Pemasaran Online

Belajar Pemasaran Online Bersama SilaenSeo

Ujung tombak sukses nya bisnis di era digital adalah pemasaran online yang efektif dan berdaya ledak tinggi mendatangkan pengunjung (pembeli). Tentu sebagai pemilik bisnis, mencermati geliat pasar dan strategi penting untuk menggaet calon konsumen harus terlaksana dengan baik dan terpelihara. Tiap pelaku marketing punya kiat khusus untuk menjaring sebanyak mungkin konsumen potensial yang memadati dunia internet, serta senjata yang dipakai harus moncer mengenai sasaran yang tepat pula.

 

Akan jadi rumit bila kamu hadir dalam ekosistem persaingan online tidak memiliki senjata ampuh alias ‘peluru kosong’, sehingga kalah perang dalam perebutan konsumen. Bila hal itu terus terjadi, tentu akan membawa kerugian berupa tidak mendapatkan keuntungan (profit) yang diharapkan, nama (brand) dan produk (barang dan jasa) akan terus tenggelam dan tak dikenal orang, dan pada akhirnya menutup usaha karena bangkrut.

 

Untuk itu, menjadi hal penting bagi pengusaha dan atau entrepreneur untuk mempersenjatai diri dengan ilmu digital marketing yang tepat dan nyaman bagi konsumen maupun mesin pencari. Caranya adalah dengan belajar digital marketing yang SEO Friendly bersama SilaenSeo yang merupakan seorang blogger kebanggaan Medan yang eksis dengan topik (niche) ‘seo buat pemasaran online‘.

 

Online Pemasaran

 

Pengertian Pemasaran Online

Sebelum pembahasan lanjutan, kamu harus paham apa itu pemasaran online? Sederhananya adalah pemasaran yang berbasis pada jaringan internet yang lazim menggunakan media digital sebagai upaya dan alat dalam memasarkan produk atau jasa. Saat ini, perangkat digital yang terhubung dengan jaringan internet sangat banyak, termasuk didalamnya adalah perangkat elektronik, seperti handphone pintar, komputer atau laptop, media iklan elektronik, dan media digital lainnya. Dengan jaringan internet ini, kamu dapat cepat berkomunikasi dua arah dengan calon konsumen yang juga terhubung diujung sana secara online, misal chat via whatsapp (wa).

 

Telisik juga: Manfaat Digital Marketing Untuk Pengembangan Usaha

 

Perkembangan terakhir, internet sudah jadi satu kebutuhan penting dan dapat diklasifikasikan pada masa sekarang ini sebagai kebutuhan primer yang berkolaborasi dengan kebutuhan sandang, pangan, dan papan sebagai sarana penting untuk mewujudkan kebutuhan manusia, baik yang sifatnya personal maupun komersial.

 

Sebagai pemilik bisnis, harus peka memastikan bahwa bisnis kamu tidak hilang dari peredaran dan dapat menjangkau seluruh konsumen potensial dari berbagai line. Pokok persoalan adalah bagaimana melakukan online marketing? Berikut ulasannya:

 

1) Punya Aset Digital

Untuk menjalankan pemasaran online ini, kamu harus punya aset digital, bisa berupa website atau blog proporsional dan atau media informasi yang kredibel menyantolkan produk atau jasa yang kamu pasarkan di internet. Bila menurut pertimbangan mu, investasi aset dalam bentuk website log terlalu mahal, kamu bisa menggunakan platform gratisan seperti media sosial.

 

Tiap platform membutuhkan adanya konten informatif, atraktif dan solutif mengenai bisnis untuk tujuan ‘mencuri’ perhatian konsumen potensial. Selain itu, kamu masih harus melakukan ‘maintenance’ atas update konten secara teratur dan konsisten untuk memastikan awareness mengenai produk dan jasa tetap terjaga dengan baik.

 

Baca juga: Tips Belajar SEO Untuk Blog Property Profesional

 

Tapi proses memelihara update konten ini bukan proses seperti memposting ulang konten-konten yang lama, melainkan membuat konten yang sama sekali baru meski produk yang dipasarkan tetap itu. Untuk itu kamu harus belajar menjadi seorang content creator agar bisa sukses berwara-wiri menggunakan strategi internet marketing.

 

Agar lebih efektif kinerjanya, maka kamu harus menggunakan gabungan dari berbagai platform media digital. Misal: a) newsletter yang didistribusikan lewat surat elektronik (email); b) konten yang di share ke media sosial, facebook, twitter dan instagram; c) search engine optimization (SEO) menggunakan web atau blog profesional; dan d) search engine marketing (SEM) menggunakan google ads, fb ads dan twitter ads.

 

Nah itu merupakan contoh-contoh media online yang sangat efektif dapat menghasilkan lebih banyak traffic ke website bisnis yang harapannya dapat di konversi ke dalam bentuk penjualan dan atau terjadi transaksi.

 

Menarik dibaca: Belajar Digital Marketing Usaha Property Bersama Silaen Blogger

 

Langkah dan strategi diatas, masih harus ditambahi dengan metode beriklan, tujuannya agar kinerja online marketing semakin laju mengalahkan para pesaing. Dari mana orang tahu bahwa bisnis kamu itu produk atau jasa nya sangat bagus dan harganya murah, namun kamu hanya menuliskan konten produk di channel digital milik mu sendiri. Ya, yang tahu itu cuma kamu sendiri dan kecil peluangnya mendapatkan visitor. Kalau pun ada traffic yang masuk, mungkin sesekali alias bisa dihitung dengan jari dan itu pun cenderung pengunjung yang kesasar.

 

Tapi dengan beriklan, kamu akan mampu menggapai jangkauan yang lebih luas dimana ‘reach’ dan ‘impression’ sangat penting untuk menggenjot Brand Awareness ke jenjang lebih terhormat. Salah satu caranya dengan beriklan. Untuk dapat menikmati fasilitas layanan iklan, maka kamu harus siapkan post pengeluaran yang bisa saja jumlahnya cukup besar tergantung pada media iklan yang kamu gunakan. Kalau pasang iklan di stasiun televisi, ya pasti mahal lah.

 

Baca juga: Ahli Digital Marketing Dengan SEO Lokal Medan

 

Penting dipahami, iklan advertising yang saya (silaenseo.com) maksudkan adalah iklan online. Iklan ini berbeda dengan iklan pada media konvensional, seperti media cetak (koran dan majalah) atau baliho. Biaya online advertising yang kamu keluarkan jauh lebih murah dan sangat terjangkau. Bahkan dengan modal hanya Rp100 ribu, kamu sudah bisa membeli paket iklan yang paling sederhana sekalipun. Misalnya, di platform media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube), kamu dapat membeli paket iklan berbayar yang bisa dimanfaatkan untuk menjangkau konsumen lebih banyak.

 

Pada platform tersebut, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan, target dan sasaran demografis serta anggaran beriklan. Penyedia iklan akan memberikan kamu paket yang sangat custom sesuai objektif beriklan yang dipesan sebelumnya. Dengan demikian, anggaran yang kamu keluarkan terasa lebih efektif, karena lebih tepat sasaran dan terukur dengan baik.

 

Telaah juga: Cara Mengembangkan Strategi Pemasaran Buat Bisnis

 

Sementara bila beriklan di media cetak (majalah atau koran), kamu tidak bisa dengan instan mendapatkan jumlah berapa orang yang telah melihat iklan dan demografinya seperti apa. Namun, beriklan secara digital memungkinkan kamu mendapatkan laporan kinerja iklan dengan informasi yang lebih rinci.

 

Bila tetap masih kurang, kamu juga dapat memasang banner pada beberapa blog milik personal blogger yang memiliki traffic besar dan bagus reputasinya di search engine. Atau bisa juga menjadi penulis tamu (guest posting blogger) pada beberapa blog yang membuka program guest blogger. Bisa juga titip artikel backlink kontektual pada bersama SilaenSeo yang membuka program content placement. Program ini sangat bagus bagi peningkatan kualitas daya jelajah SEO, tapi kamu harus siapkan budget-nya.

 

Baca juga: Teknik SEO Marketing Terhadap Nama dan Jenis Produk

 

Dari penjelasan di atas setidaknya sudah mulai paham garis besar online marketing, dan dapat menganalisa sendiri tingkat kesulitannya. Dari pada bisnis kamu tenggelam di media online, karena kurang mampu melakukannya sendiri dan atau tidak punya waktu belajar dan atau mengikuti kursus, tak ada salahnya menggunakan layanan jasa pemasaran online untuk membantu kamu melakukannya. Jasa ini akan memberikan dukungan penuh untuk kebutuhan online marketing. Tinggal hubungi kami untuk bisa joint bersama SilaenSeo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *