Marketing Bisnis UMKM Sumut

Blogger Medan Siap Memasarkan UMKM di Sumut

Melihat perkembangan digital marketing dan potensi maupun geliat perekonomian UMKM di Provinsi Sumut, blogger sebagai salah satu media yang bisa digunakan untuk mempromosikan usaha UMKM. Blog dapat dijadikan sebagai wadah untuk membantu memasarkan dan mendistribusikan berbagai hasil kerajinan pelaku UMKM di Medan sebagai bentuk peran serta membangun ekonomi rakyat.

 

Membuat media pemasaran yang bisa digunakan sebagai wadah bagi para pelaku usaha mikro kecil menengah Kota Medan untuk memasarkan hasil kerajinan mereka hingga bisa dilihat dan dibeli calon pelanggan sebenar butuh teknik yang bisa berkolaborasi dengan teknologi yang ramai digunakan. Misalnya, saat ini banyak yang menggunakan instagram atau facebook, maka model pemasaran digital untuk UMKM juga harus menggunakan media online ini.

 

Harus diakui, masih banyak dari pelaku UMKM yang belum paham konsep mengenai digital marketing, pemasaran online maupun e-commerce. Bagaimana membuat tampilan gambar produk bisa menarik dilihat dan bagaimana cara menginput gambar dan spesifikasi produk UMKM pada sebuah toko online atau situs marketplace. Sementara, perkembangan dinamika pasar saat ini mewajibkan setiap orang untuk selalu bisa berinovasi dalam mengembangkan produk dan memasarkan produknya di internet.

 

Seiring dengan perkembangan teknologi berbasis online transaksi jual beli juga tidak hanya dapat dilakukan di pasar saja tapi sudah bisa dilakukan di rumah masing-masing, dunia digital marketing bisa membuat agar calon customer tertarik pada penawaran produk. Disinilah peran strategis yang bisa diambil oleh para blogger Sumut misal membuat iklan, email marketing, brosur online, dan banyak lagi. Digital marketers terbaik harus punya gambaran jelas tentang bagaimana setiap kampanye digital marketing yang dia miliki mendukung tujuan penawarannya dalam menjual produk UMKM.

 

Selain bergantung pada tujuan strategi pemasaran, digital marketer dapat membuat kampanye lebih besar melalui media gratis maupun berbayar. Saat ini ada beragam akses untuk para calon konsumen agar dapat melihat penawaran kita, seperti Website, Blog, Media sosial (Instagram, Youtube, Whatsapp, Line, dsb) ataupun media aplikasi belanja online seperti tokopedia, bukalapak, lazada, blibli, shopee dan lainnya. Sehingga output yang baik akan membuat UMKM Medan bisa lebih survive dan dapat menggunakan marketplace-marketplace melalui media sosial maupun aplikasi-aplikasi online

 

Tapi tidak sembarang menggunakan, karena terlebih dahulu harus dibuat konten apakah dalam bentuk teks, gambar ataupun video. Selain itu, pemasaran juga harus memanfaatkan google dengan mesin pencarinya. Dimana terlebih dahulu harus punya website atau pun blog. Kemudian dioptimasi dengan menggunakan SEO agar bisa muncul di halaman utama saat di googling.

 

Marketing Bisnis UMKM Sumut

 

Ihwal mengoptimasi, tentu saja sangat fasih dilakukan oleh para blogger Medan dan atau Sumut, dan memang ahlinya. Dimana bila dicermati, setiap konten yang dibuat dan sudah dipublikasikan hampir seluruhnya memenuhi syarat algoritma google. Konten-konten milik blogger Medan tersebut dapat dengan mudahnya berada di halaman pertama pada penggunaan kata kunci (keyword) yang berat sekalipun.

 

Baca juga: Strategi Ahli Digital Marketing untuk Menguasai SEO

 

Pelaku UMKM di Sumut harus menjalin kerja sama agar para blogger mau membantu mempromosikan atau memasarkan produknya kepada para calon pembeli di search engine. Sehingga bisa menjangkau hingga ke daerah pelosok di Tanah Air maupun luar negeri.

 

Secara khusus, silaenseo.com sebagai satu media online dengan tagline ‘SEO buat pemasaran‘, tengah menyiapkan konsep agar produk-produk UMKM memiliki branding yang cukup bagus. Tak hanya itu, silaenseo.com dapat diajak kerjasama terkait hal memasarkan produk dengan teknik digital marketing terutama dengan menggunakan SEO.

 

Saya berharap, tidak hanya silaenseo.com saja yang memiliki rencana dan konsep untuk memajukan pemasaran UMKM di Medan dan Sumut, melainkan juga teman-teman blogger lain harus mau bersama-sama membantu memajukan dan ikut menjadi roda penggerak perekonomian rakyat. Artinya, seluruh stakeholder bersinergi agar semua berjalan lancar dan ditangani oleh-oleh yang mumpuni di bidang pemasaran digital. Sebab efek jangka panjang dengan jangkauan yang luas dapat bermanfaat dan bisa saling bekerja sama yang dapat memberikan keuntungan kepada masing-masing pihak.

 

Menarik dibaca: Pelaku UKM Medan Masih Kesulitan Memasarkan Produknya

 

Jadi, semangat untuk menguatkan UMKM, harus dilakukan karena ketahanan ekonomi rakyat ada di UMKM dan membutuhkan perluasan pemasaran melalui internet. Semoga sinergi yang terbangun bisa memberi dampak yang baik dan menguntungkan bagi para pelaku, karena maju mundurnya perekonomian rakyat ada di sektor UMKM yang jumlahnya ribuan, serta ada di tangan warga Medan.

2 thoughts on “Blogger Medan Siap Memasarkan UMKM di Sumut”

  1. Gagasan yang keren nih, jadi terinspirasi. Apalagi kalau blogger tiap daerah bisa bersatu buat mendukung UMKM yang ada di daerahnya masing-masing, pasti akan bisa membantu banyak orang. Terlebih pelaku UMKM yang biasanya kurang ngerti tentang pemasaran produk lewat internet. Btw, terimakasih sudah memberi inspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *