Tips Pemasaran Bisnis Online Via WhatsApp

Whatsapp atau lazim disingkat dengan WA merupakan media sosial yang digunakan untuk berjualan online dan yang paling banyak di pilih oleh pebisnis online untuk media promosi. Sebagaimana diketahui bahwa bisnis online dimaknai sebagai salah satu usaha yang sangat menggiurkan di zaman digital ‘millennial’ yang membutuhkan adanya tips pemasaran online.

 

Tips Jualan Online Menggunakan Whatsapp

 

Alasan pebisnis lebih memilih bisnis online disebabkan modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar dan sering dimaknai sebagai bisnis tanpa modal yang dapat memberikan keuntungan lebih besar. Dari awal pendirian jenis bisnis ini, pelaku usaha tidak perlu menyewa ruko atau membutuhkan karyawan, cukup hanya bermodalkan kuota internet dan smartphone atau laptop.

 

Jadi tak heran, bila saat ini banyak profesi terbaru yang lahir di era digital ini dan layak untuk ditekuni oleh siapa saja, sehingga jika bisnis online milik Anda tidak laku, maka tidak mengalami kerugian yang sangat besar.

 

Pemasaran Bisnis Online Pakai Whatsapp Mudah

Perkembangan bisnis online hingga tanggal 21/02/2019 yang bisa di pilih, jenisnya banyak sekali dan membutuhkan cara menggunakan teknik pemasaran terbaik. Mulai dari bisnis jasa iklan, penulisan artikel untuk website/blog, dunia fashion, travelling, kuliner, ticketing, kosmetik, barang elektronik, jual handphone online, niaga perabotan rumah tangga, rental motor dan mobil, jual pulsa dan token, bisnis pembuatan website/situs, jasa search engine optimization (SEO), dan lain sebagainya.

 

Tentu sebagai langkah awal memulai usaha baru, maka lebih baik Anda membangun bisnis online secara kecil-kecilan terlebih dahulu. Misalnya bisnis menjual kosmetik secara online. Perkembangan penjualan produk kosmetik di tahun 2019 ini sangat banyak yang dijual secara online, terutama bertindak sebagai reseller. Belum lagi produk kosmetik yang dijual tersebut tidak ditemukan di pasaran dan hanya bisa di beli secara online. Apalagi saat ini kondisi di pasaran bahwa produk-produk kosmetik impor semakin banyak dijual dan diminati pengguna. Hal ini dikarenakan produk lokal dirasa kurang maksimal dan tak trend.

 

Perlu diketahui, bahwa para pengguna media sosial terutama whatsapp sebagian besar adalah wanita baik remaja, dewasa maupun ibu-ibu rumah tangga (IRT). Untuk itu, bisnis kosmetik yang dijual secara online memiliki peluang cukup besar bisa sukses dan memberikan keuntungan. Namun, satu hal yang perlu selalu diingat bahwasanya tingkat persaingan bisnis serupa yang dijual secara online juga banyak, sehingga membutuhkan cara berjualan di whatsapp agar cepat laku. Jadi seandainya harus bersaing, apakah bisa survive dari persaingan bisnis atau setidak-tidaknya bisa berada di halaman pertama google.

 

Tips Jualan Online Memakai WhatsApp (WA)

Satu kunci utama meraih keberhasilan bisnis online adalah giat melakukan promosi dan pemasaran produk. Tapi yang menjadi perhatian adalah tentang cara dan tips untuk menarik hati pelanggan di dunia maya tidaklah mudah untuk menjadi pelanggan atau membeli produk. Artinya anda harus bisa memasarkan produk tersebut sampai bisa diminati calon pelanggan. Oleh karena itu, Anda harus rajin share untuk mengenalkan produk yang di jual secara online melalui penggunaan akun media sosial (medsos), misalnya memakai whatsapp (wa).

 

WhatsApp sebagai salah satu media sosial yang sangat popular, banyak digunakan masyarakat dan bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk melakukan promosi usaha Anda untuk mendapatkan konsumen. Apalagi perkembangan terakhir, dimana seluruh fitur-fitur WhatsApp yang terus menerus diperbaharui untuk memberikan kemudahan untuk promosi, termasuk membangun website untuk kebutuhan SEO yang lebih baik lagi.

 

Walaupun WhatsApp tetap jauh berbeda dengan teknik promosi di Instagram yang jauh lebih mudah dan efektif, namun ada beberapa tips yang bisa di lakukan ketika melakukan promosi di WhatsApp, seperti:

 

*) Sering ganti foto profil dengan produk yang sedang di jual;

*) Foto profil atau DP pada WhatsApp akan langsung memberikan identitas penggunanya. Maka dari itu, gantilah DP secara rutin dengan produk-produk yang Anda jual secara online. Sehingga dengan tips tersebut, maka teman-teman Anda akan lebih mengetahui produk apa saja yang dijual;

*) Memperbanyak teman di WhatsApp. Secara umum dengan semakin banyak teman, maka akan semakin banyak pula relasi pada jaringan bisnis. Teman WhatsApp yang Anda miliki tersebut dapat meningkatkan peluang besar atas terjualnya produk yang sedang dipasarkan. Namun, satu hal yang perlu selalu diingat agar senantiasa memastikan teman-teman Anda di WhatsApp juga menyimpan nomor kontak WA Anda. Dengan begitu, mereka akan sering melihat postingan atas produk yang Anda jual tersebut;

*) Update status dengan foto-foto produk yang sedang dijual. Kondisi WhatsApp saat ini ada memberikan fitur terbaru, yakni WhatsApp story. Layaknya seperti instagram story, fitur WhatsApp juga memungkinkan para pengguna untuk mengupdate status baik foto, video maupun tulisan. Semakin sering Anda melakukan upload foto dan konten lainnya, maka semakin mudah pula mengingatkan para pengguna mengenai produk-produk yang Anda jual. Namun, alangkah lebih baik memberikan tampilan yang berbeda dan menarik dengan produk lainnya, sehingga hal ini akan membuat orang lain semakin penasaran;

*) Broadcast secukupnya. Ingat, apabila terlalu sering broadcast juga tidak baik dari segi pemasaran. Bila terlalu sering melakukan posting, maka teman WhatsApp Anda juga akan merasa risih dan terganggu. Tentu saja bisa berakibat mereka akan menghapus Anda dari daftar kontak WhatsApp-nya;

*) Membuat Grup WA. Adanya grup WhatsApp ini sangat efektif untuk mempromosikan produk agar diketahui oleh khalayak ramai. Anda hanya cukup melakukan promosi satu kali dan info tersebut akan dibaca oleh setiap orang yang menjadi anggota grup WA tersebut.

 

Demikian artikel yang membahas tentang tips jualan online di ‘wa’ whatsapp, mudah-mudahan bermanfaat bagi para sobat pelaku bisnis di internet. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

2 Comments

Add a Comment
  1. keren sekali mas,,artikelnya berjualan di whatsApp menginspirasi sekali untuk diikuti,,

    1. terima kasih

      semoga artikel diatas bisa bermanfaat, terutama bagi para pebisnis pemula yang ingin sukses berbisnis menggunakan whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *