Tips Merintis Bisnis Rental Mobil Saat Modal Kecil

Era bisnis driver online yang berkembang pesat menciptakan tingginya kebutuhan atas adanya mobil untuk mendapatkan penghasilan atau mobil dijadikan sebagai mata pencarian. Tentu kondisi ini menjadi peluang baru bagi pengusaha rental mobil untuk mengembangkan usahanya menggunakan teknologi internet, terutama melalui pengoperasian website personal ataupun bergabung pada marketplace yang bergerak dalam bidang usaha rental mobil.

 

Bagi ada yang baru saja terjun dan mau merintis usaha rental mobil, tentu banyak hal yang harus dipersiapkan. Apalagi ketika modal usaha yang dimiliki sangat kecil, tentu bisa menjadi salah satu “batu sandungan” yang membuat bisnis anda tidak berkembang dan bahkan bangkrut sebelum menghasilkan keuntungan.

 

Tips Memulai Bisnis Rental Mobil Modal Kecil

 

Pada pokok bahasan ini, kami akan mencoba untuk membantu anda calon pengusaha rental mobil pemula yang memiliki modal kecil dengan beberapa tips yang bisa menjadi referensi untuk memulai bisnis rental mobil dengan modal kecil. Tips dimaksud adalah sebagai berikut:

 

1) Memilih Jenis Mobil yang Banyak Diminati Konsumen

Tantangan pertama dalam merintis bisnis rental mobil adalah seberapa banyak unit mobil yang harus anda sediakan dan jenisnya apa-apa saja. Artinya, Anda harus memiliki mobil yang akan disewakan oleh calon konsumen.

 

Sebelum membeli mobil, coba melakukan riset atas jenis mobil apa saja yang paling banyak diminati pelanggan di daerah Anda. Memang secara umum, pelanggan rental mobil lebih menyukai mobil jenis MPV yang bisa membawa banyak orang dan juga memiliki bahan bakar yang sudah terkenal sangat irit. Bocoran hasil riset kami, bahwa jenis mobil yang paling banyak diminati biasanya adalah mobil Avanza, Xenia, Innova, Gran Max, Rush, dan lain sebagainya. Setelah anda menjatuhkan pilihan atas jenis mobil yang hendak dibeli, langkah selanjutnya adalah menentukan berapa kira-kira harga sewa mobil berdasarkan tipe mobil yang telah anda miliki.

 

2) Menghindari Pembelian Mobil Bekas

Meski harga mobil bekas jauh lebih murah, kami sarankan agar menghindari untuk membelinya. Mengapa? Karena anda baru memulai dan sedang merintis bisnis rental mobil, dimana faktor keuntungan bila memilih mobil baru, maka bisnis Anda nilainya akan lebih tinggi bagi pelanggan dan membuat pelanggan lebih aman dan nyaman selama masa penyewaan.

 

Bukan hanya itu, dengan mengambil langkah untuk memilih mobil baru juga secara langsung akan mengurangi biaya perawatan yang harus dikeluarkan. Bisa dibayangkan, berapa uang yang harus Anda keluarkan untuk merawat mesin mobil bekas? Pasti lebih mahal dibanding bila Anda membeli mobil baru.

 

3) Bisa Beli Mobil Dengan Metode Kredit

Jika metode membeli mobil baru dianggap mahal dan Anda tidak memiliki modal yang cukup besar, maka solusi terbaiknya adalah membeli mobil secara kredit. Untuk biaya cicilannya, Anda bisa mengambil sebagian dari pendapatan keuntungan sewa mobil. Dengan begitu, keuangan Anda tidak akan terbebankan dengan cicilan perbulannya.

 

Namun, jika modal yang Anda miliki cukup untuk membeli mobil baru, tidak ada salahnya juga membeli mobil secara tunai. Benar tidak…!!!

 

4) Membuat Syarat dan Ketentuan Rental Mobil

Usaha penyewaan mobil merupakan salah satu bisnis yang memiliki tingkat risiko cukup besar, seperti mobil tidak dikembalikan alias dibawa lari. Untuk menghindari terjadinya hal ini, Anda harus memuat sebuah peraturan bisnis yang ketat dalam hal sewa menyewa mobil.

 

Misalnya: Anda bisa meminta pelanggan untuk meninggalkan KTP, SIM, atau kartu identitas lain, dan buatlah surat perjanjian sewa yang ditandatangani oleh pelanggan diatas materai secukupnya. Anda juga bisa menghindari risiko tersebut dengan memberi beberapa pengamanan seperti memasang GPS dalam mobil untuk mendeteksi keberadaan mobil Anda secara real time.

 

5) Mendaftarkan Mobil ke Perusahaan Asuransi

Risiko lain yang bisa terjadi dalam memulai dan merintis bisnis ini adalah terjadinya kerusakan karena kecelakaan, hilang, bencana alam, dan lain sebagainya.

 

Nah, untuk menghindari terjadinya risiko diatas, maka cobalah untuk menggunakan asuransi untuk memproteksi mobil yang Anda rentalkan. Dengan mendaftarkan mobil ke perusahaan asuransi, maka biaya-biaya kerusakaan mobil akan ditanggung oleh pihak asuransi.

 

6) Promosi Bisnis

Untuk memperkenalkan bisnis Anda ke masyarakat luas, tentus saja Anda membutuhkan channel sebuah promosi bisnis yang tepat, baik menggunakan teknik promosi offline maupun online. Caranya Anda bisa mulai memasarkannya melalui orang terdekat, memakai akun social media, membuat website, bergabung dengan komunitas pengusaha rental mobil, menjadi member di remorental marketplace rental mobil murah per jam, dan lain sebagainya.

 

Tujuan dari mempromosikan bisnis ini adalah dalam rangka untuk memperluas market, disamping Anda juga bisa bekerja sama dengan hotel untuk membantu Anda menawarkan bisnis ke pelanggan atau pengunjung hotel atau bermitra dengan perusahaan tour & travel.

 

7) Kelola Uang dengan Cermat dan Baik

Tips pada point 7 ini haruslah benar-benar Anda jalankan dengan baik ketika sudah memulai bisnis rental. Mengapa? Karena perihal mengelola keuangan bisnis dengan baik adalah satu satu kunci utama yang dapat membuat bisnis anda menjadi cepat sukses.

 

Nah, seandainya anda tidak terlalu paham tentang bagaimana cara mengelola keuangan dengan cermat dan baik, Anda dapat menyewa jasa konsultan keuangan atau bisa mempercayakan keuangan bisnis dengan menggunakan software akuntansi online yang dapat menjadi solusi keuangan bisnis Anda.

 

Dengan penggunaan software akuntansi online, Anda hanya perlu mencatat seluruh transaksi bisnis ke dalam sistem, dan software tersebut akan secara otomatis memberikan data akurat dan realtime mengenai kondisi keuangan bisnis Anda. Artinya, software ini secara tidak langsung telah menyediakan laporan keuangan yang bisa Anda akses kapan saja dan di mana saja. Tentu saja hal ini telah memudahkan Anda dalam pengelolaan bisnis rental mobil secara modern dan profesional.

 

Jangan lupa juga untuk membaca artikel lainnya: penyewaan mobil online, bisnis menggiurkan tahun 2019

 

Demikian artikel yang membahas tentang “Tips Merintis Bisnis Rental Mobil Saat Modal Kecil”, semoga bermanfaat bagi sobat silaenseo.com yang akan berkiprah dalam bisnis penyewaan mobil. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *