Pakar SEO buat Internet Marketing

Cara Menjadi Ahli SEO Sekaligus Pakar Internet Marketing

Di halaman google banyak ditemukan ahli SEO dan pakar internet marketing, mereka sangat jago mengulik konten (artikel, gambar/foto dan video) hingga bisa masuk ke halaman pertama (page one) google dengan sangat mudah. Bahkan, kepiawaian mereka tak hanya berkutat dalam hal mendatangkan traffic melainkan mahir mengubahnya (baca konversi) jadi pelanggan hingga mau bertransaksi melalui website.

 

Kok bisa? Bagaimana cara yang mereka lakukan sehingga cepat listing dan closing? Memang di era milenial ini, pemasaran konvensional di Indonesia mulai ditinggalkan dan lebih memilih menggunakan pemasaran online. Mungkin karena alasan cepat, efisien dan berbiaya murah. Pergeseran ini yang menyebabkan banyak orang bercita-cita menjadi seorang ahli digital marketing Indonesia dan atau pakar SEO website perusahaan bisnis, produk dan jasa. Selain, lowongan pekerjaan ini selalu terbuka setiap saat dan dapat dilakukan oleh siapa saja sepanjang punya kemampuan dibidang teknologi internet marketing.

 

Sebenarnya, menjadi ahli SEO dan sekaligus pakar internet marketing adalah sangat sulit. Jangan karena sudah ada artikelnya nangkring di halaman satu google langsung berani menyatakan diri sebagai ahli atau pakar. Bukan bermaksud suudzon, karena banyak kecenderungan demikian. Padahal, berhasil mendudukan konten di page one google hanya satu indikator, itu pun harus diuji tingkat kesulitan kata kunci (keyword) yang ditargetkan.

 

Pakar SEO buat Internet Marketing

 

Eksistensi internet marketing memerlukan seseorang yang mahir melakukan seluruh teknik yang ada untuk mengoptimalkan website. Teknik dimaksud harus seturut dengan ‘rule’ dan indikator lain sebagai pendukung, sehingga bisa mendapatkan pengunjung dan traffic yang tinggi dari mesin pencarian. Artinya, tak sekedar kemampuan untuk menambahkan keyword ke website agar dapat dibaca oleh mesin pencarian.

 

Telisik juga: Strategi Ahli Digital Marketing Untuk Menguasai SEO

 

Lebih jauh, seorang ahli SEO secara keseluruhan harus punya kemahiran untuk melibatkan dan atau memggabungkan berbagai keterampilan, dimana seluruhnya wajib untuk dipelajari selama bertahun-tahun agar dapat dengan baik menguasainya.

 

Dalam catatan saya (silaenseo.com), ada beberapa keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang internet marketing apalagi yang punya cita-cita untuk jadi pakar atau ahlinya.

 

1) Punya Kemampuan Riset dan Analisis

Bergelut di dunia online marketing tak bisa luput dari pekerjaan melakukan penelitian keyword secara mendalam, analisis kompetitor dan riset pasar untuk mengetahui jenis produk apa yang lagi trend dan banyak dibeli masyarakat. Pekerjaan harus dilakukan dengan usaha yang keras, bila tidak maka usaha yang kamu lakukan akan gagal total.

 

Baca juga: Digital Marketing SEO Untuk Kampanye Produk

 

2) Memiliki Kepribadian dan Berkarakter

Meskipun jenis pekerjaan dilakukan menggunakan jaringan internet, tetap harus memiliki kepribadian. Ingat, pekerjaan internet marketing adalah pendongeng besar yang menceritakan sebuah produk, kemudian dikombinasikan dengan kepribadian yang positif agar bisa menjual apa saja dan meyakinkan siapa saja.

 

3) Punya Keterampilan Teknis

Menjadi ahli internet marketing atau pakar SEO sebenarnya tidak perlu jadi seorang programmer. Bila memungkinkan akan lebih baik lagi. Namun, seorang internet marketing sebaiknya memiliki pemahaman keterampilan teknis yang cukup apik untuk bisa membantu segala sesuatu terkait dalam melaksanakan tugas dan strategi marketing. Termasuk didalamnya mahir mengoperasikan themes dan plugin, berbagai CMS atau shopping cart, mampu mengedit HTML (meta tag, anchor text, kompres gambar, font, navigasi, dll), sitemap xml, file robots, txt, dan lain sebagainya.

 

Telisik juga: Teknik SEO Marketing Untuk Nama dan Jenis Produk

 

4) Kemampuan Ciamik Sebagai Copywriting

Salah satu aspek yang paling mendasar di dalam dunia digital marketing adalah dengan melakukan copy yang bagus (Great Copy). Yakni berupa kemampuan memahami pasar, target pengunjung yang spesifik, memicu psikologis, unik, kekuatan storytelling, nama dan judul produk yang menarik dan panggilan kepada web surfer untuk dapat melakukan suatu tindakan pada suatu produk.

 

Seorang copywriter yang bagius juga harus dapat memahami perbedaan antara copy blog, menyalin website, menyalin whitepaper, dan sebagainya. Mengapa? Karena konten yang kamu buat akan menjadi dasar yang paling utama dari strategi pemasaran yang akan dijalankan. Untuk itu kepiawaian menulis konten blog haruslah sebagus mungkin. Tujuannya agar pengguna internet yang merupakan calon pelanggan sudi berkunjung secara konsisten. Jadi, kamu harus piawai memilih topik konten dan judul yang menarik, serta dapat menulis 300-600 kata kurang dari satu jam.

 

5) Cekatan Membangan Link

Link building merupakan satu komponen terbesar yang tak boleh dianggap remeh jika web log kamu ingin mendapatkan peringkat 1 di mesin pencari. Secara keseluruhan, taktik dan trik membangun backlink bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti menulis artikel yang mengandung marketing (link di dalam web log), siaran pers (press release), bloggy walking, directory submit, sindikasi blog, RSS feed, social bookmark, ping, dan lain sebagainya.

 

6) Traffic Generation

Terlepas kamu itu jago membuat konten, namun jika tidak dapat mengarahkan traffic, maka tidak akan ada orang yang membacanya. Srorang ahli internet marketing harus punya kemampuan melakukan penelitian dimana sebenarnya target pasar berkumpul dan bagaimana memanfaatkannya untuk mengarahkan traffic ke situs.

 

Baca juga: Belajar Pemasaran Online Bersama SilaenSeo

 

Jadi, ada baiknya seorang internet marketing harus terlibat langsung dalam hal lainnya, seperti keterlibatan dalam forum atau komunitas di internet, distribusi artikel, long-tail konten blog, paid search, SEO, dan lainnya.

 

7) Punya Keterampilan On-Page SEO

Seorang internet marketing tidak perlu menjadi seorang ahli SEO, bila memungkin akan lebih bagus lagi. Tapi, ada hal yang paling penting harus disadari dan dipelajari, yaitu dasar-dasar inti dari penggunaan SEO dan manfaatnya. Hal-hal seperti tag judul, meta tag, tag gambar, anchor text, ihwal menghubungkan dengan website di dalamnya, konten teratur, navigasi adalah aspek penting untuk mendapat perhatian dari SEO.

 

8) Memaksimalkan Paid Search

Saat ini paid search telah menjadi salah satu strategi pemasaran yang sangat menguntungkan, jika kamu memahami cara memaksimalkan dollar dari iklan kamu.

 

Telisik juga: Ahli Digital Marketing Dengan SEO Lokal Medan

 

9) Keterampilan Media Sosial (Medsos)

Tidak dapat terbantahkan lagi bahwa twitter, instagram, youtube dan facebook dapat mendorong jumlah lalu lintas, sehingga calon pakar internet marketing handal harus dapat mengetahui bagaimana cara kerja dari jaringan tersebut dan bagaimana pula cara mendapatkan manfaat dari jaringan media sosial tersebut.

 

10) Keterampilan Optimasi Konversi

Elemen grafis seperti penggunaan tombol, layout, font, warna, dan hal-hal lain dapat mempengaruhi tingkat konversi suatu content marketing. Menggunakan alat-alat, seperti Google Website Optimizer untuk mempelajari bagaimana pengguna hingga terlibat dengan situs web dan konten kamu. Jadi, sangat penting untuk meningkatkan konversi.

 

11) Aplikasikan Pengalaman Keseluruhan

Seorang internet marketing handal dan calon master SEO harus memiliki pengalaman ‘real’ dan bukan hanya teori atau pemahaman tentang konsep-konsep belaka. Memang, ada begitu banyak aspek dalam setiap topik yang mungkin akan kamu bahas dalam konten pemasaran. Keseluruhan aspek-aspek tersebut paling baik dipelajari dengan benar-benar melakukan dan belajar dari kesalahan-kesalahan kamu sendiri (trial and error).

 

Baca juga: Manfaat Digital Marketing Untuk Pengembangan Usaha

 

Jadi, seandainya kamu punya cita-cita menjadi seorang master internet marketing yang handal atau pakar SEO terbaik yang terkenal di seluruh penjuru dunia, jangan pernah lupakan pengalaman tersebut, dan selalu belajar dari pengalaman sendiri yang real. Jika kamu merasa sulit untuk belajar sendiri, maka bisa mulai belajar dari forum dan komunitas internet marketer atau mencari mentor atau guru yang lebih berpengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *