Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Update Google Terbaru, Siapa Takut

Per 1 Agustus 2018 kemarin, google melakukan update atas algoritma mesin pencari-nya. Tentu adanya update google yang terbaru ini ada yang menyebabkan para pengelola website atau blog mendapatkan terjadinya penurunan trafik yang cukup drastis, khususnya web bisnis mengalami penurunan penghasilan.

 

Ya, update algoritma lagi dan google mengupdate lagi. Sebenarnya adanya hal update yang dilakukan oleh mesin pencari google bukan hal yang baru lagi dan bukan rahasia umum lagi bila berakibat pada ditemukannya beberapa website/blog yang mengalami penurunan peringkat, atau menyebabkan beberapa halaman atau konten yang mengalami pengurangan poin pada tampilan di halaman google.

 

Google Algorithm Update Terbaru 2018

 

Berdasarkan pengalaman selama aktif di dunia blogger, penulis melihat bahwa algoritma update dilakukan secara berkala dan hanya google yang tahu kapan dan apa-apa saja yang mereka buat semakin sempurna. Jadi ngapain takut bila ada update google yang terbaru, seperti update algoritma agustus 2018 yang lalu.

 

Sebenarnya adanya updating algoritma ini, secara otomatis harus membuat para webmaster dan/atau pemilik website semakin kreatif untuk terus berkreasi membuat konten-konten yang sangat berkualitas dan secara berkesinambungan tetap semangat mengurus website, apalagi yang dibuat dalam rangka menopang bisnis untuk bisa mendapatkan uang.

 

Berdasarkan sumber dan beberapa informasi yang kami dapatkan melalui googling, bahwa update yang dilakukan google kali ini adalah terhadap 4 item yang berkategori besar. Adanya 4 update kelompok besar ini, sedikit banyaknya membuat para pakar blogweb sedikit kewalahan menghadapinya. Mengapa? Karena update terhadap 1 item saja sudah membuat beberapa halaman dan konten menjadi “melorot” entah kemana, apalagi 4 update sekaligus dalam kurun waktu yang bersamaan pula, tentu semakin pusing tujuh keliling.

 

4 update besar pada tahun 2018 yang dilakukan google adalah pada bagian:

 

1) Spin Content

Update google 2018 memaksimalkan kinerja algoritma spin content adalah untuk memberanguskan artikel-artikel yang dibuat dengan memuat ulang. Caranya dengan melakukan perubahan sedikit pada kalimat atau kata tertentu, sehingga terlihat seakan-akan menjadi konten baru, padahal konten lama dengan rasa baru. Barang lama, stok baru. Hahahaha….

 

Keberadaan konten spin ini telah membuat Google gerah dan kita sebagai pembaca juga menemukan kesulitan untuk mendapatkan mana konten asli dan mana konten daur ulang barang lama. Oleh sebab itu, google memprioritaskan segera mendeteksi dan memberanguskan konten spin tersebut, dimana programnya telah berjalan mulai tahun 2017 lalu, dan eksekusi nya dilaksanakan pada tahun 2018 ini. Ya, lambat tapi pasti.

 

Muncul pertanyaan, bagaimana seandainya kita lazim melakukan spin content, apakah akan kena dampaknya? Bisa iya, bisa juga tidak. Mengapa? Karena robot google memerlukan banyak data untuk melihat sebuah artikel tersebut berkategori spin content atau tidak. Dan prosesnya pengumpulan bukti ini waktunya bisa cukup lama, sehingga, jika bila membuat artikel di bulan April, bisa saja ketahuannya pada bulan Juli atau bulan berikutnya.

 

Bila anda bersikeras melakukan pengeditan pada artikel unggulan anda, maka solusi terbaiknya agar melakukan editing dalam jumlah kata yang cukup besar, sehingga menjadi sebuah artikel unik dan lebih berkualitas lagi. Lalu kemudian silahkan untuk mengajukan indeks ulang ke webmasters.

 

2) Update Sistem Mobile Friendly Page

Mungkin sobat blogger ingat ketika Google melakukan test pada sistem algoritmanya yang bernama “Mobile First Index”. Dan kini test tersebut sudah rampung dan siap digunakan. Artinya, bahwa saat ini, website yang tidak memiliki tampilan mobile friendly, dan atau berat tampilan mobile ketika dibuka pengunjung, maka dapat dipastikan akan terkena dampak terjadinya penurunan peringkat.

 

Pakar google memberikan saran agar URL yang sama pada mobile dan desktop dengan tetap memperhatikan kecepatan mobile. Ingat bahwa waktu maksimal yang diberikan pada website Anda untuk membuka sebuah file halaman haruslah sudah terbuka dalam waktu 3 detik. Intinya, waktu 3 detik tersebut sudah secara full menampilan terbukanya tampilan teratas, sebelum scroll ke bawah. Nah, jalan untuk memperingan tampilan website anda adalah dengan jangan terlalu banyak menggunak script yang dapat menyebabkan web/blog serasa berat kecepatan.

 

3) Memiliki Relevansi Tingkat Tinggi

Para ahli google mengatakan bahwa akhir-akhir sangat banyak website yang unggul, namun sangat mudah tergeser peringkat nya dari halaman utama google. Adanya sirkulasi peringkat di halaman pertama ini tentu saja persaingannya sangat cepat berubah bila tidak diantisipasi dengan baik dan benar.

 

Yang menjadi penyebab utama mudahnya konten kita digeser oleh orang lain adalah disebabkan relevansi konten pada website kurang sempurna menurut google. Dan hal ini terjadi akibat adanya update algoritma baru yang semakin membuat sempurna Rankbrain mengendus konten yang kurang memiliki tingkat relevansi tinggi.

 

Bila terjadi hal ini pada website ataupun pada konten anda, maka langkah mengatasinya adalah dengan intens membuat konten yang berkualitas, ber-SEO friendly dan tingkatkan kadar relevansi pada pokok pembahasan alias harus tetap fokus dengan tema artikel. Artinya, konten buatan kita harus mampu menarik visitor bukan semata-mata karena judulnya yang “bombastis”, melainkan juga harus mampu membuat mereka berlama-lama berselancar di website kita, banyak melakukan interaksi yang pada pokoknya mampu memberikan kepuasan kepada pembaca atau visitor.

 

4) Pagerank

Secara umum para ahli seo sudah memberikan pendapat bahwa pagerank sudah tidak ada lagi alias kehadirannya tidak mempengaruhi peringkat konten di halaman google. Namun, secara “operasi” diam-diam, menurut penulis bahwa google masih menjalankan sistem baru untuk tetap melakukan pagerank di setiap website/blog yang ada.

 

Bila membahas tentang pagerank, maka secara otomatis tidak terlepas dari pokok pembahasan adanya link. Untuk itu, penulis memberikan saran agar sobat blogger senantiasa mengupayakan jangan terlalu banyak link di dalam artikel yang kita buat. Artinya, bila harus ngelink, maka upayakan pada yang perlu saja dan memiliki kesesuaian.

 

Disamping itu, upayakan juga agar jangan terlalu banyak backlink yang masuk dari web atau blog yang memiliki pagerank rendah atau kurang berkualitas.

 

Lalu bagaimana cara kita untuk meningkatkan performa situs agar semakin baik pagerank? Ya, lagi-lagi harus membuat konten artikel yang berkualitas dan bila ingin dinaikkan atau dioptimasi tingkat lanjut, maka sobat blogger bisa mengarahkan segala banner iklan ataupun internal link ke arah artikel yang diinginkan.

 

Satu lagi hal penting agar setiap ada perubahan pada artikel atau menerbitkan artikel baru yang benar-benar fresh, sobat blogger harus segera melakukan “fetch as google” alias indeks ulang yang bertujuan untuk menginformasikan ke robot agar melakukan crawl dan segera melakukan index.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!