Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Tips Meningkatkan Penjualan Pakaian di Bisnis Butik Online

Ingin meningkatkan omzet pendapatan penjualan pada toko butik online anda? Bila ya, maka tidak salah lagi untuk membaca artikel kami selanjutnya yang berjudul: “Tips Meningkatkan Penjualan Pakaian di Bisnis Butik Online”.

 

Tips dan Cara Tingkatkan Omzet Penjualan Pakaian di Toko Butik Online

 

Memang memulai usaha bisnis butik, terutama yang dilatarbelakangi sebagai wadah untuk menyalurkan hobi yang anda miliki di era munculnya website butik online, rasanya sangat ketinggalan bila tidak dimaksimalkan untuk menambah keuntungan penjualan. Coba Anda bayangkan, seandainya hobi-hobi yang ada pada diri Anda bisa tersalurkan dengan baik dan tepat, sekaligus bisa mendapatkan pemasukan yang tanpa batas setiap bulannya. Enak bukan?

 

Adalah ikhwal yang dalam batas normal, bahwa dalam memulai usaha butik yang menjual pakaian tidak selalu membutuhkan modal yang besar, seperti yang banyak dibayangkan sebelumnya. Ya, minimal Anda bisa memulai bisnis ini dari menjual produk pakaian ke kerabat dekat, rekan-rekan sekerja, teman kuliah, dan lain sebagainya. Tentu hal ini bisa terjadi sebelum Anda mulai memberanikan diri membuka sebuah butik, terutama dalam bentuk blog butik online.

 

Sebagaimana telah banyak dilansir dan dibahas oleh para mentor bisnis online, bahwasanya ada banyak tips menjual fashion online yang dapat dijadikan sebagai referensi untuk membangun web/blog toko butik. Tentu, apa yang dibahas tersebut sedikit banyaknya harus diperhatikan dan atau dipertimbangkan sebelum membuka butik, seperti menganalisis target pangsa pasar yang akan dituju, spesialisasi produk, layanan pelanggan atau customer service terutama purna jual, trend yang akan dijual, tips memaksimalkan penggunaan Search Engine Optimization untuk mendapatkan pelanggan dari search engine, dan masih banyak lagi.

 

Lalu bagaimana cara terbaik dalam hal membangun atau mengembangkan bisnis butik pakaian yang baik dan benar agar sukses dan produknya laku dan laris? Silahkan simak tips yang kami bagikan dibawah ini:

 

1) Jenis Butik Yang Akan Dikembangkan

Jika Anda memiliki modal yang jumlahnya cukup besar, maka hal ini bisa Anda siasati dengan menjadi penjual grosir pakaian. Nah, dengan menjadi penjual tingkat grosiran, Anda akan menjadi orang pertama yang akan membeli langsung dari sang produsen pakaian dan kemudian menjualnya kembali dalam jumlah yang besar pula.

 

Keuntungan menjadi penjual grosiran fashion ini, secara nyata adalah bisa mendapatkan barang dengan harga yang sangat murah dalam jumlah partai sedang dan besar karena langsung membeli dari sumber pertama.

 

Sebaliknya, seandainya jumlah modal uang yang anda miliki tidak begitu besar, maka sebaiknya untuk sementara waktu Anda bisa menjadi penjual eceran saja.

 

Langkah awal yang perlu Anda lakukan baik sebagai penjual grosiran ataupun eceran adalah dengan menentukan jenis butik fashion yang ingin Anda kelola kedepannya. Apakah Anda mau menjual pakaian khusus pria, wanita atau remaja ataupun bayi? Atau Anda akan menjual kemeja, kaos, jersey bola ataupun topi? Semua jenis pakaian ini bisa Anda pilih sesuai keinginan Anda dan pangsa pasar yang sedang anda bidik.

 

Setelah butik Anda mulai berkembang dan memiliki brand (khususnya online), maka Anda bisa mulai menambahkan jenis produk yang berbeda jenisnya sebagai pendukung produk utama yang sedang Anda jual, misalnya seperti Anda yang menjual pakaian, sembari menjual dompet, sepatu, tas maupun topi yang cocok digunakan sebagai pendukung produk utama yang dijual pada butik Anda.

 

Ya, walaupun masih banyak yang beranggapan bahwasanya toko butik itu hanya menjual satu jenis produk saja, akan tetapi tidak ada salahnya toko butik fashion Anda bisa menjadi sedikit berbeda dari yang lain dengan menjual berbagai produk sekaligus yang cocok digunakan untuk dan oleh siapapun.

 

2) Pemilihan Lokasi

Pemilihan lokasi untuk toko butik juga salah satu faktor yang penting untuk mendapatkan banyak pelanggan. Untuk menunjang hal ini, maka sangat disarankan agar mencari dan memilih lokasi yang strategis, ramai atau di pinggir jalan yang ramai dilalui orang. Anda juga bisa menyewa tempat di pusat perbelanjaan atau mal, jika memiliki modal yang cukup besar.

 

Nah bagi Anda yang belum mempunyai toko butik dalam wujud bangunan sendiri yang disebabkan masih mengalami kendala keterbatasan dalam bentuk modal, solusinya Anda bisa menggunakan sebagian ruang rumah Anda untuk ditata menjadi etalase butik. Terlebih lagi seandainya rumah Anda berlokasi ditempat yang strategis dan ramai dilewati orang, tentu akan memudahkan untuk membuka butik bukan? Tapi seandainya rumah Anda tidak begitu strategis dan ramai, maka langkah terbaiknya adalah dengan menyiapkan papan reklame unik yang akan menunjukkan lokasi butik Anda.

 

Ingat, sebelum memilih lokasi untuk bisnis butik, alangkah bijaknya bila terlebih dahulu meninjau kondisi lingkungan yang baik atau tidak. Apakah Anda mau membuka butik di pegunungan dengan masyarakat yang mata pencahariannya sebagai petani dengan harga mahal? Tentu tidak bukan.

 

Seandainya anda sudah mantap dengan lokasi tersebut, maka jangan lupa pula untuk mencantumkannya alamat tersebut di blog/web butik pakaian anda agar bisa diketahui oleh para visitor.

 

3) Mode Pakaian Yang Dijual

Selanjutnya setelah menentukan lokasi untuk butik Anda, sekarang tentukan mode pakaian apa yang ingin di jual, misalnya butik yang menjual tema fashion ala tahun 70-an, 80-an, atau 90-an yang sudah dimodifikasi dengan mengikuti trend yang berkembang saat ini. Atau butik yang akan menjual pakaian ala orang Jepang, Inggris, Russia, Norwegia, dan lain sebagainya. Atau Anda ingin menciptakan mode fashion tersendiri agar menjadi trend? Semuanya itu adalah sah-sah saja untuk anda jual, asalkan mode pakaian yang akan Anda ciptakan nyaman dan bisa diterima pelanggan untuk dipakai sehari-hari. Sehingga hal ini merupakan bagian dari cara jual baju cepat sukses.

 

4) Memiliki Ciri Khas Pembeda

Jika Anda memiliki kemampuan dalam mendesain pakaian, tentu hal ini menjadi modal yang sangat berguna dalam memodifikasi atau menciptakan sebuah mode terbaru yang mungkin nantinya akan disukai oleh pelanggan. Anda bisa menciptakan ciri khas mode tertentu dalam produk yang akan Anda jual di butik. Sehingga jika orang lain melihat ciri khas pembeda yang terdapat pada mode pakaian yang anda keluarkan, maka mereka akan langsung ingat bahwa desain itu identik dengan brand toko butik milik Anda. Dan brand Anda makin dikenal pada pasaran butik, baik offline maupun online. Selanjutnya tinggal Anda yang menentukan, apakah akan memproduksi pakaian sendiri atau Anda bekerja sama dengan produsen lain untuk mensuplai kebutuhan pada toko butik fashion yang sedang anda bangun.

 

5) Buatlah Toko Butik Versi Online

Diatas ada sedikit kami bahas tentang toko butik online ini, tujuanny adalah untuk mendorong promosi produk yang akan Anda jual ke pasar global. Tentu caranya adalah Anda harus menyediakan versi online dari bisnis butik offline Anda. Misalnya dengan Anda membuat website toko online dari butik Anda, maka Anda menjangkau banyak pelanggan dari seluruh dunia, karena toko online Anda bisa diakses selama 24 jam tanpa henti. Butik Anda pun juga akan semakin dikenal banyak orang dan omzet bisnis Anda pun akan semakin meningkat. Tapi, satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah website atau blog haruslah sudah terpasang SEO dengan baik dan benar.

 

6) Memanfaatkan Media Sosial (Medsos)

Bila Anda ingin secara lebih cepat membuat toko butik anda dikenal masyarakat luas dari berbagai kalangan, maka jangan ragu lagi untuk segera menggunakan strategi promosi butik dengan menggunakan media sosial (medsos). Anda bisa menggunakan Instagram, Twitter, Facebook, WhatsApp, Pinterest, maupun yang lain.

 

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa medsos Facebook dan Instagram yang sudah menyatu dengan komunitas online di Indonesia, memberikan Anda pilihan terbaik untuk mempromosikan produk apa saja lewat Facebook for Business. Nah, dengan memanfaatkan fitur dari Facebook dan Instagram tersebut, itu artinya anda juga harus mengeluarkan budget untuk mempromosikan produk fashion Anda agar bisa dijangkau pengguna medsos dimaksud lebih luas lagi. Jadi siapkan anggaran yang cukup untuk promosi produk Anda di media sosial, agar omzet penjualan Anda juga makin meningkat dari hari ke hari.

 

7) Berani Menghadapi Persaingan Global

Memang benar, saat ini persaingan sesama toko butik yang jumlahnya sudah semakin banyak dan sangat ketat, telah membuat para pengusaha terutama pebisnis pemula harus berani dan sekreatif mungkin dalam membuat dan menawarkan produk kepada calon pelanggan potensialnya. Semakin unik dan kreatif, maka akan semakin besar pula kemungkinan pelanggan untuk membeli dan memakai produk Anda.

 

Tentu saja dalam hal berani menghadapi persaingan global ini haruslah menggunakan tips dan trik maupun cara-cara yang sehat persaingan bisnis dimaksud, tujuannya agar kepercayaan pelanggan juga meningkat dan menciptakan “image positif” atas brand anda.

 

Demikian artikel yang membahas tentang: “tips meningkatkan penjualan pakaian di bisnis butik online”. Mudah-mudahan jurus dangkal yang kami bagikan dapat dimanfaatkan untuk membangun toko butik yang baik dan benar untuk meraih kesuksesan dalam hal peningkatan omzet dan sekaligus memberikan keuntungan finansial bagi anda.

 

Terima kasih karena sudah berkunjung ke blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!