Ahli Pemasaran Bisnis Online

Ahli Digital Marketing Dengan SEO Lokal Medan

Bila di googling sangat banyak ditemukan ahli digital marketing yang mengoptimasi bisnis dengan SEO lokal. Mungkin karena orang tersebut sudah paham SEO yang merangkai target kata kunci (keyword) dengan teknik bergengsi dan berhasil pula berada di halaman satu search engine, misalnya google.

 

Sebenarnya ilmu SEO itu sangat luas dan kompleks, serta harus sabar meski sudah menerapkan teknik SEO bisnis lokal yang bagus. Teknik SEO terbaik, maksudnya adalah yang benar-benar telah teruji keberhasilannya meletakan keyword tertentu di google bukan sekedar teori.

 

Meski telah menerapkan teknik optimasi SEO, hasil yang dicapai kadang berbeda beda, ada yang cepat dan ada yang lambat dalam hal mendatangkan pengunjung. Hal ini lumrah dan tidak perlu kuatir, karena teknik pemasaran yang mengkedepankan ‘long tail keyword‘ adalah harapan untuk bisa berada di halaman 1 google. Sementara, teknik optimasi dengan menggunakan ‘short tail keyword‘, harus panjang sabar dapat masuk ke posisi halaman pertama google.

 

Ahli Pemasaran Bisnis Online

 

Mengapa incaran digital marketing menggunakan SEO adalah halaman pertama? Karena, bila website bisnis atau personal blog berada di hal 1, maka akan lebih mudah di temukan oleh pengguna internet. Misalnya kamu ingin menjual handphone merek samsung di Medan, maka sasaran kamu adalah warga Medan yang benar-benar mencari handphone bukan mencari kulkas atau televisi. Sebab, barang elektronik merk samsung sangat banyak jenisnya, sehingga ahli pemasaran bisnis di Medan harus bisa memastikan bahwa yang mengunjungi website/blog nya adalah warga Medan yang mencari handphone samsung. Ya, meskipun halaman pertama itu masih memiliki grade-nya tersendiri, misal posisi teratas tentu akan lebih disukai daripada yang berada di posisi kedua dan seterusnya. Namun, minimal bisa meraih posisi 5 besar agar terlihat sangat jelas ketika menggunakan handphone.

 

Lalu, bagaimana bila blog bisnis berada di halaman kedua (hal 2), tentu para pengguna internet harus mengeluarkan tenaga ekstra dengan cara mengklik hingga ke halaman kedua. Hal ini akan menyebabkan timbulnya rasa malas dari orang yang mencari informasi dari google, belum lagi ada gangguan sinyal, memakan kuota internet, dan lain sebagainya.

 

Bila bicara tentang siapa saja sebenarnya pakar SEO Indonesia? Jawabannya yang orang-orang yang memiliki teknik terbaik di bidang SEO. Jadi, tidak perlu pusing memikirkan atau merebut posisi menjadi ahli SEO Indonesia. Karena sejago apapun ilmu SEO nya, tidak semua keyword bisa dikuasai sebagai ada ratusan faktor pendukung untuk bisa tampil page one atau ranking satu. Bila tetap memaksa, maka pakar SEO atau ahli SEO Indonesia itu adalah kamu sendiri yang sedang membaca artikel ini.

 

Jujur, saya sendiri hanyalah seorang praktisi SEO yang kebetulan senang mengutak-atik dan bermain di zona search engine untuk memasarkan perusahaan bisnis, produk dan jasa secara online. Bermain di zona page one search engine sangat banyak suka dukanya. Enaknya adalah ketika website benar-benar bisa berada di top one pencarian google setelah dilakukan optimasi dan publikasi konten. Tak enaknya konten yang sudah di halaman pertama secara tiba-tiba menghilang atau website bisnis yang dioptimasi tidak juga naik posisinya ke halaman pertama. Sangat jengkel rasanya.

 

Cermati juga: Strategi Ahli Digital Marketing untuk Menguasai SEO

 

Dalam mengoptimasi dan menjadi SEO sebagai satu alat pemasaran bisnis, membutuhkan adanya riset, menerapkan teknik on-page SEO, memperkuat link building, menjalankan teknik off-page SEO, dan mengevaluasi perkembangan website. Nah, meriset keyword yang pas digunakan untuk satu produk agar dimajukan ke medan perang di search engine adalah tidak gampang. Pekerja marketing harus mengetahui siapa target pasar (misal usia, jenis kelamin, pekerjaan, dll), tujuan wilayah atau negara yang hendak disasar. Nah dengan meriset produk keyword yang tepat, justru akan menghemat waktu, tenaga dan uang, karena telah membidik konsumen dengan baik.

 

Selanjutnya melakukan optimasi onpage, dimana hal yang sangat perlu untuk diperhatikan dan dipertimbangkan dalam dalam mengoptimasi onpage ini adalah: 1) Title; 2) Deskripsi; 3) Tagline; 4) URL; 5) Gambar; 6) Artikel yang disukai google; 7) daftar ke google search console; dan lain sebagainya.

 

Langkah berikutnya adalah membangun link yang berkualitas dan kokoh dengan kriteria otoritasnya diakui oleh google. Perihal link building ini, jangan sampai salah merumuskan maupun menggunakannya. Baru yang terakhir melakukan evaluasi. Langkah evaluasi ini dilakukan melalui google webmaster tools, google analytics dan lain sebagainya. Disini, kamu bisa melihat kinerja SEO selama sebulan di dalam google webmaster tools, apakah link tertanam dengan baik, atau tidak, semua tertera disana.

 

Bila sulit memahami teknik pemasaran dengan menggunakan SEO, maka tak ada salahnya ikutan program kursus SEO ataupun pelatihan SEO untuk memasarkan website. Nah, kursus SEO ini telah banyak dibuka di berbagai wilayah Indonesia, seperti Kota Jakarta, Bandung, Medan, Semarang, Yogyakarta, Makassar, Bali, Batam, Pekan Baru, Aceh, Palembang, Balikpapan, Banjarmasin, dan daerah lainnya.

 

Tentu kursus atau pelatihan SEO (baik offline atau online) ini adalah berbayar. Tapi, bila dibandingkan dengan manfaat yang akan didapatkan, maka uang yang dikeluarkan sangat bermanfaat untuk kemajuan pemasaran website/blog dalam mendapatkan pengunjung. Dan dengan adanya pengunjung ini, maka peluang untuk menghasilkan uang dengan cara monetisasi web/blog sangat terbuka lebar dapat sukses.

 

Biasanya berbagai materi yang ditawarkan dan diajarkan oleh para ahli SEO dan pakar optimasi website dalam kelas kursus SEO nya, sehingga kamu pun bisa menjadi perseorangan yang mahir SEO dan pemasaran digital adalah sebagai berikut:

 

1) Materi Riset Online:

*) Berisikan metode tentang pemetaan internet marketing dan bagaimana langkah awal belajar internet marketing;

*) Kemudian materi yang berisi tentang cara meriset kata kunci yang sesuai dengan produk masing-masing, sehingga nantinya akan sangat mudah untuk menembus halaman 1 google;

*) Materi yang berisi tentang cara mencari kota target dan peluang kata kunci yang minim kompetitor, namun pangsa pasar sangat terbuka lebar;

*) Materi berisi tentang cara menentukan ribuan kata kunci target sesuai dengan produk masing-masing;

 

2) Materi Facebook Marketing:

*) Berisi tentang bagaimana membuat akun profil facebook dengan metode yang sederhana namun berdaya guna;

*) Materi yang berisi tentang bagaimana cara mendapatkan teman tertarget sebanyak 5000 pertemanan;

*) Kemudian materi yang berisi bagaimana cara membuat fanpage yang bisa langsung menembus halaman 1 google;

*) dan bagaimana fanpage bisa mendominasi facebook dan google;

 

Menarik dibaca: Cara Mengembangkan Strategi Pemasaran Buat Bisnis

 

3) Materi Fb Ads untuk pemula yang berisi materi tentang:

*) Mindset iklan di FB ADS;

*) Teknik penggunaan copywriting dalam fb ads untuk konten viral;

*) Praktek membuat akun iklan fb ads yang aman;

*) Membuat fanpage untuk fb ads;

*) Teknik maupun teknis Riset Audience untuk FB ADS;

*) Cara memahami Struktur FB Ads;

*) Praktek iklan engagement;

*) Praktek iklan traffic click to website;

*) Praktek iklan Traffic click to wa;

*) Praktek iklan Traffic Canvas click to wa;

*) Praktek iklan lead generation;

*) Praktek Retargeting seperti mempelajari costume audiense, look like audiens, pixel audience;

 

4) Materi Youtube Marketing yang terdiri dari:

*) Trik untuk menguasai seluruh halaman youtube;

*) Duplikasi ribuan video hanya hitungan per menit;

*) Cara upload otomatis video youtube, bisa sambil ditinggal bekerja ataupun tidur;

*) Teknik mempelajari isi judul, deskripsi dan tag hanya sekali klik;

 

5) Materi Instagram Marketing yang terdiri dari:

*) Trik membidik dan menguasai pencarian instagram;

*) Mencari followers tertarget sebanyak mungkin;

*) Menguasai ke-9 top post;

*) Trik mendapatkan like hingga ribuan;

 

6) Materi Google Dominasi yang terdiri dari:

*) Trik untuk memanfaatkan media gratisan (Kumparan, My map, hub-docker, medium, wattpad, tumblr, linked In, dan lain sebagainya) untuk menguasai seluruh halaman google;

*) Trik membuat kata kunci sesuai dengan kota target tertentu;

 

7) Materi Auto Blogspot dengan materi:

*) Membuat ternak ribuan blog hanya dengan 1 klik;

*) Melakukan auto post blogspot hanya dengan 1 klik;

*) Membuat ribuan konten/artikel dengan variasi kata kunci (keyword), kecamatan, kabupaten/kota dan provinsi maupun negara;

*) Trik masuk halaman 1 google melalui blogspot;

*) Membuat blog dengan keyword tertentu yang disukai google;

 

Telaah juga: Blogger Medan Siap Memasarkan UMKM di Sumut

 

8) Materi MarketPlace Olx yang terdiri dari:

*) Trik membuat judul dan artikel hingga ribuan dengan teknik sederhana;

*) Mempelajari tentang isi judul dan deskripsi hanya dengan 1 klik, bisa ditinggal bekerja atau tidur;

*) Trik cara menembus moderasi di olx;

*) Trik iklan diterima hingga ratusan di olx;

 

9) Materi SEO Basic yang berisi pembelajaran tentang:

*) Mempelajari ilmu tentang bagaimana cara membuat web atau blog yang cepat masuk halaman 1 google;

*) Trik memasukan judul dan tagline/deskripsi di web/blog yang disukai google;

*) Cara mendaftarkan web/blog ke google webmaster tools;

*) Mindset SEO untuk pemula;

*) Cara tentang bagaimana teknik meriset kata kunci yang mini kompetitor namun pangsa pasar nya terbuka luas, sehingga persaingan sedikit di dunia SEO;

 

10) Materi SEO Advance yang materi belajarnya terdiri dari:

*) Cara mengenal berbagai macam sumber backlink;

*) Cara mencari backlink yang diakui google (webmaster tools);

*) Mempelajari teknik mencari dan mencontek backlink dari kompetitor;

*) Belajar cara membuat backlink yang tidak bisa ditiru kompetitor;

*) Cara mengevaluasi hasil backlink dengan google webmaster tools; dan

*) Cara tentang bagaimana membuat artikel yang disukai google dan mudah masuk halaman 1 google maupun search engine lainnya;

 

Bila kamu ingin menjadi ahli SEO atau master SEO Indonesia yang menguasai ilmu pemasaran atas produk-produk dari perusahaan bisnis atau jasa, maka seluruh materi diatas harus dipahami sehingga optimasi website berjalan sempurna dan bisa jadi nomor 1. Disamping itu, harus tetap mencari referensi perkembangan SEO global karena bisa saja terjadi perubahaan algoritma search engine.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *