Trik Internet Marketing Jual Rumah

10 Cara Menjual Rumah Dengan Trik Internet Marketing

Bagaimana cara menjual rumah di internet agar cepat laku? Atau strategi apa yang harus dipakai marketer memperkenalkan proyek pembangunan rumah agar langsung terjadi booking. Pertanyaan ini sering dilontarkan pemilik rumah yang berencana menjual rumah-nya. Atau para agen properti hunian agar penghasilan yang diharapkan dari komisi penjualan dapat dengan cepat ia peroleh.

 

Memang ihwal menjual rumah dan memasarkan properti tipe hunian tertentu di era digital saat ini telah dimaknai semakin mudah dan ekonomis. Namun setidaknya, perlu kamu tahu bahwa ada beberapa cara yang efektif dan tips mudah agar rumah yang mau dijual melalui internet punya nilai jual lebih dan laris manis dalam waktu singkat.

 

Dalam catatan silaenseo.com, setidaknya ada sepuluh cara mudah bagi perusahaan developer, agen real estate dan broker dapat memanfaatkan kekuatan internet marketing untuk menjangkau khalayak yang lebih luas dan 24 jam.

 

1) Kualitas Gambar

Kehadiran foto berkualitas tinggi dan terbaik sangat penting untuk dimanfaatkan dalam hal menciptakan kesan pertama yang kuat ‘mencuri’ perhatian dan, akhirnya membeli. Atau setidaknya, dengan melihat gambar yang bagus secara psikologis mampu untuk menarik dan mempengaruhi lebih banyak orang untuk sudi menghadiri open house.

 

Baca juga: Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Property

 

Dalam teknik pemasaran yang baik, bahwa rumah yang difoto secara profesional dan apik, cenderung skan lebih menjual dan dengan nominal yang lebih besar. Namun, kamu tidak perlu untuk membayar jutaan rupiah untuk sesi pemotretan rumah dari jasa fotografer profesional. Jika kamu akan mengambil gambar sendiri, ada beberapa yang harus dipenuhi agar hasilkan bagus dan memuaskan, yaitu: a) gunakan kamera yang bagus; b) pastikan propertinya bersih dan rapi; dan c) cobalah untuk selalu mengambil foto dengan cahaya alami jika hal itu masih memungkinkan.

 

2) Share listing properti

Gunakan layanan media sosial untuk menyebarkan konten berita tentang properti yang saat ini kamu miliki dan di jual. Untuk mengarahkan banyak traffic ke listing property kamu, maka buatlah akun Facebook, Twitter, Instagram atau Youtube untuk bisnis properti kamu, di mana dapat mengirim foto dan link menuju ke properti kamu.

 

Media sosial ini adalah salah satu wadah terbaik untuk menyebarkan berita tentang katalog properti yang tersedia dan siap di pasaran. Dan jangan lupa tentang eksistensi akun media sosial pribadi kamu agar membagikan listing properti terpilih kepada jaringan pribadi.

 

Telisik juga: Jual Property Jadi Mudah dengan Digital Marketing

 

3) Menargetkan dengan media sosial

Banyak pilihan untuk media sosial saat ini, bagaimana kamu tahu apakah Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, atau Youtube-lah yang tepat untuk bisnis perumahan kamu?

 

Pilih satu atau dua dari jaringan sosial di mana calon pelanggan kamu yang paling mungkin aktif. Memfokuskan upaya kamu untuk membangun pengikut yang kuat pada saluran media sosial ini sangat penting sebelum menyiapkan akun tambahan pada platform-platform lainnya.

 

Trik Internet Marketing Jual Rumah

 

4) Melibatkan diri dengan pelanggan secara langsung

Dibandingkan dengan saluran lain, media sosial ada menawarkan kesempatan terbaik bagi kamu untuk terlibat langsung dengan pelanggan dalam komunikasi dua arah. Daripada hanya posting link ke listing properti kamu dan atau mempromosikan open house yang akan datang. Tak salah mencoba lebih kreatif dan inovatif dengan cara kamu mau berinteraksi langsung dengan pembeli potensial.

 

Misalnya, lakukan riset untuk mencari pengguna di platform seperti Twitter yang aktif mencari rumah untuk dibeli atau disewa. Kemudian jangkau para pengguna ini dengan menawarkan beberapa properti yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

 

5) Pasang berita real estate, saran dan lainnya

Share berita yang berisi tentang perkembangan di pasar real estate lokal kamu, serta tips dan saran lainnya untuk pencari properti pada berbagai saluran media sosial kamu. Ini merupakan satu cara yang bagus untuk memposisikan diri kamu sebagai ahli pasar properti dan mendapatkan peningkatan kepercayaan dari pelanggan kamu.

 

Baca juga: Strategi Memasarkan Rumah Lewat Website dan Blog

 

6) Menggunakan content marketing

Memproduksi konten kamu sendiri adalah cara lain untuk membangun kepercayaan dan meyakinkan para pencari properti hunian bahwa kamu adalah sosok ahli pasar yang benar dan terpercaya.

 

Membuat blog pada website di mana kamu bisa menjawab pertanyaan yang paling sering dilontarkan pencari rumah. Kamu juga bisa menghasilkan buletin mingguan yang mempromosikan properti baru di pasaran.

 

Penting diingat bahwa content marketing yang dibuat harus berkualitas, bukan hasil plagiat dan bersandarkan pada kemahiran SEO. Tujuannya SEO agar konten pemasaran itu mendapat posisi di halaman pertama google. Sehingga punya kesempatan besar untuk mendapatkan organic traffic menuju listing properti hunian yang sedang dipasarkan.

 

7) Pasarkan ke situs MarketPlace OLX

Situs e-commerce OLX dapat kamu jadikan sebagai salah satu tempat untuk menjual rumah online sekaligus dalam rangka dan tujuan untuk menguatkan branding perusahaan properti dan agen atau broker rumah secara global.

 

Situs OLX ini menurut saya (silaenseo.com) sangat strategis mengingat ada puluhan juta member. Tentu traffic itu sangat menguntungkan bagi agen penjual rumah yang ingin mengiklankan barang atau jasa online.

 

Baca juga: Belajar Digital Marketing Bisnis Properti Bersama Blogger Silaen

 

Silahkan mendaftar, dan setelahnya langsung saja Klik tombol pasang iklan gratis yang ada di pojok kanan atas, pilih kategori, pilih properti, kemudian pilih rumah. Isi form mengenai data rumah seperti, luas bangunan, jumlah kamar tidur, kamar mandi, serta fasilitas lainnya.

 

Salah satu cara jual rumah online yang terbaik harus secara lengkap mengenai menulis alamat, kota dan provinsi di mana rumah yang di jual berada (bila memungkinkan titik koordinat di google map). Cantumkan juga informasi lengkal lainnya, seperti kelebihan rumah, kelengkapan dokumen, serta status kepemilikan bangunan apa Sertifikat Hak Milik, Hak Guna Bangunan, atau lainnya (PPJB, Girik, Adat). Terakhir mencantumkan kontak telepon, whatsapp dan email yang bisa dihubungi.

 

Agar semakin menarik, upload tiga foto rumah yang anda jual via internet dengan tampilan gambar yang jelas, terang dan berkualitas terbaik. Jangan lupa untuk mencantumkan harga, dan memberikan keterangan singkat apakah rumah kamu bisa dinego atau tidak. Cantumkan juga keadaan properti, baru atau bekas, lalu centang form persetujuan. Tunggu beberapa saat, kurang dari satu jam kamu akan banyak orang yang melihat iklan rumah tersebut.

 

8) Menjual rumah melalui web log milik bank

Saat ini cara menjual rumah di internet melalui website bank semakin dipermudah. Salah satunya melalui fasilitas penjualan rumah yang disediakan oleh BTN Properti. Kamu dapat mendaftarkan diri disana untuk memasarkan properti rumah kamu secara online melalui website khusus jual-beli properti yang resmi disediakan oleh BTN.

 

9) Mengiklankan rumah kamu di website ternama atau blog personal bertraffic tinggi

Solusi lain yang terbaik sebagai satu tips menjual rumah di online adalah dengan memasang iklan pada website-website atau personal blogger yang memiliki traffic padat. Website ini bisa saja berupa forum atau blog lain yang memiliki rata-rata kunjungan perhari tinggi, seperti silaenseo.com.

 

Saat ini cara memasang iklan tidaklah sulit dan biayanya pun relatif murah. Semakin banyak memasang iklan rumah kamu, maka semakin banyak pula orang yang melihat iklan tersebut dan semakin besar peluang untuk mendapatkan calon pembeli. Cuma pilihlah blog pribadi yang page authority (PA) dan domain authority (DA) tinggi dan sudah di optimasi dengan baik menggunakan teknik SEO dan SEM agar backlink yang kamu peroleh juga berkualitas dan bagus dimata search engine.

 

Baca juga: Tips Belajar SEO Untuk Blog Property Propersional

 

10) Menjual rumah melalui website khusus penjualan properti

Selain menjual rumah melalui situs bank dan website e-commerce, kamu juga bisa menjual rumah melalui website yang khusus ditujukan ‘niche’ penjualan properti. Saat ini ada banyak web log yang menawarkan jasa penjualan rumah, silahkan pilih sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *