membuka salon online. Bahkan berdasarkan hasil penelusuran kami, ada orang yang sudah berprofesi dibidang ini selama kurang lebih 10 tahun. Tentu saja ada banyak suka dan duka, akan tetapi memiliki pengalaman hingga 10 tahun lebih sebagai “hair stylist” di salon online adalah sebuah prestasi yang sangat cemerlang.

 

Memang berbagai alasan mengapa orang hijrah untuk membuka layanan salon online ini, sebab tantangan terberatnya adalah harus mampu menjalankan bisnis salon yang nota bene “salon panggilan” untuk datang dari rumah ke rumah pelanggan.

 

Biasanya salon online ini banyak beroperasi di kota-kota besar di Indonesia, seperti kota jakarta, medan, surabaya, bandung, batam, bali, makassar, semarang, dan berbagai kota lainnya di indonesia.

 

Terlepas dari hal diatas, masih berdasarkan penelusuran kami, bahwa kiprah yang mengawali membuka bisnis salon online ini adalah dimulai dari beberapa orang pelanggan saja. Tapi, tak perlu kuatir karena ada kecenderungan yang terjadi di tahun 2018 ini, bahwa didapat fakta akan banyaknya wanita Indonesia yang sudah malas ke salon dan lebih suka memilih untuk mencari jasa salon panggilan ke rumah secara online. Nah, disinilah letak prospek bisnis salon online ini.

 

Memang kalau kita cari tahu, ada-ada saja yang jadi alasan para “wanita modern” ini, sehingga merasa malas pergi ke gerai-gerai salon yang ada disekitarnya. Alasan dimaksud mulai dari sibuk, jauh dari rumah, hingga salon langganannya yang selalu ramai. Hal inilah yang mengawali sehingga merasa tak lagi nyaman untuk memanjakan diri dan kekurangan privasi sewaktu bersalon. Peluang inilah yang membuat cerah bila anda menjalankan bisnis salon panggilan ini dengan online.

 

Berhubung operasi salon online ini dapat diketahui oleh siapa saja para pengguna internet, tentu menjadi salah satu kendala untuk melayani para pelanggan. Mengapa? Karena bisa saja permintaan itu datang dari beberapa wilayah yang cukup jauh dari tempat anda menjalankan bisnis salon ini. Misalnya, bila anda membuka salon online di wilayah Medan, tentu akan kewalahan bila datang order dari pelanggan di Binjai atau Lubuk Pakam. Konsekuensinya akan banyak dari pelanggan salon online anda yang akan melakukan order ulang, meskipun telah anda siasati dengan menambah jumlah karyawan yang ada. Ya, mau tidak mau langkah terbaiknya adalah membatasi order yang dapat anda layanan untuk 1 hari nya.

 

Modal Investasi Salon Online

Adalah hal yang wajar bahwa setiap bisnis membutuhkan modal investasi, demikian juga halnya dengan membukan layanan salon online. Tapi, menurut kami modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis salon online ini tidaklah terlalu besar. Ya investasinya bisa dimulai dengan modal Rp 2-5 juta.

 

Uang 2-5 juta rupiah tersebut adalah diinvestasikan untuk membeli peralatan menggunting rambut dan beberapa bahan-bahan kosmetik pendukung lainnya. Tapi, mengingat modal yang anda miliki berkategori kecil (minim), maka saran kami bila membeli peralatan salon, tak perlu harus yang mahal, yang penting bahwa peralatan tersebut memiliki kualitas terbaik dalam rangka memberikan servis yang berkualitas kepada setiap pelanggan.

 

Nah, oleh karena itu, bila anda memiliki beberapa orang karyawan, maka haruslah ditekankan untuk selalu menjaga kualitas layanan agar konsumen tidak lari. Serta, senantiasa akan melakukan pengarahan dan pendidikan langsung kepada karyawan agar terdapat keseragaman yang sesuai dengan standar pelayanan salon online yang anda miliki.

 

Servis dan Harga Jasa

Bila anda baru memulai membuka usaha salon ini, maka dilangkah awal lebih baik untuk menyediakan 1 jenis servis saja. Misalnya potong rambut ataupun perawatan rambut. Nanti setelah adanya masukan dari banyak pelanggan yang menuntut akan adanya layanan lengkap seperti yang biasa mereka dapatkan ketika berada di salon, maka mulailah memberikan layanan lainnya. Seperti: spa, lulur, facial, hingga manikur dan padikur.

 

Dalam urusan tarif atau biaya, senantiasalah memberikan harga lebih murah ketimbang harga di salon. Mengapa? Karena hal ini masih dalam rangka merintis dan sedang mencari pelanggan sebanyak mungkin, maka harganya harus lebih murah dari yang lain. Alasan lainnya adalah bila harga jasa salon online lebih mahal, dikhawatirkan tidak akan bisa bersaing dengan salon terdekat dan pelanggan malah akan memilih datang langsung ke salon offline.

 

Untuk menentukan harga, jangan lupa untuk menambahkan penghitungan jasa layanan tambahan yaitu berupa jarak tempat tinggal pelanggan. Untuk awalnya salon online anda ini, maka anda bisa mengenakan biaya tambahan sebesar Rp 50 ribu seandainya jarak tempuh ke tempat tinggal pelanggan lebih dari 15 kilometer. Disamping itu, salon anda juga dapat menetapkan kebijakan bagi pelanggan, misalnya ketentuan memilih paket layanan di atas harga Rp 300.000, baru akan bisa melayani jarak diatas 15 kilometer tersebut.

 

Hal lainnya yang penting untuk dipertimbangkan agar jangan lupa untuk memberikan layanan atas perhatian lebih kepada hal-hal sederhana yang terkadang sering dianggap sepele oleh para pebisnis salon online. Misalnya perihal dalam ketepatan waktu karyawan datang ke rumah pelanggan. Ya, intinya jangan pernah membuat pelanggan kesal akibat menunggu terlalu lama. Nah, oleh karena itu, sangatlah penting untuk memberikan estimasi kedatangan karyawan kepada pelanggan berdasar jarak yang harus ditempuh. Apalagi di kota besar, seperti Jakarta, Surabaya dan Medan yang kemacetannya tak bisa diprediksi.

 

Tips dari kami untuk mensiasatinya, salon online anda bisa menetapkan aturan, seperti order minimal dapat dilayani adalah 3 hari sebelumnya dalam kondisi salon sedang penuh order, atau 4 jam sebelumnya jika salon sedang sepi order.

 

Melakukan Promosi Online

Setiap bisnis membutuhkan promosi dan juga pemasaran, termasuk dalam hal ini salon online yang bermodal kecil. Sehubungan salon ini adalah bersifat online, maka langkah bijak adalah dengan memanfaatkan pengoperasian sebuah website atau blog. Disamping itu dapat juga dipadukan dengan menggunakan jejaring media sosial (medsos), seperti: facebook, twitter, instagram, whatsapp, dan lain sebagainya sebagai sarana untuk melakukan ajang promosi online (internet marketing).

 

Nah, dengan konsep menggunakan sarana dan prasara media internet diatas, maka pelanggan akan sangat mudah mengetahui layanan salon online anda dan rata-rata pelanggan yang datang adalah dari hasil browsing di google dan facebook. Artinya, salon online haruslah berjuang dan fasih menggunakan strategi promosi digital marketing untuk menunjang aktivitas bisnis ini agar semakin sukses menjaring pelanggan.

 

Nah, bila anda tidak memiliki pengetahun untuk berjuang di search engine, maka tak ada salahnya anda menggunakan layanan jasa search engine yang diberikan oleh para ahli SEO. Untuk hal ini tentu saja anda harus memilih “jasa SEO web salon” yang benar berkualtias, profesional dan memiliki pengalaman dalam mengoptimasi website salon. Nah, bila anda berkepatan di wilayah Kota Medan dan sekitarnya silahkan untuk memakai jasa SEO dari tim blog silaenseo.com, karena kami memiliki kemampuan SEO expert yang tidak diragukan lagi di medan.

 

Ingat bahwa ikhwal promosi online ini, ditujukan untuk mencari pelanggan baru yang merupakan “urat nadi” pengembangan bisnis salon online di masa mendatang. Dan hal ini justru lebih menantang untuk aktivitas bisnis ini. Oleh karena itu, menjalankan dan mengembangkan bisnis tidak bisa luput dari pemasaran yang dalam hal ini adalah promosi online.

 

Demikian artikel yang membahas tentang “Tips Membuka Bisnis Salon Online Bila Modal Kecil”, semoga bermanfaat bagi sobat blogger yang telah singgah ke blog silaenseo.com ini. Atas perhatian maupun kunjungannya diucapkan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!