Strategi Pemasaran Bisnis

Cara Mengembangkan Strategi Pemasaran Buat Bisnis

Perkara punya strategi sangat penting sebagai satu cara dalam mengembangkan pemasaran buat mendapatkan kemajuan dan keuntungan bisnis. Optimasi pemasaran offline dan online tersebut harus sudah dilakukan sejak dini, agar bisnis mampu berkembang dengan baik, mapan dan berkelanjutan. Eksistensi pemasaran selain membantu menjangkau para penggunanya, juga berfungsi sebagai salah satu cara untuk membangun sebuah brand, termasuk turut andil mengkomunikasikan dan menyampaikan seluruh nilai yang dibawa produk terhadap pelanggannya.

 

Mengoptimalkan pemasaran dalam posisi apapun jangan sampai terabaikan, seperti: tindakan mengenali pelanggan. Langkah ini penting, mengingat produk atau layanan pasti berbeda-beda, segmen pengguna pasti bervariasi (mulai dari usia, jenis kelamin, lokasi, pendidikan, budaya, pekerjaan, selera, penghasilan, dll), hingga nilai yang ditawarkan dipastikan mengandung unsur pembeda.

 

Nah, tugas dari pelaku bisnis dan team pemasar untuk mengoptimalkan pemasaran dengan cara dan strategi mengenali target pengguna mereka dengan baik.

 

Ketika menata sebuah strategi pemasaran, sebelum menentukan channel dan gimmick lain dalam proses pemasaran pertama adalah menentukan siapa yang menjadi target penjualan produk. Seperti lokasi, usia, dan hobi pengguna harus dimapping. Kemudian cari tahu dan analisa bagaimana buat menjangkau mereka. Berangkat dari kumpulan data itu nantinya keputusan saluran pemasaran apa yang paling efektif.

 

Strategi Pemasaran Bisnis

 

Setelah kenal konsumen kamu, maka tindakan selanjutnya adalah melakukan kustomisasi rencana tentang bagaimana taktik buat menarik perhatian di keramaian. Ihwal, mencuri perhatian dapat dilakukan bila ada faktor pembeda dari yang dilakukan pesaing (kompetitor). Dengan begitu nilai-nilai yang ingin diajukan dan sejumlah penawaran yang ingin ditunjukkan bisa menjangkau sasaran yang tepat.

 

Untuk memaksimalkan pemasaran, segeralah membuat beberapa jenis rencana untuk mengetahui channel favorit yang lazim digunakan pelanggan. Jika terdapat beberapa channel yang potensial untuk menjangkau pelanggan, maka upayakan agar memanfaatkan semuanya. Jika bentuk kampanye kamu rasa monoton dan membosankan, bisa dibuat beberapa variasi. Manfaatkan juga konten pemasaran, kerja sama dengan influencer misalnya, dan hal lain (SEO dan SEM) yang bisa secara maksimal menunjang kegiatan promosi digital di internet.

 

Telisik juga: Pengertian SEO dan Manfaatnya Untuk Pemasaran

 

Selain itu, penting juga untuk belajar dan mempertajam keahlian, misal dengan: a) menyimak langkah strategis saat melakukan mobile marketing; b) belajar menangkap peluang dari metode email pemasaran; d) cara merekrut pekerja; e) belajar merumuskan strategi growth hacking dalam rangka mendongkrak pertumbuhan UKM naik menjadi startup; f) strategi lain yang bisa mendorong pertumbuhan bisnis.

 

Penting di ingat bahwa aktivitas pemasaran adalah proses yang berlanjut untuk mengokohkan posisi produk di dalam pasar, terlebih menciptakan citra diri suatu produk. Biasanya yang lazim terpengaruh dari proses pemasaran yang berlanjut adalah tentang harga yang harus dibayarkan oleh bisnis dan harga yang harus dibayarkan oleh pengguna.

 

Pada bagian lain, pemasaran yang dilakukan tidak bisa berbuat banyak tanpa adanya kualitas dan atau produk yang tak solutif. Jadi, penting bagi kamu merencanakan penyusun strategi pemasaran yang berkelanjutan dan memastikan adanya kualitas produk yang terbaik dan bisa memecahkan solusi, sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan pengguna.

 

Penguasaan Inovasi dan Teknologi Digital di Indonesia

 

Perkembangan teknologi yang terus terjadi telah mendorong para pelaku UKM dan startup untuk terus menghadirkan berbagai inovasi yang berkolaborasi dengan teknologi kekinian. Inovasi dimaksud tidak hanya hadir dalam bentuk produk atau layanan terbaru, tetapi juga pengembangan atas berbagai fungsi baru yang membuatnya dapat memperluas cakupan bisnisnya.

 

Karena keterkaitan itu, pemasar harus mau belajar agar mahir untuk meningkatkan kemampuan beradaptasi pada teknologi yang baik. Adaptasi teknologi ini tidak hanya berlaku terhadap para pelaku bisnis, tetapi juga ke para konsumennya. Di sudut lain, inovasi-inovasi terbaru tersebut juga hadir dari kepekaan UKM dan startup dalam melihat masih banyaknya problem-problem potensial yang dapat diselesaikan dengan cara-cara terbaik dan efektif melalui produk atau layanan berbasis teknologi.

 

Kepekaan tersebut juga dapat membantu pelaku usaha dalam melihat potensi pengembangan produk-produknya di masa depan. Ingat, kebutuhan konsumen yang terus berkembang hingga adanya keinginan bisnis dalam memberikan pelayanan yang komprehensif dapat menjadi pendorong bagi mereka untuk mengadaptasi solusi teknologi baru dalam produk ataupun layanannya.

 

Dengan konsep memanfaatkan potensi-potensi di dalam perjalanan bisnis, pengusaha dan entrepreneur dapat memiliki peluang bisnis baru sekaligus memberikan kemudahan baru yang canggih bagi seluruh target konsumennya.

 

Akibat adanya perkembangan teknologi secara bertahap membuka peluang yang dapat dieksplorasi, seperti pengembangan usaha dengan memakai artificial intelligence (AI), big data, Internet of Things, hingga cloud. Kini banyak usaha yang membuat produk teknologi serta memanfaatkannya untuk menambah nilai multi guna dari produknya sudah mulai bermunculan, sebut saja startup.

 

Pemanfaatan teknologi juga sangat bervariasi, mulai dari teknik operasional bisnis hingga diintegrasikan dengan kehidupan masyarakat yang nyata dilakukan se tiap hari. Contohnya pemanfaatan teknologi cloud dalam meningkatkan operasional perusahaan dan penggunaan AI dalam deteksi penggunaan masker di tempat publik untuk mencegah penularan COVID-19.

 

Cermati juga: Pelaku UKM Medan Masih Kesulitan Memasarkan Produknya

 

Biasanya, pemanfaatan teknologi bisa digunakan untuk menciptakan efisiensi dan efektivitas kerja dan atau memodernisasi perusahaan, bisnis online (virtual), produk dan jasa. Salah satu bentuknya adalah otomasi proses manual yang dilakukan secara berulang. Dimana, para pelaku bisnis (owner) dapat fokus untuk memaksimalkan aspek lainnya dalam operasional perusahaan, sehingga produktivitas perusahaan dapat ditingkatkan dan profit terus meningkat.

 

Otomasi yang dihasilkan dari pemanfaatan inovasi teknologi juga dapat meningkatkan pertumbuhan PDB Indonesia. Selain itu, otomasi kerja bisa menciptakan lapangan kerja baru dengan target 25 juta loeongan bagi angkatan kerja baru di Indonesia pada tahun 2030.

 

Untuk itu, pemanfaatan inovasi teknologi tak boleh diabaikan karena sangat berpotensi meningkatkan laju perekonomian Indonesia. Tak hanya itu, pemanfaatannya juga berpotensi membantu kinerja UKM, UMKM dan startup-startup dalam negeri untuk memperluas cakupannya, sehingga produk dan layanannya dapat bersaing pasar global.

 

Potensi diatas juga harus didukung adanya bantuan pemerintah pusat dan di daerah, terutama dalam pengembangan infrastruktur. Nah dengan infrastruktur yang memadai, tentunya inovasi teknologi dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan mudah, serta membantu bisnis untuk mengeksplorasi kebutuhan-kebutuhan baru yang hadir di tengah masyarakat,

 

Tapi, pemanfaatan teknologi tidah hanya berkutat pada satu jenis teknologi. Karena, bisa dimanfaatkan dengan cara menggabungkan fungsi dari berbagai solusi teknologi. Dengan begitu, pemanfaatannya dapat lebih komprehensif dan disesuaikan dengan berbagai jenis kebutuhan konsumen.

 

Manfaat lain, terjadi peningkatan kompleksitas use case, sehingga implementasi inovasi teknologi tidak akan terhenti pada monitoring ataupun deteksi, tapi juga pada hal-hal yang lebih advance, sesuai dengan kebutuhan pengembangan produk dan layanannya yang dibutuhkan ke depan.

 

Tak dapat disangkal, sekarang ini sudah banyak kategori bisnis yang mulai melakukan pendekatan teknologi, mulai dari edukasi, manufaktur, kesehatan, perbankan, hingga pertanian. Selain itu, semakin bervariasinya inovasi teknologi telah turut membantu menjangkau jenis konsumen. Hal ini akan membantu berbagai usaha hingga ke pedesaan untuk menggunakan inovasi teknologi.

 

Artinya, akan terjadi peningkatan jumlah pemanfaatan teknologi di lingkup terkecil seperti RT/RW, sehingga seluruh masyarakat dapat memanfaatkan big data, kecerdasan buatan, hingga sistem cloud dalam kegiatan perekonomian dan kehidupannya sehari-sehari.

 

Tapi, salah satu tantangan dalam hal pemerataan adaptasi teknologi adalah mengenai edukasi terkait penggunaannya, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan produk atau layanan berbasis teknologi dengan baik dan sesuai kebutuhannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *