Bisnis Modal Kecil Yang Cocok Bagi SMP dan SMA

Bisnis Untuk Anak Sekolah SMP dan SMA

Baru lulus sekolah SMP ataupun SMA? Kepingin mengisi waktu lowong agar dapat menghasilkan uang? Bila ya, maka baca tips cara cari uang yang berisi beberapa 10 bisnis modal kecil terbaik yang dapat menghasilkan keuntungan besar yang dapat dijadikan modal awal masuk ke sekolah atau kuliah agar menjadi generasi penerus yang pandai berbisnis dengan keuntungan ‘uang’ besar.

 

Memang di zaman now ini, telah berkembang beberapa bisnis bagi anak sekolah yang hanya mengeluarkan modal awal sangat kecil atau minim, kamu mampu mendapatkan penghasilan uang jajan sendiri tanpa membebani orangtua. Artinya, sebagai anak kamu sudah dapat meringankan beban orang tua dalam menafkahi keluarga.

 

Bisnis Untuk Anak Sekolah SMP dan SMA

 

Salah satu bisnis kecil dan tanpa modal yang cocok dengan anak SMP dan SMA adalah dengan membuka usaha kecil-kecilan, seperti warung agar kedepan omzet bulanan semakin naik menjulang tinggi. Ingat saat ini berbisnis merupakan salah satu jalan terbaik bagi anak SMP dan SMA yang ingin menghasilkan uang sendiri tanpa membebani orang tua anda lagi. Benar, usia SMP dan SMA tentu saja tidak bisa dianggap anak kecil lagi, dimana setiap hari hanya bisa minta uang ke orang tua anda.

 

Mengapa anak sekolahan SMP dan SMA harus berbisnis? Alasannya sangat mudah dilakukan, menguntungkan dan modal usahanya kecil. Meskipun diluaran sana anda bisa melamar pekerjaan kecil dan bersifat kerja sampingan. Namun, tentu saja belum tentu diterima dengan baik, karena harus siap menghadapi persaingan yang terkenal begitu ketat.

 

Baca juga : Usaha Sampingan Terbaik Untuk Anak SMA

 

Nah, dengan berbisnis modal kecil dengan jenis pekerjaan terbaik, anda sendiri yang memulai dan anda sendiri pula yang menikmati hasilnya. Anda dapat membangun bisnis sendiri dan mengembangkannya hingga sukses.

 

Sering muncul pertanyaan, bahwa usia yang masih muda, apa mungkin bisa sukses dalam berbisnis? Jawabannya sangat mungkin, bahkan 100 persen bisa. Justru saat usia muda tingkat SMP dan SMA lah, anda harus memanfaatkan moment untuk menghasilkan sesuatu dari bisnis demi menjamin masa depan yang lebih baik.

 

Bagi anda anak SMP dan SMA, beberapa bisnis modal kecil yang akan kami bagikan dalam artikel ini sangat patut untuk anda coba. Bahkan bisnis yang akan disampaikan dapat dikatakan tidak terlalu membutuhkan modal besar untuk memulainya, bahkan nyaris sebagai bisnis tanpa modal untuk anak SMP dan SMA. Apa saja yang bisnis tersebut? Berikut penjelasannya:

 

1) Berjualan pulsa hp

Daripada bolak balik ke counter atau hutang dengan teman untuk sekedar mendapatkan pulsa hp, bukankah lebih baik bila anda berjualan pulsa sendiri? Setidaknya untuk menjalankan usaha ini, Anda hanya memerlukan modal 50 ribu rupiah saja dan tentunya handphone untuk transaksi pulsa.

 

Nah, untuk memulainya anda bisa datang ke agen pulsa yang dekat dengan tempat tinggal anda. Saran, agar pilihlah agen pulsa handphone yang memberikan pelayanan terbaik, tidak pernah ada masalah dengan sistem transaksinya.

 

Cara agar bisa mendapatkan agen pulsa yang terpercaya, maka silahkan melakukan survei kecil-kecilan terlebih dahulu untuk menentukan mana agen pulsa terbaik untuk anda ajak kerjasama.

 

2) Menjadi seorang penulis

Mulai dari tingkat TK sampai SMA, kita sudah diajari dan terbisa menjadi seorang penulis. Nah, bagi anda yang memiliki kemampuan menulis dengan baik, tidak ada salahnya mencoba jenis bisnis yang satu ini. Memang banyak orang mengira dan menduga, bahwa menekuni profesi menjadi seorang penulis tidak bisa menghasilkan apa-apa.

 

Pendapat tersebut adalah salah, karena Anda bisa menjual tulisan anda ke beberapa grup-grup penulis, selain itu anda bisa membuka jasa penulisan artikel yang kini menjadi salah satu hal yang menjanjikan ditekuni oleh para blogger, misalnya menjual tulisan travelling yang pernah anda lakukan.

 

3) Jasa pembuatan dan desain logo

Anda termasuk orang yang jago mendesain logo? Atau mahir mengoperasikan corel draw atau adobe photoshop? Bila ya, maka jangan sia-siakan kemampuan anda tersebut. Banyak dari kalangan pemilik website atau pun blogger yang membutuhkan dan mencari jasa pembuatan dan desain logo web blog untuk dipasang pada web blog nya.

 

Dengan kreativitas dan kelebihan anda tersebut, silahkan untuk menggeluti usaha modal kecil ini dengan teguh memegang konsep untuk senantiasa memanjakan pelanggan dengan karya desain yang unik, menarik dan berkualitas. Jadi tunggu apalagi, segera hasilkan uang dari pekerjaan membuat logo ini.

 

4) Bisnis yang dijalankan secara online

Indonesia merupakan salah satu negara yang jumlah pengguna internet dari hari ke hari semakin meningkat. Nah, media internet inilah sebagai salah satu prospek cerah untuk menjalankan bisnis online dikarenakan untung yang dihasilkan masih sangat menjanjikan bagi orang-orang yang mau bekerja di bidang ini.

 

Kami yakin, bahwa anak SMP dan SMA sudah banyak yang fasih menggunakan internet. Terkait hal inilah maka Anda bisa memanfaatkan media sosial (medsos) untuk memasarkan produk yang akan anda jual. Misalnya, memposting produk tersebut pada akun facebook atau instagram milik mu.

 

Mengapa kami memilih dua medsos tersebut? Alasannya karena media sosial tersebut memiliki banyak sekali pengguna dan sangat populer digunakan oleh anak SMP, SMA dan Mahasiswa. Dengan sedikit kelihaian dalam mempromosikan produk, niscaya apapun barang yang anda jual akan cepat laku.

 

Media alternatif lain untuk mempromosikan bisnis usaha modal kecil yang anda jalankan, maka anda bisa menjualnya di situs marketplace, seperti blibli, bukalapak, fjb kaskus, tokopedia, lazada, blanja, zalora, olx Indonesia atau pun shopee.

 

Baca juga : Tips Terbaik Jualan Online di Facebook

 

5) Menjual jasa fotografer

Memiliki kamera terbaik jenis adsl dan juga memiliki kemampuan mengambil gambar yang bagus dari segala sisi, menjadi salah satu modal awal untuk membuka jasa fotografer.

 

Caranya anda bisa menawarkan jasa ini ke teman-teman anda terlebih dahulu. Dengan cara ini maka lambat laun jasa anda semakin terkenal dan bisa membuka jasa fotografer untuk acara-acara besar seperti pernikahan, atau bisa juga bekerjasama dengan perusahaan event organizer (eo) yang membutuhkan jasa fotografer profesional.

 

Nah, usaha-usaha berbentuk fotografi untuk anak SMP dan SMA ini berkembang dengan sering mendapat order dari bisnis wedding photography, maka anda pun harus mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk mendapatkan gambar terbaik dalam setiap acara perkawinan yang anda foto.

 

Baca juga : Peralatan Untuk Bisnis Wedding Photography

 

6) Menjadi seorang dropshipper

Hampir sama dengan bisnis online, dropshipper juga pada prinsipnya adalah menjual barang di dunia online. Namun bedanya, pada dropshipper barang yang dijual bukan milik anda sendiri melainkan adalah kepunyaan orang lain dengan harga yang sudah disepakati sebelumnya.

 

Sama seperti bisnis online, anak SMP dan SMA pun harus benar-benar pandai mempromosikan barang tersebut di media internet. Tujuannya tentu saja supaya menarik perhatian konsumen untuk membeli. Jadi manfaatkan lah media internet secara maksimal dan gunakan tips digital marketer terbaik untuk mempromosikannya guna mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi.

 

7) bisnis paket internet.

Di zaman now sekarang ini, para pelajar SMP, SMA dan Mahasiswa adalah yang terdepan soal internet dan yang paling banyak menghabiskan paket internet. Sebab, bagi seusia mereka, bahwa hidup terasa akan hampa tanpa internet di gemgaman tangan.

 

Nah, untuk berselancar di dunia maya maka yang paling diperlukan adalah ‘quota’ paket internet cepat. Bahkan ada pepatah ‘zaman millennial’ mengatakan: “tidak apa-apa tidak ada pulsa hp, yang penting ada paket data internet nya”. Benarkah?

 

Untuk menjalankan usaha modal kecil ini, maka yang anak SMP dan SMA perlukan adalah hanya koneksi. Misalnya anda mengenal mereka yang menjual paket data (produsen) dan memiliki kenalan, teman, atau komunitas yang bisa jadi klien Anda, maka bisnis ini pun sudah bisa jalan. Caranya mudah, cukup dengan menawarkan kepada mereka paket data internet beserta harganya, lalu jika ada yang mau, Anda langsung akan menguruskannya ke produsen.

 

Tapi satu hal yang penting diingat, bahwa Anda tidak bisa memberikan harga paket internet dengan sesuka hati. Namun harganya bisa di atas harga jual dari produsen. Mengapa? Karena persaingan bisnis jual paket internet ini sudah sangat ketat, sehingga bila anda menjualnya terlalu tinggi di khawatirkan membuat pelanggan lari.

 

Memang, keuntungannya berkategori kecil antara Rp 5.000 hingga 10 ribu rupiah. Namun jika pelanggan Anda lebih dari 10 orang, maka dalam satu hari bisa mengantongi keuntungan mencapai 100 ribu rupiah.

 

Menariknya, bisnis kategori tanpa modal ini bisa Anda kerjakan di mana saja. Bahkan di sekolah, kampus atau komplek tempat tinggal anda. Artinya konsumen nya bisa teman-teman Anda sendiri.

 

8) Bisnis jasa pengetikan.

Nah, bisnis modal kecil selanjutnya yang bisa memberikan untung besar yang satu ini, memang benar-benar cocok buat pelajar SMP, SMA dan mahasiswa. Pada usaha ini, anda akan membuka jasa untuk mengetik sesuatu. Bisa berupa proposal atau makalah. Namun jangan skripsi, karena hal itu haruslah dikerjakan masing-masing.

 

Biasanya yang menjadi konsumen dari usaha pengetikan ini adalah, teman anda sendiri, orang lain dan bisa saja karyawan kantoran yang membutuhkan jasa pengetikan karena tidak sempat melakukannya.

 

9) Jualan gorengan atau makanan kecil

Jangan malu untuk jualan makanan kecil gorengan, pasalnya bisnis ini bisa menghasilkan untung yang cukup besar. Bukan tanpa alasan menekuni bisnis yang satu ini, mengingat orang Indonesia yang sangat suka menikmati gorengan dan jenis makanan kecil ‘camilan’ lain.

 

Khusus untuk menjalankan bisnis jual gorengan, Anda bisa menjualnya di sekolah ataupun di depan rumah anda dengan menyediakan kursi dan meja serta kompor untuk menggoreng. Seandainya anda memiliki modal agak banyak, maka anda bisa membuka warung untuk menjual gorengan, camilan makanan kecil dan kopi atau teh sebagai tempat nongkrong anak muda. Hal tersebut bisa menambah penghasilan anda.

 

10) Menjadi seorang blogger

Benarkah menjadi seorang blogger merupakan satu cara menghasilkan uang? Benar, karena di zaman now, web blog yang dikelola secara baik dapat merupakan kerja sampingan yang menghasilkan uang dari internet. Sehingga mana mungkin banyak orang (baik pagi, siang dan malam hari) yang rela menulis beragam artikel, tanpa tujuan yang jelas. Artinya seorang blogger tidak mungkin hanya menyalurkan hobi saja.

 

Lalu bagaimana cara kerja seorang blogger hingga bisa menghasilkan uang? Tentu saja langkah awalnya adalah membuat web blog dengan memilih topik yang ramai pengunjungnya (bisa topik travelling, teknologi, parenting blogger, lifestyle, bisnis online, beauty blogger, property, food blogger, rental mobil dan motor, tutorial search engine optimization, digital marketing, bisnis forex, topik pendidikan dan kesehatan, dan sebagainya).

 

Kemudian mendesain secara apik nan menari, menulis berbagai artikel yang termuat di web blog, memperbaiki kinerja search engine optimization agar unggul di google, melakukan promosi dengan cara membagikan artikel atau link ke banyak media online, dan sebagainya.

 

Baca juga : Blogger Sukses Dengan Tema Bisnis dan SEO di Indonesia

 

Langkah diatas merupakan gambaran agar web blog anda memiliki kriteria yang terbaik, baik dari segi tampilan, kualitas artikel yang bermanfaat maupun jumlah pengunjung yang tinggi. Setelah web blog anda memiliki kualitas terbaik dan visitor yang banyak, maka maka akan mudah menghasilkan uang. Karena akan ada berbagai aplikasi online maupun para pengusaha advertising yang akan menghubungi Anda kelak untuk menjalin kerjasama bisnis pasang iklan yang saling menguntungkan.

 

Nah, dengan memiliki kemampuan berbisnis yang baik, anda dapat membuat peluang usaha rintisan modal kecil dari bisnis kecil-kecilan yang dibangun diatas pondasi tekun, ulet dan doa maka lama kelamaan akan makin besar.

 

Demikian ulasan tentang 10 peluang bisnis modal kecil terbaik dan cocok untuk anak muda yang masih duduk di bangku SMP dan SMA dengan modal usaha minim (nyaris usaha tanpa modal), namun berakhir besar sekaligus menguntungkan untuk modal masa depan yang semakin cerah dan gemilang.

 

Semoga bermanfaat dan salam sukses. Jangan lupa untuk membaca artikel lain, yakni: Peluang Bisnis Online Tanpa Modal 2019

2 Replies to “Bisnis Modal Kecil Yang Cocok Bagi SMP dan SMA

  1. Saya biasanya bisnis jualan online, reseller dari shopee dan Bukalapak, lumayanlah ditawarkan ke Facebook dan sosial media.
    Oh iya Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat, menambah wawasan saya bahwa bisnis itu memang sangat banyak…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *