Tips Menjalankan Bisnis Sofa Furniture Agar Cepat Sukses

Mungkin banyak tips dagang telah dijalankan para pebisnis mebel pemula agar cepat sukses menjalankan bisnis berjualan sofa furniture. Mengapa? Karena jualan sofa sudah menjadi salah satu trend bisnis mebel terbaik dan peluang usaha furniture online menggiurkan di tahun 2019 ini.

 

Sebagaimana yang sudah dahsyat dirasakan oleh pebisnis bahwasanya bisnis furniture online (daring) merupakan salah satu alternatif bisnis yang selalu mempunyai prospek memberikan untung besar dari waktu ke waktu. Terjadinya kondisi ini disebabkan karena terus berkembangnya pembangunan perumahan ‘hunian’ dan apartemen berbagai skala, tentu membutuhkan produk furniture sebagai ‘property’ dan pelengkap interior maupun eksterior yang tak mungkin ditinggalkan.

 

Bisnis Sofa Furniture

 

Namun, tentu saja ada rintangan bisnis yang juga menghantui diri para pebisnis dalam sektor niaga furniture ini. Mulai dari persoalan bahan baku produksi, sumber daya manusia, warna hingga target pasar telah menjadi poin-poin penting dan wajib disikapi secara bijak oleh setiap pengusaha sofa furniture, baik set yang dijual baru maupun bekas.

 

Tidak hanya itu, tantangan lain yang muncul dari bisnis jual sofa ini adalah bagaimana cara agar selalu fleksibel dengan tren dan selera pasar yang terbarukan. Seperti diketahui, produk sofa furniture tidak bisa dipisahkan dari model atau konsep ‘karya seni’ yang ditawarkan kepada pembeli.

 

Nah, bagi sobat pembaca yang memiliki keinginan kuat untuk berkecimpung dalam dunia bisnis jualan furniture jenis sofa, bisa menyimak beberapa tips sukses menjual sofa yang terurai di bawah ini agar usaha Anda dapat dijalankan dengan lebih baik dan lebih menguntungkan.

 

1) Memaksimalkan Desain Toko

Menjual produk furniture jenis sofa yang mengutamakan tampilan, tak luput dari kemampuan dan naluri mempertimbangkan dan memutus hal-hal yang terkait dengan masalah display produk. Untuk hal ini sangat dibutuhkan keahlian dalam bidang penataan toko yang di set benar-benar mampu memiliki daya tarik yang mengundang perhatian pelanggan atau orang yang lalu lalang di depan toko furniture anda.

 

Mengapa target anda harus semua orang? Karena produk furniture jenis sofa bukanlah barang konsumsi yang dibutuhkan setiap hari. Mungkin, orang-orang yang lewat di depan toko Anda awalnya hanya tertarik setelah melihat penampilan dan tidak membeli untuk saat itu. Namun bukan tidak mungkin, pada suatu waktu mereka akan butuh dan kembali datang untuk mencari ke toko sofa Anda, untuk itulah dibutuhkan desain toko yang menarik dari berbagai sudut pandang.

 

Artikel lain: Cara Menjalankan Usaha Menjadi 1 Bisnis Yang Sukses

 

Tips yang bisa dan mudah untuk anda terapkan terkait desain toko, yakni dengan:

(a) memajang produk meubel unggulan dan sofa berkualitas terbaik yang paling menarik dan bercita rasa seni tinggi bisa berada di bagian depan toko. Hal ini secara psikologis akan bisa menjadi umpan jitu sebagai penarik minat pembeli atas produk tersebut.

(b) memastikan dari tampilan sekilas pandang, dimana pembeli sudah tahu produk-produk apa saja yang dijual pada toko sofa Anda. Tips ini sangat efektif untuk dijalankan dengan cara menaruh sejumlah contoh jenis produk mebel yang memiliki nilai seni tinggi di bagian depan toko.

 

2) Menawarkan Promo Menarik Pada Beberapa Item Produk Furniture

Tips ini bisa dilakukan hanya dengan menawarkan promo potongan harga ‘discount’ yang menarik untuk beberapa jenis produk sofa dan ragam item furniture. Tawarkan harga yang lebih murah dan masuk akal dibandingkan dengan harga yang ditetapkan pada toko pesaing untuk jenis produk furniture tertentu.

 

Mengenai jenis produk sofa yang bisa diberikan diskon, maka pilihlah produk dengan jumlah besar dan  banyak dicari oleh para pelanggan, misalnya item produk kursi dan meja kecil atau lemari.

 

Keuntungan dan kelebihan bila menjalankan bisnis bercita rasa tinggi yang satu ini adalah toko anda bisa mengungguli pesaing dan membuat pelanggan lebih tertarik dibanding toko furniture pesaing. Berikutnya, dengan adanya tawaran diskon tersebut, pelanggan yang sudah masuk ke toko anda bisa diberikan tawaran atas produk lain yang dibandrol dengan harga normal. Atau tips lain yang layak untuk dijalankan, yakni dengan cara menawarkan paket promo, jika membeli bersama dengan produk lain maka harga yang didapatkan bisa lebih murah. Serta bisa juga memberikan layanan bebas ongkos kirim (ongkir) dari perusahaan jasa kurir tertentu seandainya berbelanja lebih dari 2 juta rupiah.

 

Baca juga: Omset Jasa Kurir Meningkat Akibat Bisnis Online

 

3) Harus Gencar Melakukan Promosi Bisnis Furniture

Tips yang ketiga ini adalah terkait perkara mempromosikan bisnis furniture jenis sofa yang anda pasarkan ke masyarakat. Untuk jenis bisnis seperti ini, biasanya promosi yang dilakukan dengan cara konvensional atau bisa juga dengan mengikuti pameran dan bazaar, baik dalam dan luar negeri.

 

Seandainya anda ingin mengikuti pameran produk UKM, UMKM atau bazaar, memang akan dikenakan biaya tertentu yang relatif mahal. Namun promosi lewat ajang seperti ini lebih terfokus dan langsung bertemu dengan calon konsumen maupun investor dari dalam negeri atau pun luar negeri.

 

Alternatif lain yang bisa menjadi tips jitu menjalankan usaha bisnis sofa furniture, yakni dengan cara menjalankan #promosi online. Saat ini ranah peluang bisnis online sudah begitu maju seiring dengan semakin canggihnya teknologi informasi yang dimiliki Indonesia, terutama di Kota Medan. Dengan begitu bisnis mebel furniture anda juga akan dikenal lebih luas dan ‘brand’ yang sangat disegani sepanjang masa.

 

Satu hal yang penting diperhatikan dan dipertimbangkan jika ingin mempromosikan usaha di ranah online adalah kesiapan Anda untuk menangani pesanan dari wilayah yang jauh dan bahkan dari seluruh penjuru dunia. Jadi persiapkan hal tersebut, terkait produk, transaksi hingga cara pengiriman yang aman, cepat dan nyaman namun relatif murah.

 

Disamping itu, untuk bisa bisnis sukses dengan cepat dijalankan secara online, maka anda membutuhkan akun media sosial (facebook, twitter, linkedin, line, whatsapp, instagram) maupun pembuatan blog atau web toko online.

 

Khusus untuk blog atau web agar produk sofa anda cepat terkenal terutama di halaman search engine google, maka jalan terbaik adalah dengan memaksimalkan kinerja SEO. Untuk itu penting untuk belajar atau mencari #guru SEO yang akan mengajari anda tentang teknik optimasi secara baik dan benar. Mengapa? Karena guru SEO ini telah memahami apa-apa saja yang menjadi syarat penting dalam update algoritma google terbaru yang baru-baru ini dilakukan oleh perusahaan google untuk mendukung SEO blog jualan sofa furniture anda kedepannya.

 

Tips di atas bisa Anda terapkan untuk mendukung bisnis sofa furniture agar lebih maju dan bisa sukses dengan cepat. Selain itu jangan lupa untuk terus berekspansi dan kreatif untuk mengembangkan model bisnis ini lebih luas lagi dalam rangka mendapatkan pelanggan. Mengapa? Karena dalam era persaingan bisnis mebel di dunia maya yang begitu ketat seperti saat ini, maka unit usaha anda akan sulit berkembang bahkan akan tertindas dan gulung tikar jika tidak bisa berinovasi untuk mengungguli pesaing anda di bisnis berjualan sofa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *