Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Tips Sukses Menjadi Agen Jual Beli Mobil di Internet

Di medium internet, belum banyak yang bahas tentang “Tips Sukses Menjadi Agen Jual Beli Mobil di Internet”, terutama yang membagikan artikel mengenai bagaimana cara jadi agen mobil yang bisa menghasilkan uang.

 

Tips dan Cara Jadi Agen Jual Beli Mobil Agar Sukses di Internet

 

Ya mungkin dikarenakan mengemban profesi menjadi agen atau “calo perantara” dalam jual beli mobil baik baru maupun seken masih dianggap sebelah sepele oleh banyak pihak. Padahal, bila dikaitkan dengan uang yang dihasilkan dari pemberian komisi pembelian dan atau penjualan yang diterima para agen adalah cukup menggiurkan seandainya berhasil menjualkan mobil miliki orang lain, dan inilah prinsip dasar dari bisnis perdagangan jual beli mobil yang disinyalir merupakan bisnis tanpa modal.

 

Terkait dengan besaran fee atau komisi yang bisa diperoleh oleh para pelaku profesi agen jual mobil ini, tidak ada standar besar komisinya. Jadi tidak bisa disamakan atau dibandingkan dengan broker property yang persentase komisinya telah diatur dengan ketentuan yang berlaku. Jadi profesi menjadi agen jual beli mobil ini tidak ada aturan resmi yang mengatur tentang fee yang dibayarkan kepada para agen. Intinya adalah tergantung adanya kesepakatan antara pemilik mobil (penjual) dengan para agen atau broker/makelar.

 

Tapi berdasarkan hasil penelusuran kami pada beberapa agen jual beli mobil baru dan besa yang ada di Kota Medan, bahwa komisi yang diterima agen mobil secara umum ada dikisaran 2% hingga 3%. Ilustrasinya, seandainya kita berhasil menjual mobil seharga 100 juta rupiah, maka komisinya sebesar 2 sampai Rp 3 juta. Lumayan besar juga ya? Tak terbayangkan kita, berapa jumlah uang yang bisa masuk ke saku para agen, seandainya ia bisa dalam sebulan menjual 10 unit mobil? Gaji pegawai kantoran adalah kecil bagi mereka.

 

Untuk memberikan gambaran tentang tata cara kerja agen jual beli mobil ini, kami akan coba ilustrasikan mekanisme kerja mereka, yaitu: cari penjual dan pembeli mobil -> pertemukan mereka -> terjadi transaksi -> deal harga -> agen mendapatkan komisi. Sangat simple bukan.

 

Bicara tentang tips sukses untuk menjadi agen jual beli mobil di internet, maka mulailah mencari cara pemasaran yang efektif baik menggunakan media offline maupun online. Nah, khusus menggunakan media online, maka anda bisa saja mengimpormasikan melalui jejaring media sosial milik anda (seperti facebook, twitter, whatsapp, line, dlsb). Bisa juga dengan membuat atau mengoperasikan website atau blog yang secara khusus diperuntukkan mirip “show room” jual beli mobil.

 

Nah, web atau blog ini, bisa saja anda buat menggunakan domain dan hoting berbayar ataupun yang gratisan (seperti wordpress, blogspot, joomla, dlsb). Namun yang perlu dicamkan, bahwa blog agen jual beli mobil ini haruslah dioptimasi penggunaan SEO (Search Engine Optimization) agar memiliki kemampuan yang maksimal bersaing dengan website atau situs jual beli mobil lainnya di halaman mesin pencari (baik itu yahoo, yandex, baidu, msn, bing maupun google). Kemudian juga blog dimaksud harus juga diisi dengan konten-konten berkualitas yang membahas tentang mobil, baik itu assesoris, perawatan, maupun segala hal yang terkait dengan “pasca penjualan” sambil mencantumkan alamat ataupun nomor handphone anda selaku agen agar gampang dihubungi.

 

Pasca SEO yang digunakan sudah menunjukkan hasil terbaiknya, maka segeralah mencari cara untuk menjalin relasi sampai mengetahui cara bertransaksi di keagenan jual beli mobil. Jangan berpikir ini bahwa ini adalah tips dan atau trik curang yang menghalalkan segala cara untuk mencari uang dari aktivitas jual mobil online menggunakan jaringan internet.

 

Baiklah sobat blogger, kini saatnya kami akan membagikan tips sukses menjadi agen jual beli mobil secara online, yang penjelasannya adalah sebagai berikut:

 

1) Memperluas jaringan dan relasi

Ingat, dalam bisnis apapun itu, adanya jaringan dan relasi yang kuat adalah kunci utama dalam dunia marketing. Dan sebagai para pelaku bisnis yang berprofesi menjual jasa pemasaran otomotif, maka agen jual beli mobil dituntut harus memiliki relasi dan akses informasi yang luas. Nah, dengan memperluas jaringan, maka akan memudahkan kita untuk mendapatkan berbagai jenis mobil yang mau dijual. Semakin banyak mempunyai teman, maka akan makin banyak pula yang minta tolong untuk menjualkan mobilnya kepada anda. Disamping itu, kemungkinan besar kita juga akan mendapat informasi tentang siapa yang ingin menjual mobilnya.

 

Memang urusan menemukan pembeli atau orang yang mau beli mobil adalah gampang-gampang susah. Jadi segeralah perbanyak relasi dan memperkuat jaringan bisnis agen jual beli mobil anda.

 

Mengapa hal ini sangat kami tekankan? Logikanya, bahwa makelar atau agen mobil itu diumpamakan toko, makin banyak kita punya barang dagangan, tentu akan semakin besar pula kemungkinan untuk menjualnya. Dengan kata lain, semakin lengkap sebuah toko, sudah dapat dipastikan akan makin ramai pembeli maupun penjual mobil yang datang untuk jual beli mobilnya ke toko kita. Nah, bagaimana, mau bisa sukses jadi agen mobil jika hanya 1 mobil saja yang ditawarkan? Hahahaha……

 

2) Harus melek teknologi informasi dan internet

Artinya, bahwa agen jual beli mobil baru dan bekas haruslah memanfaatkan adanya kecanggihan teknologi informasi maupun lazim menggunakan jaringan internet untuk tersambung dengan yang lainnya. Hal ini sangat penting untuk memperlancar bisnis keagenan anda.

 

Salah satu senjata yang bisa digunakan untuk menopang bisnis agency ini adalah dengan menggunakan handphone (hp) maupun smartphone. Alat telekomunikasi canggih ini dapat dimaksimalkan untuk menjadikan anda sebagai agen tersukses jual beli mobil dengan julukan sebagai “seorang perantara bisnis era modern”.

 

Tidak hanya sebagai alat komunikasi saja, sehubungan smartphone sekarang ini dapat secara cepat terkoneksi dengan jaringan internet, maka jangan lupa untuk mempromosikan mobil yang mau dijual lewat media sosial atau market place bisnis, sekaligus dalam rangka untuk selalu berkomunikasi dengan pelanggan dan rekan sesama para agen dalam rangka untuk mencari dan membangun relasi bisnis yang kuat melalui sarana dan prasarana online.

 

Intinya akan sangat banyak manfaat bila para agen menggunakan menggunakan alat komunikasi canggih ini. Maka, jangan terlalu pelit untuk membeli ponsel smartphone yang sedikit keren, ya setidak-tidaknya bisa digunakan untuk memfoto dan menguploadnya di internet maupun di blog sendiri. Dengan begitu bisnis keagenan anda, baik yang diterapkan menggunakan cara-cara offline maupun terkonsep menggunakan strategi jitu dalam hal bisnis online otomotif, maka jangan sayang untuk mengeluarkan uang untuk beli pulsa dan mengisi kuota internet yang koneksinya 4G agar selalu cepat dan lancar nyambungnya. Bayangkan jika jaringan internet yang anda pakai sangat lemot atau putus nyambung saat telepon ketika bernegosiasi dengan pelanggan. Bisa dibayangkan, calon pelanggan tersebut akan langsung kabur dan diserobot oleh agen lainnya.

 

3) Rajin melakukan promosi

Bicara tentang promosi ini, sebenarnya anda tidak perlu selalu membayar iklan untuk sekedar mempromosikan mobil yang akan dijual. Gunakan saja, situs iklan baris yang saat ini banyak menyediakan layanan promosi gratis di internet. Disamping itu, anda bisa juga buka lapak dagangan pada situs menggunakan sistem market place, seperti di bukalapak, tokopedia, olx, dlsb. Bisa juga secara gratis anda memromosikannya di grup-grup whatsapp (WA), twitter, facebook, forum jual beli (FJB) kendaraan bekas, dlsb.

 

Tapi, hal yang lebih bagus lagi adalah seandainya anda punya halaman fanspage dan punya follower beribu-ribu. Sekali upload gambar mobil yang akan anda jual, maka sudah dapat dipastikan akan langsung banyak pembeli yang menawar.

 

Terlepas dari itu, jangan lupa untuk memperhatikan cara menyusun kata-kata promosi yang efektif dan menarik dalam rangka membuat iklan mobil anda. Misalnya, cuci bersih dulu sebelum di foto dan diupload sehingga tampilan gambarnya bisa sangat menarik minat para calon pembeli. Jangan sesekali memposting gambar mobil yang kotor atau kusam kayak habis dipakai berkebun.

 

4) Menguasai secara detail produk yang dijual

Seandainya anda berencana hendak membeli sesuatu dan sedang berhadapan dengan para penjual yang “rada bloon” saat ditanya tentang barang yang dijualnya, maka kira-kira jadi membeli apa tidak ya? Nah, itulah yang akan terjadi seandainya seorang agen jual beli mobil tidak menguasai dan memahami spesifikasi mobil yang diageninya. Bagaimana anda bisa meyakinkan para pembeli, jika anda  sendiri tampak seperti orang bloon?

 

Maka jangan lupa untuk terus mengupdate pengetahuan tentang dunia otomotif, karena hal ini adalah mutlak dipelajari oleh seorang agen mobil. Disamping itu bisa juga dengan ikut dalam kelompok otomotif offline ataupun bergabung dengan komunitas otomotif online yang dekat dengan tempat tinggal anda, agar semakin menambah wawasan dan pengetahuan tentang berbagai jenis mobil yang ada.

 

Hal-hal yang sangat urgent untuk dipahami ketika berprofesi sebagai agen jual beli mobil, adalah sebagai berikut:

 

*) Mobil yang ditawarkan tersebut, spesifikasinya apa saja? Berapa kapasitas mesinnya? Sistem transmisi matic atau manual?;

*) Kondisi mesin dan body mobil bagaimana? Onderdilnya orisinil atau tidak? Body sudah pernah dicat ulang atau asli dari pabrikan?;

*) Masih enak dikendarai atau sudah bobrok?;

*) Harga mobil secara umum di pasaran untuk tingkat dealer dan user berapa?;

*) Surat-surat kendaraannya lengkap atau tidak?

 

Dengan semakin anda menguasai produk secara detil, maka akan semakin mudah pula kita mempengaruhi keputusan pelanggan untuk membeli mobil yang sedang kita jual. Hal ini juga untuk meminimalisir kemungkinan menjual mobil yang tidak benar (mobil bodong atau hasil kejahatan).

 

5) Memperbaiki penampilan

Jika sudah terjadi janjian ingin ketemu dengan calon pembeli, jangan hanya mobilnya saja yang dipoles cling. Agen penjualnya juga harus dipoles cling. Hahahaha…., ya setidak-tidaknya mandi dan gosok gigi, serta pakai parfum dulu sebelum ketemuan. Apa kita tega melihat konsumen sibuk menutup hidungnya, karena tidak tahan dengan aroma petai yang keluar dari mulut kita? Hahahaaa……

 

Yang kami maksudkan disini bukanlah terkait dengan penampilan akibat struktur body kita yang ganteng atau jelek. Karena hal itu sudah ditakdirkan. Penampilan disini adalah meliputi cara berpakaian dan cara bicara kita haruslah tertata dengan baik. Ketika nego dengan pelanggan, maka haruslah berpakaian rapi (jangan berpenampilan layaknya seperti preman kampung) karena bisa-bisa konsumen langsung kabur akibat takut bakalan kena begal dan ditodong.

 

Kemudian juga agar menjaga sikap dan selalu bertutur kata sopan dan ramah (jangan bicara dengan nada keras), karena kita akan bicara tentang bisnis bukan sedang konser lagu rock n rool. Disamping itu, ketika bernegoisasi, anda jangan terlalu memaksa (artinya ketika konsumen keberatan dengan harga yang ditawarkan atau tidak cocok dengan kondisi mobil yang anda jual, maka kita tidak perlu ngotot). Kita bisa mencoba untuk menawarkan mobil lain, jika seandainya masih mempunyai stok barang dagangan yang banyak.

 

Para agen juga jangan sesekali berbohong, misalnya ada pelanggan yang tanya, “apakah catnya masih orisinil?” Jangan anda menjawab masih asli, jika memang tahu sebenarnya itu sudah dicat ulang. Lebih baik kita sedikit ngeles saja, misalnya dengan mengatakan: “wah, untuk mobil keluaran tahun 2005 ke bawah, susah cari mobil yang seperti itu gan”.

 

6) Berbisnis dengan menjunjung tinggi adanya etika

Jika seandainya kita sudah berhasil memiliki jaringan luas dan relasi kuat, langkah selanjutnya adalah mempertahankan nama “brand” dan terus mengembangkannya. Jadilah, seorang agen atau makelar/broker yang beretika tinggi. Hindari cara-cara curang supaya relasi yang kita bangun tidak hancur dan terus mempercayai keagenan anda. Mengapa? Karena ada peraturan tidak resmi di kalangan para agency yang bisa berakibat fatal jika dilanggar, bila ingin menjadi agen sukses jual mobil.

 

Anda selaku agen mobil, harus memegang teguh prinsip-prinsip: adanya kejujuran, persaudaraan dan saling menguntungkan. Karena, tujuan utama seorang agen adalah untuk mencari keuntungan dari fee – komisi – provisi penjualan mobil. Namun, motif ekonomi tersebut harus dijalankan sesuai prinsip saling menguntungkan semua pihak termasuk sesama para agency. Maka percayalah, kesuksesan yang ditempuh dengan cara nakal, sifatnya hanya sementara, dan tidak akan bisa bertahan lama.

 

Memang, secara teori bahwa belajar jadi agen dalam hal jual beli mobil baru dan bekas itu adalah sangat mudah. Tapi bisnis keagenan adalah ilmu praktis yang banyak ditempa oleh pengalaman di lapangan. Anda akan menjadi agen terbaik dan tersukses tidak cukup hanya dengan mempelajarinya dari buku tutorial, terutama yang diposting ke internet. Ya, harus sering praktek dan terjun langsung ke lapangan. Dengan begitu, tips maupun trik sebagai agen yang kami bagikan ini tidak akan berarti jika tidak pernah dipraktekkan dan tetaplah menjadi agen, makelar dan atau broker yang baik dan amanah.

 

Demikian artikel yang berjudul tips sukses menjadi agen jual beli mobil di internet, semoga sobat blogger yang rajin berkunjung ke blog silaenseo.com ini dapat memetik manfaat dari apa yang kami bagikan ini. Atas kunjungan dan perhatiannya diucapkan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!