Promosi Melalui Blog

Cara Promosi Blog Internet Marketing Agar Traffic Meningkat

Persaingan pemasar dan marketer menjalankan aksi promosi untuk mendapatkan traffic ke situs bisnis semakin ketat. Tak heran, blog internet marketing masih butuh cara promosi kekinian untuk memperkokoh posisi, terutama di halaman search engine. Dengan begitu, produk dan jasa yang di lempar ke internet tetap memiliki reputasi baik dan membentuk brand agar semakin melekat di hati masyarakat pengguna internet.

 

Lalu, bagaimana cara blog internet marketing mempromosikan diri? Channel apa saja yang digunakan sebagai alat promosi yang ampuh mendatangkan traffic buat website pemasaran online? Saat kamu membuat website/blog baru, maka mempromosikannya agar lebih dikenal dan memiliki traffic tinggi mungkin agak menantang dan butuh konsentrasi. Mengapa? Karena, di dalam cara promosi blog yang dilakukan pada awal terbentuknya, pasti akan mendapatkan beberapa hambatan yang cukup menguras pikiran dan strategi promosi yang dijalankan tidak sepenuhnya berjalan sesuai rencana yang sudah disusun rapi.

 

Memang ada banyak teori dan tutorial tentang cara promosi website untuk menggaet pengunjung. Beberapa diantaranya memiliki hasil berupa fakta yang mengejutkan, namun tak jarang hanya sebagai mitos cara mempromosikan blog yang berujung pada kegagalan.

 

Bila dianalisa lebih jauh, kebanyakan pegiat dunia blogging menempuh cara konvensional untuk mengembangkan dan menghidupkan website pemasarannya dengan cara mengutak-atik on-site (misal header, meta tag deskripsi, meta tag kata kunci, template/themes, dan sebagainya) agar terlihat tetap hidup dan update sesuai dengan niche yang dipilih.

 

Menelisik: Manfaat Blog Pribadi Untuk Internet Marketing

 

Selain mengutak-atik on-site yang berpedoman pada penggunaan trik SEO dalam mengembangkan blog, adapula strategi lain yang trend digunakan agar mendapatkan hasil lebih baik lagi. Misalnya dipromosikan dengan cara menyampaikan pesan langsung secara digital ke depan calon customer potensial, yakni dengan strategi:

 

1) Menyebarkan Konten dengan Email Broadcast

Salah satu cara termudah dalam menyebarkan konten di dalam website kamu secara massal adalah dengan mengirim email ke calon customer potensial. Memang teknik ini terkenal sudah cukup tua, tapi masih sangat relevan dan penting digunakan. Mengingat, setiap orang yang memiliki akun di media online pasti diawali harus memiliki surat elektronik (surel) untuk mekanisme pembuatannya. Jadi, prospek email broadcast sebagai sarana marketing sangat tepat digunakan meski terkesan sedikit ‘jadul’.

 

Untuk itu, sangat penting bagi kamu menyusun strategi email marketing ini secara matang dan coba kirimkan newsletter email yang sudah dipersiapkan kepada calon customer potensial.

 

2) Membagikan Link Konten Website ke Media Sosial (Medsos)

Saat ini, media sosial merupakan platform dan media online yang bagus untuk mengumumkan dan menyebarkan informasi yang terdapat di dalam website. Dengan siaran ini, calon customer akan lebih mudah menemukan perusahaan, produk dan jasa kamu. Namun, perihal membagikan link konten lewat media sosial harus rutin dilakukan dan membutuhkan strategi agar tak dimaknai membosankan bagi audiens dan atau perbuatan spam.

 

Promosi Melalui Blog

 

Selain itu, target audiens yang menjadi sasaran harus tepat (misal umur, jenis kelamin, pekerjaan, area tempat tinggal, dan lain sebagainya) dengan penggunaan media sosial yang tepat pula untuk menjangkau komunitas yang paling atraktif.

 

Baca juga: Teknik SEO Marketing Terhadap Nama Usaha dan Produk

 

Agar semakin maksimal, lebih efektif dan efisien, maka kamu dapat memanfaatkan media sosial tools, dimana saat ini sudah banyak pilihannya. Beberapa tools yang tersedia memungkinkan kamu untuk membuat kiriman terjadwal yang dirancang terpasang otomatis di platform media sosial pilihan kamu. Jadi sekali posting, link konten langsung menyebar ke banyak platform medsos.

 

3) Membagikan Link dengan Ads Berbayar Media Sosial

Kebanyakan medsos kini telah membuat terobosan berupa fitur ads berbayar yang dapat dimanfaatkan dalam memaksimalkan kampanye pemasaran produk bisnis maupun eksistensi blog internet marketing agar peringkat semakin meningkat di search engine rating page (serp).

 

Nah, dengan menggunakan ads berbayar di media sosial, kamu juga akan lebih mudah menargetkan customer potensial yang relevan dan sesuai dengan target geo marketing produk.

 

Analisa juga: Manfaat Digital Marketing Untuk Pengembangan Usaha

 

Selain itu, pasang iklan ads berbayar di media sosial, dapat secara khusus ditujukan terhadap orang-orang yang sudah menjadi pengikut kompetitor usaha kamu. Dengan cara ini, maka pemasaran akan lebih efektif karena hanya menyasar customer yang memang tertarik dan benar-benar potensial membeli produk atau jasa.

 

4) Pasang Iklan di Google Ads dan Google Display Network

Memang ihwal, memasang Google Ads dan Google Display Network sangat bermanfaat untuk meningkatkan masuknya traffic pada website usaha bisnis atau pun personal blog. Kedua bentuk iklan yang dikelola oleh Google ini, secara prinsip sama bergunanya bagi perkembangan website/blog, terutama yang baru saja dikelola atau dikembangkan.

 

Saat ini, orang-orang sekelas ahli SEM, master SEO, pakar digital marketing saja banyak yang mempromosikan diri dan usaha jasanya melalui iklan di google ads. Tentu tujuannya akan semakin dikenal, mempertahankan reputasi atau membentuk personal branding agar dapat mengungguli kompetitor yang terkesan sangat progresif menjalankan strategi promosi.

 

Baca juga: Strategi Ahli Digital Marketing Untuk Menguasai SEO

 

Jadi, tak perlu heran bila banyak ahli dan pakar SEO Indonesia menargetkan kata kunci (keyword) ‘ahli SEO’, ‘pakar SEO’ atau pun kata kunci ‘master SEO’ di search engine google, yahoo dan bing dengan metode pemasangan iklan ads di masing-masing mesin telusur tersebut. Maksudnya, sekelas ahli dan master di dunia blogging saja masih mempromosikan ‘citra’ diri agar mendapat traffic dan calon client potensial pengguna jasa SEO miliknya.

 

Hal itu muncul, karena Google Ads secara komprehensif dan instan dapat membantu meningkatkan traffic website/blog dengan cara menampilkan di pencarian teratas (page one) ketika seseorang memasukkan kata kunci yang relevan dengan bisnis yang dicari dan dibutuhkannya. Begitu juga dengan pasang iklan di Google Display Network, dimana iklan kamu akan muncul di banyak website lain dalam bentuk iklan gambar atau foto. Dengan hanya mengetuk atau mengklik banner iklan milik kamu, maka calon customer dapat langsung diarahkan menuju ke alamat website kamu.

 

Menelisik: Tips SEO Untuk Pemasaran Bisnis Online

 

Jadi, penjelasan diatas memberikan gambaran yang jelas dan tepat tentang teknik, strategi bagaimana yang harus dijalankan sebagai cara promosi website internet marketing yang ampuh meningkatkan jumlah traffic secara cepat. Sekarang, tinggal kesiapan diri kamu menerapkan channel diatas.

 

Jika kamu berminat memasang media social ads atau google ads, tapi kurang paham cara memulainya, maka tak perlu bingung karena saat ini ada banyak agensi digital marketing terpercaya dan memiliki sertifikat dari google ads. Silahkan kunjungi website blog mereka, dan pelajari banyak hal di dalamnya seperti harga, pengalaman, terms of service (tos), dan sebagainya. Jasa digital marketing agency ini dapat menjadi solusinya, meski kamu harus menyediakan budget khusus untuk mendapatkan bantuannya.

 

Agar kamu tidak mengalami kerugian atas adanya praktik-praktik agensi ‘abal-abal’, maka lakukan riset komprehensif agar layanan ‘tarif’ tak mengecewakan hasil. Bila telah kamu temukan, maka segera hubungi via contact person yang tercantum di menu halaman hubungi kami, dan konsultasi dengan mereka dengan menjelaskan faktor kebutuhan yang ditargetkan dalam kampanye bisnis (barang atau jasa). Tujuannya agar rencana aksi promosi blog internet marketing kamu dengan menggunakan teknik iklan di social media ads dan google ads dapat secepatnya dijalankan hingga dapat meningkatkan traffic dan keuntungan usaha.

 

Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan motivasi pemasaran blog untuk memenangkan persaingan mendapatkan traffic dari platform-plarform media digital marketing terfavorit. Salam sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *