Bisnis Online dan Jasa SEO

Jasa Ahli Blogger Terbaik di Medan

Usaha Sampingan Terbaik Bagi Anak SMA

Menjadi pelajar yang duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA), memiliki peluang untuk menghasilkan uang yang jumlah tidak terbatas. Tentu saja, urusan mencari uang jajan bisa diperoleh dengan cara menjalankan usaha sampingan yang terpercaya dan terbaik. Banyak contoh bisnis sampingan yang memungkinkan dilakukan oleh para remaja usia sekolahan, asalkan pintar memanajemen, agar proses belajar di sekolah tetap lancar dan penghasilan yang diperoleh juga lancar.

 

Usaha Sampingan Terbaik dan Terpercaya

 

Persoalan uang jajan yang kurang setiap harinya, serasa tidak tega untuk terus membebankannya kepada orang tua. Alasan inilah yang melatarbelakangi mengapa banyak pelajar yang nyambi bekerja untuk mendapatkan tambahan uang jajan. Memang sih, hal ini sah-sah saja dilakukan, asalkan jenis pekerjaan yang dipilih adalah hal yang positif dan 100% halal, serta tidak melanggar hukum. Dan hal yang tak kalah penting adalah, jangan gara-gara nyambi kerja, urusan sekolah pun jadi babak belur, bahkan sampai tinggal kelas.

 

Memang benar adanya, dimana ada keinginan disitulah terbuka jalan. Artinya, jika kita punya niat yang benar dan serius, yaitu ingin sekolah tetap sukses dan uang saku terus bertambah, maka keduanya pun bisa dijalankan beriringan. Satu hal yang penting diingat adalah tetap disiplin dalam membagi waktu dan tetap fokus.

 

Tak dapat dipungkiri, perkara mendapatkan uang dari hasil keringat sendiri terasa lebih bangga dan nikmat. Tapi sayang, mencari pekerjaan yang “part time job” di Indonesia saat ini sangat sulit. Tapi jangan langsung putus asa ya, karena masih ada beberapa peluang pekerjaan dan usaha sampingan yang bisa kamu lakoni. Yang penting agar terus semangat dan pantang menyerah.

 

Beberapa pekerjaan sampingan bagi anak SMA yang kami bagikan sebagai usaha terbaik di medan, yakni:

 

1) Menjadi guru les privat

Bagi kamu yang memiliki otak encer, telaten dan komunikatif, maka hal ini menjadi modal besar untuk menekuni bisnis sampingan menjadi guru les privat. Untuk kamu yang SMA ataupun mahasiswa bisa mendaftar di lembaga les privat tertentu, khususnya bagi anak SD dan SMP.

 

Penulis melihat, bahwa di daerah kota Medan banyak berdiri lembaga pendidikan yang memanfaatkan jasa anak SMA dan mahasiswa untuk dijadikan tentor.

 

Khusus untuk yang masih pejalar SMA, maka bisa menjalankan usaha menjadi tentor ini dengan memanfaatkan les privat rumahan. Ya, bisa dimulai dari mengajar bagi anak-anak tetangga terdekat. Penulis yakin bahwa saat ini banyak ibu-ibu yang mempunyai anak seusia SD yang biasanya suka meminta tolong ke tetangga untuk mengajari anaknya, apalagi membantu mengerjakan pekerjaan rumah (PR) dari sekolah. Nah, di sinilah peluangmu menggeluti usaha sampingan ini.  Apalagi kalau kamu telah dikenal sangat pintar, maka biasanya promosi gede-gedean dari orang tua yang anaknya kamu ajari lebih ampuh untuk menarik customer baru.

 

2) Menjadi seorang penulis

Pekerjaan sampingan ini dapat kamu pilih seandainya kamu memiliki skill menulis, kemudian juga memiliki pengetahuan  yang luas dan pantang menyerah. Kamu bisa memilih menulis cerita fiksi atau nonfiksi.

 

Nah, seandainya pilihan jatuh untuk menulis cerita fiksi, maka perbanyak membaca berita dan sering-sering mengirim artikel ke koran ataupun tabloid. Kalau nonfiksi, maka kamu dapat kirim cerpen ke majalah.

 

Untuk urusan kirim mengirim tulisan, maka kamu harus tahan banting dan pantang menyerah. Mengapa? Karena belum tentu sekali kirim tulisan langsung dimuat. Ya, biasanya butuh berkali-kali sampai bisa tulisan tersebut termuat di media dan mendapat honor yang lumayan untuk menambah penghasilan ataupun uang jajan.

 

3) Menjadi seorang pebisnis kecil-kecilan

Nah, khusus bagi anaka SM yang punya ketrampilan komersial, kreativitas dan tahan banting menjalankan bisnis kecil-kecilan bisa menjadikan pilihan untuk digeluti.

 

Penulis melihat, bisnis yang laris saat ini salah satunya adalah usaha aksesoris (pin, gantungan kunci, bross, dll). Terkait dengan hal itu, kamu bisa membuat dan mengedarkannya ke teman-teman  sekelas atau tetangga terdekat. Jangan takut tidak laku, karena usaha aksesoris banyak peminatnya, apalagi kalau produknya murah dan menarik dan berkualitas.

 

Nah, selain itu, bila kamu memiliki keahlian dalam bidang informatika teknologi (IT), maka dapat memilih usaha jasa IT. Potensi pekerjaan ini memang khusus untuk yang benar-benar jago IT, misalnya bisa menawarkan jasa pembuatan slide presentasi, desain website/blog dan majalah sekolah, atau sekedar mengetikkan makalah. Bila kamu rajin promosi, maka konsumennya bisa juga merambah ke guru dan wali murid.

 

4) Menjadi pekerja atau karyawan toko

Jika pendidikan yang sedang kamu jalani saat ini masih memungkinkan untuk membagi waktu, serta kamu juga mempunyai keahlian melayani (customer service), maka menjadi karyawan toko bisa menjadi usaha sampingan yang terbaik dan terpercaya untuk dilakukan anak sekolahan.

 

Pekerjaan sampingan menjadi karyawan ini, bisa saja menjadi operator warnet, pelayan kafe, pramuniaga, dan lainnya. Tapi, satu hal yang perlu diketahui bahwa mencari kerjaan model begini memang agak susah buat anak sekolahan. Selain harus punya koneksi, juga harus pintar membagi waktu sesuai dengan shift kerja yang ditentukan. Kebanyakan yang bekerja seperti ini adalah para pelajar SMK dan mahasiswa.

 

5) Mengikuti Lomba

Untuk kamu yang memiliki modal pengetahuan diatas rata-rata dan menguasai bidang kompetisi tertentu, kemudian juga memiliki mental juara maka mengikuti perlombaan atau kontes menjadi pilihan yang bisa digeluti.

 

Namun, kamu harus rajin mengikuti lomba di bidang yang kamu kuasai. Misalnya kamu menguasai ilmu SEO (ahli search enginge optimization) dan ahli mengoptimasi konten artikel, maka kamu bisa mengikuti kontes SEO yang marak diselenggarakan tahun 2018 ini.

 

Usahakan agar mengikuti kompetisi kontes SEO yang bukan penipuan (scam) dan yang menyediakan hadiah uang tunai bagi pemenangnya seperti yang diselenggarakan oleh perusahaan surewi konveksi seragam kerja. Berbekal adanya kemampuan seo tingkat expert, maka kamu bisa nantinya menjadi juara kontes seo surewi. Secara umum, biasanya yang paling sering diperlombakan adalah lomba karya ilmiah, essay, pidato, dlsb.

 

6) Menjadi publisher iklan

Jadi seorang online advertiser adalah pilihan bagi orang-orang yang tidak mau berpeluh-peluh keringat mencari duit. Caranya tinggal membuat blog atau website yang unik dan menarik, lalu pasang iklan adsense, ppc, cpm di blog yang kamu miliki. Kamu juga bisa bisa memilih via google adsense (ads), zoteromedia.com, dll. Selanjutnya tinggal menarik pengunjung sebanyak-banyaknya agar meng-klik iklan, sehingga kamu mendapat komisi. Sebulan sekali, tunggu saja cek pembayarannya.

 

Nah, jika kamu  serius dalam bidang usaha menjadi publisher iklan online, apalagi di zoteromedia, maka nantinya kamu bisa saja menjadi seorang online businessman beneran.

 

7) Menjadi seorang entertainer

Pekerjaan sampingan yang dipilih adalah bisa menjadi model, pesinetron, atau paling tidak mengikuti band yang manggung di kafe-kafe.

 

Nah, untuk menjadi model dan pesinetron, maka harus sering ikut casting, pemilihan cover girl ataupun cover boy. Untuk kamu yang mempunyai bakat dalam dunia musik, aktiflah ngeband dan berusaha untuk eksis manggung di manapun. Tapi jangan sampai mengorbankan sekolah ya.

 

Agar cepat sukses, maka kamu harus sering mengikuti kompetisi biar makin banyak yang tahu, dan lama-lama bisa diundang ke kafe-kafe atau ke restoran tertentu.

 

8) Bekerja menjadi pegawai orang tua

Nah, seandainya ortu kamu punya usaha dan lagi sibuk, maka coba tawarin untuk membantunya. Misalnya menjaga warung, antar barang pesanan, menggarap laporan, dlsb. Tidak hanya uang jajan saja yang didapat, melainkan pahala pun akan bertambah.

 

9) Memilih menjadi pekerja serabutan

Dalam setahun, mungkin akan ada even-even  tertentu yang butuh banyak tenaga dari para sukarelawan. Misalnya jadi panitia acara kota, atau dadakan yang dikerjakan secara gotong gotong. Selain itu bila ada moment tertentu yang sarat peluang bisnis, semacam peringatan hari valentine, bulan puasa, natal, tahun baru, dlsb. Intinya, harus cekatan mendengar kabar untuk menangkap peluang yang ada.

 

Oke ya, kami akhiri tulisan yang membahas tentang peluang usaha kerja sampingan yang terbaik bagi anak SMA, mahasiswa ataupun anak sekolahan. Yang pasti, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang/duit tapi tidak mengorbankan sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakar SEO Bisnis Online © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!