Digital Marketing Property

Belajar Digital Marketing Usaha Property Bersama Blogger Silaen

Bisnis yang tak ada matinya adalah bisnis property, sehingga wajar para pebisnis mencari cara kreatif untuk memasarkan berbagai produk-produk yang bersinggungan dengan hunian. Kondisi inilah yang menciptakan ketatnya persaingan untuk memikat hati konsumen, termasuk persaingan strategi digital marketing usaha properti.

 

Tak dipungkiri, semakin hari terjadi peningkatan kebutuhan dan demand akan hunian baru, dan hal ini membutuhkan cara pemasaran dan penjualan property agar laku cepat. Mekanisme penjualan pun harus mengikuti perkembangan zaman yang mulai semua serba online dan digital. Mau tak mau atau suka tak suka, pengusaha hunian dan agen (broker, makelar) property harus ikut arus ini adanya digitalisasi bisnis bila tak ingin ketinggalan.

 

Salah satu perubahan yang sangat signifikan akibat adanya digitalisasi pada usaha properti adalah cara pemasaran yang diawali adanya perombakan memakai pemasaran digital untuk memenuhi segmentasi pasar dan tren yang ada di masyarakat.

 

Dengan begitu, apa pun hal yang berhubungan dengan alat promosi dan periklanan mulai dibuat dan dijalankan dengan cara digital marketing. Masyarakat pun telah melek teknologi dan selalu intens melakukan berbagai kegiatan secara lebih luas dengan menggunakan jaringan internet.

 

Digital Marketing Property

 

Dalam catatan saya (silaenseo.com), ada banyak hal yang harus dipelajari oleh para pengusaha maupun agen-agen bisnis properti-nya. Terutama bagaimana cara mengoptimalkan digital tool dalam konteks penggunaannya untuk memajukan usaha. Nah pada kesempatan ini akan dibahas tentang cara mudah mempelajari ilmu digital marketing untuk usaha property. Materi pembelajaran yang saya sampaikan juga sangat mudah terkait penggunaan strategi yang bisa diaplikasikan sepenuhnya oleh para pelaku usaha property maupun teman-teman blogger medan meski pemula sekali pun.

 

Telisik juga: Jual Properti Jadi Mudah Dengan Digital Marketing

 

Berikut metode belajar digital marketing untuk usaha property yang efektif dijadikan strategi, yaitu:

 

1) Buat lah website property dan atau blog profesional

Website merupakan tempat ‘rumah besar’ dalam memajang seluruh informasi berkaitan dengan produk-produk properti yang kamu jual. Saat ini pertumbuhan jumlah web log di Medan semakin meningkat, karena biaya pembuatannya tak mahal. Dengan modal Rp500 ribuan, kamu sudah bisa memiliki web log profesional. Untuk awal pemasarannya, kamu bisa memakai iklan berbayar pada Google Ads. Tujuannya agar lebih memaksimalkan kinerja memperkenalkan url bisnis dan konten-konten didalamnya melalui SERP.

 

Seiring jumlah pegiat dunia blog dan website perusahaan di medan terus meroket, agar punya daya ungkit untuk bersaing maka langkah tepat menggunakan SEO atau Search Engine Optimization, serta sudah menjadi keharusan yang tak dapat ditunda. Penggunaan SEO selalu berhubungan dengan dunia konten dan juga kata kunci yang diincar. Lihat saja, sebuah konten yang dibuat oleh para marketer dan blogger pasti sangat menarik dan mengikut standar SEO yang berkualitas pada setiap alur kontennya.

 

Terkadang kreasi konten yang di buat oleh teman-teman blogger medan lebih unggul di SERP dibandingkan dengan konten yang dibuat oleh perusahan dan agen-agen property. Konten unggulan semacam inilah yang mempunyai peluang besar untuk di baca pengunjung dan peluang terjadinya konversi. Tak pelak pertarungan konten agar melesat ke halaman pertama google menjadi medan perang terbuka bagi pemasaran properti oleh siapa saja, khususnya yang mempunyai website atau blog profesional.

 

Biasanya bila sebuah konten sudah nangkring di halaman satu, maka selanjutnya kamu cukup menunggu pengunjung (calon pembeli) supaya menghubungi lewat informasi yang sudah dicantumkan dalam konten itu (bisa no hp, WA, email, dan lainnya). Hal nangkring di halaman satu, banyak blogger medan yang bisa melakukannya, serta mereka tepat dijuluki sebagai ahli SEO medan. Ahli SEO ini punya pengalaman tingkat dewa dalam mengoptimasi konten-konten terkait produk properti. Kalau saya (silaenseo.com) hanya seorang pengamat SEO saja yang berketepatan beruntung dapat belajar digital marketing SEO dan ilmu optimasi sehingga beruntung pula bisa berada di halaman satu google.

 

Baca juga: Tips Belajar SEO Buat Blog Properti Profesional

 

2) Terintegrasi dengan layanan pesan singkat

Selain SEO, dalam online marketing kekinian penting penguasaan layanan pesan singkat dan hal ini jangan sampai terlupakan, mengingat digital marketing mengharuskan adanya kecepatan respon dari penjual. Untuk itu, penjual dan konsumen bisa menjalankan komunikasi dua arah melalui fitur chatting yang banyak tersedia saat ini, misalkan Telegram, WhatsApp, Line atau juga berbagai layanan yang terhubung dengan sistem chat customer service di website atau blog bisnis yang kamu miliki.

 

3) Wara-Wiri di Media Sosial

Dibagian lain masih ada sosial media (medsos) yang saat ini lazim dimanfaatkan profesional bisnis dalam menggaet klien. Negara kita merupakan salah satu pengguna media sosial yang cukup besar. Sebagian besar penduduk Indonesia (warga milenial) sangat aktif dan aktraktif di dunia maya dan jejaring sosial, misalkan Instagram, Youtube, dan Facebook.

 

Selaku blogger profesional dan pebisnis di sektor hunian, dapat mempromosikan dan memasarkan berbagai jenis property. Bila memungkinkan langsung ‘action’ menyasar ketiga media sosial yang sangat populer itu. Bentuk teknik marketing property yang dilakukan juga sangat mudah dipelajari dan hasilnya terasa moncer. Kamu tinggal buat konten terbaik (bisa tulisan, gambar/foto dan atau video) kemudian bagikan ke timeline, fanspage dan grup-grup properti di fb.

 

Menarik dibaca: Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Properti

 

Eksistensi media sosial telah dijadikan marketing gallery online bagi para penikmat property dan blogger pemasar. Tapi, agar maksimal hasilnya harus dibentuk satu tim profesional, mulai ahli branding, pakar copywriter profesional, hingga master fotografer profesional. Mengapa? Karena internet marketing properti tak bisa lepas dari pegunaan gambar sebagai satu elemen terpenting sebagai gerbang pembeli memilih property yang kamu tawarkan, sebelum dirinya berniat melihat harga maupun aspek lain, seperti fasilitas daya listrik, rumah ibadah, dan sebagainya. Awal mulanya pembeli akan melihat dari sisi gambarnya dulu, jadi harus tersaji sangat apik.

 

Instagram juga harus kamu jadikan sebagai sarana promosi property, karena potensi nya sangat bagus. Bahkan ada agen property dan blogger medan yang sudah mempunyai pengikut (follower) yang banyak. Dari sini kamu perlu menggunakan seorang master copywriter yang bagus dan mencantumkannya pada judul foto di instagram kamu. Bila budget memungkin bisa menggunakan jasa influencer, seperti selebgram atau instaproperty.

 

4) Gabung di Portal Real Estate

Kamu juga harus aktif sebagai member di pencarian property dan sepatutnya mengoptimalkan strategi online marketing pada portal jual beli property. Mengapa? Karena kamu butuh situs ‘partnership’ di bandingkan dengan membeli situs. Ingat, mengembangkan dan memelihara situs sangat merepotkan jadi sebaiknya manfaatkan situs jual property yang sudah tersedia dan terpercaya. Selain itu, bila punya pemikiran untuk menyaingi mereka dengan menggunakan situs kamu, pastinya akan mengeluarkan banyak biaya dan usaha. Langkah yang sangat tepat mendaftar menjadi bagian dari anggota mereka (member) maupun menjadi pemasang iklan pada platform portal property besar tersebut.

 

Platform property di internet cukup banyak, yaitu portal real estate. Para agen real estate dunia berani menyediakan uang agar bisa menghasilkan banyak tampilan menarik bagi pengunjung. Akibatnya, penawaran dan permintaan otomatis akan masuk membanjiri keagenan real estate kamu.

 

Nah agar calon pembeli kamu tidak kesasar, maka buatlah berbagai informasi lengkap tentang property yang ditawarkan kepada publik. Kamu juga bisa memanfaatkan berbagai fitur ‘coming soon’ di property yang dipublikasikan pada publik, seperti apa bocoran bentuk dan jenis property yang ditawarkan. Biasanya pada portal-portal property, calon pelanggan harus daftar terlebih dahulu melalui no kontak yang sudah diumumkan berhubungan dengan property kamu.

 

Telisik juga: 9 Strategi Pemasaran Properti Saat Pandemi dan PSBB

 

5) Strategi Virtual Reality

Teknik ini merupakan open house yang dirancang dengan cara online, meski eksistensi datang langsung ke lokasi marketing gallery tetap menjadi idola untuk penikmat property. Mengapa? Dengan datang langsung, konsumen bisa mengunjungi dan menyesuaikan selera pribadinya dengan kekuatan uang yang dimiliki. Mereka bisa juga secara detail mengetahui seluruh jumlah dan ukuran ruangan, tentang kondisi furniture, dan fasilitas pendukung lainnya. Open House bisa menjadikan kamu lebih dekat dengan pelanggan dan sekaligus sebagai sarana menambah kepercayaan konsumen pada agen property yang dipilihnya.

 

Kendalanya saat produk property yang kamu punyai belum mempunyai bangunan atau adanya PSBB akibat bencana non alam pandemi virus corona, maka manfaat dari virtual reality bisa kamu efektifkan agar proses marketing terus berlangsung. Intinya, kamu harus mulai belajar teknik pemasaran menggunakan virtual reality dan bila memungkinkan punya fasilitas dan tim sendiri agar tidak menggunakan jasa virtual reality.

 

Sebagaimana diketahui, VR adalah perkembangan digitalisasi informasi dengan basis multimedia. Dimana dengan cara ini, pengguna bisa berhubungan baik dengan seluruh lingkungan yang ada pada dunia nyata berkat adanya visualisasi komputer.

 

VR sangat bermanfaat dalam mencari dan juga membeli property yang dibutuhkan pelanggan dengan teknik yang sangat mudah. Jadi, pelanggan tidak perlu lagi bersusah payah datang ke lokasi dimana proyek sedang dibangun, sehingga sangat praktis dan ekonomis. Virtual Reality (VR) mempunyai keunggulan yang lebih dari pada teknologi lain, kesannya seperti benar-benar di dunia nyata. VR memiliki teknologi tiga dimensi visual yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan akan informasi menyeluruh berkaitan dengan fisik property.

 

Jadi penggunaan alat marketing online diatas, sangat mendukung untuk kesiapan diri menghadapi laju di industri 4.0. Belajar digital marketing untuk usaha property harus melek dengan internet. Apalagi dunia web log punya peran strategis untuk bersinergi pada formulasi strategi digital marketing memenangkan pertarungan menggaet pasar.

 

Sebagai seorang pebisnis di zaman milenial dan sekaligus sebagai blogger medan yang profesional, ada beberapa prinsip yang harus dipatuhi terkait dengan ilmu pemasaran digital yang sudah kamu pelajari dari guru atau mentor online marketing, yakni:

 

a) Konten yang dibuat harus sesuai target pasar

Eksistensi property pasarnya ditargetkan bagi mereka yang sudah bekerja dan atau punya penghasilan tetap dengan usia 25 hingga 40 tahun. Jadi, kamu perlu membuat tulisan (konten) membahas tentang kebutuhan investasi property harus dimulai masa produktif, sehingga nanti di masa tua tinggal menikmati alias bisa merupakan investasi.

 

b) Konten dibuat harus bervariasi

Para marketer sangat paham akan aturan ini. Teman-teman blogger medan juga harus seturut membuat variasi pada konten properti, sehingga terlihat konten selalu update terbaru. Dengan begitu, konsumen tidak akan pernah bosan dengan sajian konten yang itu-itu saja. Dalam kerangka itu, agar tercipta konten-konten berkualitas terutama berorientasi copywriting, maka sangat penting untuk terus belajar membuat konten berkualitas spesialis produk-produk properti.

 

c) Nomor kontak harus detail

Setelah berhasil menarik calon konsumen melalui publikasi konten, maka jangan lupa mencantumkan nomor kontak yang bisa dihubungi pelanggan. Untuk itu sangat penting dilakukan pengoptimalan, sehingga ketika mudah ditemukan pelanggan dan bila dihubungi segera memberikan respon.

 

d) Memiliki website atau blog propersional

Di dalam web log, kamu harus jelaskan property-property yang ditawarkan. Eksistensi website merupakan toko yang buka 24 jam, sehingga para pelanggan bisa mengetahui seluruh informasi harus dibuat propersional tanpa batasan waktu, dari mana saja dan kapan saja selama masih terhubung dengan jaringan internet.

 

e) Analisa terhadap competitor

Lakukan pencermatan pada pesaing, misalnya melihat bagaimana produk, pelayanan, juga strategi yang digunakan untuk menggaet pelanggan. Untuk itu, kamu perlu belajar digital marketing khusus untuk usaha property. Mengapa? Karena, masing-masing pesaing mempunyai strategi unik dan spesifik sehingga hatus dianalisis untuk mendapatkan jawaban tentang step strategi yang akan digunakan yang harus lebih unik dari mereka. Jadi, kamu bukan plagiat strategi namun menggunakan trik yang lebih bagus meski tak terlihat dengan kasat mata.

 

Ingat, penggunaan digital marketing sebagai wadah andalan bagi beragam bisnis yang terintegrasi secara baik dengan internet dan alat-alat pendukungnya, seperti komputer dan smartphone. Masuknya digitalisasi ke ranah bisnis property telah memudahkan membuat pengenalan merek (brand), produk dan cara bertransaksi online dibanding memakai metode penjualan konvensional.

 

Baca juga: Teknik SEO Marketing Terhadap Nama dan Jenis Produk

 

Calon pembeli harus didorong lebih luas melihat bisnis property kamu tidak hanya offline tetapi juga online. Itulah alasan kuat harus memaksimalkan pengetahuan dengan belajar digital marketing secara serius untuk menjadi juara dalam persaingan terkait usaha promosi dan penjualan property. Cara dimaksud tentu saja harus dilakukan lebih mudah dan berbiaya murah.

 

Semoga bermanfaat dan dapat memotivasi siapa saja termasuk pemilik blog properti Indonesia. Salam sukses bersama Blogger Silaen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *