Tips Terbaik Jualan Online di Media Sosial Facebook

Anda pebisnis? Punya akun Medsos Facebook? Bila ya, maka sudah saatnya anda memulai jualan online di facebook. Mengapa? Karena, tak dapat dipungkiri, bahwa hingga bulan Februari 2018 ini, facebook telah dimaknai oleh para ahli internet marketing sebagai salah satu senjata pemasaran yang terbaik dan terpercaya untuk memperkenalkan dan sekaligus memasarkan produk barang dan jasa apa saja agar dikenal oleh para calon pelanggan potensial.

 

Tips Bisnis Usaha Jualan Online Media Sosial di Facebook - Fb

 

Disamping itu, kecenderungan meningkatnya para pengguna media sosial facebook dari hari kehari terus bertambah mulai yang berusia belia sampai yang tua. Ya intinya sosial media yang satu ini telah menjadi salah satu komunitas online yang paling sering digunakan oleh masyarakat.

 

Dalam catatan kami, bahwa pengguna facebook di seluruh dunia sudah tembus pada angka 2 millard user, khusus di indonesia pada bulan Juli tahun 2017 saja para pengguna fb di Indonesia terhitung menembus 115 juta user. Nah, jumlah pengguna fb di Indonesia ini juga merupakan jumlah yang terbanyak nomor 4 di seluruh dunia dan merupakan jumlah yang teraktif.

 

Statistik angka para pengguna fb yang kami sebutkan diatas, tentu merupakan sebuah peluang yang sangat baik dimanfaatkan para pengusaha untuk jualan apa saja di fb. Tapi, dengan catatan apabila para pengusaha dan pebisnis tersebut bisa memanfaatkannya secara baik dan benar. Sehingga tak ayal keadaan ini telah melahirkan berbagai inovasi terkini, terutama dalam hal adanya teknik promosi toko online di jejaring media sosial agar bisa menyumbangkan kesuksesan bagi setiap pelaku bisnis di dunia maya (online).

 

Memang harus diakui bahwa buat anda yang baru saja menekuni pekerjaan pada bidang usaha secara online, terkhususnya yang berkategori pebisnis pemula (masih awam), tentu memulai bisnis online di fb akan sangat susah mendapatkan referensi tips untuk mempelajari cara jualan online di facebook. Apalagi bila tips tersebut benar-benar dapat membuat produk yang dijual bisa cepat laku dan memberikan keuntungan.

 

Kok sulit ya? Kami melihat bahwa kebanyakan para pebisnis pemula hanya sekedar posting memposting picture dan hanya sekedar melakukan promosi di group fb, lalu kemudian dibiarkan begitu saja (pasif). Nah, untuk mendapatkan referensi tentang berjualan online di facebook, kami dari tim blog silaenseo.com akan berbagi tips terbaik untuk jualan online di medsos facebook, khususnya bagi para pembaca yang baru saja terjun menekuni bisnis online.

 

Untuk menghemat waktu, kami akan bagikan langkah-langkah yang bisa anda lakukan, yakni:

 

1) Juallah Produk dan Jasa yang Menarik dan Unik

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa hingga tahun 2018 ini, banyak para pebisnis yang sudah memulai dan telah eksis berjualan online di sosial media, seperti instagram, youtube, google+, line, fb dan juga twitter. Nah, oleh karena itu sangat diharapkan adanya naluri dan juga kemampuan dari diri anda untuk menentukan produk barang dan jasa yang cocok untuk dijual kepasaran. Tentu hal ini sangat menentukan adanya keberhasilan anda dalam menjual produk ataupun jasa apa saja secara online.

 

Dengan kata lain, seandainya produk/jasa yang anda jual hanya itu-itu saja dan kurang menarik bagi konsumen, maka sangat wajar apabila anda akan mengalami kesulitan di dalam memasarkan jasa yang akan anda jual, apalagi untuk mendapatkan keuntungan. Mengapa? Karena pada prinsipnya setiap market akan lebih memilih untuk membeli sesuatu dari orang-orang yang sudah mereka percaya, karena sudah memiliki kredibilitas dan brand yang baik pula.

 

Ya meskipun, kalau anda berjualan sesuatu yang sedang laris dan laku keras dipasaran bisa dikatakan bagus. Tapi, jangan lupa bahwa sudah banyak pebisnis yang menjual produk-produk tersebut, sehingga akan sulit untuk memenangkan persaingan dengan mereka yang sudah lebih dulu berjualan, dikenal dan sudah memiliki tingkat kepercayaan yang lebih tinggi dari para pelanggan.

 

2) Membuat Picture atau Foto Produk Dengan Kualitas Terbaik

Satu hal yang jangan sampai anda lupakan, bahwa tingkat kualitas dari foto produk atau picture yang di pakai untuk berjualan online di facebook menjadi unsur yang utama untuk meraih kesuksesan. Mengapa? Sebab foto produk atau gambar sangat bisa digunakan untuk mempresentasikan semua produk yang akan di jual, sekeren dan secantik apapun barang yang akan anda jual, bila foto produk atau gambar sangat jelek maka akan memberikan kesan jelek pula di mata calon pelanggan anda.

 

Nah, untuk itulah, sudah saatnya anda untuk memastikan picture atau foto produk yang digunakan ketika memposting di fb memiliki gambar berkualitas tinggi, sehingga bisa membuat kesan yang baik bagi para customer yang akan dijaring melalui fb.

 

3) Memperbanyak Teman atau Follower Facebook Akun Anda

Satu prinsip yang harus anda pengang kuat bahwa semua teman-teman di facebook adalah calon pembeli yang potensial untuk membeli produk barang atau jasa anda. Untuk itu agar jualan online anda di fb laku dan laris manis, maka tips terbaiknya harus memperbanyak pertemanan di akun facebook anda terlebih dahulu. Maka dari itu berusaha keraslah untuk meningkatkan jumlah pertemanan tersebut.

 

Terkait dengan cara untuk menambah jumlah pertemanan ataupun follower fb, kami melihat ada 2 cara yang bisa untuk anda lakukan, yakni:

 

*) Metode Gratis

Cara ini paling umum dilakukan oleh siapa saja yang memiliki akun fb, yakni dengan cara menggunakan tombol cari teman yang telah di sediakan oleh fb. Hanya saja, satu hal yang perlu diingat agar anda sedikit berhati-hati karena ada batas pertemanan yang boleh anda add dalam satu hari. Seandainya anda melanggar aturan fb ini, maka sobat akan mendapatkan peringatan dan akun facebook sobat akan dinonaktifkan.

 

Untuk itu jangan terlalu terburu-buru untuk meng-add pertemanan dalam satu harinya, bila sudah mendapatkan peringatan dari fb, maka berhentilah dan lanjutkan beberapa hari kedepannya.

 

Kemudian juga, cara gratis menambah pertemanan adalah dengan bergabung di group fb yang masih aktif. Ya, meskipun anda hanya sekedar memberikan komentar ataupun sesekali melakukan tanya jawab dengan anggota grup tersebut. Dengan cara ini, secara bertahap anda nantinya mulai di kenal dan dengan sendirinya akan banyak yang meminta pertemanan pada akun fb anda.

 

*) Metode Berbayar

Jika anda berencana ingin cepat kilat meningkatkan jumlah peremanan ataupun follower di facebook, maka langkah terbaiknya adalah dengan melakukan promosi menggunakan facebook adsense (fb ads) adalah salah satu pilihan yang tepat.

 

Tapi, perlu diingat bahwa cara ini tidaklah gratis. Ya, dengan kata lain, setiap pebisnis harus menyiapkan budget tersendiri untuk bisa melakukan promosi menggunakan facebook ads.

 

*) Metode Menggunakan Jasa Menambah Pertemanan di Facebook

Selain facebook ads (fb ads) yang kami jelaskan diatas, anda bisa juga menggunakan jasa dari orang lain dalam hal untuk menambah pertemanan di facebook, hanya saja anda harus sedikit berhati-hati dalam memilih jasa ini, karena terkadang banyak yang menggunakan cara yang tidak lazim dan menggunakan akun palsu.

 

4) Memposting Produk atau Jasa Secara Rutin di Facebook

Setelah anda membaca 3 (tiga) langkah yang kami jelaskan di atas, maka saatnya bagi anda untuk melakukan posting atau publikasi dalam rangka sebagai ajang promosi produk secara rutin di wall ataupun group-group facebook yang sesuai dengan produk yang sedang anda jual.

 

Satu hal yang perlu perhatikan dan diingat dalam mempromosikan produk barang dan jasa yang hendak di jual adalah jangan sampai menggunakan cara-cara spam yang tidak di sukai oleh pengguna facebook maupun oleh sistem filter facebook.

 

Seperti cara promosi di kolom komentar, di wall fb orang lain, ataupun promosi dengan melakukan tag secara berlebihan. Jangan lakukan itu semua, karena gak ada gunanya yang ada kita bakalan mendapatkan cap yang jelek dari teman-teman kita di facebook.

 

5) Membuat Postingan yang Kreatif

Yang kami maksudkan disini adalah membuat postingan produk barang atau jasa dengan cara sekreatif mungkin. Jadi konteksnya adalah tidak menampilkan gambar yang itu-itu saja, sehingga sangat membosankan bagi para pengguna fb.

 

Tentu untuk menopang hal ini, anda bisa berkreasi secara maksimal dengan cara membuat postingan yang lucu-lucu dalam bentuk meme ataupun membuat postingan yang sedang trendy untuk menarik adanya interaksi dan emosional dengan teman-teman anda di facebook. Karena pada dasarnya orang lain tidak akan pernah suka ditawarkan sesuatau apalagi di suruh untuk membeli produk barang atau jasa apapun itu dari orang-orang yang belum mereka kenal dengan baik.

 

Nah, dengan sering mungkin adanya interaksi dengan teman-teman anda di facebook, maka bisnis online anda akan lebih mudah masuk, terutama ketika hendak menawarkan produk yang akan di jual pada suatu hari nanti.

 

6) Membuat Fanspage atau Group Facebook Khusus

Perihal berbisnis online dengan menggunakan akun facebook pribadi, tentu saja tidaklah cukup. Akan lebih baik jikalau anda membuat fanspage atau group khusus untuk mempresentasikan produk barang atau jasa yang hendak anda jual. Sehingga anda bisa lebih leluasa dan mudah mengelola produk-produk yang hendak anda tawarkan dalam suatu wadah yang khusus.

 

Nah, dengan membuat fanspage atau group facebook khusus ini, anda selaku admin juga akan lebih mudah untuk berkomunikasi dua arah dengan banyak pelanggan sekaligus.

 

Demikian beberapa pemikiran kami tentang tips terbaik jualan online di media sosial facebook, mudah-mudahan setelah membaca dan mempraktekkannya dapat membuat barang dagangan anda bisa cepat laris dan laku, serta dapat memberikan keuntungan besar bagi perusahaan bisnis anda. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kontes SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!