Sales

7 Hal Penting Buat Sales Marketing Saat PSBB di Jakarta

Sales marketing yang merupakan salah satu ujung tombak memasarkan produk di lapangan, tentu harus punya kiat khusus pasca dikeluarkannya aturan PSBB ketat di Jakarta.

 

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat sudah diberlakukan oleh PemProv DKI Jakarta yang berlaku mulai hari ini, 14 September 2020. PSBB Jakarta jilid 2 ini ditetapkan melalui Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 88 Tahun 2020 dan peraturan ini sudah disahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta akan dilakukan evaluasi dalam 2 minggu kedepan. Anis menyampaikan lewat konferensi Pers di Balai Kota, Jakarta, Minggu (13/9/2020).

 

‘Peraturan Gubernur Nomor 88 Tahun 2020 ditetapkan hari ini, 13 September, tentang perubahan Peraturan Gubernur Nomor 33,’ ungkap Anis.

 

Sales

 

Terkait adanya PSBB ketat di Jakarta, setidaknya menurut silaenseo.com ada 7 aturan penting yang perlu diketahui dan dijalankan para sales marketing dalam menjalankan tugasnya di area Jakarta sekitarnya, yakni:

 

1) Kapasitas yang diperbolehkan hanya kantor 25 persen

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan, bahwa kapasitas kantor baik pemerintah maupun swasta di DKI Jakarta harus diatur sebesar 25 persen selama dua minggu kedepan. Apabila ditemukan kasus baru yang berasal dari kantor tersebut, maka gedung perkantoran harus ditutup selama tiga hari.

 

Analisa juga: Kiat Marketing Usaha Showroom Motor Saat Pandemi

 

Selanjutnya, untuk 11 sektor esensial, pasar dan pusat perbelanjaan, pada PSBB kali sedikit melonggarkan dengan memberlakukan kapasitas maksimal hingga 50 persen.

 

Aturan diatas masih membuka peluang bagi sales untuk bekerja memasarkan produknya, meski menemui kepastian bahwa jumlah pelanggan potensial yang akan ditemui pada kantor-kantor drastis sepi.

 

2) Aturan ojek aplikasi online

Bila dicermati aturan terhadap ojek online pada PSBB kali ini lebih longgar. Pengemudi ojek mobil dan ojol motor diizinkan mengangkut barang maupun penumpang, dengan syarat wajib menjalankan protokol kesehatan secara ketat.

 

Bagi kamu sales marketing yang selama menjual produk yang konsumennya adalah para mitra driver ojek online tentu saja tidak mengalami kendala dan masih tetap bisa masuk ke komunitas mereka. Tapi tetap agar menjaga protokol kesehatan untuk menghindari pandemi virus corona.

 

3) Operasional kendaraan roda empat

Kendaraan roda empat hanya diizinkan membawa maksimal dua orang saja dalam satu baris duduk penumpang. Akan tetapi, aturan ini tidak berlaku bagi penumpang dengan tempat tinggal yang sama (se rumah).

 

Nah, susunlah agenda pemasaran yang menyesuaikan dengan aturan PSBB bagi kendaraan roda empat diatas.

 

Telisik juga: Cara Kembangkan Strategi Pemasaran Buat Bisnis

 

4) Dilarang berkumpul

Penegasan yang juga digarisbawahi dalam pemberlakuan PSBB total di Jakarta adalah terkait pelarangan kerumunan. Pergub ini tidak memperbolehkan ada kerumunan yang lebih dari lima orang. Sehingga, ada himbauan agar warga Jakarta diharapkan untuk tetap diam di rumah saja (work from home).

 

Dalam menjalani misi pemasaran, kamu sebagai sales harus mempunyai trik agar tidak terjadi kerumunan saat memasarkan atau memperkenalkan produk-mu. Konsep pemasaran yang kamu gunakan harus singkat, padat dan efektif memengaruhi konsumen yang dijumpai.

 

5) Penutupan area publik

Selama PSBB kembali diterapkan secara total, ada beberapa tempat yang ditutup untuk sementara waktu, yakni: sekolah atau instansi pendidikan, tempat wisata, taman kota, sarana olahraga publik, tempat resepsi pernikahan selain KUA, dan tempat ibadah besar di zona merah.

 

Untuk sementara, kamu harus mengalihkan area pemasaran ke tempat lain atau bila memungkinkan memilih untuk ke luar kota.

 

6) Restoran dan kafe

Restoran, kafe, dan beberapa tempat yang menjual makanan lain masih diizinkan untuk tetap dibuka. Akan tetapi, pemilik harus menaati peraturan, yakni hanya dengan menerima pesanan dibawa pulang atau pesan antar, dan tidak boleh menerima pengunjung untuk berkumpul dan makan ditempat.

 

Baca juga: Tips Ojek Online Onbid Saat Jakarta PSBB Total

 

7) Operasional transportasi publik

Aturan PSBB terbaru, terjadi pengurangan transportasi publik, dengan pengaturan sebagai berikut:

 

*) Pengendalian diterapkan pada TransJakarta, MRT, LRT, KRL Commuter Line, taksi, angkutan kota, dan kapal penumpang;

*) Kapasitas penumpang dibatasi, frekuensi layanan serta armada juga dikurangi;

*) Kapasitas penumpang maksimal 50 persen dari jumlah kapasitas normal;

*) Terkait teknis diatur melalui Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan dan berdasarkan pada Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 33 Tahun 2020;

 

Selain hal diatas, ada kebijakan Pemprov DKI Jakarta memberikan bantuan sosial atau bansos berdasarkan pada jadwal yang telah disusun hingga akhir tahun ini. Untuk itu, mungkin kamu satu diantaranya yang tercatat sebagai penerima bansos ini.

 

Penting diingat bahwa yang sebenarnya penerima bansos ini merupakan warga rentan serta kurang mampu, berdasarkan data Kementerian dan Dinas Sosial. Bansos ini diterima warga Jakarta dalam bentuk kebutuhan bahan pokok. Program ini akan berlangsung hingga Desember 2020, dan akan diberikan kepada 2.460.203 keluarga di DKI Jakarta, dan didistribusikan melalui Perusahaan Daerah (PD) Pasar Jaya.

 

Salam marketing dan semoga sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *