Bisnis Online dan Jasa SEO

Bisnis Online Medan dan Jasa Ahli SEO Blogger Terbaik

Tips Sukses Berbisnis Ternak Blog

Sepanjang tahun 2018, para blogger semakin berhasrat menggiati bisnis ternak blog atau usaha blog dummy. Ya, mungkin banyak sobat blogger sudah melihat para peternak blog yang sudah sukses dan menghasilkan uang dari jenis usaha tersebut, misalnya menghasilkan uang dari menjadi seorang publisher di google adsense (ads), menjual blog dummy-nya, atau menjual template, jual e-book berisi tutorial dan pengalamannya selama ngeblog, dlsb.

 

Bisnis Ternak Blog Sukses dan Usaha Blog Dummy Terbaik

 

Secara prinsip bahwa usaha ternak blog ini adalah bahagian dari konsep bisnis online secara global, yakni dengan cara membuat blog lebih dari 1, kemudian dikelola secara baik dengan cara mengisi artikel/konten berkualitas didalamnya, layaknya seperti mengelola blog utama miliki kita. Mengapa harus tetap di isi dengan artikel/konten berkualitas ? Hal ini disebabkan, blog yang secara rutin di update kontennya, maka otomatis akan membuka peluang yang sebesar-besarnya untuk mendapat kunjungan yang berasal dari search engine.

 

Para sebagian blogger yang sudah bertitel sebagai ahli ternak blog dan master blog dummy, tentu usaha ini sudah dirasakan sangat menguntungkan karena telah sukses memperoleh penghasilan uang lewat blog. Jadi wajar saja, bila para ahli dan master ini memiliki ambisi selalu menambah penghasilannya dengan menambah blog dummy terbaru mereka sebagai wadah untuk publisher iklan adsense ataupun usaha jasa pasang iklan/banner mandiri.

 

Memang bagi seorang blogger pemula (junior), untuk usaha berternak blog atau membuat blog sebanyak-banyaknya adalah perkara yang teramat sulit untuk dilakukan, terlebih bagi orang yang hanya memiliki waktu yang sangat terbatas dan hanya sendiriannya mengurus blog. Mengapa ? Karena hal ini terkait dengan pekerjaan untuk memikirkan topik-topik yang berbeda untuk setiap blog yang di-kelola-nya. Ya, mengelola blog dummy itu tidak ada bedanya dengan mengelola blog utama.

 

Ikhwal aktivitas berternak blog secara prinsip akan sangat mudah di lakukan bagi orang-orang yang memiliki banyak waktu luang. Nah, dengan banyaknya waktu luang ini, maka otomatis akan memiliki banyak kesempatan dalam melakukan pekerjaan untuk mengelola blog dummy dengan baik. Dimana di setiap kesempatan akan bisa selalu beraktivitas dengan laptop untuk bekerja melakukan update konten pada seluruh ladang peternakan blog yang dimilikinya.

 

Ya, pada pokoknya bahwa mengurus satu blog dan fokus update konten secara berkala dan rutin, serta fokus pada konten berkualitas adalah tidak terlepas dari porsi penggunaan waktu antara dunia nyata dengan waktu di dunia maya (online) untuk blog demi tujuan mendapatkan pengunjung yang lebih banyak lagi ke setiap blog yang dikelola. 

 

Kalau kita cermati, aktivitas yang dilakukan oleh pakar ternak blog maupun para konsultan blog dummy, hampir rata mengatakan bahwa pengelola blog untuk terus menulis dan terus menulis artikel tanpa henti dengan berbagai konten bermanfaat dan konten berkualitas, karena hal itu merupakan jalan terbaik memperbanyak trafik pengunjung yang singgah ke blog dummy kita. Jadi senantiasanya untuk selalu belajar tentang cara meningkatkan pengunjung blog.

 

Nah, setelah blog dummy tersebut mulai ramai pengunjung secara permanen, mulailah kita memikirkan membuat blog dummy baru, kemudian menulis artikel berkualitas sebanyak-banyaknya di blog baru tersebut hingga sukses mendapatkan pengunjung yang banyak pula setiap harinya. Setelah itu, kembali membuat blog baru lagi dan sukseskan hingga mendapatkan banyak pengunjung, begitu seterusnya sembari tetap fokus untuk memelihara blog utama kita. Intinya, fokus dan sukseskan blog terlebih dahulu, lalu kemudian buat blog baru dan sukseskan.

 

Untuk kita yang ingin memulai berternak blog sebanyak mungkin, hal terpenting adalah memastikan terlebih dahulu perihal adanya waktu yang cukup untuk mengurusi semua blog dummy yang kita buat, karena bila waktu yang anda sangat terbatas maka akan menemui banyak kendala, belum lagi nanti akan muncul perasaan malas dan bosan untuk menulis artikel, sebab menulis artikel satu kali sehari untuk setiap blog wajib dilakukan bagi anda untuk mengelola peternakan blog demi mempertahankan dan meningkatkan pengunjung blog.

 

Bila anda sudah mantap untuk bekerja pada ladang bisnis ini, yakni menjadi seorang peternak blog, tentu ada tips maupun strategi yang harus anda penuhi agar bisa sukses dan menghasilkan keuntungan. Tips dan resep dimaksud adalah sebagai berikut:

 

1) Memahami perilaku pembaca

Jika sukses berbisnis ternak blog dan bisa menguntungkan, maka solusi terbaiknya dimana Anda harus memiliki kemampuan untuk menghasilkan tulisan bermutu, dan berguna bagi pembaca. Tidak hanya itu saja, anda juta harus terlebih dahulu mengenal para pembaca blog ataupun calon visitor blog dummy Anda, misalnya karakteristik dan topik atau tema pembahasan yang diminatinya. Nah dengan kita mengetahui apa yang diminati pembaca, maka otomatis akan mampu menghasilkan konten yang lebih menarik dan memberi nilai lebih bagi setiap pembaca anda.

 

Sebagai contoh, jika pembaca yang dituju adalah wirausahawan online dan pemilik usaha kecil – menengah dan koperasi, maka Anda sebaiknya membuat konten berisi tips dan trik seputar perencanaan finansial atau investasi, ataupun strategi pemasaran online beragam produk ataupun jasa yang hendak dipasarkan ke dunia maya (online).

 

2) Mencintai pekerjaan pilihan anda

Jika Anda tidak mencintai pekerjaan Anda, maka Anda tidak dapat menghasilkan tulisan yang baik, bermutu dan berkualitas. Ingat, bahwa semua pembaca akan menghargai tulisan seandainya Anda mampu mencurahkan seluruh pengetahuan dan keterampilan maupun pengalaman Anda dalam bentuk konten yang menarik dan terpublikasi.

 

Jadi, pekerjaan yang telah anda pilih yakni menjadi seorang peternak blog haruslah anda cintai dan tetap mempertahankannya meskipun menghadapi masa-masa yang sulit.

 

3) Jadilah seorang peternak yang konsisten

Jika pembaca dan pengunjung sudah menggemari blog Anda, maka pembaca akan dengan setia mengunjungi blog Anda secara berkala. Oleh karena itu, jika Anda tidak meng-update konten secara berkala, maka pembaca secara perlahan-lahan akan meninggalkan blog Anda. Sehingga andapun akan terus kehilangan pengunjung setiap harinya.

 

Ada satu tips dari kami untuk menjaga agar pembaca tidak lari dari blog, yakni dengan memberitakan kepada pembaca tentang jadwal update konten di blog, dan andapun harus konsisten dengan jadwal dan menghindari waktu telat meng-update konten.

 

4) Membuat konten yang bermanfaat

Ada “image” di dunia maya bahwa blog merupakan selingan di sela-sela kesibukan pembaca. Jadi, secara prinsip bahwa pembaca tidak akan bersedia meluangkan waktunya secara khusus untuk membaca konten yang tidak menarik dan tidak ada gunanya.

 

Nah, oleh karena itu ada baiknya untuk selalu membuat tulisan yang bermanfaat dan memberikan nilai lebih dan positif bagi pembaca, seperti isu bisnis terbaru atau solusi dari masalah yang sedang dihadapi oleh mayoritas pembaca pada setiap blog dummy milik anda.

 

5) Membuat konten menggunakan metode yang variatif

Memang benar adanya bahwa konten blog dapat dipublikasikan kapan saja (baik pagi, siang, sore ataupun malam hari). Jadi buatlah konten yang sesuai dengan waktu mempostingnya. Bila pada pagi hari, biasanya para pembaca akan sibuk dan bersiap-siap untuk berangkat kuliah atau bekerja, sehingga buatlah konten singkat dan pada atau gunakan list.

 

Nah, dengan begitu maka konten Anda di blog dummy akan lebih mudah dibaca. Berbeda halnya dengan konten yang di-post pada waktu malam hari, maka Anda dapat mencantumkan lebih banyak kalimat karena pembaca biasanya akan memiliki waktu luang yang lebih banyak.

 

6) Menjawab komentar yang masuk dengan secukupnya

Bagi seorang blogger kawakan bahwa sangat penting untuk berinteraksi dengan para pembacanya, namun Anda tidak perlu menjawab semua komentar yang disampaikan oleh para pembaca. Jadi, balaslah komentar yang menurut Anda penting dan sangat perlu untuk dijawab. Dengan begitu, tidak timbul “negative image” dari pembaca bahwa Anda hanya bermulut manis dan basa basi saja.

 

7) Menggunakan sumber artikel terpercaya

Memang secara umum, para blogger dalam membuat satu konten kebanyakan adalah sesuai dengan pengetahuan, keterampilan dan pengalmannya.

 

Namun ada kalanya Anda tidak menguasai semua hal yang akan Anda sampaikan kepada pembaca. Saat hal ini terjadi, maka tidak ada salahnya jika Anda memberi tautan kepada sumber yang terpercaya. Nah, cara ini akan lebih baik daripada Anda memaksakan diri untuk menyampaikan sesuatu yang kurang Anda pahami.

 

8) Menggunakan bantuan gambar atau video singkat

Sobat blogger, tahukah Anda bahwa gambar atau video lebih bermakna daripada ribuan kata ? Terkadang, gambar dapat lebih membantu Anda untuk menyampaikan makna secara detail dan mudah dipahami.

 

Nah, dengan begitu, blog dummy tidak melulu berisi kata-kata, namun dapat dilengkapi dengan gambar atau video singkat yang mendeskripsikan isinya, sehingga terlihat sangat profesional.

 

9) Senantiasa menggunakan SEO

Bila anda ingin sukses dalam bisnis ternak blog, maka jangan pernah untuk melupakan pentingnya SEO (Search Engine Optimization). Muncul atau tidaknya artikel blog Anda dalam search engine, seperti google, yahoo, bing, yandex, baidu adalah ditentukan oleh kata kunci atau tag yang Anda gunakan, serta tingkat persaingannya. Oleh karena itu, pelajarilah kata kunci dari issu bisnis terkini yang berkaitan dengan isi blog Anda dan lampirkanlah dalam isi konten Anda dengan tetap memperhatikan teknik white hat SEO, baik untuk SEO onpage maupun SEO offpage.

 

10) Gunakan teknik pemasaran

Secara prinsip agar blog bisa terus berkembang dan memberikan keuntungan, sebenarnya tidak seluruhnya bergantung pada seberapa tampilan dan seberapa bagus isi konten Anda. Konten yang bagus tidak akan ada gunanya jika tidak disertai dengan proses pemasaran dan promosi yang baik.

 

Bicara tentang wadah pemasaran blog, saat ini sangat banyak media yang dapat Anda gunakan sebagai ajang promosi, seperti media sosial (medsos – sosmed) facebook, twitter, linkedin, tumblr, line, whatsapp, instagram dll. Bisa juga dengan menjadi penulis tamu di website ternama, serta mentautkan link dalam kolom komentar yang se-niche. Nah, khusus untuk pemasaran melalui sosmed ini sangat dibutuhkan sebuah strategi dan teknik pemasaran sosmed yang handal, bisa saja dengan menggunakan facebook adsense (fb ads), membuat grup, membuat halaman (fans page), dlsb. Ya, intinya untuk media sosial ini harus memiliki jurus ampuh dalam konteks media sosial jurus ampuh untuk marketing di jaman now.

 

Ya, pada intinya anda dapat memilih metode apa yang menurut Anda sesuai untuk menunjang aktivitas pemasaran dan memperkenalkan blog maupun konten yang anda miliki di blog dummy.

 

11) Mempertahankan blog dari pesaing

Setiap hari akan muncul blog-blog baru yang dibuat oleh para sobat blogger, dan jumlahnya tidak bisa terdeteksi. Jadi, agar blog dummy anda tidak hilang ditelan waktu diakibatkan munculnya pesaing-pesaing yang baru yang lebih kreatif dan produktif, maka sudah saatnya anda memiliki keunggulan dengan memulainya terlebih dahulu.

 

Pada intinya, yang perlu Anda lakukan hanya mempertahankannya agar Anda bisa selalu lebih unggul, meskipun muncul pesaing-pesaing anda. Caranya bisa menggunakan beberapa tips dan strategi diatas, dengan tetap mencari solusi terbaik untuk selalu berinovasi kekinian dalam rangka untuk mempertahankan kesuksesan blog dummy Anda dan menjaga keuntungan yang diperoleh dari blog agar tidak sampai menurun pendapatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kontes SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!