Tips SEO Untuk Website E-Commerce Indonesia

Pertumbuhan website e-commerce di tahun 2019 semakin menjamur, dimana sama-sama kita lihat toko online yang menjual berbagai barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia tersedia secara lengkap. Bisnis sandang dan pangan serta papan juga sudah hampir rata di modifikasi menjadi sebuah bisnis e-commerce yang pengelolaannya juga dapat dilakukan dari smartphone atau handphone android.

 

Tips SEO Bisnis E-Commerce Indonesia

 

Tentu pada zaman yang dikenal dengan era milenial, dimana hampir semua akses teknologi dan informasi dapat diperoleh melalui hp asal tersambung dengan jaringan internet seperti yang kita rasakan saat ini. Artinya, bisnis bukan lagi hal yang harus memiliki bentuk fisik seperti toko ataupun perusahaan yang biasa terlihat, namun dapat berbentuk sebuah database yang disebut website.

 

Nah, ketika menjelajah di dunia online menggunakan hp android, maka dapat dipastikan anda lazim menemukan website atau blog yang berisi bermacam jenis produk dan jasa yang mana metode pemesanan produk yang terdapat di website atau situs ecommerce tersebut dapat juga dilakukan secara online dan real time. Penggunaan website sebagai situs toko online juga merupakan pengimplementasian bisnis e-commerce.

 

Pada pembahasan dalam artikel ini, sejumlah poin penting mungkin akan mengarah pada startup toko online seperti Lazada, Bukalapak, Shopee, Blibli ataupun Tokopedia. Jika bicara mengenai optimalisasi website toko online, sebenarnya optimisasi yang diterapkan dapat dikatakan sama metode pengerjaannya selayak dengan website atau blog pada umumnya. Namun kecenderungan yang penulis lihat dalam beberapa tahun belakangan ini, banyak sekali website berbasis e-commerce alias toko online yang mengabaikan prinsip atas kinerja SEO (Search Engine Optimization) onpage yang merupakan dasar dominan SEO friendly. Hal ini terkait dengan isi konten yang dibuat tidak berkualitas dan tidak original, serta banyak mengambil dari website e-commerce lain yang menjual produk serupa alias konten copy paste (copas).

 

Padahal sama-sama diketahui bahwa ‘content is king seo 2019‘, sehingga diwajibkan untuk menulis konten atau segera belajar tentang segala cara bikin artikel berkualitas tanpa pernah berpikiran untuk mencontek mentah-mentah konten yang sudah dipublikasi oleh website/blog lain, apalagi yang jual produk sama persis. Jadi jangan harap konten contekan yang dibuat tersebut akan bisa mendapat posisi terbaik di halaman google atau memenangkan kompetisi keyword targetan anda dengan kompetitor anda.

 

Penerapan teknik dan tips SEO on page (SEO friendly) yang kurang maksimal dan salah kaprah dalam suatu website e-commerce (usaha toko online) dapat dikatakan sangat disayangkan apabila mengingat hal ini sangat penting dalam rangka untuk meningkatkan traffic pengunjung website toko online menjadi lebih banyak lagi setiap harinya.

 

Penulis sebagai salah satu pegiat di bidang SEO dan bisnis online, telah meramu beberapa cara yang dapat digunakan untuk menerapkan SEO friendly pada website e-commerce atau toko online agar kebanjiran pengunjung, yakni dengan cara:

 

1) Pemberian Deskripsi Produk Yang Tepat dan Baik

Salah satu prinsip utama dalam mempraktekan tips SEO friendly adalah dengan pemberian konten yang baik dan bermanfaat bagi para pengunjung website. Pengisian deskripsi produk yang baik akan mampu memberikan informasi yang lebih lengkap dan jelas kepada setiap pengunjung dan juga akan membuat persaingan dalam search engine menjadi lebih mudah untuk dimenangkan.

 

Perbuatan mengcopy deskripsi produk yang berasal dari website e-commerce atau website toko online lain sebaiknya tidak dilakukan. Mengapa? Karena hal tersebut akan membahayakan SEO website e-commerce anda kedepannya, misalnya akan sering terjadi error. Jadi buatlah deskripsi produk semenarik dan se-original mungkin hasil buatan anda agar dapat menunjang SEO website anda kedepannya.

 

Satu hal yang perlu diketahui dalam pembuatan artikel adalah panjang pendeknya konten yang secara otomatis akan sangat mempengaruhi kekayaan keyword di dalam konten anda. Artinya bila keyword incaran anda berkategori ‘kelas kakap’, maka buatlah artikel yang memuat minimal 1000 kata dengan penyebaran keyword yang tak melebihi 5% agar dipandang baik oleh sistem crawling google. Nah, dengan begitu peluang untuk masuk ke posisi 1-10 besar akan terbuka lebar, sehingga dengan begitu kemungkinan untuk di klik oleh pengunjung akan semakin besar pula.

 

2) Menjalankan Pemberian Review Produk

Hal yang dimaksud pada bagian ini adalah pemberian testimoni yang sesuai dengan data dan fakta yang ada tentang sekitar pemakaian produk yang di jual pada toko online anda. Sebuah website situs e-commerce dengan halaman review produk akan memiliki persentase yang lebih tinggi untuk mendapatkan ranking pada mesin pencari. Tapi jangan lupa juga untuk menambahkan juga review pada bagian ‘rich snippets’ untuk tujuan memaksimalkan kinerja SEO.

 

Bila anda menggunakan website wordpress self hosted yang terkenal sangat banyak memiliki plugins, maka untuk dapat menjalankan fungsi rich snippets silahkan untuk menambahkan plugin tersebut.

 

3) Penerapan atau Penggunaan Keyword yang Tepat

Pada bagian ini, pemberian keyword yang tepat pada title merupakan tindakan yang sangat penting untuk segera dilakukan. Memang banyak sumber yang sudah berpredikat master SEO mengatakan dan memberikan tips SEO bahwa keoriginalan title adalah hal yang penting. Namun tidak serta merta hal tersebut langsung penulis benarkan, mengingat fokus keyword adalah tujuan utama menggunakan SEO.

 

Jadi menurut penulis bahwa pemberian fokus keyword ini pada judul halaman (title tag) dan juga judul konten (heading tag) dilakukan dalam rangka untuk memaksimalkan perankingan pada pencarian Google. Oleh sebab itu, tak ada salahnya sebisanya mungkin difungsikan. Disamping itu, anda juga harus menghindari terjadi kesalahan dalam pengetikan keyword atau nama produk (typo), karena Google adalah robot pencarian yang cerdas sehingga 1 kesalahan kecil pun dalam pengetikan dapat menyebabkan Google tidak menyajikan halaman anda sebagai hasil pencarian.

 

4) Menerapkan Optimalisasi pada URL

Hal ini memang terdengar remeh, sepele dan sering diabaikan oleh para pebisnis toko online, terutama pemula. Namun adanya kesalahan ini juga akan memberikan sumbangsih dalam pemeringkatan produk anda di mesin pencari. Kebanyakan penulis melihat bahwa banyak website e-commerce yang masih menggunakan link mentah (permanent link) yang kurang baik untuk SEO friendly, sehingga optimisasi seluruh kata yang terdapat pada URL tidak bisa maksimal. Contoh URL permanent link yang diterapkan secara salah tersebut adalah: http://silaenseo[.]com/?p=298.

 

Jadi penulis menyarankan agar URL yang dipakai dapat kepastian telah menerapkan SEO Friendly, dimana seharusnya juga turut mencantumkan keyword di dalamnya, contohnya: http://silaenseo[.]com/bisnis-startup-paling-sukses-di-indonesia/ dengan begitu target kata kunci ‘bisnis startup’ dapat dimaksimalkan untuk bersaing di halaman satu google Indonesia.

 

Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya: tips membangun web bisnis online 2019, agar wawasan tentang eksistensi dunia bisnis yang mengedepankan internet marketing semakin bertambah luas.

 

Demikian artikel yang membahas tentang ‘Tips SEO Untuk Website E-Commerce Indonesia’, semoga bisa bermanfaat bagi sobat silaenseo dan salam sukses menjalankan bisnis online. Terima kasih.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *