Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Tips Video Youtube Bisnis Online Rank 1 Google

Mungkin anda sudah banyak upload produk bisnis online di youtube, tapi belum ada masuk posisi rank No. 1 google. Sementara anda melihat video youtube dari kompetitor bisnis anda banyak yang menjadi nomor satu di pencarian youtube via google. Kok bisa? Bagaimana ya cara atau tips mereka hingga video youtube-nya dapat dengan mudah langsung berada di posisi ranking 1 google?

 

Cara Membuat Youtube SEO Bisnis Online Menjadi Ranking 1 Google

 

Tentu sebagai pengusaha yang menjual berbagai produk di medium internet, video barang yang anda jual anda sangat penting untuk di-upload ke youtube sebagai salah satu cara promosi terbaik agar lebih dikenal oleh calon-calon konsumen baru. Nah, tentu saja sebagai pebisnis jaman milenial, tentu sangat penting menjadi seorang youtubers dalam menjalankan bisnis di medium internet agar cepat laku dan dibeli konsumen. Tapi, yang menjadi pesoalan ketika sudah membuat konten bagus, namun tiba-tiba konten video tersebut diabaikan google begitu saja, sehingga fakta ini membuat anda menjadi kesal dan menganggapnya sebagai pekerjaan yang sia-sia.

 

Tapi, pernahkah anda melakukan perbuatan meng-reupload video produk bisnis hasil buatan orang lain ke youtube? Bila itu yang anda lakukan, maka hentikanlah segera dan jangan mau terus-terusan menjadi reuploader video bisnis, karena tak ada untung dan hasilnya untuk mendongkrak kesuksesan promosi produk anda. Ya, mendingan membuat konten youtube original walau itu sesederhana mungkin.

 

Kami melihat bahwa tidak banyak youtubers pemula yang mempromosikan berbagai produk bisnis online mengetahui perihal tips ini. Kebanyakan yang kami cermati, mereka hanya membuat konten lalu upload dan share semau mereka. Begitu setiap harinya. Namun mereka mengabaikan beberapa hal yang sebenarnya merupakan unsur penting dan sangat memberikan keuntungan, terutama dalam hal pencarian di search engine google.

 

Pentingnya SEO Untuk Youtube Produk Bisnis

Sebenarnya cara memperkenalkan konten ke halaman google, antara blog ataupun youtube, secara teknik adalah sama. Yakni dengan menggunakan SEO (search engine optimization). Ya, dengan kata lain, bahwa teknik SEO blog dan SEO Youtube tidak beda jauh. Bila belum tahu teknik SEO, maka disarankan untuk belajar terlebih dahulu ya sob.

 

Mengapa kam menyarankan anda untuk membaca dan atau belajar? Alasannya disebabkan, pemahaman atas konsep penggunaan SEO ini secara langsung akan mempermudah kalian dalam mengeksploitasi diri dan bereksperimen lanjutan atas konten video berbagai produk bisnis online yang hendak dipromosikan kedepannya. Ya, tujuannya agar semakin mempermudah anda melakukan pekerjaan-pekerjaan penting agar channel youtube anda bisa berada di posisi halaman pertama google dalam waktu dekat.

 

Perlu kami jelaskan tentang apa itu SEO. Sebagaimana kami pahami, bahwa SEO itu adalah serangkaian pekerjaan memaksimalkan kinerja mesin pencarian melalui optimalisasi SEO Onpage dan SEO Offpage, sehingga korelasi dan relevansi kata kunci yang dicari pengguna internet memunculkan konten atau situs anda di halaman pertama google.

 

Simplenya bahwa SEO itu sebenarnya adalah mesin pencari. Sehingga, kata-kata yang dituangkan dalam pembuatan konten dan sudah diupload dalam situs kita bisa terdeteksi oleh mesin pencari tersebut. Lalu pertanyaannya, bagaimana cara membuat agar kata-kata yang termaktub dalam konten youtube bisa terdeteksi dengan baik dan benar oleh mesin pencari?

 

Untuk hal diatas ada beberapa langkah dan cara yang perlu diperhatikan dan dikerjakan sebagai teknik seo youtube terbaik untuk bisnis online, yang penjelasannya sebagai berikut:

 

*) Memperhatikan kata kunci yang akan digunakan

Khusus bagi sobat yang sudah menjadi seorang “creator youtube”, maka tidak asing dengan pekerjaan mengupload video dengan mengisi judul dan tags yang telah disediakan. Nah, disinilah sebenarnya kunci SEO Youtube tersebut, dimana nanti nasib ranking video youtube kalian ditentukan dari kedua ini. Yaitu judul dan tag video yang sudah terupload.

 

Kok bisa ya judul dan tag ini dapat menentukan nasib berada di rank nomor 1 atau tidak? Nah, alasannya disebabkan SEO melalui crawl google akan mendeteksi berbagai kata dari seluruh konten yang berkaitan dengan kalimat yang di tulis user saat melakukan pencarian. Oleh sebab itulah, terkadang ketika anda mencari sebuah video yang pada umumnya jumlahnya masih sedikit, acap kali vide konten yang mendekati hal yang kita cari itu.

 

hal diatas terjadi seandainya benar jikalau keyword yang ditanamkan untuk pencarian telah tepat dan memang umum. Misalnya cara membuat blog bisnis menjadi ranking 1. Pasti ada tutorialnya di buat oleh para ahli seo youtube. Ya, bila anda tidak menemukan tutorial yang membahas hal tersebut secara spesifik, setidak-tidaknya masih ada berbagai video youtube yang berkaitan dengan itu, dan telah banyak pula para youtubers memberikan episode video yang merupakan turunan pembahasan cara membuat blog bisnis atapun cara agar blog ranking 1.

 

Berbeda halnya jika sobat melakukan pencarian yang berkaitan dengan cara atau tips membuat anak dalam 6 bulan, pasti yang ada nanti pihak situs youtube akan mengeluarkan video terapi psikologis dan biologis. Mengapa? Karena sepertinya sangat dibutuhkan bagi kaum yang melakukan pencaharian seperti itu. Hahaha….

 

Intinya, dalam membuat judul ataupun tag video yang akan diupload ke youtube, anda harus benar-benar kontrol atas penggunaan kalimat yang hendak dituliskan untuk kepentingan pencarian di google. Jangan semaunya memberikan kalimat, padahal tak ada korelasi dan tidak logis. Lagian juga peluang menampilkan channel youtube anda keluarnya sangat sedikit. Kecuali ada keajiban bahwa anak bisa dibuat dalam waktu 6 bulan.

 

*) Ranking ditentukan dengan banyaknya jumlah view

Penulis sangat yakin bahwa para pebisnis online yang sedang membuat video youtube telah mengerti bagaimana cara mencari viewers dan menambah jumlah views video youtube yang banyak. ? caranya memang gampang dan mudah, ya hanya cukup dengan copy link alamat konten video dan share ke berbagai teman maupun ke media sosial (medsos).

 

Tapi, lazim kita menemukan sangat banyak pebisnis yang mengupload video bisnis memakai cara yang kurang inovatif dan tak kreatif dalam hal untuk mencari viewers. Misalnya, promosi video youtube “video baru dan wajib di tonton”. Bila anda menggunakan cara seperti ini, maka jangan berharap teman-teman anda akan tertarik untuk menonton video youtube tersebut. Oleh karena itulah, sangat dibutuhkan adanya inovasi baru nan brilian untuk meningkatkan view kunjungan ke channel youtube anda. Walaupun secara prinsipil, cara mempromosikan yang mudahnya seperti itu, yakni melewati promosi chat yang terkadang sedikit menjengkelkan juga. Hahaha…..

 

Mengapa? Karena bisa saja orang yang sobat chat buat promosi ngeblok langsung. Kalau begitu ceritanya bisa kacau balau. Nah, disinilah fungsi inovasi tersebut, dimana sobat perlu untuk mencari dan membuat cara lain yang lebih tren lagi dengan cara click bait (kata). Ingat bahwa view sangat berpengaruh bagi eksistensi video di ranking pencarian google.

 

Meskipun hal itu tidak sebesar ketepatan ketika kita membuat judul dan tag ketika melakukan googling. Walaupun pada beberapa kasus, memang ada beberapa video dengan jumlah view besar yang selalu berada di posisi teratas situs youtube.

 

Tapi, coba teliti dan telaah tahun produksi pembuatan video tersebut. Biasanya video yang menduduki posisi atas selalu memiliki rentan waktu yang lumayan cukup lama alias sudah berusia lanjut. Walau ada juga beberapa video yang bisa dikatakan baru saja dibuat bisa langsung naik posisi atas pencarian youtube. Intinya, baik judul, tags dan views sama-sama unsur yang wajib dipenuhi untuk memungkinkan konten video bisnis anda di youtube bisa menduduki posisi pertama.

 

*) Youtube channel verified mendominasi rank satu

Sebenarnya situs youtube bersifat adil dan tidak pernah membantu para akun verified untuk menduduki posisi pertama. Semuanya semata-mata karena mereka memiliki kepandaian, kepiawaian dan pengalaman yagn sudah mumpuni, serta telah eksis malang melintang di dunia youtube. Maka dari itu bagi yang baru saja memulai karir atau yang sudah tapi stuck disarankan untuk terus semangat agar bisa semakin maju menuju channel verfied. Intinya, jangan mau kalah dengan mereka yang sudah ada di posisi atas, serta senantiasa harus selalu optimis dengan karir yang sudah dibuat sendiri.

 

Ingat, bahwa bukan rahasia bagi orang-orang yang sudah mempunyai nama besar dan reputasi tinggi di situs youtube untuk masuk ke perigkat pertama adalah dilatarbelakangi oleh kepandaian mereka dalam mengolah channel, sehingga menjadi top. Selanjutnya, youtubers terkenal juga belajar dari awal dan perlahan-lahan merangkak naik. Mereka juga tidak asal-asalan dalam membuat konten video terutama dengan teknis peng-upload-an video youtube.

 

Kalau kita jeli, sangat banyak video SEO youtube untuk produk bisnis online yang dapat membantu siapa saja dalam menaikkan video milik anda menjadi ranking satu di search google. Dan youtubers terkenal tersebut juga pastinya belajar dari dasar (tingkal nol). Maka dari cobat ikutin event creator berkumpul untuk mendapatkan berbagai ide kekikinian atau trik terbaru untuk menaikkan channel kita masing-masing. Artinya, dari aktivitas inilah para youtubers juga belajar. Semakin belajar, maka channel pun akan memberikan hasil yang semakin baik kedepannya. Bisa kalian lihat point of view para creator dalam membuat konten, terkadang dibarengi dengan beberapa episode membuat konten berdasarkan atas adanya kejadian yang lagi panas dan viral.

 

Tak usaha heran bila banyak video reaction yang bermunculan di youtube, karena hal itu semata-mata juga dalam rangka untuk mencari view dan menaikkan peringkat pencarian channel mereka. Sebenarnya tujuan utamanya adalah agar semakin dikenal dan mencari ketenaran terlebih dahulu. Masalah suka atau tidak adalah urusan belakang, yang penting iklan bisnis sudah terputar. Hahaha…..

 

Dalam beberapa hal, ada juga youtubers yang spesialis promosiin produk bisnis online yang menggunakan konten video secara konsisten. Hal ini juga bisa mengangkat channel ke posisi lebih baik lagi. Namun semuanya tergantung pada keinginan youtubers dalam mengembangkan produk usahanya agar semakin dikenal oleh para calon konsumen. Tidak bisa semua youtubers dipaksa untuk mengikuti tren video youtube yang sedang beredar.

 

Ingat pesona  channel youtubers juga sangat penting, dimana pesona tersebut menjadi ciri khas nan unik dari youtubers. Karena itulah, kami menyarankan agar anda mencari jati diri sendiri dan tidak ikut-ikutan dengan gaya para youtubers lainnya dalam mengembangkan bisnis online anda kedepannya.

 

Mungkin saat ini anda sedang mencari tahu tentang cara belajar SEO untuk video Youtube. Atau pertanyaan ini menjadi salah satu motivasi untuk membuat channel bisnis online anda via youtube menjadi nomor 1 SEO-nya. Untuk menjawab hal tersebut, penting bagi anda untuk melakukan sharing, sekaligus juga belajar melalui komunitas dari para youtubers yang sudah senior dan mempunya jam pengalaman tinggi.

 

Bila anda sedikit bingung atau pusing maka silahkan langusng browsing di google tentang bagaimana cara membuat SEO Youtube yang baik terutama untuk menjual berbagai produk bisnis online. jangankan di youtube, pada beberapa blog personal milik para blogger juga telah banyak memberikan informasi penting tentang SEO ranking 1 google. Tentu semua artikel ataupun video tutorial tersebut bisa memberikan banyak pencerahan yang bermanfaat untuk mengembangkan usaha melalui medium youtube.

 

Seandainya masih bingung dan pusing tujuh keliling, maka tidak ada salahnya untuk membeli beberapa buku yang berkaitan dengan optimasi youtube atau belajar menjadi youtubers top. Kami yakin dan percaya, pasti ada di toko buku yang menjual buku berisi tentang belajar youtube agar cepat sukses dan terkenal.

 

Sebenarnya ada berapa hal keuntungan membeli buku, dimana biasanya pokok bahasan akan sangat lengkap, dan pastinya akan mendapatkan informasi lebih. Ya, sebanding lah dengan uang yang sudah dikeluarkan untuk membeli buku tersebut. Jadi belilah buku jika tidak mau kesulitan dalam belajar. Kalau bisa carilah buku yang ada cd-nya. Siapa tahu anda adalah orang-orang tipe belajarnya agar lambat memahami dengan cara membaca, tetapi dengan menggunakan visual dapat depat cepat menangkap.

 

Hal-hal penting yang mempengaruhi kinerja SEO

Kinerja SEO memang sangat berpengaruh untuk membuat video youtube anda naik ke posisi atas dari hasil pencarian mesin google. Hal-hal yang penting dalam hal meningkatkan kinerja SEO youtube adalah: (a) durasi: nah, video dengan durasi panjang di youtube akan memberikan kalian peluang untuk bisa duduk pada posisi paling atas. Kalau, para blogger paham mengenai hal ini, karena di dunia ngeblog telah dimaknai bahwa semakin panjang postingan (jumlah kata di dalam tulisan), maka peluang untuk muncul di posisi utama halaman google akan semakin tinggi. Mengapa? Karena konten yang dibuat akan langsung di nilai lebih berisi atau bermutu oleh kinerja SEO crawl google.

 

Tapi jangan sembarang membuat isi konten video youtube-nya. Karena nanti malah membuat video yang durasi-nya setengah jam lebih tapi intro channelnya di ulang-ulang sampai 20 menit. Bukan itu yang penulis maksud. Jika kalian tidak bisa membuat video dalam durasi yang panjang tidak masalah. Karena hal ini sangat bergantung pada jenis video yang hendak anda buat. Jika anda membuat video tutorial, maka sangat wajar bila durasinya panjang. Mengapa? Karena dari panjang video tersebut terdapat sebuah praktek dalam menggunakan sebuah alat yang sangat penting diketahui oleh para penonton.

 

Ingat bahwa membuat video panjang bukan merupakan pengulang-ulangan dan berisi hal-hal yang patut untuk di jelaskan dalam praktek yang sangat jelas dan detail mungkin. Jika penjelasannya saja singkat tapi durasi videonya sangat panjang, bisa membuat penonton menjadi pusing tujuh keliling.

 

Saran penulis, agar jangan membuat video yang terlalu memaksakan, karena semua harus disesuaikan dengan tema dan pokok bahasan. Ya mungkin anda sebagai seorang youtubers sudah sangat kepingin banget menduduki posisi pertama dan tenar di pencarian youtube. Yah harus bersabar, sementara konten anda saja masih sedikit dan tindakan promosi melalui share belum maksimal.

 

Intinya, bila ingin produk bisnis anda cepat tenar dan banyak dibeli oleh konsumen, maka channel youtube anda yang masih baru haruslah diisi dengan berbagai konten yang cocok dengan produk yang anda jual ke pasaran. Jangan terlalu memaksakan apa yang tidak mampu untuk dilakukan ataupun dipasarkan ke konsumen.

 

(b) thumbnail: adanya hal ini sangat penting untuk dipenuhi oleh para pemilik channel bisnis online di youtube. Jika video yang sudah diupload bisa berhasil duduk pada posisi pertama, tentu hal ini telah memberikan celah atas adanya kemampuan anda untuk bersaing dengan kompetitor para produk bisnis online sejenis.

 

Nah, biasanya video sudah duduk pada posisi pertama kebanyakan sudah memenuhi kriteria “eye catching” dengan memberikan kesempatan bagi para penikmat video menggunakan celah lain untuk melirik video dan membangun pola pikir bahwa video youtube yang disuguhkan tersebut sangat bagus dan berkualitas, yakni dengan cara menggunakan fasilias thumbnail tersebut.

 

Untuk itulah, agar dalam hal membuat thumbnail janganlah alay, yang penting simple, padat dan berkelas. Nah, karena itu sekali lagi sangat disarankan bagi anda untuk belajar dan butuh proses agar semakin matang dan berpengalaman. Mengapa? Karena, semua para youtubers sukses selalu memperhitungkan penggunaan tahap ini dan tidak pernah lupa untuk membuat thumbnail dalam setiap video yang sudah mereka upload.

 

(c) judul: khusus untuk bagian ini, agar kinerja SEO bisa lebih unggul lagi maka caranya dengan membuat judul yang mudah dicari. Artinya, ketika para pengguna internet mengetik judul dengan kata-kata nya sendiri. Untuk itu, feeling membaca apa kira-kira yang akan ditulis orang dalam keyword yang akan dicari maka itulah yang harus dibidik.

 

Nah, tugas para pebisnis online yang hendak menggunakan channel youtube sebagai salah satu alat promosi online adalah menyimpulkan semua keyword dari yang lazim digunakan oleh seluruh manusia yang menggunakan pencarian Youtube menjadi satu keyword universal yang sangat mudah dan paling banyak digunakan.

 

(d) tags: fungsinya sama dengan judul yang sudah kami bahas sebelumnya. Penggunaan tags sangat disarankan, tapi jangan terlalu banyak digunakan. Ya, penggunaanya cukup satu atau dua tags yang menjurus pada judul konten sudah bagus. Jadi harus saling berkaitan agar akurasi mesin pencari tepat dan tidak salah sasaran.

 

Nah, bila tetap juga tidak paham dan atau tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan optimasi tingkat lanjut atas channgel youtubes SEO anda, maka langkah terbaik dan bijak adalah dengan menggunakan bantuan jasa tenaga ahli SEO terutama ahli youtube SEO untuk bisnis online. Atau bisa juga dengan menayakan langsung kepada ahli SEO bisnis online yang berada di kota anda.

 

Demikian artikel yang membahas tentang cara membuat video youtube bisnis online ranking 1 google, mudah-mudahan artikel ini bisa membantu anda para internet marketer maupun calon youtubers yang hendak mempromosikan berbagai produk maupun jasa apa saja melalui medium youtube agar semakin cepat terkenal dan meningkatkan jumlah pembeli. Atas perhatian dan kesediaannya singgah ke blog ini diucapkan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!