Bisnis Online dan Jasa SEO

Bisnis Online Medan dan Jasa Ahli SEO Blogger Terbaik

Tips Membuat dan Membangun Portofolio Bisnis Online

Amat disayangkan pada jaman millenial yang marak bisnis berbasis online ini, anda tidak mencoba untuk mempromosikan berbagai produk via online untuk calon pelanggan atau pembeli pada portofolio website yang khusus dimodifikasi untuk bisnis online. Mengapa ? Karena keberadaan portfolio atas produk dagangan online sangat membantu dalam meraih kesuksesan untuk menarik minat serta pertimbangan lebih lanjut bagi pelanggan baru, artinya sebagai sarana dan prasarana internet marketing jangka panjang.

 

Portofolio Usaha Bisnis Online Terbaik

 

Portofolio dalam makna pemasaran bisa digunakan untuk memasarkan sekumpulan produk atau hasil kerja, baik berupa karya desain maupun produk dagangan yang telah selesai dan siap untuk dipasarkan. Dengan portofolio ini secara tidak langsung terlibat sebagai salah satu upaya yang lazim ditempuh dalam upaya promosi usaha dengan melibatkan diri sendiri, media offline ataupun media online seperti website ataupun blog maupun microsite lainnya.

 

Pada artikel yang admin bagikan kali ini, kami akan menjelaskan sedikit bahwa betapa pentingnya memiliki sebuah portofolio dalam member area di aktivitas bisnis online, serta bagaimana membuat portfolio dengan baik dan benar serta tepat tujuannya ke konsumen yang ditargetkan.

 

Portofolio bisnis online yang akan dibuat tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

 

1) Jangan melakukan promosi berlebihan

Portfolio dikatakan menarik, seandainya diisi dengan desain-desain produk pilihan terbaik bagi pelanggan. Jangan terlalu berlebihan menampilkan produk dagangan dalam jumlah banyak. Lebih baik memiliki sedikit produk yang menurut anda layak untuk ditampilkan dan dijual pada portfolio, daripada memasukkan produk bisnis yang tak layak jual dan kurang diminati calon pembeli. Yang jelas portfolio haruslah diisi dengan hasil produksi bisnis yang paling top dan hits, terkenal, serta berharga relatif murah yang merupakan kebanggaan bagi nama usaha anda.

 

2) Jangan dipaksakan

Pada saat tertentu yang membuat pelanggan terbaru baru saja bergabung di website yang berbasis usaha online, kadang mereka belum paham untuk apa itu portfolio. Ketika dia mencari produk kesayangannya pada sebuah etalase toko online (kontes dan pajangan) yang termuat dalam website, kemudian mendapatkan pertimbangan buruk atas kualitas desain, rasa ataupun mutu yang masih kurang layak, terutama produk yang sudah kalah bersaing pun dimasukkan kedalam portfolio, tentu “negative images” langsung terbentuk seketika itu juga.

 

Tentu adalah hal yang wajar dan saya pribadi pun pada awalnya seperti itu, menilai produk-produk yang dipajang pada etalate toko online perlu dipertahankan jam tayang nya. Namun lama kelamaan desain produk lama yang tidak layak itu, kemudian di buang dan menggantikannya dengan desain yang hanya paling laris, hits, serta unik.

 

Jadi buat para pebisnis online pemula, saran kami agar senantiasa melakukan penambahan desain portofolio secara bertahap dan komprehensif dengan memastikan desain benar-benar produk bisnis online terbaik menurut anda. Jadi jangan dipaksakan berjualan online dengan produk seadanya, agar calon klien atau pelanggan dan maupun para pelaku contest holder bisa tertarik dengan kualitas desain produk yang ditawarkan untuk diajak dalam melihat etalase yang dipanjang/dikonteskan dalam portofolio project dimasa mendatang.

 

3) Hindari submit jenis produk yang sama secara berulang-ulang

Banyak pebisnis online terutama pebisnis pemula yang kerap kali memasukkan desain yang sejenis pada portofolio yang dibuat. Sebaiknya hal ini tak perlu dibuat dengan cara mengulang-ulang atas jenis desain yang sama, jika anda pelaku bisnis yang jual pakaian online (busana, fashion) seringkali memasukan berbagai jenis baju yang mirip dan umum.

 

Sebenarnya, anda cukup mengetahui saja bahwa atas jenis desain produk pakaian/baju atau busana/fashion itu jumlahnya bisa jutaan bahkan lebih mode. Jika ini terlalu banyak terposting di portfolio, maka buat mereka sang calon pembeli atau pelanggan yang melihat desain dimaksud, secara psikologis bisnis karena kebanyakan jenis yang ditampilkan membuat pelanggan menjadi malas untuk mencermatinya lebih lanjut.

 

Sebaiknya para pemilik bisnis online ataupun pelaku usaha online melakukan submit desain portfolio yang jenisnya berbeda (baik warna, mode, ukuran, kualitas, bahan, dll), biarkan para calon pelanggan tersebut menelusiri setiap sudut halaman website toko online anda dan pastikan bahwa pembeli nantinya akan menemukan desain produk lainnya melalui thumbnail yang ada dalam daftar portfolio.

 

4) Memaksimalkan proses “crop” atau fitur pemotongan “preview thumbnail”

Nah, saat ini telah ada fitur crop tools yang tersedia secara gratis, jadi ketika anda melakukan submit desain portfolio akan muncul item untuk melakukan “preview thumbnail” yang fungsinya untuk memotong desain produk untuk menampilkan bagian tertentu saja secara lebih jelas dan fokus, serta semenarik mungkin.

 

Memang dahulu fitur crop ini belum ada dan tidak dimanfaatkan secara maksimal oleh para pebisnis online dan pemilik toko internet, jadi sangat wajar hal ini menyebabkan tampilan desain portfolio kelihatan full preview dan tentu saja akan banyak memakan tempat pada halaman portofolio hingga kelihatan kurang efektif dan efisien.

 

5) Memodifikasi desain produk generik

Dalam aktivitas bisnis online, memodifikasi produk adalah hal terpenting buat pebisnis online, seperti penjual pakaian, sepatu, tali pinggang, anting-anting, dlsb. Jangan melakukan submit entri desain produk dagang ke portfolio anda seandainya desain tersebut mempunyai elemen-elemen desain yang sifatnya generik dan kurang mmenarik. Contoh icon untuk mode pakaian yang sudah umum, font yang generik dan tersebar luas bisa didapatkan dengan cara mengunduhnya secara gratis di internet.

 

Seandainya barang dagangan menggunakan logo, maka hindarilah pemakaian style logo yang overused. Mengapa ? Karena, hal tersebut bisa merusak citra dan keunikan desain sebuah produk yang sedang dipasarkan secara online. Ya, setidak-tidaknya anda perlu melakukan uninstal font-font generik tersebut, seperti mempertimbangkan menggukan font “Harabara”, font “Trajan” dan font “Satisfaction”, serta menghindari install font yang itu-itu saja.

 

Seandainya logo website toko online atau blog bisnis internet anda sampai diketahui oleh pelanggan menggunakan font yang sudah membosankan, maka jangan menyesal kalau website bisnis internet anda akan langsung ditinggalkan oleh para pengunjung. Bahkan bisa menurunkan status dan page rank menjadi biasa, sehingga terkoreksi ke halaman 2, 3, 4 atau bahkan hilang sama sekali dari indeks di halaman google.

 

6) Halaman portfolio itu bukan barang mati

Jangan memperlakukan halaman portofolio hanya sebagai backup atas produk yang dipasarkan saja. Memanfaatkan halaman portofolio bukan berarti anda tidak merawatnya tanpa secara berkala melakukan update dan menyeleksi atas desain produk lawas (jadul) untuk diganti, kurang layak dan lainnya yang terindikasi bisa merusak citra profesional profile atas bisnis online anda.

 

Kami dari silaen seo blog’s memberikan saran agar selalu menjamah laman portofolio dan mencoba mengupdate tampilan porfolio agar semakin menarik dari hari ke hari. Lakukan perubahan posisinya, mana desain yang akan ditampilkan pada halaman utama dan posisi awal dan mana desain yang ditaruh pada akhir tampilan di website. Ini merupakan strategi ampuh dan jitu agar para stakeholder yang melihat bisa langsung tertuju ke desain produk terbaik yang anda tawarkan di website/blog usaha online.

 

7) Memaksimalkan penggunaan SEO untuk judul, deskripsi dan tags

Para pebisnis online harus memahami bahwa sebenarnya para pelanggan telah banyak mengetahui dan memiliki kemampuan untuk menebak kira-kira desain produk usaha toko online anda merupakan jenis apa ? Untuk apa ? Dan beberapa pertanyaan-pertanyaan lainnya.

 

Nah untuk menjawabnya, maka anda harus memaksimalkan menambahkan efek dari manfaat seo bagi bisnis online dengan menggunakan teknik seo onpage pada judul, deskripsi serta tags yang terdapat pada halaman portofolio. Tentu hal ini akan membantu para calon pelanggan dan konsumen lama untuk memahami desain tersebut dan mengetahui secara detail atas adanya produk baru. Disamping itu, hal ini juga sangat penting ketika mereka menelusuri setiap jengkal situs toko online menggunakan kata kunci atau keyword yang secara langsung terdeteksi dari penggunaan judul dan tags pada produk yang dipromosikan ke pasaran global.

 

Jadi teknik memaksimalkan penggunaan seo pada judul, deskripsi, tags ataupun anchor teks sangat diperlukan dan sangat membantu dalam proses pencarian produk, terutama yang menggunakan browser atau googling.

 

8) Desain portofolio haruslah sedetail mungkin

Sebelum memasukkan berbagai produk desain kedalam portfolio yang sudah ber-seo-kan seo friendly, setidak-tidaknya anda bisa memahami dan mampu menjawabnya sendiri. Apakah desain preview yang terlihat seperti sepele tersebut bisa dibaca dan terlihat dengan sempurna atau haruskah melihatnya menggunakan alat seperti microskop ? Hahaha…., kemudian apakah anda yakin bahwa pewarnaan produk online yang dipromosikan kelihatan lebih sempurna saat dilihat menggunakan komputer ataupun hp android dan ios maupun perangkat mobile lainnya, sehingga terlihat jelas website anda terlihat sebagai salah satu pakar toko online indonesia.

 

Satu hal untuk tetap bisa update dalam mendesain produk online yang termuat dalam halaman portofolio di website toko online yang menjual berbagai usaha online telah memiliki photo stock dalam jumlah banyak yang bisa menjadi branding usaha internet anda lebih berkelas.

 

Nah, gimana teman-teman yang doyan berbisnis online atau sedang mencari desain atas usaha internet, apakah sudah memahami penjelasan kami diatas ? Semuanya itu merupakan konsep dasar dan tips awal yang perlu diketahui lebih expert lagi untuk membuat dan membangun portofolio bisnis online agar lebih bermanfaat untuk kesuksesan bisnis di internet (dunia maya). Terutama bagi anda sobat silaen bisnis blog’s yang belum memiliki dan memaksimalkan portofolio pada website toko online, maka tidak salah untuk mencoba tips dan trik diatas, serta mendapatkan efek positif setelah membacanya hingga tuntas agar lebih menjamin profile bisnis online anda menjadi lebih terkenal, hits dan laris manis dibeli oleh calon pelanggan ataupun para pembeli baru. Semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kontes SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!