Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Trend Bisnis Terbaik Menjelang Pemilu 2019

Pemilu Presiden dan Legislatif yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali, membuka terciptanya trend bisnis 2019 yang bakal meramaikan penyelenggaraan pesta demokrasi memilih para pemimpin bangsa Indonesia. Tidak hanya itu, saat pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada), bisnis yang terkait dengan pemenuhan kebutuhan alat sosialisasi dan kampanye mendapat imbas kebanjiran order.

 

Trend Bisnis Terbaik Masa Pemilu - Pilkada di Indonesia

 

Memang dalam setiap event pelaksanaan pemilu dan ataupun pilkada tersebut, ada beberapa tahapan kepemiluan yang harus dilaksanakan sebagaimana telah disusun oleh penyelenggara pemilu, misalnya masa pengenalan atau sosialisasi partai politik (parpol) dan juga bakal calon wakil rakyat (ba-caleg), masa kampanye, masa tenang, pencoblosan, penghitungan suara, dan penetapan hasil pemilu.

 

Nah, pada masa tahapan pemilu tersebut, tentu ada bermacam-macam kebutuhan yang harus dipenuhi oleh parpol maupun personal sang kontestan. Bagi orang-orang yang berjiwa pengusaha dan seorang entrepreneur sejati, tentu melihat hal ini sebagai moment terbatik untuk berusaha dan mencari celah bisnis yang bisa menguntungkan dalam memanfaatkan event pesta demokrasi rakyat tersebut. Termaksud dalam hal ini ketika berlangsungnya pemilihan presiden dan wakil presiden sebagaimana akan kita laksanakan pada tanggal 17 April 2019 yang akan datang.

 

Tapi, tentu saja bisnis yang hendak dikerjakan haruslah tunduk terhadap peraturan perundang-undangan tentang pemilu dan pilkada, peraturan komisi pemilihan umum (PKPU) maupun peraturan badan pengawas pemilihan umum (BAWASLU), sehingga sang calon ataupun partai politik tidak mendapat teguran dan bahkan sanksi karena telah melanggar aturan pemilu.

 

Secara umum, penulis melihat ada beberapa jenis bisnis yang memiliki prospektif cerah pada masa kepemiluan, diantaranya adalah usaha dibidang percetakan, bisnis periklanan media offline dan online, usaha konveksi, transportasi, catering, penulisan artikel review, hingga bisnis hiburan.

 

Namun, jika ditelusuri lebih detail, ternyata ada lagi peluang bisnis yang sifatnya rahasia dan hanya dilakoni oleh beberapa pihak yang kompeten untuk itu. Menurut pengamatan tim bisnis silaenseo blog’s, bahwasanya kategori bisnis rahasia yang ramai digeluti pada masa musim pemilu, antara lain:

 

1) Bisnis Pengerahan Massa

Bisnis rahasia yang satu ini memang sangat dibutuhkan, dimana tugas adalah untuk mengumpulkan massa sebanyak yang dibutuhkan pengorder. Bisnis makelar massa ini sering muncul pada setiap adanya event kampanye terbuka atau konvoi massa yang dimaknai sebagai massa pendukung.

 

Model bisnis ini telah menjadi trend yang muncul dilatarbelakangi oleh adanya rasa jenuh dan keengganan masyarakat Indonesia dalam mengikuti sebuah acara kampanye politik. Jika hal ini dibiarkan, maka kemungkinan besar acara kampanye tersebut hanya dihadiri oleh puluhan orang saja dan terkesan tak layak dipublikasikan ke media.

 

Ya, tak terbayangkan bila suatu kegiatan kampanye terbuka berlangsung sepi (tanpa audiens) yang melimpah, tentu hal itu tidak baik bagi citra partai politik atau tokoh yang mencalonkan diri bertarung di pemilu. Nah, oleh sebab itulah sangat dibutuhkan orang-orang yang memikiki keahlian dalam menggalang massa sebanyak-banyaknya.

 

Tapi, usaha penggalangan massa ini tidak terlepas dari adanya transaksi bisnis, dimana pihak yang berkepentingan (partai politik atau tokoh politikus maupun calon kepala daerah) akan memberikan sejumlah uang kepada tim makelar koordinator massa, kemudian tim makelar ini akan terjun langsung ke masyarakat merekrut warga sebanyak yang dibutuhkan.

 

Tentu bila ada warga yang bersedia hadir saat kampanye akan diberikan sejumlah uang (dalam bentuk uang makan, uang transport, atau uang lelah). Atas jasa yang diberikan oleh tim makelar massa ini, maka mereka juga akan mendapatkan keuntungan dari selisih total pengeluaran untuk warga dengan jumlah yang diterima sebelumnya dari pemesan. Tugas mengumpulkan massa untuk kampanye ini bisa saja berlangsung beberapa kali, sesuai dengan kebutuhan tahap pemilu/pilkada.

 

2) Bisnis Survey dan Polling

Bisnis yang melakoni hasil jajak pendapat atau survey dalam dunia politik Indonesia memiliki peran yang sangat penting dan efektif dalam mempengaruhi opini publik dan meningkatkan elektabilitas sang calon. Oleh karena itu, banyak pihak yang berkepentingan mencoba untuk bekerja sama dan melakukan “transaksi bisnis” dengan lembaga-lembaga riset (survey) maupun media polling yang ada. Tujuannya agar bisa mempublikasikan data sesuai dengan yang diinginkan (meskipun sebenarnya data yang dihasilkan tersebut menyimpang dari fakta yang sebenarnya terjadi dilapangan).

 

3) Bisnis Menjadi Tim Sukses dan Pemenangan

Untuk memenangkan kompetisi di dunia politik, tentu dibutuhkan tim sukses yang banyak, baik itu di dunia nyata maupun maupun di dunia maya (online). Memang saat ini, di dunia nyata telah populer dengan adanya penggunaan jasa SPG (Sales Promotion Girls) untuk mempromosikan atau mensosialisasikan calon-calon yang akan bertarung di konstelasi politik Indonesia. Oleh sebab itu, penulis melihat prospektif bisnis penyedia jasa SPG terkait bidang politik akan cerah dan banyak menerima order pada musim kampanye, seperti saat ini.

 

Sementara itu, dalam bisnis di dunia maya (internet), keberadaan para “pasukan online berbayar” akan mencoba bergerilya membangun opini positif dan/ataupun negatif kepada warga net yang aktif dan ramai berinteraksi di dunia online. Misalnya dengan berkomentar pada situs-situs terkenal, membuat blog untuk membuat artikel review men-sanjung pihak yang dibela, membuat akun-akun jejaring sosial (twitter, facebook, instagram, whatsapp, dll) berprofil palsu, dan lain sebagainya.

 

Memang akhir-akhir ini, penulis banyak menemukan review kepemiluan yang di share pada media online, baik yang dilakukan oleh calon kepala daerah, caleg, maupun oleh parpol itu sendiri. Adanya review ini merupakan bagian dari strategi pemenangan dan menjaring suara para pemilih untuk memilih parpol, caleg ataupun calon kepala daerah tertentu. Khusus bagi anda yang ingin memahami rinci tentang cara yang bisa dilakukan dalam rangka sebagai review caleg online, maka jangan ragu untuk membaca artikel yang sudah dipublikasikan sebelumnya.

 

4) Jasa Paranormal dan Perdukunan

Bisnis rahasia berikutnya yang juga trend abis dari masa ke masa di musim pemilu atau pilkada adalah jasa perdukunan atau jasa meramal dari paranormal.

 

Memang pada case tertentu, tak jarang para politikus maupun pengurus partai politik yang tak luput memerlukan bantuan dukun dan paranormal untuk beragam kepentingan politik. Misalnya untuk membuka aura positif di dalam tubuh, mencari jimat kewibawaan, meminta jimat pelindung dari serangan ilmu hitam, dan bahkan untuk urusan ramal meramal apakah menang atau kalah.

 

5) Bisnis Jasa Pasang Iklan Kampanye Online

Salah satu jenis bisnis di jaman millenial yang berorientasi pada digital marketing adalah jasa pemasangan iklan online yang bisa dilakukan dalam bentuk adsense, pay per click, content per million, dan juga pemasangan iklan premium pada website atau blog yang membuat slot pemasangan iklan.

 

Nah, terkait adanya musim pemilu atau pilkada, bisnis inipun tak sepi dari order karena ada saja partai politik (parpol), politikus ataupun caleg yang hendak memasang iklan dan banner politik mereka sebagai salah satu strategi berkampanye politik online agar semakin populer dan juga ditujukan untuk menjaring suara dari para pemilih yang intens menggunakan internet, terutama media sosial (medsos).

 

Satu hal yang perlu diingat, bahwa setiap ada ajang pemilu/pilkada selalu ada penambahan daftar pemilih yang cukup signifikan terutama jumlah pemilu pemula (baru pertama mengikuti pemilu) dan juga banyak para pemilih yang belum menentukan pilihannya, dimana penyebarannya dapat dijangkau dengan adanya iklan kampanye pemilu yang tayang online ini. Dalam rangka inilah dibutuhkan adanya jasa yang diberikan oleh para pelaku bisnis jasa pasang iklan banner kampanye online, baik dari parpol, caleg maupun calon kepala daerah.

 

6) Jasa SEO dan Branding Kampanye

Saat ini para pengguna internet lebih sering menggunakan search engine untuk mencari berbagai informasi dan menjawab berbagai permasalahannya, yakni dengan cara mengketik kata-kata tertentu pada aplikasi browser yang terpasang di komputer atau laptop, smartphone ataupun handphone miliknya.

 

Tentu saja pasca pembuatan website/blog milik parpol ataupun caleg ataupun kandidat kepala daerah, tentu agar diketahui oleh umum dan memiliki pengunjung ramai maka harus menggunakan SEO (search engine optimization) agar bisa muncul di halaman pertama google ketika di search menggunakan kata kunci tertentu.

 

Dengan seringnya muncul di halaman pertama google, maka pembentukan “images positif” dan branding nama peserta pemilu/pilkada menjadi lebih baik lagi, karena sering  terlihat para pengunjung internet. Disamping itu, dengan berada di posisi halaman utama google, maka akan semakin meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke website/blog milik anda dan visi dan misi serta program kerja yang tertuang dalam kampanye yang dilakukan akan semakin banyak diketahui oleh para aundiens.

 

Nah, memang urusan SEO ini haruslah ditangani oleh ahlinya, bagi anda yang belum memiliki mitra jasa SEO ataupun tidak memiliki referensi ahli SEO, silahkan menggunakan jasa SEO Silaen. Tim SEO yang bekerja sangat profesional dan memiliki pengalaman lebih dari 8 tahun menghantarkan berbagai konten blog ini berada di halaman satu google. Disamping itu, tim SEO dari jasa SEO Silaen ini pernah menjuarai berbagai ajang kontes SEO.

 

7) Bisnis Konsultan Politik

Di Indonesia, termasuk di daerah, saat ini telah banyak beropeasi bisnis konsultan di bidang politik. Kami juga melihat bahwa jasa konsultan politik maupun biro konsultan pemilu/pilkada nampaknya sudah mulai “buka-bukaan” dan “berterus terang”, meskipun para pelakunya masih sering merahasiakan jati dirinya.

 

Memang, penulis melihat bahwa ada peran strategis yang bisa dimainkan oleh para pemberi jasa konsultan politik ini, yakni dalam hal membantu para politikus agar bisa tampil bagus terutama pada saat masuk tahapan kampanye, sehingga banyak audiens menjadi tertarik dan simpati untuk selanjutnya menghasilkan kemenangan saat pencoblosan di bilik suara.

 

Beberapa tugas konsultan politik yang sangat penting dilakukan antara lain adalm mempermak penampilan para kontestan pemilu yang menjadi klien-nya, mengajari cara berbicara atau kiat mempengaruhi konstituen, menyiapkan data-data dan fakta sebelum berkampanye, menyiapkan counter bila ditemukan kampanye hitam ataupun kampanye negatif yang ditujukan kepada sang kontestan, dan menyiapkan strategi politik tahap demi tahap.

 

Terkait tarif, tentu saja bisnis konsultan politik ini akan dibayar tinggi karena menyediakan jasa yang berkategori “high class”, dan biasanya sering mendapatkan bonus tambahan yang jumlahnya juga besar jika mampu menghasilkan kemenangan.

 

Demikianlah hal-hal yang kami anggap menjadi trend bisnis terbaik menjelang pemilu 2019, ya meskipun ragam bisnis yang kami publikasikan ini adalah bisnis yang tak lazim ditekuni oleh para pebisnis offline maupun pengusaha online. Meskipun begitu, ragam bisnis ini nyata ada dan telah menjadi trend bisnis populer dan banyak dicari menjelang masa-masa pemilihan umum legislatif (pileg), pemilihan umum presiden (pilpres) dan pemilihan kepala daerah (pilkada) baik pilgub/pilbup/pilwalkot maupun pilkades.

 

Penulis berharap artikel yang dibagikan ini bisa bermanfaat dalam membuka cakrawala bisnis masa depan yang hendak anda pilih untuk dikerjakan. Bagi yang ingin mengetahui tentang trend bisnis yang banyak di pilih oleh penduduk Kota Medan, silahkan baca artikel bisnis di medan agar peluang keuntungannya bisa anda rasakan mulai dari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!