Cara Villa Online Marketing

Cara Memasarkan Villa Secara Online Marketing

Pergerakan laju penjualan villa dan produk properti lainnya di Indonesia dengan menggunakan teknik pemasaran secara online sudah dirasakan banyak perusahaan developer dan broker. Belum lagi, besarnya kecenderungan masyarakat yang ingin memiliki villa, terlebih dahulu diawali menggunakan search engine untuk mencari tahu berbagai informasi seputar ‘villa project‘ yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

 

Kondisi ini menyebabkan perusahaan pengembang properti di Indonesia, utamanya specialist membangun proyek villa mulai berbondong-bondong menggunakan teknik online marketing property (internet marketing dan digital marketing) sebagai satu cara memasarkan villa, baik untuk di jual atau pun untuk disewakan. Tak ayal, keadaan ini menjadi lahan sumber rezeki bagi orang-orang yang bekerja sebagai digital marketer untuk pemasaran produk-produk properti dan real estate lainnya.

 

Saat ini banyak sekali villa-villa yang terkenal dan selalu dicari oleh publik Indonesia maupun luar negeri. Baik itu villa di Bali, villa di Berastagi, villa puncak Bogor, villa di Parapat, villa di Anyer, villa di Medan, villa di Nias, villa di Payakumbuh, villa di Raja Ampat, villa di Sabang Aceh, villa di Sibolga, atau kota besar lainnya di Indonesia.

 

Namun yang perlu diketahui, bahwa untuk pemasaran villa ini memang termasuk di dalam kategori: 1) pemasaran villa sebagai produk wisata, dan 2) pemasaran villa sebagai produk properti dan turunannya (seperti gudang, rumah, hotel, homestay, kondominium, dan lain sebagainya). Jadi, kamu harus cermat melakukan klasifikasi tips pemasarannya.

 

Menelisik: Jual Properti Jadi Mudah Dengan Digital Marketing

 

Dalam artikel ini, saya (silaenseo.com) hanya fokus membahas tentang pemasaran villa secara online marketing dalam kategori produk properti yang laris manis di beli oleh masyarakat menengah atas yang dipasarkan ke publik Indonesia. Salah satunya adalah villa-vila di Pulau Bali. Sebagaimana informasi yang beredar di internet, villa di kawasan wisata elit di Bali, seperti di area Pecatu dan Uluwatu yang sudah sangat terkenal akan keindahan alamnya.

 

Berdasarkan penelusuran, villa di Pulau Dewata ini ada yang dijual dengan harga Rp 1,7 miliar, dan perusahaan pengembang properti nya adalah Permata Graha Land (PGL) Group yang diberi nama dengan Villa Ratnamaya. Luas Villa Ratnamaya adalah 96 m2 per unit, terdiri dari 2 (dua) lantai dan tersedia private pool (kolam renang pribadi) untuk setiap unit villa.

 

Cara Villa Online Marketing

 

Proyek villa Bali ini dibangun secara eksklusif, hanya memiliki 20 unit villa premium yang dikelilingi sejumlah hotel dan resort berskala internasional. Seluruh hotel dan resort ini merupakan tempat-tempat yang sering dijadikan sebagai rujukan untuk wisatawan berlibur bagi kalangan menengah atas, seperti: Alila dekat dengan The Edge dan Ungasan Clifftop Resort, Alila Villas Uluwatu dan Bulgari Resort, serta dengan sentra-sentra bisnis/usaha di Provinsi Bali.

 

Tentu yang terlibat dalam project pemasaran dalam penjualan villa hingga cepat terjual (sold out) tidak terlepas dari team pemasaran yang handal, terutama team pemasaran online melalui microsite office atau pun personal blogging milik para broker properti Permata Graha Land (PGL) Group.

 

Cara Terampuh Memasarkan Villa Melalui Internet

Tak dapat dipungkiri dengan adanya jaringan internet, telah mengubah sebagian besar cara hidup manusia sehari-hari (terjadi perubahan lifestyle). Lihat saja, masyarakat sekarang keganjringan berbelanja melalui online shop dan keganjringan bermain game online atau pun bertegur sapa menggunakan media sosial (facebook, linkedin, instagram, tiktok dan twitter).

 

Bagi para pebisnis properti, mempraktekkan strategi pemasaran yang diubah menjadi satu bisnis properti online yang baik, tentu penggunaan jaringan internet menjadi hal yang wajib dilakukan. Hal ini terjadi setelah para developer melihat: 1) trend cara membeli masyarakat Indonesia yang banyak dilakukan secara online, 2) banyak menjalankan aktivitas menggunakan media sosial (medsos), 3) aktivitas googling untuk mencari berbagai informasi (harga produk, lowongan kerja, video tutorial, dan lain sebagainya).

 

Sebagai saran, meskipun kamu telah menggunakan teknik internet marketing agar tidak meninggalkan cara-cara memasarkan villa secara offline. Mengapa? Karena, penjualan produk properti tidak semudah menjual produk-produk retail pada umumnya. Pasalnya, berkaitan dengan legalitas dan surat-surat kepemilikan atas villa tersebut.

 

Baca juga: Belajar Pemasaran Online Bersama SilaenSeo

 

Nah, untuk memaksimalkan pemasaran secara online, berikut ini akan disampaikan beberapa strategi ampuh yang bisa kamu terapkan dalam bisnis penjualan villa secara online, yakni:

 

1) Membuat Properti Microsite di Halaman Pertama Pencarian

Bicara tentang situs bisa berada di posisi halaman pertama pada berbagai search engine, maka akan ada banyak keuntungan yang didapatkan. Apalagi, bila berada di urutan pertama (ranking 1), maka keuntungannya adalah selain mudah ditemukan oleh calon pelanggan baru, dapat juga meningkatkan citra diri usaha dalam bentuk ‘brand awareness‘ yang sedang dijalankan.

 

Memang perihal meletakkan posisi web blog properti berada di halaman satu google, tidaklah mudah dan butuh konsentrasi tingkat tinggi. Karena, ada banyak hal teknis dan non teknis yang harus dikerjakan simultan, sehingga bisa sukses bercokol di halaman pertama. Saran saya dari blog seo digital marketing ini, akan lebih baik kamu menyewa jasa SEO atau search engine optimization yang bisa membantu untuk meningkatkan ranking situs properti online milik kamu.

 

Sekarang ini, tiap penjuru kota besar di Indonesia (Jakarta, Surabaya, Medan, Semarang, Yogyakarta, Makassar, Bali, Batam, Aceh, dan sebagainya) telah banyak yang menyediakan jasa SEO tersebut. Tapi, sebelum menjatuhkan pilihan atas satu perusahaan jasa optimasi, kamu terlebih dahulu harus melakukan riset atas portofolio mereka. Jadi, kamu hanya membutuhkan dan hanya mencari jasa SEO yang sudah berpengalaman, dapat dipercaya dan betul-bentul memberikan hasil yang nyata bukan sekedar lips services semata.

 

2) Memperluas Jaringan Dan Relasi

Dalam menjalankan bisnis properti spesialis penjualan villa, haruslah memiliki jaringan yang luas, terutama pada kalangan menengah atas. Mengapa? Karena, harga produk yang dipasarkan tidaklah murah. Dengan kamu membangun jaringan yang baik, maka hal memasarkan villa dapat dilakukan dalam jangkauan yang luas. Impact nya tentu saja akan berkesempatan besar untuk mendapatkan konsumen atau klien yang tertarik membeli villa atau unit properti lainnya.

 

Baca juga: 10 Cara Menjual Rumah Dengan Trik Internet Marketing

 

Untuk membangun satu jaringan dan relasi yang baik, cobalah untuk memulai dari yang paling sempit dan kemudian ke yang paling luas. Dalam hal ini, kamu dan juga perusahaan harus sanggup menjalin koneksi dengan lingkup yang kecil terlebih dahulu. Mengapa? Karena lingkup yang kecil pun bisa berdampak besar pada produk villa yang dijual. Contohnya, kamu bisa menjadi sponsor pada kegiatan sosial atau sebuah pertunjukan seni di sekitar domisili rumah dan kantor pemasaran. Tidak hanya itu, sosok kamu selaku pengusaha offline dan online harus sudah bisa membangun koneksi tersebut mulai dari awal rencana pembangunan villa, soft launching dan grand launching.

 

3) Rutin Menambahkan Konten Marketing Dengan Topik Menarik

Ada kecenderungan, bila melulu membuat konten (artikel, gambar dan video) dengan topik hanya penjualan villa akan membuat pengunjung property melalui microsites akan bosan dan tidak akan datang lagi. Untuk itu, kamu harus memberikan tambahan konten pemasaran yang menarik dan membuat pengunjung tertarik datang kembali ke situs untuk mengetahui produk-produk properti terbaru.

 

Konten media marketing yang bisa kamu tambahkan untuk mengusir kejenuhan pengunjung situs, bisa berupa: a) artikel, b) gambar, dan c) video yang sesuai dengan informasi seputar properti. Misalnya, membuat video tentang tutorial interior dan eksterior, atau tips menggunakan produk furniture minimalis sehari-hari. Hal ini sangat efektif untuk menjaring pelanggan baru maupun untuk mempertahankan pelanggan setia agar tidak bosan untuk berkunjung ke situs properti kamu.

 

Analisa juga: Strategi Online Marketing Untuk Hotel dan Penginapan

 

Ada kabar baiknya, bila kamu tidak mempunyai waktu untuk membuat content marketing, saat ini ada banyak pihak lain yang menawarkan layanan jasa pembuat konten pemasaran spesialis untuk website perusahaan properti. Jadi, kamu bisa mencari beberapa ‘content creator’ yang terbaik di luar sana untuk bekerja sama dan atau menyewa jasa mereka.

 

4) Memaksimalkan Kinerja Digital Marketing

Integrated digital marketing dalam sebuah bisnis apapun itu dapat dilukiskan seperti efek bola salju. Bola salju yang awalnya tidak seberapa akan menjadi semakin besar, ketika menggelinding semakin jauh. Nah, fenomena efek bola salju ini dapat dijadikan sebuah teknik memulai upaya online marketing dari skop terkecil secara konsisten agar mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Meskipun pemasaran yang dilakukan terkesan kecil, namun bisnis yang dikerjakan bisa jadi besar selama pebisnis telaten dalam menjalankan bisnis tersebut. Rencana pemasaran villa dengan mengadopsi pola ini, berarti kamu akan membuat suatu hal kecil untuk sebuah tujuan jangka panjang brand awareness atas seluruh produk-produk properti milik kamu. Jadi, strategi pemasaran villa secara online yang dikerjakan harus terintegrasi satu sama lain dan mengarah pada goal atau tujuan akhir usaha, yakni berkembang dan sukses membukukan profit.

 

5) Adanya Platform Understanding

Menjadi seorang pebisnis harus selalu up to date dan mengikuti tren properti yang ada. kamu juga harus fleksibel dalam menggunakan beragam media sosial (medsos) yang saat ini lagi ‘booming’ digunakan oleh masyarakat dunia. Artinya, kamu harus memiliki pola pikir yang tidak kaku dan terus mengikuti tren pasar yang sedang berkembang.

 

Baca juga: Belajar Digital Marketing Usaha Property Bersama Blogger Silaen

 

Nah, mengingat penggunaan sosial media sangatlah penting dalam bisnis properti, maka tak ada salahnya agar menugaskan team tertentu yang mengurus akun medsos yang dimiliki perusahaan properti dan broker, atau menyewa jasa pemasaran specialist media sosial (sosmed). Jadi, pahami tren yang ada dan ambil keuntungan untuk membuat strategi satu teknik pemasaran ‘viral’ dan ‘pilar’ yang hari demi hari semakin baik.

 

6) Memiliki Target Awal yang Jelas

Target pemasaran yang jelas menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Cobalah untuk selalu melakukan pemetaan target pasar pada waktu tertentu. Strategi pemasaran villa dilakukan, karena tidak semua orang menginginkan atau membutuhkan produk properti jenis ini, disamping kemampuan finansial yang dimiliki.

 

Jadi, milikilah target pasar dan analisa keinginan pasar tertentu. Fokus pada bidikan kalangan menengah ke atas akan membuat bisnis properti kamu lebih mudah dalam mengembangkan strategi pemasaran online yang tepat untuk hasil yang lebih maksimal.

 

7) Bergabung di Berbagai Situs Marketplace Properti

Saat ini telah banyak berdiri situs marketplace properti, maka untuk mengembangkan pemasaran agar lebih luas lagi, tak ada salahnya bergabung di marketplace tersebut. Tapi kamu juga harus cermat dan selektif, karena saat ini sangat banyak juga broker property yang bergabung disana dan lazim posting produk properti (apakah apartemen, villa, perumahan, condominium, produk real estate, dan lain sebagainya).

 

Jangan sampai pemasaran villa dan informasi yang disebarkan dilakukan tumpang tindih, sehingga membingungkan para calon pembeli. Bahkan ada pihak-pihak tertentu yang melakukan penipuan dengan penjualan villa tertentu yang mungkin saja bisa mengatasnamakan perusahaan kamu.

 

Baca juga: Digital Marketing Medan

 

Nah, cara terampuh untuk menyokong pemasaran villa secara online adalah dengan bergabung pada marketplace properti yang memiliki reputasi baik, terpercaya dan merupakan situs yang dikenal oleh para pebisnis properti luar negeri. Dengan bergabung pada situs marketplace yang bonafide, maka akan berkesempatan untuk bertemu dengan para pelanggan baru yang mencari villa yang sesuai dengan deskripsi produk properti dan real estate yang kamu miliki. Hal ini pun bisa meningkatkan citra brand produk perusahaan di mata masyarakat.

 

8) Menggunakan Google Adwords

Salah satu strategi online marketing yang marak digunakan saat ini adalah google adwords. Artinya, kamu ingin memanfaatkan mesin pencari google untuk memasarkan villa kamu. Mengapa penting menggunakan google adwords? Alasannya, karena konsumen online saat ini kebanyakan akan mencari review produk properti (rumah, ruko, kosan, apartemen, villa, condominium, rumah susun (rusun) dan memulai pencarian informasi seputar villa yang dibutuhkannya melalui fasilitas browser di google.

 

Penggunaan google adwords sangat bermanfaat karena berisi kata kunci (keyword), lokasi, atau topik tertentu yang ramai dicari oleh pengunjung yang lazim menggunakan aktivitas googling. Terkait dengan penjualan online pada bisnis properti kamu, maka hal itu merupakan iklan villa kamu akan langsung berada di halaman teratas mesin pencarian google, tak usah repot-repot memaksimalkan SEO apalagi sampai menggunakan jasa SEO property dan real estate di Indonesia.

 

9) Promosi Menggunakan Strategi Iklan Online

Disamping pemasaran iklan pada google adwords diatas, cara terampuh selanjutnya untuk promosi online adalah dengan memanfaatkan tools yang ada pada media sosial terbesar saat ini, yaitu: facebook ads dan instagram ads.

 

Pada segmen pasang iklan di media sosial tersebut, kamu akan dipastikan mendapatkan calon pelanggan karena sasaran nya dapat dipilih sesuai keinginan (yakni para pengguna produk medsos tersebut). Kamu juga dapat secara leluasa mengatur budget iklan sesuai dengan kebutuhan, dan dapat diatur kapan waktu tayang iklannya.

 

10) Jangan Lalai Melakukan Analisis Pasar

Untuk menopang pemasaran villa secara online, kamu harus intens melakukan analisis atas strategi pemasaran yang akan dan sudah dijalankan. Kamu bisa memanfaatkan:

a) google analytics, dimana kamu akan mendapatkan data lengkap pengunjung website blog properti kamu, mulai daerah mana (lokasi pengunjung), teknologi yang digunakan, usia, gender, halaman mana saja yang banyak dikunjungi, dan masih banyak lagi.

b) google trends, dengan ini kamu akan mendapatkan berbagai analisa trend apa saja yang sedang hangat berkaitan dengan produk properti villa. Kamu dapat juga menggunakan google trend ini untuk membuat suatu promosi terbaru atau pun lanjutan.

 

11) Promosi Memanfaatkan Akun Terkenal

Cara ini merupakan alternatif, karena sasaran promosinya menggunakan akun milik terkenal milik orang lain (bisa saja artis ataupun publik figur) yang belum tentu tepat dan harganya bervariasi dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Biasanya tergantung dari jumlah followers akun terkenal tersebut. Namun beberapa produk mungkin akan sangat ampuh jika menggunakan cara yang satu ini.

 

12) Menggunakan Jasa Fotografer Profesional

Tampilan gambar villa untuk kawasan yang indah sangat bergantung pada hasil pengambilan fotografi. Foto yang buruk akan mengurangi minat seseorang. Untuk itu rekrut seorang fotografer profesional yang berpengalaman atau pakai jasa freelance properti profesional untuk memotret produk-produk properti yang hendak dipasarkan.

 

Kamu harus menyiapkan konten virtual tour karena kecenderungan masyarakat di kota-kota besar telah memaknai bahwa waktu sangat berharga. Terkadang calon pembeli villa ingin memahami sebanyak mungkin tentang desain villa yang ditawarkan sebelum mengunjunginya secara langsung. Untuk menjawab dan memenuhi kebutuhan ini, maka virtual tour adalah cara terbaik dan terampuh untuk memberikan pratinjau villa yang komprehensif dan akurat untuk calon pembeli. Hal ini juga harus mempersiapkan orang-orang yang berkompeten mengurus keberadaan virtual tour ini.

 

Di samping adanya foto dan virtual video diatas, kamu juga harus menyiapkan berbagai konten TVC (Video Commercial) yang berkualitas. Mengapa? Saat ini konten video telah menjadi jenis konten paling digemari, tentu saja ini bisa menjadi tools marketing yang sakti dan ampuh dalam memasarkan produk yang nantinya bisa disebarkan melalui media sosial atau pun via youtube.

 

Jika dulu pebisnis properti berpromosi menggunakan video akan mengeluarkan biaya yang sangat mahal (via televisi atau bioskop), kini semua orang dapat dengan mudah dan gratis mengupload konten promosi melalui channel youtube yang disediakan oleh google.

 

13) Strategi Penggunaan Media Release

Menjalin hubungan dengan beberapa media pemberitaan (terutama bidang properti) harus dibina dengan sangat baik. Mengapa? Karena awak media inilah yang akan menyampaikan tentang bagaimana progres pembangunan berjalan, soft launching, grand launching dan berbagai informasi mengenai kegiatan-kegiatan promosi yang sedang dijalankan pada berbagai daerah (safari promosi) dan lain sebagainya.

 

Baca juga: Tips Memasarkan Gudang Agar Cepat Laku

 

Memang idealnya, setiap bulan harus dibuat press release mengenai progres pembangunan atau kegiatan lain dari perusahaan pengembang terkait proyek villa yang akan dibangun atau diluncurkan penjualannya. Tujuannya, untuk memberitahukan bahwa produk properti dan investasi villa yang sedang dipasarkan masih eksis dan prospeknya masih menggiurkan.

 

14) Menjadi Kolumnis di Majalah atau Website Properti

Menulis kolom di majalah atau website properti adalah cara terampuh untuk menyampaikan berita tentang penjualan villa milik kamu. Tapi satu hal yang penting diingat bahwa saat ini konsumen tidak suka penawaran yang muluk-muluk. Kamu dapat mencoba untuk menulis berbagai tips atau peluang investasi bisnis properti, misalnya menulis tentang elemen yang membuat kenaikan harga rumah di pasaran atau cara berinvestasi villa yang menguntungkan.

 

Tulisan-tulisan seperti itu akan lebih banyak menarik minat calon konsumen, ketimbang kamu langsung menyampaikan berita tentang villa dijual murah dengan berbagai fasilitas elit yang dimilikinya, padahal harganya miliaran rupiah.

 

Pasca kamu menerapkan keempat belas tips ampuh promosi online diatas, maka yakinlah bahwa akan ada beberapa penelepon dari internet yang bersumber dari promosi online yang sudah dijalankan. Walaupun nantinya kebanyakan dari penelepon tersebut menghubungi kamu guna keperluan bertanya tentang villa atau produk properti lainnya.

 

Nah, dengan menjadi pelaku sendiri yang akan melakukan pemasaran villa, maka kamu harus memahami rumus-rumus dan trik pemasaran online dengan menggunakan beberapa media yang ada di internet yang dapat diaplikasikan dengan cara-cara memasarkan berbagai produk dan jasa lain yang masih ada kaitannya dengan pasar properti. Aplikasi yang digunakan juga harus terintegrasi dengan baik pada ilmu e-marketing, blogging, web dan social media marketing. Dengan cara ini, maka para konsumen yang akan mencari produk villa kamu melalui internet menjadi terbantu dan mudah ditemukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *