Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Tips Menjadi Blogger Yang Sukses di Medan

Jaman digital nan canggih ini, peluang pegiat dunia internet untuk menjadi seorang blogger yang sukses dan berpenghasilan puluhan juta rupiah per bulan, bukanlah hal yang mustahil untuk didapatkan. Tapi, bagi para warga net yang sama sekali belum pernah mengenal tentang dunia blogger dan googling, tentu ada berbagai hal yang harus di pelajari secara baik tentang seluk beluk dunia blogging agar anda benar-benar menjadi seorang blogger sukses dan berpenghasilan tetap.

 

Memang benar, di internet dan tiap lembar halaman google terdapat cukup banyak berbagai informasi, tak terkecuali yang membahas tentang tutorial mengenai dunia blogger ini, baik dalam bentuk artikel maupun audio video visual. Akan tetapi tetap saja masih ada para sobat blogger pemula yang cenderung merasa bingung tentang strategi atau tips apa yang harus dilakukan untuk pertama kalinya. Kondisi inilah pada akhirnya menyebabkan banyak dari sobat warga net yang merasa putus asa dan berhenti di tengah jalan untuk terus aktif di dunia blogging.

 

Blogger Sukses Sebuah Tips Memiliki Penghasilan

 

Nah, terkait dengan hal itulah, maka penulis silaenseo.com akan membagikan beberapa langkah yang harus dilakukan oleh para sobat blogger pemula ketika berencana untuk memasuki dunia blogger tersebut.  Bagaimana cara memulai dan apa-apa saja yang harus dipelajari agar aktivitas menjadi seorang blogging bisa sukses atau minimal para sobat blogger pemula bisa memiliki pengetahuan mumpuni untuk eksis dengan tips-nya menjadi blogger yang sukses di Indonesia.

 

Tips Memulai Dunia Blogging Bagi Para Blogger Pemula

Jujur sejujurnya bahwa ada berbagai tujuan yang melatarbelakangi seseorang membuat blog/website. Tapi berdasarkan hal penelusuran tim penulis bahwa kebanyakan dari mereka tujuan utamanya adalah untuk menjadi seorang blogger sukses dan bisa menghasilkan uang yang banyak, seperti yang ditekuni oleh blogger medan.

 

Pertanyaan yang sangat mendasar, benarkah sebuah blog dapat menghasilkan uang kepada pengelolanya? Memang benar, bahwa di jaman now ini, blog sudah banyak yang menghasilkan uang. Oleh karena itulah tidak mungkin banyak orang (baik pagi, siang dan malam hari) yang rela menulis berbagai macam artikel, tanpa tujuan yang jelas. Artinya tak masuk akal, bila seorang blogger hanya menyalurkan hobi sehingga aktif di dunia blogging.

 

Untuk mempersingkat waktu, berikut akan kami paparkan tentang tips/cara yang bisa membuat Anda seorang blogger pemula menjadi blogger yang sukses, yakni:

 

1) Topik dan Tujuan Ngeblog

Langkah awal yang harus dilakukan ketika sudah terjun ke dunia blogger adalah agar tidak ragu dalam menentukan maksud dan tujuan Anda ngeblog.  Apakah Anda hanya terjun ke dunia blogger ini cukup hanya sekedar menyalurkan hobi, ingin menghasilkan uang, sekedar ingin membranding nama ataupun produk anda, atau ada tujuan lainnya.

 

Dengan adanya maksud dan tujuan yang jelas, maka sedikit banyaknya Anda telah memiliki motivasi jangka panjang untuk mengembangkan blog Anda kedepannya. Ingat, untuk menjadi seorang blogger yang cukup terkenal dan sukses berpenghasilan, maka Anda harus senantiasa selalu konsisten dan tekun, serta tak mudah putus asa untuk membuat dan merakit blog dengan formula yang tepat dan disukai oleh google (SEO friendly).

 

Kok harus membangun blog yang SEO friendly, benda apa pula SEO ini. Perlu penulis jelaskan sedikit, bahwa SEO merupakan kependekan dari kata “Search Engine Optimization” yang merupakan serangkaian pekerjaan yang dilakukan dari dalam (in) ataupun luar (out) website/blog, sehingga ketika pengguna internet (user) melakukan googling tepat pada kata kunci yang ditargetkan sebelumnya maka blog/website milik anda akan ditampilkan google pada halaman utamanya (hal pertama).

 

Nah, pasca website/blog anda nantinya bisa berada di halaman satu google maka peluang untuk mendapatkan trafik pengunjung lebih banyak lagi akan terbuka lebar dan setelah peluang untuk memonetasi blog tersebut agar mendapatkan penghasilan uang akan terbuka lebar pula. Misalnya memasang iklan mandiri, memasang iklan adsense (ads) dalam bentuk iklan pay per click (ppc) maupun iklan ads cost per millions (cpm) ataupun dalam bentuk bisnis di dunia internet.

 

Perkembangan dunia blogging yang pesat di penghujung tahun 2018 ini telah memotivasi bagi pegiat dunia bisnis online untuk bisa melahirkan berbagai topik (niche) unik yang disajikan pada blog. Tentu saja, topik ini harus disesuaikan dengan kemampuan dan keahlian yang anda miliki (sesuai dengan latar belakang ilmu pengetahuan yang dimiliki).

 

Sebelum masuk pada pokok pembahasan tentang topik-topik apa saja yang bisa membuat anda menjadi seorang blogger sukses, tak ada salahnya untuk terlebih dahulu memahami tentang apa itu topik blog. Topik ini merupakan inti utama dari seluruh isi tulisan yang hendak Anda sampaikan di dalam blog/website. Atau banyak orang mengenal dan mengartikannya sebagai topik pembicaran yang akan dibahas lebih dalam dalam blog tersebut.

 

Lalu pertanyaannya, topik apa yang sebaiknya Anda pilih agar bisa mewujudkan hasrat anda untuk menjadi seorang blogger aktif nan sukses? Jawabannya adalah agar sebaiknya memilih topik yang Anda kuasai secara baik. Seperti ketika Anda menyukai dunia kecantikan wanita, maka sebaiknya membuat blog/web dengan topik yang membahas mengenai tips dunia kecantikan, web berisi review produk kecantikan, membahas tentang perawatan muka agar terlihat berseri, cara merawat kulit agar kelihatan cantik meskipun usia bertambah, dan lain sebagainya.

 

Untuk blog yang dapat dijadikan contoh bagi Anda, maka silahkan lihat situs-situs beauty blogger Indonesia, blog pakar kecantikan, situs produk kosmetik tentang bagaimana mereka membuat konten maupun teknik dalam hal mengelola web/situnya hingga bisa sukses. Tapi tidak tertutup kemungkinan bila Anda piawai dalam hal lainnya, maka kemungkinan untuk mengembangkan blog dengan topik beauty ini bisa tetap ditekuni, misalnya anda ahli dalam bidang perawatan kulit ataupun rambut, tak ada salahnya memiliki blog dengan topik salon, dll.

 

Satu hal yang perlu diingat agar senantiasa fokuslah pada topik yang sedang dan sudah anda buat tersebut, sehingga dengan begitu orang-orang akan mudah mencari apa yang mereka butuhkan pada blog anda pada hari ini maupun hari esok.

 

2) Membuat Blog Dengan Memakai Template yang Baik

Setelah Anda memantapkan diri untuk menentukan topik yang akan dibuat dan dibahas pada blog milik anda kedepannya, maka langkah berikutnya adalah menentukan content management system “cms” blog yang akan digunakan.

 

Saat ini ada beberapa penyedia blog gratis dan berbayar yang dapat Anda gunakan, seperti blogger.com dan wordpress.com dan beberapa cms blog lainnya. Untuk Anda yang masih merasa bingung bisa memilih blog yang pas, tapi 2 cms yang populer dan sangat banyak digunakan adalah blogspot dan wordpress.

 

Nah, setelah Anda memilih jenis cms blog yang pas, maka langkah berikutnya adalah memilih template yang pas, dan cocok untuk blog yang sedang anda buat tersebut. Satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan, apakah template yang bakal digunakan tersebut memiliki berbagai unsur yang ramah untuk mesin pencari (SEO). Meskipun begitu, anda tidak perlu merasa bingung. Mengapa? Karena saat ini ada banyak sekali template gratisan yang dapat Anda pilih. Dan tentu saja kesemuanya telah SEO friendly karena perusahaan yang mengelola template tersebut telah menanamkan SEO di dalam sistem template-nya meskipun gratis. Tapi, daya gebrak SEO-nya masih belum maksimal alias masih standar.

 

Pasca sesudah memiliki blog sebagaimana penjelasan diatas, selanjutnya apa yang harus dilakukan? Ya tentu saja, anda harus mendesain blog tersebut sehingga kelihatan menarik dan nyaman selama berada di web/blogs tersebut. Kemudian juga blog dimaksud harus didaftarkan ke mesin pencari melalui laman webmasters tool yang telah mereka sediakan. Tujuannya tidak lain agar blog yang Anda miliki mudah dikenali dan dibaca oleh mesin pencari.

 

3) Belajar Untuk Menulis dan Membuat Artikel

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah belajar membuat artikel yang menarik, unik dan berkualitas. Untuk itulah Anda harus banyak-banyak belajar tentang bagaimana menyusun kata dengan baik, agar mudah dimengerti, nyaman untuk dibaca dan tentu saja bermanfaat bagi orang-orang yang mencarinya.

 

Perihal apa yang harus ditulis, maka penulis menyarankan agar Anda menulis segala hal yang berkaitan dengan blog yang sedang Anda buat tersebut. Anda juga perlu belajar untuk mencari judul yang paling banyak dicari oleh pengunjung, baik lokal maupun internasional. Kemudian membuat tulisan dengan baik dan nyaman, serta bermanfaat lebih untuk dibaca oleh siapa saja. Lalu publikasikan tulisan dimaksud agar segera di “crawl” oleh mesin pencari. Jangan lupa untuk mensubmit artikel Anda tersebut ke mesin pencari, terutama google.

 

4) Promosi Konten

Secara umum, ada 2 cara mempromosikan konten yang dapat dilakukan agar artikel yang Anda publikasikan di blog dapat diketahui dan dikenal oleh banyak orang, yakni dengan cara online atau offline. Promosi cara offline adalah dengan mencantumkan alamat blog Anda di berbagai brosur, spanduk, pamflet, poster, kartu nama, atau hal lainnya. Sedangkan promosi dengan cara online adalah dengan menggunakan berbagai macam social media (medsos) yang Anda miliki.

 

Ada beberapa jejaring sosial yang lazim dijadikan sasaran empuk oleh para blogger untuk mempromosikan konten milik blog-nya. Misalnya facebook, twitter, linkedin, pinterest, line, google plus, whatsapp, instagram, dan lain sebagainya. Tentu saja tujuan dari dari promosi ini adalah agar blog yang Anda miliki bisa mendapatkan banyak pengunjung untuk membaca konten-konten yang terjadi di dalam blog/webs.

 

5) Belajar Ilmu SEO dan Desain Blog

Secara simple bahwa SEO adalah sebuah cara yang harus Anda lakukan agar artikel Anda mudah dicari. Teknik yang lazim digunakan oleh para ahli dan praktisi SEO adalah teknik SEO onpage dan offpage.

 

Mengapa sih begitu penting untuk belajar ilmu SEO ini? Karena dengan menggunakan SEO yang baik, maka pengunjung akan mudah masuk ke blog Anda, ketika menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi yang dibutuhkannya.

 

6) Mempelajari Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Pasca search engine optimization web/blog anda sangat baik dan ditambah dengan kualitas artikel yang baik pula, maka pada akhirnya akan meningkatkan jumlah visitor yang datang secara sukarela dari mesin pencari. Artinya, dengan semakin banyak pengunjung yang mendatangi blog Anda, maka Anda akan mudah menghasilkan uang. Mengapa? Karena akan ada berbagai aplikasi maupun para pengusaha yang akan menghubungi Anda kelak untuk menjalin kerjasama bisnis yang saling menguntungkan.

 

Itulah berbagai tips untuk menjadi seorang blogger yang sukses, semoga artikel yang penulis bagikan ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang hendak menseriusi menjadi blogger yang juga sukses berbisnis online. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!